13 Ide Bisnis Online



13 Ide Bisnis Online

13 Ide Bisnis Online

Dibandingkan dengan bisnis offline yang memerlukan investasi banyak, bisnis online memiliki risiko yang jauh lebih sedikit. Kita dapat menjangkau pasar yang luas dengan basis konsumen dalam lingkup global. Tak heran banyak orang yang ingin sekali menjalankan bisnis sendiri dan menjadi seorang wirausaha, tetapi sayangnya tak sedikit yang masih bingung mencari ide bisnis apa saja yang sekiranya cocok untuk dijalankan. Bagi Anda yang ingin menekuni bisnis online, artikel kali ini tepat untuk Anda simak. Langsung saja, berikut 13 ide bisnis online yang dapat Anda coba eksekusi:

1. Peretail khusus (specialized retailer)
Untuk menjadi peretail khusus, Anda cukup memiliki toko online untuk menjual produk Anda. Sangat banyak jenis produk yang bisa Anda jual. Anda pilih saja jenis produk yang Anda suka dan Anda biasa pakai atau bisa juga Anda menjual produk yang sedang dicari oleh banyak orang. Jika toko online Anda sudah populer, Anda bahkan tidak perlu susah-susah lagi mencari vendor. Andalah yang akan dicari oleh mereka. 

2. Konsultan media sosial (social media consultant)             
Tak jarang perusahaan yang sudah besar menyewa agen atau pegawai khusus untuk mengelola akun media sosial perusahaan. Perusahaan baru berkembang pun juga tak menutup kemungkinan untuk menyewa konsultan media sosial. Bagi Anda yang memiliki kemampuan dan wawasan yang luas mengenai media sosial dan cara kerjanya, jangan sia-siakan begitu saja. Anda bisa menjadi konsultan media sosial yang membantu mereka menentukan strategi pemasaran terbaik, mengatur jenis postingan konten, menjadwalkan waktu posting, dan meningkatkan keterlibatan pengikut media sosial. 

3. Web Designer                                                                                                   
Desain web adalah keahlian khusus yang hanya bisa dilakukan oleh para spesialis yang ahli di bidangnya. Bahkan, orang lulusan Teknik Informatika pun belum tentu bisa mendesain web. Jadi, bagi Anda yang pandai di bidang desain web, Anda bisa memulai bisnis dengan menjadi freelance web designer

4. Ahli pembuat resume dan CV                                                                               
Meskipun tidak berlaku mutlak, desain resume dan curriculum vitae (CV) para pelamar dapat dijadikan pertimbangan tersendiri bagi beberapa perusahaan saat merekrut karyawan. Tidak hanya desainnya, bahkan cara penyampaiannya pun tak kalah diperhatikannya. Nah, jika Anda memiliki kemampuan desain yang bagus dan ahli dalam komunikasi tertulis, Anda bisa mencoba untuk membuka layanan jasa pembuatan desain resume dan CV. Selain mendapatkan penghasilan tambahan, Anda juga dapat membantu orang-orang yang sedang berjuang mencari pekerjaan.

5. Freelancer profesional 
Freelancer merupakan profesi yang tak kalah menjanjikannya di zaman sekarang. Selain bisa mendapatkan penghasilan tambahan dan menyalurkan hobi, Anda juga bisa menjadikannya sebagai langkah awal untuk memulai sebuah bisnis. Tak sedikit pebisnis sukses yang mengawali kariernya dengan menjadi seorang freelancer di bidang yang menjadi keahliannya. 
 

13 ide bisnis online


6. Affiliate marketer           
Word-of-mouth advertising sampai saat ini masih menjadi strategi pemasaran yang hebat bagi banyak perusahaan. Tak heran banyak perusahaan yang bersedia untuk membayar para pemilik situs web pribadi berpengaruh yang turut mempromosikan produk mereka ke publik. Jika Anda memiliki website pribadi dan akun media sosial yang memiliki banyak pengikut, Anda bisa memanfaatkannya dengan menjadi affiliate marketer. Tidak hanya uang, Anda bahkan juga bisa mendapatkan sampel produk secara gratis.

7. Health/nutrition coach                 
Menurut data dari Centers for Disease Control, hampir 70% dari populasi orang dewasa mengalami obesitas. Banyak di antara mereka yang ingin menurunkan berat dan menjalankan pola hidup sehat, tetapi tidak tahu caranya. Anda dapat muncul sebagai solusi akan kondisi seperti itu. Anda tidak harus menjadi seorang ahli diet terdaftar untuk menawarkan jasa konseling diet. Dengan berbekal pengetahuan di bidang gizi dan olahraga, Anda dapat menjadi konsultan diet online atau membuat program software untuk memantau diet.             

8. Penulis e-book                 
Anda memiliki wawasan luas di bidang tertentu dan ingin Anda bagikan ke banyak orang? Kalau begitu, tulis sajalah e-book. Selain mudah diakses, Anda bisa menerbitkan buku Anda sendiri (yang sebelumnya mungkin ditolak oleh penerbitan) dan mendapatkan tambahan penghasilan dari sini. Banyak topik menjual yang bisa Anda tulis, seperti berbagai resep, tips, fanfiction, dan motivasi bisnis.

