Mengenal Apa Itu Disaster Recovery as a Service (DRaaS)


Mengenal Apa Itu Disaster Recovery as a Service (DRaaS)


 

Menurut sebuah studi ilmiah  oleh Security Week,  kehilangan data perusahaan telah meningkat 400% dalam beberapa tahun terakhir. Studi yang sama juga menunjukkan bahwa kehilangan data  yang terjadi karena bencana  alam dan bencana yang disebabkan oleh manusia yang meningkat dengan sangat cepat. Banyak bisnis yang tidak siap, karena banyak perusahaan bisnis kecil dan menengah menganggap organisasi mereka aman dari data breach dan bencana alam. Lebih dari 40% dari perusahaan ini tidak memiliki dokumen strategis atau rencana pemulihan bencana. Tentu saja hal ini  bisa berakibat fatal. Contohnya adalah ketika operasi bisnis ditutup karena badai, menyebabkan perusahaan merugi hingga Rp50 juta per hari (menurut data Business  Insider). Tentunya diperlukan perencanaan disaster recovery yang baik agar roda bisnis tetap  berputar secara optimal.
 
Pengguna dan pengelola teknologi informasi saat ini telah menyadari  pentingnya pemulihan bencana atau pemulihan bencana untuk data dan infrastruktur mereka. Pemulihan bencana sangat penting untuk setiap bisnis yang memiliki infrastruktur TI serta bagi orang-orang yang selalu ingin tetap sehat. Orang membutuhkan asuransi jiwa yang mendukung semua orang ketika kesehatan mereka tiba-tiba memburuk atau seseorang tiba-tiba jatuh sakit. Kita tidak akan pernah tahu kapan asuransi kesehatan akan dibutuhkan, seperti halnya pemulihan bencana. Pengguna dan pengelola TI juga  menyadari bahwa  membangun pemulihan bencana memiliki biaya yang sama  dengan membangun infrastruktur awal, karena pemulihan bencana tersebut harus dibuat ulang persis seperti yang sudah ada. DRaaS dapat membantu memulihkan data ini. Jika terjadi bencana alam yang tidak terduga atau  tidak terduga, semua server data  di lokasi bencana harus mampu rusak. Meskipun data  di server mungkin merupakan data penting yang perlu dilindungi secara memadai.   Pemulihan server akibat bencana alam pasti tidak akan  cepat, hal ini akan menimbulkan masalah dengan kelangsungan proses  di situs. Jika Anda adalah pemilik bisnis atau pengembang yang ingin meletakkan data Anda di layanan server, pastikan Anda memilih layanan yang tepat. Dan solusi untuk masalah tersebut yaitu dengan DRaaS.

 
 

Definisi Disaster Recovery as a Service (DRaaS)

Disaster Recovery as a Service (DRaaS) merupakan sebauh model layanan cloud computing atau komputasi awan yang memungkinkan Anda atau organisasi Anda untuk mencadangkan data ke cloud pihak ketiga dan menyediakan semua orkestrasi DR (Disaster Recovery) untuk memulihkan data Anda jika terjadi bencana. Model as-a-service berarti bahwa baik Anda maupun pengguna layanan DRaaS  tidak perlu memiliki semua sumber daya atau mengelola semua pemulihan data jika terjadi bencana. DRaaS mewakili infrastruktur tangguh yang lengkap pada server virtual, termasuk fungsi komputasi, penyimpanan, dan jaringan. Sebuah bisnis dapat terus menjalankan aplikasi, semuanya berjalan di lingkungan cloud penyedia layanan atau  cloud hybrid, bukan di server fisik yang terkena bencana. Ini berarti waktu pemulihan  bisa jauh lebih cepat setelah bencana, atau bahkan  pemrosesan dan data dimigrasikan kembali ke onboard pada saat yang sama saat server fisik dipulihkan atau diganti. Pelanggan perusahaan Anda mungkin mengalami waktu pemuatan yang lebih lama karena sistem aplikasi berjalan di cloud, bukan di server biasa (jika terjadi bencana alam). Tetapi lebih baik aplikasi Anda tetap berjalan daripada bisnis Anda mengalami downtime yang menyebabkan kerugian besar.
 
