Apa itu IaaS (Infrastructure as a Service) ? Ketahui Pengertian dan Manfaatnya


Apa itu IaaS (Infrastructure as a Service) ? Ketahui Pengertian dan Manfaatnya


 

Dalam memperlancar kegiatan bisnis perusahaan, saat ini  beredar cloud computing yang merupakan teknologi yang dapat membantu dalam pelaksanaan kegiatan bisnis. Cloud computing  terdiri dari tiga model layanan yaitu Software as a Service (SaaS), Infrastructure as a Service (IaaS) dan terakhir  Platform as a Service (PaaS). Setelah sebelumnya membahas SaaS dan PaaS, pada artikel ini akan leboh fokus untuk membahas tentang IaaS (Infrastructure as a Service). IaaS adalah layanan yang menyediakan paket komputer virtual lengkap, yang berarti komputer tersebut berisi CPU, RAM, memori atau disk, dan juga dengan jaringan Internet, alamat IP, bandwidth, load balancing dan real-time online Jaminan dan keamanan yang disediakan dalam  unit layanan IaaS (komputer).

 
 

Pengertian IaaS (Infrastructure as a Service)

IaaS adalah singkatan dari Infrastructure as a Service. IaaS adalah layanan yang Anda berikan sesuai permintaan di salah satu infrastruktur TI komputasi awan,  termasuk sumber daya perangkat keras dengan teknologi virtualisasi (CPU/memori/penyimpanan) melalui Internet. Komputasi awan, ada SaaS  dan PaaS lainnya. Ketika sistem dibangun sesuai dengan keadaan seni, server dan perangkat lunak sendiri harus dibeli, dioperasikan, dan dipelihara. Dengan IaaS, tanpa perangkat keras seperti server rumah, Anda dapat menggunakan  server dan penyimpanan serta sumber daya jaringan yang mereka perlukan hanya saat Anda membutuhkannya melalui Internet. Dengan banyaknya data yang diproses oleh perusahaan dan terbatasnya kemampuan dalam mengelola infrastruktur  cloud computing. Layanan IaaS adalah pilihan bagi bisnis untuk menyederhanakan operasi mereka sehari-hari. Apalagi di zaman yang serba modern ini, kebutuhan akan data menjadi  penting dan rahasia, yang kemudian dapat digunakan sebagai dasar  pengambilan keputusan.
 

Keuntungan dan manfaat PaaS (Infrastructure as a Service)

 
1. Cocok bagi e-Commerce
Jika Anda memiliki toko online, penting untuk memastikan bahwa layanan toko online Anda dapat berjalan secara real time dan proses loading tidak terganggu. Iass bisa menjamin segalanya. Iaas sangat cocok untuk membangun toko online dengan jumlah pengunjung yang besar dan stabil. Iaas memastikan bahwa citra toko online Anda selalu baik.
 
2. Cocok untuk analisis data
Penyedia layanan ini dapat membantu Anda dengan analisis data dan perencanaan infrastruktur yang diperlukan. Dan baik untuk menetapkan pedoman kedepannya.
 
3. Fleksible untuk kebutuhan enterprise
Dengan layanan ini, Anda dapat bermitra dan menerima manfaat untuk menjalankan beberapa aplikasi bisnis  dan memanfaatkan beragam kebutuhan bisnis Anda. Seperti hosting online  dan aplikasi lainnya.
 
4. Hemat biaya
Dengan layanan IaaS, Anda dapat dengan mudah menghilangkan biaya infrastruktur yang besar dan biaya investasi peralatan yang semakin mahal. Rata-rata, Anda bisa menghemat hingga 30 persen lebih murah dibandingkan dengan  layanan hosting biasa.
 
5. Keandalan lebih besar
Model layanan sesuai permintaan memudahkan migrasi beban kerja dari satu instans IaaS ke instans IaaS lainnya, memastikan  sumber daya selalu tersedia saat Anda membutuhkannya.
 

Kekurangan IaaS

1. Membutuhkan Pelatihan Internal –  Layanan komputasi awan IaaS akan membantu perusahaan untuk mengelola sistem operasi, aplikasi, keamanan, dan  database mereka secara mandiri.   Oleh karena itu,  pelatihan internal diperlukan untuk  memastikan organisasi dapat mengelola infrastruktur dengan lebih efektif.

