Mengenal Hedonisme, Gaya Hidup Hura-Hura


Mengenal Hedonisme, Gaya Hidup Hura-Hura

Hedonisme merupakan salah satu ideologi yang banyak berkembang di masyarakat. hedonisme dikenal oleh masyarakat luas sebagai sesuatu yang dikaitkan dengan pemborosan, suka menghambur-hamburkan uang, dan hanya memikirkan kebahagiaan duniawi.

Pengertian

Pengertian hedonisme sendiri diambil dari kata Yunani 'hedone' yang berarti kesenangan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Hedonisme memiliki arti pandangan yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama dalam hidup.

Beberapa ahli juga menjelaskan bagaimana hedonisme didefinisikan. Burhanuddin (1997:81) menjelaskan pengertian hedonisme adalah sesuatu yang dianggap baik, sesuai dengan kesenangan yang dibawanya. Dengan kata lain, sesuatu yang hanya mendatangkan masalah, penderitaan, dan ketidaknyamanan adalah sesuatu yang dianggap tidak baik.

Sedangkan menurut Collins Gem (1993:97) pengertian hedonisme adalah doktrin yang menyatakan bahwa kesenangan adalah hal terpenting dalam hidup. Dari sini dapat kita simpulkan bahwa hedonisme merupakan paham yang dianut oleh orang orang yang hidup hanya untuk mencari kesenangan pribadi saja

Penyebab Hedonisme

Hedonisme adalah perilaku yang cenderung hanya memikirkan kesenangan. Namun, gaya hidup ini sebenarnya tidak datang begitu saja. Ada beberapa faktor yang dapat membuat seseorang menjadi penganut hedonisme.

Faktor internal

Faktor internal adalah faktor yang muncul dari dalam diri kita sendiri, dan merupakan penyebab utama hedonisme yang paling sering terjadi. Setiap manusia tentu memiliki sifat dasar yang ingin memiliki banyak kesenangan dan kebahagiaan. Ditambah lagi dengan ciri-ciri manusia lainnya, yaitu perasaan tidak pernah puas dengan apa yang dimilikinya. Sifat-sifat tersebut pada akhirnya akan membawa seseorang pada perilaku dan gaya hidup yang hedonistik.

Faktor eksternal


Penyebab lain seseorang yang memiliki hedonisme selanjutnya berasal dari faktor eksternal atau faktor yang disebabkan dari luar. Faktor eksternal tersebut dapat berpengaruh berkat adanya informasi dan globalisasi.

Ciri-Ciri Orang Yang Berpaham Hedonisme

Hedonisme adalah perilaku yang cenderung berorientasi pada kesenangan dan kenikmatan pribadi, menampar dan hanya memikirkan dunia. Perilaku hedonisme sendiri sebenarnya sangat mudah ditemui di masyarakat. Namun, banyak juga yang tidak menyadari bahwa kebanyakan dari mereka terjerumus ke dalam hedonisme.
Beberapa ciri orang hedonisme antara lain:
  • Menganggap tujuan utama dalam hidup seseorang hanyalah kesenangan dan juga kesenangan pribadi.
  • Tidak peduli dengan kepentingan dan kebahagiaan orang lain , biasanya memiliki sifat egois yang tinggi
  • Tidak pernah merasa dirinya puas dengan hal-hal yang sudah dimilikinya, baik itu kekayaan maupun keluarga.
  • Sifat konsumtif, yaitu akan mengutamakan membeli barang untuk kesenangan daripada kebutuhan.
  • Orang yang menganut paham hedonisme akan cenderung diskriminatif dan arogan, karena melihat orang lain berdasarkan kekayaannya dan selalu merasa lebih baik jika dibandingkan dengan orang lain.

Dampak Hedonisme

Perilaku dan gaya hidup hedonistik yang dianut juga akan berdampak pada dirinya dan lingkungan sekitarnya. Sayangnya, dampak yang muncul dari perilaku hedonistik ini cenderung negatif.