 

Jenis & model DRaaS

DRaaS berfungsi saat Anda perlu memulihkan data jika terjadi bencana, dan DRaaS juga secara teratur mereplikasi data Anda  untuk mengantisipasi hal buruk yang terjadi saat bencana tak terduga terjadi. DRaaS dibagi menjadi tiga jenis model. Ada tiga model utama yang digunakan oleh pemulihan bencana sebagai penyedia layanan yang akan dijelaskan dibawah ini.
 
Assisted DRaaS
Assisted DRaaS memiliki kelebihan yang kurang lebih sama dengan tipe sebelumnya, namun Anda hanya memilih aspek atau layanan tertentu yang disediakan oleh provider. Misalnya, ada aplikasi yang sangat disesuaikan dan sulit dikirim ke pihak ketiga, yang mengharuskan Anda untuk menyelesaikan sendiri beberapa masalah. Dalam model ini, penyedia layanan menyediakan keahlian untuk merampingkan prosedur pemulihan bencana, tetapi pelanggan bertanggung jawab atas implementasinya. Jika Anda tidak memerlukan dukungan  pihak ketiga untuk semua aspek  bencana,  Assisted DRaaS adalah solusi sempurna.

Managed DRaaS
Dengan Managed DRaaS, pihak ketiga bertanggung jawab penuh atas pemulihan bencana. Jika Anda memilih opsi ini, Anda harus bekerja  dengan penyedia DRaaS untuk menjaga agar semua perubahan infrastruktur, aplikasi, dan  layanan  berjalan tanpa gangguan. Jika Anda tidak memiliki pengalaman atau waktu untuk mengelola pemulihan bencana Anda sendiri, ini adalah pilihan terbaik karena Anda tidak harus terlibat langsung dalam proses pemeliharaan data.
 
Self Service DRaaS
Opsi terhemat adalah DRaaS mandiri, di mana pelanggan bertanggung jawab untuk merencanakan, menguji, dan mengelola pemulihan bencana. Sementara itu, penyedia DRaaS menyediakan perangkat lunak manajemen cadangan dan cadangan host dan mesin virtual pada lokasi terpencil. Model ini ditawarkan oleh semua penyedia cloud utama seperti Amazon, Microsoft Azure dan Google Cloud. Anda dapat berpartisipasi aktif dalam memulihkan data Anda sendiri, meskipun terbilang cukup rumit.  Perencanaan dan pengujian yang cermat diperlukan saat menggunakan model ini untuk memastikan  operasi pemulihan data tidak akan gagal dan dapat dengan mudah dipulihkan ke server utama. Opsi ini dapat dikatakan sangat ideal untuk Anda atau perusahaan dengan pemulihan bencana internal dan pengalaman komputasi awan.
 
 

Manfaat menggunakan DRaaS

Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan layanan Disaster Recovery as a Service (DRaaS).
 
Biaya yang hemat
Program pemulihan yang terjadi setelah bencana sangat mahal karena memerlukan pemeliharaan rutin dan dukungan TI. DRaaS bukan hanya investasi, biayanya yang akan dikeluarkan jauh lebih sedikit dalam jangka panjang.
 
Fleksibilitas yang menguntungkan
DRaaS lebih fleksibel daripada solusi pemulihan bencana yang lebih tradisional. Penyedia layanan menawarkan beberapa opsi dan Anda dapat memilih berdasarkan kebutuhan dan prioritas Anda. Oleh karena itu, solusinya dapat dikustomisasi dengan menggunakan DRaaS.
 
