Apa Yang Dimaksud OSI Layer? Yuk Kita Kenali


Apa Yang  Dimaksud OSI Layer? Yuk Kita Kenali

Sejarah 

Gagasan di balik pembuatan standar jaringan adalah untuk menentukan cara yang diterima secara luas untuk menyiapkan jaringan dan menghubungkannya bersama-sama. Model Referensi OSI mewakili upaya awal untuk mendapatkan semua dari berbagai produsen perangkat keras dan perangkat lunak untuk menyetujui kerangka kerja untuk mengembangkan berbagai teknologi jaringan.

Pada akhir tahun 1970-an, dilaksanakanlah dua proyek dimulai secara independen, dengan tujuan yang sama yaitu untuk menentukan standar pemersatu yang akan diterapkan pada arsitektur sistem jaringan. Satu dikelola oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO), sementara yang lain dilakukan oleh Komite Konsultatif Telegraf dan Telepon Internasional, atau CCITT.. Kedua badan standar internasional ini masing-masing mengembangkan dokumen yang mendefinisikan model jaringan serupa.

Pada tahun 1983, kedua dokumen ini digabungkan dengan tujuan untuk membentuk standar yang disebut Open Systems Interconnection Reference Model. Sehingga standar biasanya disebut sebagai Model Referensi Interkoneksi Sistem Terbuka, Model Referensi OSI, atau bahkan hanya Model OSI. Itu diterbitkan pada tahun 1984 oleh ISO, sebagai standar ISO 7498, dan berganti nama menjadi CCITT (sekarang disebut Telecommunications Standardization Sector of the International Telecommunication Union atau ITU-T) sebagai standar X.200.

Salah satu aspek yang menarik dari sejarah Model Referensi OSI adalah bahwa tujuan awalnya bukanlah untuk membuat model terutama untuk tujuan pendidikan walaupun banyak orang saat ini berpikir bahwa inilah masalahnya. Model Referensi OSI dimaksudkan untuk berfungsi sebagai dasar untuk pembentukan rangkaian protokol yang diadopsi secara luas yang akan digunakan oleh internetwork internasional pada dasarnya, apa yang menjadi Internet. Ini disebut, tidak mengejutkan, OSI Protocol Suite.

Namun, hal-hal tidak berjalan sesuai rencana. Meningkatnya popularitas Internet dan protokol TCP/IP-nya bertemu langsung dengan rangkaian OSI, dan singkatnya, TCP/IP menang. Beberapa protokol OSI diimplementasikan, tetapi secara keseluruhan, protokol OSI kalah dari TCP/IP ketika Internet mulai berkembang.

Memahami Lapisan OSI

Open Systems Interconnection atau sering disingkat OSI merupakan model referensi yang dibuat dari kerangka kerja konseptual. Namun, kini telah berkembang dan menjadi standarisasi khusus terkait koneksi komputer.

Tujuan pembuatan OSI Layer adalah untuk menjadi model referensi bagi setiap vendor atau developer, sehingga produk atau software yang dibuat memiliki sifat interpolasi. Artinya, pengguna dapat bekerja sama dengan produk atau sistem tanpa perlu penanganan khusus

Model OSI Layer


Berikut ini adalah tujuh model OSI Layer, dimana setiap layer memiliki tugas dan fungsinya masing-masing sesuai dengan penggunaannya terkait dengan kebutuhan koneksi antar perangkat komputer.

1. Lapisan Aplikasi (Lapisan ke-7)

Lapisan aplikasi adalah lapisan yang menjadi pusat interaksi antara pengguna akhir dan aplikasi yang bekerja menggunakan fungsionalitas suatu jaringan. Selain itu, juga berfungsi untuk mengkonfigurasi aplikasi agar dapat bekerja menggunakan jaringan internet.

Dan kemudian, dapat memberikan pesan ketika terjadi kesalahan dalam proses pengaturan jaringan. Contoh beberapa protokol dan layanan yang berada pada layer aplikasi adalah SMTP, FTP, HTTP, dan lain-lain.

2. Lapisan Presentasi (Lapisan ke-6)

Lapisan keenam adalah lapisan presentasi, yang berfungsi untuk menerjemahkan format data yang akan dikirimkan oleh aplikasi melalui jaringan, ke dalam format yang dapat ditransmisikan oleh jaringan.

Pada lapisan ini, data juga akan di-enkripsi dan di-deskripsi melalui sistem. Contoh protokol keamanan yang ada pada lapisan presentasi adalah  SSL,MIME, TLS, dan lain sebagainya.

3. Session layer (Lapisan ke-5)

Session layer merupakan lapisan yang berfungsi untuk mengetahui bagaimana suatu koneksi dapat dibuat, dikelola, dan dikembangkan. Contoh protokol yang ada pada session layer adalah SMB, RTP, NFS, dan lain-lain.

4. Layer Transport (Lapisan ke-4)

Layer transport berfungsi untuk memecah data menjadi paket data, dan memberi nomor urut pada setiap paket. Jadi, nanti bisa diatur ulang saat sudah sampai tujuan. Lapisan ini juga menentukan protokol yang akan digunakan untuk mengirimkan data, seperti protokol TCP.

Protokol akan mengirimkan paket data, serta memastikan semua paket telah terkirim dengan sukses dan tepat sasaran. Selain itu, juga dapat mengirimkan kembali paket yang hilang atau rusak selama proses pengiriman.

