Kenali Apa Itu Metode OKR Yang Membuat Google Saat Ini Sangat Maju


Kenali Apa Itu Metode OKR Yang Membuat Google Saat Ini Sangat Maju

Dalam mengukur performa kerja, objectives and key results ataupun OKR merupakan satu metode yang dikala ini gempar digunakan. Tetapi, bersamaan dengan berkembangnya era, ditemui lagi tata cara lain yang bisa tingkatkan performa karyawan, pula meningkatkan bisnis industri.
Tata cara OKR ini bisa jadi masih asing didengar olehmu. Tetapi, sesungguhnya tata cara ini telah digunakan oleh sebagian startup spesialnya di bidang teknologi, serta mulai diadopsi oleh sebagian startup yang lain.

 

Pengertian OKR

Mengutip dari Whatmatters, OKR merupakan sesuatu metode yang terbuat buat regu serta orang, dengan sasaran yang menantang serta ambisius, tetapi memakai metode yang terukur. OKR pula bisa memandang progres kinerja seorang dengan lumayan fleksibel.
Tujuan dari dijadikannya OKR selaku tata cara pengukuran kinerja oleh industri merupakan sebab OKR membolehkan industri membuat sasaran yang lumayan ambisius, tetapi bisa terukur seluruh penerapannya. Dalam OKR, ada 2 faktor, ialah objective, serta key result. Objective, dapat dibilang selaku sasaran utama sesuatu kompetensi yang hendak dicapai oleh industri, regu, ataupun orang tersebut.
Objective merupakan suatu yang bertabiat ambisius, serta cenderung kualitatif. Oleh sebab itu, dalam mencapainya, dibutuhkan aksi yang terukur serta kuantitatif. Inilah yang setelah itu diucap key result. Sehabis objective dari sesuatu kompetensi didetetapkan, pimpinan serta regu haruslah bisa memastikan key result semacam apa yang hendak dicoba buat menggapai objective tersebut.
Perihal ini membuat key result haruslah suatu yang bisa terukur, serta mempunyai rentang waktu tertentu( time bound). Dalam praktiknya, OKR diseleksi sebab bisa mengukur kinerja industri, pimpinan, sampai staf di bawahnya. Idealnya pula, OKR dari masing- masing regu ataupun divisi merupakan turunan dari OKR pimpinan, serta OKR pimpinan merupakan turunan dari OKR industri. Sederhananya, objective masing- masing divisi/ regu merupakan key result dari pimpinannya.
 

Sejarah Awal OKR

OKR sendiri sesungguhnya mempunyai histori yang lumayan panjang, tetapi, pelaksanaannya mulai banyak diaplikasikan sepanjang 2 dekade terakhir ini. Jadi, pada mulanya OKR ini diperkenalkan oleh Peter Drucker di tahun 1954. Di masa itu, metode ini biasa diucap dengan management by objective. Berikutnya, di tahun 1968, Andy Grove mulai merintis industri teknologi yang diucap Intel. Pada masa itu, Andy mulai mempraktikkan metode management by objective yang setelah itu diganti sedikit jadi OKR semacam yang dikala ini kita tahu.
Tetapi, OKR pada dikala cuma digunakan di area Intel saja. Kemudian, dikala John Doerr bergabung di industri Intel pada tahun 1974, ia mulai menekuni tata cara tersebut. Tidak menyudahi di situ. Di tahun 1999 John Doerr kemudian bekerja pada suatu industri venture capitalist yang mempunyai saham di industri Google. Pada dikala itu, dirinya diberi peluang buat berprofesi selaku konsultan. Nah, pada peluang itu dirinya mulai mengantarkan gagasan OKR kepada pendiri Google, ialah Larry Page serta Sergey Brin.
Mulai dikala itu, OKR juga telah banyak digunakan oleh Google serta industri besar yang lain semacam dikala ini. Tetapi, tata cara ini masih terbilang baru. Pelopornya merupakan sebagian industri startup, salah satunya Gojek. Sampai dikala ini, tata cara OKR ini mulai banyak digunakan oleh bermacam industri startup sebab mereka belajar dari kesuksesan Google serta Gojek.
 