2. Keamanan – Meskipun perusahaan dapat sepenuhnya mengelola infrastruktur, layanan IaaS masih rentan terhadap keamanan. Ancaman keamanan ini bisa datang dari  host atau mesin virtual lainnya.
 
3. Sistem Lama yang Beroperasi di Cloud –  Bedasarkan dari BMC, Anda dapat menjaga sistem lama Anda tetap berjalan di  cloud. Namun, infrastruktur yang disertakan mungkin tidak mendukung kontrol tertentu untuk melindungi aplikasi lama.   Untuk melakukannya, Anda harus memperbarui aplikasi  sebelum meletakkannya di awan.
 

Contoh Layanan IaaS

Di zaman modern ini, banyak yang menawarkan Infrastruktur sebagai Layanan. Layanan ini dimiliki oleh beberapa perusahaan yang telah lama berkecimpung di industri TI dan  seperti saat ini, telah bersiap untuk waktu milenium. Berikut adalah beberapa perusahaan yang menawarkan Infrastructure as a Service:
 
Telkom - Telkom Cloud
Telkom adalah perusahaan yang berbasis di Indonesia yang telah memiliki dan menyediakan layanan komputasi awan infrastruktur sebagai layanan. Anda dapat menggunakan layanan Telekom jika Anda menginginkan komputasi awan.  Produk tanah ini telah banyak digunakan oleh sebagian besar perusahaan besar di Indonesia dan luar negeri, mereka memilih produk ini untuk membantu pemrosesan data komputer host berbagai  data lainnya. Tidak hanya perusahaan  yang menggunakan layanan cloud computing ini, tetapi juga banyak pengguna individu.
 
Amazon, Inc – Amazon EC2
Perusahaan terbesar yang terkenal ini juga memiliki layanan komputasi awan dan menawarkan berbagai  kebutuhan komputasi untuk melayani pengguna sesuai dengan kebutuhan mereka. Siapa yang tidak mengenal perusahaan ini? Sebuah perusahaan yang memiliki semuanya dalam berbagai layanan. Anak  perusahaan Amazon yang menangani layanan komputasi awan infrastruktur sebagai layanan adalah Amazon EC2.
 
OpenStack
OpenStack merupakan platform komputasi awan sumber terbuka  gratis yang menyediakan alat sesuai request termasuk server virtual, penyimpanan data, dan sumber daya jaringan.
 
Microsoft Azure 
Microsoft Azure IaaS menyediakan infrastruktur yang sangat skalabel dan menawarkan berbagai kemampuan hybrid untuk aplikasi, data, identitas, keamanan, dan manajemen di lingkungan lokal dan cloud.
 
Google Compute Engine 
Google Compute Engine menawarkan mesin virtual canggih yang menskalakan dengan cepat dan menyediakan penyimpanan disk  persisten.
 

Hal-hal yang dapat dilakukan dengan IaaS

Ada banyak  hal yang dapat dilakukan dengan IaaS untuk membentuk berbagai aktivitas bisnis seperti:
1. Menguji dan mengembangkan sistem atau aplikasi. . Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan  sistem ini untuk membuat pengujian dan pengembangan aplikasi baru  lebih cepat dan mudah.
 
2. Penyimpanan dan pencadangan data  Biasanya, bisnis menghindari biaya  penyimpanan yang berlebihan dan juga memerlukan keterampilan tertentu untuk mengatur data dan mematuhi persyaratan peraturan tertentu. Peran IaaS adalah untuk mengantisipasi dengan lebih baik potensi lonjakan permintaan yang tidak terduga dan mendorong permintaan untuk bentuk penyimpanan ini. Di sisi lain, IaaS akan mengaktifkan sistem pencadangan dan pemulihan untuk  berbagai data milik perusahaan.
 