Individualisme

Orang yang memiliki perilaku dan gaya hidup hedonistik biasanya memiliki sifat individualis, dan terkadang menganggap dirinya lebih penting dari orang lain.

Konsumtif

Kebiasaan membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan merupakan dampak buruk dari hedonisme. Ini dilakukan hanya untuk bersenang-senang, karena saya suka berbelanja.

Egois

Seseorang yang memiliki gaya hidup atau perilaku hedonistik, biasanya lebih mementingkan diri sendiri tanpa memperdulikan orang lain.

Cenderung malas

Beberapa orang yang terjerumus ke dalam hedonisme juga lebih cenderung malas dan tidak menghargai waktu.

Kurang Bertanggung Jawab

Selain sebagai orang yang malas, seseorang dengan ideologi hedonistik ini juga biasanya kurang bertanggung jawab, bahkan terhadap dirinya sendiri.

Boros

Demi kesenangan semata, mereka yang memiliki gaya hidup hedonis biasanya sangat boros. Mereka akan menghabiskan banyak uang untuk hal-hal yang membuat mereka bahagia terlepas dari manfaat dan kegunaan barang yang dibeli.

Korupsi

Salah satu dampak hedonisme yang sering terjadi pada diri seseorang adalah kebiasaan korupsi. Bukan hanya korupsi uang, tetapi juga hal-hal lain, seperti korupsi waktu, korupsi pekerjaan, dan sebagainya.
Pejabat yang terjerumus ke dalam perilaku hedonistik tidak akan ragu dan juga tidak akan malu untuk melakukan korupsi demi kesenangan hidupnya.

Jenis-Jenis Hedonisme

Ideologi Hedonisme yang ada di masyarakat terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu Hedonisme Psikologis, Hedonisme Evaluatif, dan Hedonisme Rasionalisasi.
1. Hedonisme Psikologis
Hedonisme jenis ini beranggapan bahwa manusia diciptakan lahiriah untuk menginginkan kesenangan. Secara naluriah, manusia memang memiliki fitrah untuk menghindari rasa sakit dan penderitaan.
2. Hedonisme Evaluatif
Kemudian hedonisme jenis ini beranggapan bahwa kesenangan adalah apa yang diinginkan dan dikejar seseorang. Dalam konsep hedonisme evaluatif, yang paling berharga hanyalah kesenangan, sedangkan rasa sakit atau ketidaksenangan adalah sesuatu yang mengecewakan dan dianggap sebagai sesuatu yang tidak layak dirasakan oleh manusia.
3. Rasionalisasi Hedonisme
Jenis hedonisme terakhir berpandangan bahwa seseorang mencari kesenangan, tetapi juga memahami konsekuensi yang akan mereka terima. Misalnya, seseorang mengkonsumsi narkoba untuk mencari kesenangan dan melepaskan beban masalah sejenak. Tetapi para pengguna itu tahu bahwa itu buruk bagi kesehatan dan juga dapat menyebabkan masalah kriminal.

Cara Mengatasi Hedonisme

Mengubah Pola Pikir Konsumtif menjadi Produktif

Cara pertama untuk mengatasi hedonisme adalah dengan mengubah pola pikir konsumtif menjadi produktif. Anda harus memiliki pola pikir untuk melihat hal-hal berdasarkan produktivitas mereka. Pertimbangkan manfaat saat ini dan masa depan.

Menyadari Bahwa Hidup Bukan Tentang Sekedar Bersenang-senang

Menyadari bahwa hidup bukan hanya tentang bersenang-senang adalah cara mengatasi hedonisme. Anda sebagai manusia harus mengerti bahwa hidup selalu berputar. Terkadang kamu akan diberikan masalah yang membuat suasana sedih, sulit, hingga sulit. Tetapi Anda juga akan mendapatkan perasaan senang dan bahagia di waktu-waktu tertentu.