Contoh OKR

Objective: Jadi aplikasi produktivitas iOS nomor 1 yang sangat banyak diunduh
Key results
Melaksanakan survei serta meluncurkan 5 fitur yang sangat banyak dimohon sangat lelet bertepatan pada 15 Desember
Melaksanakan 10 pengujian pengguna buat mengenali permasalahan UX
Menciptakan paling tidak 50% kenaikan kepuasan terhadap UX lewat survei pelanggan
Memperoleh 200 rating bintang 5 saat sebelum 31 Desember
 

Manfaat OKR bagi perusahaan

Menyelaraskan tim
OKR merupakan tata cara yang menghubungkan tujuan serta kegiatan regu ataupun orang dengan misi strategis industri. Manajer puncak menetapkan OKR industri, kementerian menetapkan OKR mereka sendiri buat menolong menggapai tujuan industri, dan orang menetapkan sasaran mereka sendiri bersumber pada OKR kementerian.
Lebih fleksibel dalam perencanaan
OKR mempunyai siklus tujuan yang lebih pendek, yang membolehkan regu membiasakan serta menyesuaikan diri dengan pergantian, kurangi resiko serta pemborosan, dan kurangi waktu buat perencanaan. OKR strategis umumnya diresmikan buat 1 tahun serta OKR taktis buat bulanan.
Membantu tim lebih fokus
Kesederhanaan objective serta key results membolehkan tiap karyawan buat fokus pada apa yang betul- betul berarti. Mereka cuma butuh memusatkan atensi pada 2- 5 hasil utama yang wajib dicapai.
Mendukung otonomi dan akuntabilitas
Paling tidak 60% OKR diresmikan oleh anggota regu itu sendiri, bukan oleh manajer mereka. Dengan pendekatan semacam itu, tiap orang mempunyai akuntabilitas individu buat tujuan mereka, yang diselaraskan dengan tujuan organisasi.
Membuat karyawan terlibat
OKR merupakan tata cara yang membolehkan tiap karyawan berkontribusi secara individu buat tujuan yang berarti, sehingga bisa tingkatkan keterlibatan serta motivasi mereka. Keterlibatan karyawan yang lebih besar hendak menaikkan kepuasan kerja serta produktivitas.
 

Cara Menyusun OKR

1. Pilih Tool yang Akan Digunakan
Sehabis Kamu dapat membenarkan kalau segala orang yang ikut serta dalam industri Kamu memiliki uraian yang matang tentang OKR, berikutnya Kamu wajib memakai perlengkapan yang sesuai buat digunakan. Perlengkapan yang diartikan dapat berupa spreadsheet ataupun aplikasi tertentu.

2. Merancang OKR
Kala menyusun OKR, ada 2 persoalan utama yang kerap dijadikan selaku acuan, ialah, apa tujuan yang hendak dicapai? serta gimana metode menggapai tujuan tersebut?
Idealnya, tujuan yang diterapkan haruslah konkret serta pula ambisius. Tetapi, industri wajib dapat melindungi perihal tersebut realistis tersebut dengan bermacam langkah yang dapat diukur buat menanggapi persoalan kedua.

3. Menyusun OKR Perusahaan
Umumnya, OKR industri terbuat oleh para pimpinan industri sebab merekalah yang menguasai apa yang sangat berarti serta diperlukan oleh industri. Pada tingkat tersebut, OKR merupakan gambaran besar yang sanggup mewakili segala industri.

4. Menyusun OKR Tim
OKR regu dapat disusun dalam 2 sesi. Awal, dengan mengaitkan pimpinan paling tinggi industri. Setelah itu, pihak manajer hendak mendiskusikan rancangan OKR tersebut bersama anggota regu. OKR regu ini wajib merepresentasikan prioritas utama dari regu, bukan orang.

5. Menyusun OKR Perorangan
OKR perorangan menggambarkan bermacam perihal yang wajib dicoba oleh tiap anggota regu. Tiap- tiap anggota regu di dalamnya wajib melaksanakan bermacam aktivitas yang telah tertulis di OKR serta dicoba dengan batasan waktu yang telah didetetapkan. Sehingga, manajer hendak sanggup memantau kemajuan tiap anggota timnya dari perihal tersebut.