3. Analisis Big Data  Seperti yang kita ketahui bersama, big data adalah kumpulan data yang  sangat besar yang datanya berpotensi untuk  dianalisis guna menemukan pola atau tren tertentu.   Di  era 4.0, big data  menjadi  hal yang penting dan harus dianalisa untuk kebutuhan perusahaan. Karena  analisis data besar dapat memberi Anda  dasar untuk membuat keputusan yang tepat bagi perusahaan.Layanan IaaS memiliki kemampuan untuk mengumpulkan dan memproses berbagai data ini, membuatnya lebih ekonomis untuk bisnis.
 
4. Tempat untuk Menyebarkan Aplikasi Web  Perusahaan Layanan   IaaS juga akan menyediakan sumber daya yang diperlukan untuk memberikan dukungan yang terkait dengan aplikasi web, termasuk dari situs web ke server aplikasi perusahaan. Perusahaan akan dapat memenuhi permintaan yang ada dengan lebih mudah.
 

Penutup

IaaS adalah  layanan komputasi awan yang lebih mendasar dalam hal infrastruktur perangkat keras virtual, bandwidth, dan jaringan. Perlu dicatat bahwa penyedia cloud keamanan platform, perangkat lunak dan aplikasi yang digunakan adalah tanggung jawab pengguna. Sementara penyedia cloud  bertanggung jawab atas infrastruktur. Oleh karena itu, untuk menggunakan layanan cloud, Anda membutuhkan keterampilan dan pengalaman yang cukup terampil di bidang IT.
 



Rekomendasi untuk Anda

Kenali Pengertian XML Dan Perbedaannya Dengan HTML

Kenali Pengertian XML Dan Perbedaannya Dengan HT

  Istilah XML tidak asing lagi dan dapat ditemukan dalam halam dari suatu website. XML dapat digunakan untuk membantu dalam mengetahui struktur situs web. Namun demikian, XML memiliki fungsi yang berbeda dengan HTML. Pada awalnya XML juga digunakan sebagai format pertukaran data dengan API,

Mengenal CMO, Peran Serta Tanggung Jawabnya Di Sebuah Perusahaan

Mengenal CMO, Peran Serta Tanggung Jawabnya Di S

  Di era serba digital ini, peran pemasaran sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan perusahaan. Marketing atau pemasaran merupakan sesuatu yang penting dalam sebuah bisnis startup. Setiap bisnis startup akan menggunakan teknik pemasaran untuk mempromosikan dan menjual berbagai produk

Shared Hosting : Pengertian, Contoh & Tis Memimilih Shared Hosting Terbaru

Shared Hosting : Pengertian, Contoh & Tis Memimi

  Penggunaan Hosting sangat penting sebagai komponen pendukung untuk situs web Anda. Salah satu jenis hosting yang bisa Anda lakukan di website Anda adalah shared hosting.   Di bawah ini Anda akan mempelajari  apa itu shared hosting dan lebih memahami  satu jenis hosting. &nb

Inilah, Fungsi Dan Manfaat Teknologi Untuk Kehidupan Sehari-hari

Inilah, Fungsi Dan Manfaat Teknologi Untuk Kehid

Inilah, Fungsi Dan Manfaat Teknologi Untuk Kehidupan Sehari-hari - Bersamaan dengan pertumbuhan era, manusia sukses menciptakan bermacam berbagai teknologi data yang bermanfaat buat kehidupan tiap hari. Sudah banyak inovasi teknologi data yang saat ini muncul di tengah warga. Perihal ini diciptakan

Mengenal lebih dekat apa itu Operating System

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Operating System

Komputer maupun smartphone mengalami peningkatan yang sangat drastis pada akhir-akhir ini. Faktor yang mempengaruhi peningkatan perangkat elektronik dikarenakan komunikasi dan informasi dapat disampaikan secara efektif. Untuk bisa mengelola faktor tersebut, sebuah perangkat elektronik ini memerlukan


Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi
Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi
Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas
Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa Pembuatan Website Yogyakarta
Jasa Pembuatan Website Yogyakarta
Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi
Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi
Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten
Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar
Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia
Web Developer di Jakarta Indonesia
Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia
Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia
Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia
Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Yogyakarta Indonesia
Web Developer ERP di Yogyakarta Indonesia


We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+6289664230232 +6289664230232