Menyediakan berbagai macam jenis akses
Anda dapat mengakses banyak aset secara virtual, sehingga Anda tidak perlu membeli perangkat keras atau perangkat lunak baru. Hal ini sangat menguntungkan karena tidak ada biaya perizinan dan dana dapat dialokasikan untuk keperluan penting lainnya. Penyedia layanan juga menawarkan backup server jika diperlukan.Jika Anda menginginkan tempat untuk menyimpan backup data, Anda dapat menggunakan backup server.
 

Kesimpulan

DRaaS atau Disaster Recovery as a Service adalah proses pemulihan yang dilakukan  dengan bantuan pihak  ketiga saat terjadi bencana. Penyedia pihak ketiga menawarkan berbagai layanan dan layanan yang dapat Anda pilih untuk membuat proses seleksi cepat dan efektif, terutama ketika sumber daya dan fasilitas yang ada benar-benar mati.   Mengingat kompleksitas bisnis, perusahaan, dan data saat ini, DRaaS adalah salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan untuk bisnis Anda karena bencana dapat terjadi kapan saja, tidak terduga, dan biaya yang diperlukan untuk pulih dari bencana  akan sangat besar. dibandingkan dengan pemulihan yang dibuat sebelumnya.
 



Rekomendasi untuk Anda

Mengenal Lebih Dekat Dengan Sistem Operasi Mac Os Dan Apa Saja Kelebihan Serta Kekurangan

Mengenal Lebih Dekat Dengan Sistem Operasi Mac O

Mengenal Lebih Dekat Dengan Sistem Operasi Mac Os Dan Apa Saja Kelebihan Serta Kekurangan - Dalam sesuatu pc butuh terdapatnya 3 faktor ialah terdapatnya hardware, aplikasi serta firmware. Buat Aplikasi ataupun fitur lunak dari sesuatu pc dibagi atas sebagian tipe dengan spesifikasi serta syarat yan

Mengenal Profesi Data Engineer, Data Analyst & Data Scientist

Mengenal Profesi Data Engineer, Data Analyst & D

   Perkembangan pada zaman sekarang semakin pesat membuat banyak perubahan pada dunia kerja. Efek perkembangan zaman untuk dunia kerja yaitu mulai banyak munculnya profesi baru. Beberapa profesi baru antara lain data engineer, data analyst, dan data scientist,  profesi ini sangat berh

Seberapa Banyak Informasi yang Diketahui Google tentang Anda?

Seberapa Banyak Informasi Yang Diketahui Google

Seberapa Banyak Informasi yang Diketahui Google tentang Anda? - Beberapa tahun ini dunia di hebohkan dengan kebocoran data pribadi dari salah satu media sosial yaitu Facebook. Kebocoran data pengguna Facebook mencapai 87 juta pengguna dan penyalahgunaan dari data tersebut. Hal itu membuat para pengg

Metaverse Adalah Masa Depan, Benarkah?

Metaverse Adalah Masa Depan, Benarkah?

Akhir-akhir ini istilah metaverse semakin booming dan menjadi bahan pembicaraan oleh berbagai kalangan. Metaverse digadang-gadang menjadi masa depan dari dunia digital. Simak pembahasan kali ini mengenai metaverse tersebut.   Apa itu Metaverse? Metaverse telah dibicarakan setelah CEO perus

Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pada Perusahaan

Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pada Perusa

Sistem informasi manajemen sangat dibutuhkan pada era teknologi saat ini. sistem informasi manajemen merupakann cara ilmiah untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan mengkomunikasikan informasi yang berkaitan dengan berbagai kegiatan organisasi ke berbagai tingkat manajemen. Tujuan sistem inform


Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi
Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi
Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas
Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa Pembuatan Website Yogyakarta
Jasa Pembuatan Website Yogyakarta
Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi
Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi
Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten
Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar
Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia
Web Developer di Jakarta Indonesia
Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia
Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia
Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia
Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Yogyakarta Indonesia
Web Developer ERP di Yogyakarta Indonesia


We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+6289664230232 +6289664230232