9. Remote technical support                                                                  
Banyak bisnis kecil menengah yang tidak memiliki pegawai IT purnawaktu karena berbagai alasan. Ketika mereka memerlukan tim IT untuk mendukung manajemen perusahaan yang lebih efektif dan efisien, banyak yang kemudian melakukan alih daya (outsourcing) atau merekrut pegawai remote. Nah, ini hal bagus bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang IT. Ya, pada dasarnya pekerjaan di bidang IT memang tidak pernah ada habisnya.

10. Virtual consignment store           
Ingin membuka toko online, tetapi Anda tidak memiliki produk yang dijual? Jangan khawatir, Anda bisa membuka virtual consignment store. Sebagai agen, Anda hanya perlu mencari orang-orang yang ingin menitipkan barangnya di toko virtual Anda. Biasanya barang-barang yang dijual di sini adalah pakaian dan pernak-pernik vintage. Tertarik untuk mencoba bisnis satu ini?

11. Handicraft online store                                                                                          
Anda suka dengan seni kerajinan tangan? Kalau iya, mengapa tidak sekalian Anda manfaatkan saja ketertarikan Anda ini untuk berbisnis online? Tidak hanya mudah, biaya yang Anda keluarkan pun rendah jika Anda membeli barang-barangnya ke perajinnya langsung dalam jumlah yang besar. Akan lebih rendah lagi jika Anda bisa memproduksinya sendiri dan tinggal membeli bahan-bahannya saja. Dengan membuka online store, sangat mungkin Anda menjadikannya sebagai galeri handicraft online sekaligus yang dapat menarik perhatian banyak orang.

12. Pengajar kursus online                                                                                
Di zaman kini, orang sudah sadar betapa pentingnya pendidikan. Banyak orang yang bahkan memprioritaskan pendidikan dengan mengikuti beragam program pendidikan nonformal untuk menunjang pendidikan formal mereka. Wajar jika kursus-kursus online sekarang terus diminati oleh banyak orang. Jika Anda tertarik dengan dunia pendidikan, Anda bisa menjadi pengajar kursus online sesuai bidang yang Anda tekuni. Selain dapat berbagi ilmu, Anda juga bisa menjadikannya sebagai lahan bisnis yang menjanjikan.

13. Pengembang aplikasi
Terus bertambahnya angka kepemilikan smartphone menjadikan aplikasi meningkat kepopulerannya. Banyak orang yang bahkan rela membayar sejumlah uang untuk dapat mengakses aplikasi mobile yang disukainya. Jika Anda memiliki keahlian di bidang pemrograman mobile app, tentu ini adalah kesempatan yang bagus bagi Anda untuk membuat aplikasi yang dibutuhkan oleh banyak orang. Anda dapat berkolaborasi dengan orang-orang bisnis sehingga aplikasi yang Anda buat dapat memenuhi ekspektasi dan kebutuhan pasar sehingga dapat menghasilkan nilai bisnis.

Dari ke-13 ide bisnis di atas, mana yang paling cocok dengan diri Anda? Tidak usah lama-lama, segera mulai saja sekarang jika Anda sudah menemukan ide bisnis yang tepat. Jangan banyak rencana, tetapi juga jangan sampai tidak merencanakannya sama sekali karena seperti yang Dwight D. Eisenhower katakan: Plans are nothing, but planning is everything.

Baca juga Mengapa Berbisnis Online?     
Baca artikel lainnya di sini....

With Digital We Empowering You!

Industry 4.0 vs Society 5.0

Industry 4.0 vs Society 5.0

Industry 4.0 vs Society 5.0 - Di tengah ramai-ramainya gerakan Revolusi Industri 4.0 di Indonesia, Jepang saat ini sudah melaju di gerakan Society 5.0. Sebelum membahas persamaan dan perbedaan antara keduanya, kita tengok sejenak dulu mengenai konsep masing-masing gerakan tadi. Industry 4.0 berawal

Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi bagi Perusahaan Anda

Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi bagi Perusa

Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi bagi Perusahaan Anda - Saat ini, sistem informasi sudah menjadi hal yang umum bagi perusahaan dan banyak orang. Sudah banyak perusahaan yang menggunakan sistem informasi untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Sistem informasi juga bisa meminimalisasi biaya-

Peduli Keselamatan Smartphone Zombies, Korea Selatan Luncurkan Smombie Warning System

Peduli Keselamatan Smartphone Zombies, Korea Sel

Peduli Keselamatan Smartphone Zombies, Korea Selatan Luncurkan Smombie Warning System - Kabar baik datang dari dunia IoT. Belum lama ini Korea Selatan telah menguji desain dan sistem baru  crosswalk yang bertujuan untuk meminimalisasi angka kecelakaan. Pengujian tepatnya dilakukan di sebuah per




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Rumah Sakit Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Yogyakarta Indonesia Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia