Mengenal Perbedaan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Jasa , Dagang Dan Manufaktur


Mengenal Perbedaan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Jasa , Dagang  Dan Manufaktur

Dalam dunia bisnis, kita akan mengenal beberapa macam jenis perusahaan yang berbeda. Terdapat tiga jenis perusahaan yang berbeda diantaranya perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur. Ketiga perusahaan ini sama-sama membutuhkan laporan keuangan dalam menjalankan suatu bisnis. Dalam praktik akuntansi masing-masing perusahaan mempunyai cara tersendiri dalam mengakomodir segala pengelolaan keuangan yang dapat dilakukan dalam bisnis. Selain itu, perbedaan dilihat dari struktur bisnis dan sistem yang berlaku pada setiap perusahaan yang dapat mempengaruhi akuntansi dari segi pencatatan keuangannya.

Pengertian 

a.    Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa merupakan perusahaan dengan kegiatan usaha sebagai layanan penyedia jasa untuk memenuhi keinginan dari konsumen yang memiliki nilai atau manfaat intangible. Produk dari perusahaan ini terlihat dengan hasil jasa yang dilakukan sehingga tidak memiliki persediaan untuk dipasarkan.
Menurut Budi Grautama Siregar menjelaskan bahwa perusahaan jasa merupakan suatu perusahaan yang kegiatan utamanya memperjual belikan jasa, atau dapat dikatakan bahwa dalam perusahaan jasa yang menjadi fokus adalah service.
Contoh: perusahaan pembuatan jasa web, foto studio, usaha persewaan mobil dan masih banyak lagi.

b.    Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan barang yang usaha utamanya membeli dan menjual kembali barang kepada pihak lain. Selain itu, perusahaan ini tidak melakukan proses produksi (mengolah bahan baku menjadi poduk jadi) sehingga dapat memperoleh produk persediaan dari supplier dalam bentuk bahan yang sudah jadi untuk dijual kembali dengan tujuan mendapatkan laba dan tidak ada nilai tambah.
Contoh: PT Carrefour Indonesia pemilik ritel Carrefour, PT Indomarco Prismatama pemilik minimarket Indomaret dan masih banyak lagi.

c.    Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur berbeda dengan perusahaan dagang. Pada perusahaan ini cara produksinya yaitu produk yang dibuat dari bahan mentah menjadi bahan jadi dan kemudian diolah sedemikian rupa menjadi produk dan siap dijual ke konsumen dengan memiliki nilai jual lebih tinggi dari bahan baku.
Perusahaan Manufaktur adalah perusahaan yang melakukan kegiatan manufaktur yang dapat mengoperasikan mesin, peralatan dan tenaga kerja untuk mengubah bahan  mentah menjadi barang jadi yang memiliki nilai jual yang tinggi.
Contoh: Tekstil dan Garmen, Otomotif dan masih banyak lagi.

Fungsi Laporan Keuangan

1.    Menunjukkan kinerja perusahaan
Laporan keuangan mampu menunjukkan kinerja pada perusahaan dengan mengetahui berapa jumlah laba maupun rugi yang dihasilkan oleh perusahaan itu sendiri. Selain itu, dengan adanya laporan keuangan bisa mengetahui kemana saja dana dihabiskan dan utang yang ditanggung pihak perusahaan.
2.    Evaluasi bisnis
Laporan keuangan dapat digunakan sebagai dasar evaluasi bisnis. Baik dari pihak internal itu sendiri maupun eksternal seperti pihak perpajakan maupun investor.
3.    Dasar pertimbangan dan pertanggungjawaban
Dengan adanya laporan keuangan dapat berguna tidak hanya bagi pihak internal saja, tetapi bagi pihak eksternal seperti pemodal sangat berguna. Karena dengan adanya laporan keuangan bagi pihak eksternal dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi calon pemberi modal yang ingin menanam dana. Selain itu, dapat digunakan sebagai pertanggungjawaban bagi pihak eksternal atau pihak pemberi modal untuk melihat kondisi usaha dari modal yang ditanamkan.
4.    Sebagai dasar penyusunan rencana kegiatan perusahaan
Laporan keuangan digunakan juga sebagai dasar penyusunan rencana kegiatan perusahaan di masa yang akan datang, karena dengan adanya laporan keuangan tersebut perusahaan dapat memutuskan apakah perlu melakukan ekspansi di masa yang akan datang.
5.    Menunjukkan kredibilitas usaha
Laporan keuangan yang jelas dan transparansi menjadi bukti bahwa usaha yang dijalankan memang kredibel. Sehingga dapat mempengaruhi kepercayaan dari calon pemberi modal yang ingin menamkan modal untuk usaha yang dilakukan.