5. Network Layer (Lapisan ke-3)

Network layer memiliki tugas untuk membuat identifikasi untuk paket-paket yang berisi informasi IP (Internet Protocol), baik pada IP pengirim maupun pada IP tujuan dari data tersebut. Dalam satu kondisi, lapisan jaringan juga melakukan proses perutean melalui internetworking menggunakan router dan sakelar di lapisan ke-3.

6. Layer Data-Link (Lapisan ke-2)

Layer Data-link bertugas untuk menentukan setiap bit lalu dijadikan satu menjadi sebuah format yang disebut frame. Pada tahapan ini juga sering terjadi koreksi kesalahan, flow control, pengalamatan perangkat keras atau perangkat keras seperti MAC Address (Alamat Kontrol Akses Media).

7. Lapisan Fisik (Lapisan Pertama)

Dan model lapisan OSI yang terakhir dan terpenting adalah lapisan fisik. Layer ini berfungsi untuk mendefinisikan media yang digunakan untuk transmisi jaringan, sinkronisasi bit dari data, metode pensinyalan, dan membangun arsitektur jaringan seperti perkabelan dan topologi jaringan.

Pada layer ini juga didefinisikan bagaimana sebuah NIC (Network Interface Card) dapat bekerja secara langsung dengan media kabel dan perangkat nirkabel. Untuk setiap pengiriman data melalui setiap lapisan, dapat dianalogikan dengan pengiriman surat.

Bagaimana Lapisan OSI Bekerja

Untuk memahami cara kerja OSI Layer itu sendiri, bisa dibayangkan tahapan-tahapan dalam mengirim surat. Agar surat sampai kepada penerima dengan baik dan benar, maka harus melalui berbagai tahapan pengiriman sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. Berikut ini adalah penjelasan tentang cara kerja OSI Layer.

Pertama, lapisan Aplikasi akan mengirimkan data yang dikirimkan oleh pengguna ke perangkat yang menerima data yang dikirimkan.
Kedua, pada lapisan presentasi, terjadi konversi email ke format jaringan.
Ketiga, lapisan sesi akan membentuk sesi perjalanan data sampai semua proses transmisi data berhasil.
Keempat, pada lapisan transport, pengirim melakukan pemisahan data. Kemudian, data dikumpulkan pada lapisan transport penerima.
Kelima, lapisan jaringan akan membuat alamat yang dapat menuntun dan mengarahkan data untuk sampai pada tujuan yang benar.
Selanjutnya pada lapisan data-link, data akan dibentuk menjadi frame, serta alamat fisik.
Dan pada lapisan utama, tepatnya lapisan fisik, data akan dikirim melalui media jaringan (perantara) ke lapisan transport penerima.
Langkah terakhir, alur proses akan berbalik dari lapisan fisik ke lapisan aplikasi. Nantinya akan mengarah ke jaringan komputer penerima.
 

Rekomendasi untuk Anda

SQL: Pengertian, Fungsi, dan Jenis Structured Query Language

SQL: Pengertian, Fungsi, Dan Jenis Structured Qu

Singkatnya, Structured Query Language ataupun SQL merupakan perintah pemrograman yang digunakan buat mengakses serta mengelola informasi pada sistem database. SQL adalah salah satu poin berarti yang terdapat pada riset metode jaringan pc. Oleh sebab itu, postingan ini akan membahas semua yang butuh

Cara Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) Yang Dapat Membantu Untuk Bisnis Atau Penjualan

Cara Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) Y

AI dalam Bisnis Dan Penjualan Sehabis kami menguak AI, gampang buat memandang kenapa AI pula dapat efisien dalam proses penjualan. AI membaca pola dalam informasi historis dengan sangat akurat. Secara spesial, pola, di mana sikap sesi dini tertentu bersama dengan profil bisa jadi menuju pada sikap

Apa Itu Marketing 4.0? Ini Pengertian & Contoh Penerapannya

Apa Itu Marketing 4.0? Ini Pengertian & Contoh P

Seiring dengan pertumbuhannya teknologi, dunia pemasaran pula turut tumbuh. Jika dulu kita cuma memahami konsep marketing 1. 0 saat ini telah terdapat skema Marketing 4. 0 yang dikira lebih relevan. Apa itu marketing 4. 0? Di masa digital saat ini, disrupsi tidak cuma terjalin di ranah industri.

Ini Dia, Cara Kerja Dropshipper Agar Sukses Yang Jarang Diketahui

Ini Dia, Cara Kerja Dropshipper Agar Sukses Yang

Apa itu Bisnis Dropshipping? Dropshipping merupakan suatu model bisnis jual beli di mana penjual tidak menaruh stok produk tersebut, melainkan menyalurkannya langsung dari pemasok mengarah pembeli. Pada bisnis dropship, pihak penjual tidak melaksanakan penyimpanan stok maupun pengiriman benda. Dro

Inilah, Beberapa Manfaat SEO Untuk Bisnis Start-Up Maupun Perusahaan Besar

Inilah, Beberapa Manfaat SEO Untuk Bisnis Start-

Apakah kamu ketahui khasiat SEO buat bisnis kamu? Di era serba internet saat ini ini, para pelakon bisnis berlomba- lomba mengoptimalkan teknologi digital buat memperkenalkan bisnisnya serta memasarkan bahan- bahan mereka. Salah satu metode yang sangat terkenal merupakan dengan memakai metode optim




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia

We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+6289664230232 +6289664230232