6. Mengevaluasi OKR
Pihak industri wajib melaksanakan penilaian OKR supaya dapat memperoleh data sepanjang mana tujuan yang telah dicapai. biasanya, suksesnya sesuatu pencapaian merupakan apabila sanggup memegang angka persentase 60- 70%. Bila nilai pencapaian dibawah angka tersebut, belum pasti dikatakan kandas, tetapi dapat jadi sasaran yang mau diraih sangat besar.
Kebalikannya, persentase dengan nilai 100% pula dapat menunjukkan sasaran OKR kurang ambisius, sehingga industri wajib kembali memperhitungkan sasaran yang mau diraih buat periode waktu berikutnya.
 

Kesimpulan

Bersumber pada uraian diatas, hingga dapat kita tarik kesimpulan kalau OKR merupakan salah satu metode yang diciptakan buat regu serta orang yang di dalamnya ada sasaran yang menantang serta sangat ambisius, tetapi diterapkan dengan metode yang lumayan realistis.
Dari OKR tersebut, nantinya industri hendak memperoleh pelajaran serta pencapaian tertentu yang sanggup membuat industri sanggup menggapai sasaran kesuksesan nya secara terukur. Sistem OKR pula berlaku buat menolong industri dalam melaksanakan manajemen keuangan secara lebih pas serta lebih baik lagi.

Rekomendasi untuk Anda

SQL: Pengertian, Fungsi, dan Jenis Structured Query Language

SQL: Pengertian, Fungsi, Dan Jenis Structured Qu

Singkatnya, Structured Query Language ataupun SQL merupakan perintah pemrograman yang digunakan buat mengakses serta mengelola informasi pada sistem database. SQL adalah salah satu poin berarti yang terdapat pada riset metode jaringan pc. Oleh sebab itu, postingan ini akan membahas semua yang butuh

Cara Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) Yang Dapat Membantu Untuk Bisnis Atau Penjualan

Cara Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) Y

AI dalam Bisnis Dan Penjualan Sehabis kami menguak AI, gampang buat memandang kenapa AI pula dapat efisien dalam proses penjualan. AI membaca pola dalam informasi historis dengan sangat akurat. Secara spesial, pola, di mana sikap sesi dini tertentu bersama dengan profil bisa jadi menuju pada sikap

Apa Itu Marketing 4.0? Ini Pengertian & Contoh Penerapannya

Apa Itu Marketing 4.0? Ini Pengertian & Contoh P

Seiring dengan pertumbuhannya teknologi, dunia pemasaran pula turut tumbuh. Jika dulu kita cuma memahami konsep marketing 1. 0 saat ini telah terdapat skema Marketing 4. 0 yang dikira lebih relevan. Apa itu marketing 4. 0? Di masa digital saat ini, disrupsi tidak cuma terjalin di ranah industri.

Ini Dia, Cara Kerja Dropshipper Agar Sukses Yang Jarang Diketahui

Ini Dia, Cara Kerja Dropshipper Agar Sukses Yang

Apa itu Bisnis Dropshipping? Dropshipping merupakan suatu model bisnis jual beli di mana penjual tidak menaruh stok produk tersebut, melainkan menyalurkannya langsung dari pemasok mengarah pembeli. Pada bisnis dropship, pihak penjual tidak melaksanakan penyimpanan stok maupun pengiriman benda. Dro

Inilah, Beberapa Manfaat SEO Untuk Bisnis Start-Up Maupun Perusahaan Besar

Inilah, Beberapa Manfaat SEO Untuk Bisnis Start-

Apakah kamu ketahui khasiat SEO buat bisnis kamu? Di era serba internet saat ini ini, para pelakon bisnis berlomba- lomba mengoptimalkan teknologi digital buat memperkenalkan bisnisnya serta memasarkan bahan- bahan mereka. Salah satu metode yang sangat terkenal merupakan dengan memakai metode optim




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia

We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+6289664230232 +6289664230232