Komponen Laporan Keuangan

1.    Laporan laba rugi
2.    Laporan perubahan modal
3.    Neraca
4.    Laporan arus kas

Perbedaan Laporan Keuangan Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur

a.    Perusahaan Jasa

Laporan keuangan pada perusahaan jasa berbeda dengan perusahan manufaktur akan tetapi mempunyai kemiripan dengan perusahaan dagang. Yang sedikit membedakan dengan perusahaan dagang adalah pada laporan Neraca yang dimana, laporan Neraca pada perusahaan jasa tidak memiliki persediaan barang dagang, karena bentuk dari produknya adalah berupa layanan sehingga tidak memiliki wujud seperti produk dari perusahaan dagang ataupun manufaktur. Selain itu, pada pembuatan laporan keuangan tidak terdapat akun persediaan pada laporan Neraca, akun pembelian dimasukkan dalam peralatan/perlengkapan, tidak memiliki Harga Pokok Penjualan (HPP), dan tidak ada Akuntansi Biaya.

b.    Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang tidak memiliki persediaan yang rumit seperti perusahaan manufaktur. Laporan keuangan pada perusahaan ini mencantumkan Harga Pokok Penjualan (HPP) yang proses menghitungnya hanya membutuhkan laporan stock opname dari persediaan barang yang sudah dimiliki, pada persediaan memiliki barang dagang, terdapat pembelian, dan tidak ada akuntansi biaya. Selain itu, perusahaan dagang tidak mengenal persediaan bahan baku maupun barang dalam proses dikarenakan produk dalam perusahaan dagang siap dijual tanpa harus melewati proses pengolahan atau merubah produk tersebut.

c.    Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur memiliki laporan keuangan yang kompleks dibandingkan dengan perusahaan jasa maupun dagang. Perusahaan manufaktur memiliki Harga Pokok Penjualan (HPP) yang melibatkan beberapa persediaan yaitu bahan baku, persediaan dalam proses hingga persediaan barang jadi, sehingga persediaan dalam perusahaan ini lebih kompleks, terdapat pembelian, dan terdapat akuntansi biaya dalam penyusunan laporan keuangan.



Rekomendasi untuk Anda

Apa itu Digital Marketing dan Apa Saja Manfaatnya?

Apa Itu Digital Marketing Dan Apa Saja Manfaatny

Dengan seiringnya kemajuan teknologi, kebutuhan dan cara dalam melakukan suatu hal berubah sedikit demi sedikit, termasuk pula pada teknik pemasaran. Dahulu cara pemasaran dilakukan dengan konvensional seperti menyebar selebaran, memasang iklan di televisi atau radio dan sejenisnya. Jika saat ini, p

Mengenal Html Script Untuk Belajar Membuat Website

Mengenal Html Script Untuk Belajar Membuat Websi

Pengenalan skrip Skrip sisi klien adalah program yang dapat menyertai dokumen HTML atau disematkan langsung di dalamnya. Program akan dijalankan di mesin klien saat dokumen dimuat, atau di waktu lain seperti saat tautan diaktifkan. Dukungan HTML untuk skrip tidak bergantung

Mengenal PC dan Jenis – Jenisnya

Mengenal PC Dan Jenis – Jenisnya

          Hay guys kembali lagi nih dengan mimin nah kalo sebelumnya kita bahas tentang wifi sekarang mimin mau bahas nih tentang perangkat pendukungnya yaitu PC, mungkin dari sebagian dari kalian sudah tau ya PC itu apa, tapi ada sebagian besar dari

Mengenal lebih dekat apa itu Operating System

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Operating System

Komputer maupun smartphone mengalami peningkatan yang sangat drastis pada akhir-akhir ini. Faktor yang mempengaruhi peningkatan perangkat elektronik dikarenakan komunikasi dan informasi dapat disampaikan secara efektif. Untuk bisa mengelola faktor tersebut, sebuah perangkat elektronik ini memerlukan

Pengertian Media Sosial, Sejarah dan Fungsinya

Pengertian Media Sosial, Sejarah Dan Fungsinya

Pengertian Media Sosial – Di zaman sekarang, tidak dapat ditampik lagi bahwa kehidupan manusia saat ini sangat berhubungan dengan media sosial. Media sosial memegang peranan penting di hampir segala lini masyarakat. Mulai dari mengirim pesan kepada teman, berbagi informasi, hingga mencari suat


Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi
Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi
Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas
Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa Pembuatan Website Yogyakarta
Jasa Pembuatan Website Yogyakarta
Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi
Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi
Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten
Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar
Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia
Web Developer di Jakarta Indonesia
Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia
Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia
Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia
Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Yogyakarta Indonesia
Web Developer ERP di Yogyakarta Indonesia


We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+6289664230232 +6289664230232