Tetapkan Target dan Rencana Keuangan Jangka Panjang

Salah satu cara mengatasi hedonisme adalah dengan menetapkan target dan rencana keuangan jangka panjang. Ketika Anda memiliki perencanaan keuangan dan memikirkan masa depan, maka Anda dapat mengontrol gaya hidup Anda. Karena ada hal-hal yang jauh lebih penting di masa depan.

Membatasi Diri Saat Melakukan Self-Reward

Self-reward seringkali menjerumuskan kita ke dalam gaya hidup hedonis. Maka cara mengatasi hedonisme adalah dengan membatasi diri saat melakukan self-reward. Anda harus memahami kapan saatnya untuk menghargai diri sendiri. Jangan lakukan terus menerus.

Catat Setiap Pengeluaran dan Pendapatan

Gaya hidup hedonis berkaitan dengan pemborosan. Oleh karena itu, cara mengatasi hedonisme adalah dengan mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan. Dengan begitu Anda bisa mengontrol keuangan dan hidup hemat.

Selektif dalam memilih lingkaran pertemanan

Lingkungan adalah salah satu faktor penting dalam mempengaruhi gaya hidup Anda. Jadi, cobalah untuk selektif dalam memilih lingkaran pertemanan. Hindari lingkaran yang mendorong Anda untuk mempromosikan gaya hidup mewah.
 

Rekomendasi untuk Anda

SQL: Pengertian, Fungsi, dan Jenis Structured Query Language

SQL: Pengertian, Fungsi, Dan Jenis Structured Qu

Singkatnya, Structured Query Language ataupun SQL merupakan perintah pemrograman yang digunakan buat mengakses serta mengelola informasi pada sistem database. SQL adalah salah satu poin berarti yang terdapat pada riset metode jaringan pc. Oleh sebab itu, postingan ini akan membahas semua yang butuh

Cara Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) Yang Dapat Membantu Untuk Bisnis Atau Penjualan

Cara Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) Y

AI dalam Bisnis Dan Penjualan Sehabis kami menguak AI, gampang buat memandang kenapa AI pula dapat efisien dalam proses penjualan. AI membaca pola dalam informasi historis dengan sangat akurat. Secara spesial, pola, di mana sikap sesi dini tertentu bersama dengan profil bisa jadi menuju pada sikap

Apa Itu Marketing 4.0? Ini Pengertian & Contoh Penerapannya

Apa Itu Marketing 4.0? Ini Pengertian & Contoh P

Seiring dengan pertumbuhannya teknologi, dunia pemasaran pula turut tumbuh. Jika dulu kita cuma memahami konsep marketing 1. 0 saat ini telah terdapat skema Marketing 4. 0 yang dikira lebih relevan. Apa itu marketing 4. 0? Di masa digital saat ini, disrupsi tidak cuma terjalin di ranah industri.

Ini Dia, Cara Kerja Dropshipper Agar Sukses Yang Jarang Diketahui

Ini Dia, Cara Kerja Dropshipper Agar Sukses Yang

Apa itu Bisnis Dropshipping? Dropshipping merupakan suatu model bisnis jual beli di mana penjual tidak menaruh stok produk tersebut, melainkan menyalurkannya langsung dari pemasok mengarah pembeli. Pada bisnis dropship, pihak penjual tidak melaksanakan penyimpanan stok maupun pengiriman benda. Dro

Inilah, Beberapa Manfaat SEO Untuk Bisnis Start-Up Maupun Perusahaan Besar

Inilah, Beberapa Manfaat SEO Untuk Bisnis Start-

Apakah kamu ketahui khasiat SEO buat bisnis kamu? Di era serba internet saat ini ini, para pelakon bisnis berlomba- lomba mengoptimalkan teknologi digital buat memperkenalkan bisnisnya serta memasarkan bahan- bahan mereka. Salah satu metode yang sangat terkenal merupakan dengan memakai metode optim




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia

We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+6289664230232 +6289664230232