Penjelasan Singkat dan Mudah Tentang IoT (Internet of Things)



Penjelasan Singkat dan Mudah Tentang IoT (Internet of Things)

Penjelasan Singkat dan Mudah Tentang IoT (Internet of Things)

Penjelasan Singkat dan Mudah Tentang IoT (Internet of Things) - Mungkin anda sudah sering mendengar orang-orang berbicara tentang IoT (Internet of Things). Namun masih banyak juga orang yang masih bingung dengan konsep IoT tersebut. IoT akan sangat memiliki pengaruh di kehidupan manusia dan bagaimana IoT bisa membantu memudahkan kehidupan manusia dalam beraktifitas. Kebingungan itu karena konsepnya begitu luas dan tidak jelas. Tentu akan sulit untuk memahami konsep di kepala anda ketika ada begitu banyak contoh dan kemungkinan di IoT.

Koneksi internet adalah sesuatu yang luar biasa karena bisa memberi banyak kemudahan dan manfaat bagi kehidupan manusia saat ini. Bayangkan ketika pertama kali anda memiliki ponsel, yang bisa anda lakukan hanyalah menelepon dan SMS, tapi sekarang dengan kemajuan teknologi ponsel berubah menjadi telepon pintar (smartphone) yang memiliki fitur-fitur yang tak terbayangkan sebelumnya. Dengan smartphone, anda bisa menelepon, SMS, video call, membaca buku, menonton tayangan TV, mendengarkan lagu dan tentu masih banyak lagi. Ketika ada sesuatu yang terhubung ke internet, itu berarti anda dapat mengirim informasi atau menerima informasi, atau keduanya. Kemampuan untuk mengirim atau menerima informasi ini membuat hal-hal menjadi lebih mudah dan tentunya menjadi pilihan yang smart.

IoT (Internet of Things) secara literal yaitu Internet untuk segala hal.  Kata-kata ‘Internet of things’ memiliki dua bagian penting yaitu ‘Internet’ sebagai penopang konektivitas dan ‘things’ yang berarti benda/perangkat. Ketika anda memiliki ‘benda’ lalu mengumpulkan datanya dan mengirimnya ke Internet, data-data inilah yang juga bisa di akses oleh ‘perangkat’ lain. Mudahnya IoT adalah jaringan Internet yang terhubung dengan banyak benda/perangkat dan mampu mengumpulkan/bertukar data.

Konsep ini pada dasarnya menghubungkan benda/perangkat apa pun yang memiliki tombol on dan off serta bisa terhubung  dengan Internet. Jika benda/perangkat tersebut memiliki tombol on dan off maka besar kemungkinan itu bisa menjadi bagian dari IoT. Mulai dari ponsel, pembuat kopi, mesin cuci, headphone, lampu, dan hampir semua benda/perangkat yang anda pikirkan.

Misalnya, anda memiliki smart AC (air conditioning) di rumah yang terhubung ke internet (‘benda’ yang terhubung ke internet). Sekarang, bayangkan hari ini sangat panas tapi anda sudah berada di kantor dan anda ingin saat tiba di rumah udara di dalamnya bisa menjadi dingin. Anda dapat mengendalikan/menyalakan AC dengan menggunakan smartphone anda (‘perangkat’ lain yang terhubung ke internet). Itulah bagaimana konsep IoT bekerja. Secara teknis, dengan internet, anda dapat mengontrol sistem AC di rumah anda dari belahan dunia mana pun selama AC dan ponsel anda terhubung dengan Internet. 

Sama halnya dengan kemudahan menggunakan smartphone untuk berkomunikasi, saat ini dengan adanya IoT tersebut akan sangat memudahkan manusia dalam menjalani kehidupan.

With Digital We Empowering You!

Benarkah Google Chrome Akan Mengusung Fitur Dark Mode di Versi Terbarunya?

Benarkah Google Chrome Akan Mengusung Fitur Dark

Benarkah Google Chrome Akan Mengusung Fitur Dark Mode di Versi Terbarunya? - Bagi Anda yang suka berselancar di internet melalui peramban web Google Chrome, ada berita terbaru yang menyenangkan. Google Chrome sepertinya akan segera merilis fitur mode gelap (dark mode) pada sistem operasi Windows 10

Mengenal 3 Konsep Dasar Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Mengenal 3 Konsep Dasar Kecerdasan Buatan (Artif

Mengenal 3 Konsep Dasar Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) - Kemajuan yang di hasilkan dari Artificial Intelligence atau lebih di kenal dengan kecerdasan buatan sangat mengejutkan. Upaya untuk memajukan konsep AI selama 20 tahun terakhir telah menghasilkan beberapa inovasi yang benar-benar

4 Update Terbaik dari Android Pie

4 Update Terbaik dari Android Pie

4 Update Terbaik dari Android Pie - Pada bulan Agustus 2018, Android telah merilis sistem operasi versi terbaru yang diberi nama Android Pie atau biasa di sebut Android P. Google menyesuaikan konvensi penamaan OS android yang bertema makanan penutup, yaitu Android Pie. Sistem operasi ini berfokus pa




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Rumah Sakit Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Yogyakarta Indonesia Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia