OSI LAYER: PENGERTIAN, FUNGSI DAN CARA KERJA 7 LAPISAN OSI


OSI LAYER: PENGERTIAN, FUNGSI DAN CARA KERJA 7 LAPISAN OSI

Sejarah OSI Layer Singkat

Saat sebelum adanya OSI Layer, sistem komunikasi antar komputer berlangsung memakai protokol yang terbuat sendiri- sendiri oleh produsen serta pengembang fitur. Ini membuat banyaknya perbandingan protokol yang terdapat, walaupun masih terletak dalam satu jaringan. Perbandingan protokol menimbulkan kasus dalam perihal komunikasi. Pertukaran data susah dicoba pada fitur ataupun jaringan dengan protokol berbeda. Hingga dekat akhir tahun’ 70- an, digagas lah 2 proyek besar buat memastikan protokol standar untuk seluruh fitur. Salah satu proyek digarap oleh ISO. Sedangkan CCITT Komisi Konsultan Komunikasi dari Prancis mengerjakan penataan model yang lain. Keduanya menciptakan konsep yang menarik. Sehingga setelah itu dilebur jadi satu dalam Open System Interconnection pada 1983.

OSI Layer sesungguhnya terbuat supaya jadi model protokol komunikasi yang diadopsi secara internasional oleh para pengembang di bidang internet. Sayangnya perihal tersebut kandas terwujud sebab timbulnya protokol TCP/ IP hasil pengembangan Kementerian Pertahanan AS.

Protokol baru ini dikira lebih efektif dalam pengaplikasiannya. Tetapi OSI Layer tidak lenyap begitu saja. Dikala ini, protokol ini masih dipakai secara luas, paling utama dalam bidang pembelajaran. Buat menerangkan sistem kerja serta ikatan antar protokol dalam jaringan komunikasi.

Pengertian OSI Layer

Tiap pc dalam jaringan mempunyai metode berkomunikasinya tiap- tiap. Pc berlabel A mempunyai bahasa sendiri, serta cuma dapat berbicara dengan fitur lain yang berlabel sama. Perihal tersebut pula terjalin pada sistem jaringan. Di mana pertukaran data antar jaringan tidak dapat terjalin dengan baik. Sedangkan pasti saja proses komunikasi diperlukan tidak cuma oleh pc dalam satu sistem jaringan tertentu.

Hingga, diperlukan standar spesial buat membolehkan komunikasi bisa terjalin secara merata. Oleh sebab seperti itu, setelah itu ISO( International Standard Organization) menetapkan standar OSI Layer tentang protokol komunikasi buat seluruh tipe sistem jaringan.

Dari mari bisa disimpulkan kalau OSI Layer merupakan suatu konsep yang membolehkan pertukaran data terjalin antara bermacam tipe sistem komunikasi pc, dengan memakai protokol standar, ialah TCP/ IP.

Protokol sendiri ialah format ketentuan tentang proses pertukaran data antar pc memakai TCP( Transmission Control Protocol) serta IP( Internet Protocol). Sedangkan, IP merupakan sistem alamat dalam jaringan internet yang dihubungkan oleh TCP.

Fungsi OSI Layer

Pengembangan konsep OSI Layer sesungguhnya diperuntukan supaya produsen pc dan pengembang jaringan serta fitur lunak bisa membuat produk yang dapat tersambung tanpa memforsir pengguna melaksanakan usaha lebih.

Dalam perjalanannya, para produsen pc serta pengembang jaringan internet tidak mempraktikkan protokol model OSI Layer secara baku. Alasannya tidak seluruh proses komunikasi membutuhkan prosedur OSI Layer sebab bisa memakai protokol yang lebih simpel.

Tetapi, konsep OSI Layer tidak serta merta ditinggalkan begitu saja. Model prosedur ini masih banyak digunakan, paling utama dalam melacak kasus yang menyebabkan gagalnya guna jaringan. Sehingga, setelah itu bisa diatasi serta komunikasi berjalan wajar kembali.

OSI Layer bekerja melewati 7 Lapisan prosedur yang berentetan. Kala seorang tidak dapat mengakses internet dengan laptopnya, berarti terdapat permasalahan yang bisa jadi terjalin pada salah satu Lapisan prosedur tersebut.

Konsep OSI Layer mempermudah proses pencarian titik dini kasus, sehingga memangkas waktu yang dibutuhkan buat melacak problem jaringan. Dengan begitu, usaha buat menanggulangi permasalahan jaringan juga berjalan lebih gampang serta pendek.

7 Model OSI Layer

Berikut ini adalah 7 model OSI Layer, yang mana pada tiap Lapisan memiliki tugas serta guna masing– masing cocok dengan penggunaannya terpaut dengan kebutuhan koneksi antar fitur pc.

1. Application Layer( Lapisan ke- 7)
Application layer merupakan Lapisan yang jadi pusat( center) terbentuknya sesuatu interaksi antara pengguna( end user) dengan aplikasi yang bekerja memakai fungsionalitas suatu jaringan. Tidak hanya itu pula memiliki guna buat melaksanakan konfigurasi menimpa gimana metode aplikasi bisa bekerja memakai resource jaringan.

Serta setelah itu, bisa membagikan pesan dikala terjalin suatu kesalahan pada proses pengaturan jaringan. Contoh sebagian services serta protokol yang terletak pada application layer merupakan HTTP, SMTP, FTP, serta lain– lain.

2. Presentation Layer( Lapisan ke- 6)
Lapisan yang keenam merupakan presentation layer, dimana memiliki guna buat mentranslasikan format informasi yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi lewat jaringan, ke dalam format yang bisa ditransmisikan oleh suatu jaringan.

Pada layer ini, informasi pula hendak terenkripsi serta dekripsi lewat sistem. Contoh protokol yang terletak pada presentation layer merupakan MIME, SSL, TLS, serta lain sebagainya.

3. Session Layer( Lapisan ke- 5)
Session layer adalah Lapisan yang berperan buat mendefinisikan gimana suatu koneksi bisa terbuat, dikelola, serta dibesarkan. Contoh protokol yang terletak pada session layer merupakan NFS, SMB, RTP, serta lain– lain.

4. Transport Layer( Lapisan ke- 4)
Transport layer memiliki guna buat memecah informasi jadi paket– paket informasi, dan memberikan no urut buat tiap paketnya. Sehingga, nantinya bisa disusun kembali dikala hingga pada tujuan. Pada layer ini pula memastikan protokol yang hendak digunakan buat mentransmisikan informasi, semacam protokol TCP.

Protokol tersebut hendak mengirimkan paket informasi, sekalian membenarkan kalau tiap paket sudah diterima dengan berhasil serta pas target. Tidak hanya itu, pula bisa mentransmisikan ulang terhadap paket yang lenyap ataupun rusak kala proses pengiriman.

5. Network Layer( Lapisan ke- 3)
Tugas dari network layer merupakan membuat header buat paket yang berisi data IP( Internet Protocol), baik IP pengirim atau pun IP tujuan informasi. Pada suatu keadaan, network layer pula melaksanakan proses routing lewat internetworking dengan memakai dorongan router serta switch pada layer ke- 3.

6. Data- Link Layer( Lapisan ke- 2)
Pada data- link layer mempunyai tugas buat memastikan tiap bit informasi dikelompokkan jadi format yang diucap dengan frame. Pada tingkat ini pula terjalin koreksi kesalahan, flow control, pengalamatan hardware ataupun fitur keras( semacam halnya pada MAC Address( Media Access Control Address)).

Dan, memastikan gimana fitur jaringan semacam hub, repeater, bridge, serta switch pada layer 2 bisa beroperasi. Buat spesifikasi IEEE 802, bisa membagi tingkatan jadi 2 tingkat, ialah Lapisan Media Access Control( MAC) serta Lapisan Logical Link Control( LLC).

7. Physical Layer( Lapisan ke- 1)
Serta model OSI Layer terakhir serta yang sangat utama merupakan physical layer. Gunanya merupakan buat mendefinisikan media transmisi jaringan, sinkronisasi bit, tata cara pensinyalan, dan membangun arsitektur jaringan semacam pengkabelan serta topologi jaringan.

Pada tahapan ataupun tingkat ini pula mendefinisikan menimpa gimana suatu NIC( Network Interface Card) bisa berhubungan secara langsung dengan media kabel serta fitur radio. Buat tiap pengiriman informasi lewat masing- masing layer, bisa dianalogikan semacam kamu mengirim pesan.

Cara Kerja OSI Layer

Buat menguasai metode kerja dari OSI Layer sendiri, kamu bisa membayangkan dengan tahapan dalam mengirim pesan. Supaya pesan hingga kepada penerima dengan baik serta pas, hingga wajib melewati bermacam tahapan pengiriman cocok dengan prosedur yang sudah diresmikan tadinya. Berikut ini adalah sebagian uraian menimpa metode kerja OSI Layer.

Awal, Application layer hendak mengirimkan informasi yang dikirim pengguna kepada fitur pc penerima informasi.

Kedua, pada presentation layer terjalin konversi email jadi suatu format jaringan.

Ketiga, pada session layer hendak membentuk tahap ekspedisi informasi sampai segala proses pengiriman informasi berakhir dilaksanakan.

Yang keempat, di dalam transport layer pengirim melaksanakan pemecahan informasi. Setelah itu, informasi tersebut dikumpulkan pada transport layer penerima.

Kelima, network layer membuatkan suatu alamat sehingga bisa menuntut

serta memusatkan informasi sampai hingga pada tujuan yang benar.

Berikutnya, di dalam data- link layer hendak dicoba pembuatan informasi jadi wujud frame, dan alamat raga.

Serta pada Lapisan utama tepatnya physical layer, informasi hendak dikirim lewat medium( perantara) jaringan mengarah Lapisan transport penerima.

Langkah yang terakhir, alur jalannya proses hendak berputar dari physical layer mengarah application layer. Nantinya hendak menuju pada jaringan pc penerima.

- Afif Hendrawan

Rekomendasi untuk Anda

SQL: Pengertian, Fungsi, dan Jenis Structured Query Language

SQL: Pengertian, Fungsi, Dan Jenis Structured Qu

Singkatnya, Structured Query Language ataupun SQL merupakan perintah pemrograman yang digunakan buat mengakses serta mengelola informasi pada sistem database. SQL adalah salah satu poin berarti yang terdapat pada riset metode jaringan pc. Oleh sebab itu, postingan ini akan membahas semua yang butuh

Cara Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) Yang Dapat Membantu Untuk Bisnis Atau Penjualan

Cara Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) Y

AI dalam Bisnis Dan Penjualan Sehabis kami menguak AI, gampang buat memandang kenapa AI pula dapat efisien dalam proses penjualan. AI membaca pola dalam informasi historis dengan sangat akurat. Secara spesial, pola, di mana sikap sesi dini tertentu bersama dengan profil bisa jadi menuju pada sikap

Apa Itu Marketing 4.0? Ini Pengertian & Contoh Penerapannya

Apa Itu Marketing 4.0? Ini Pengertian & Contoh P

Seiring dengan pertumbuhannya teknologi, dunia pemasaran pula turut tumbuh. Jika dulu kita cuma memahami konsep marketing 1. 0 saat ini telah terdapat skema Marketing 4. 0 yang dikira lebih relevan. Apa itu marketing 4. 0? Di masa digital saat ini, disrupsi tidak cuma terjalin di ranah industri.

Ini Dia, Cara Kerja Dropshipper Agar Sukses Yang Jarang Diketahui

Ini Dia, Cara Kerja Dropshipper Agar Sukses Yang

Apa itu Bisnis Dropshipping? Dropshipping merupakan suatu model bisnis jual beli di mana penjual tidak menaruh stok produk tersebut, melainkan menyalurkannya langsung dari pemasok mengarah pembeli. Pada bisnis dropship, pihak penjual tidak melaksanakan penyimpanan stok maupun pengiriman benda. Dro

Inilah, Beberapa Manfaat SEO Untuk Bisnis Start-Up Maupun Perusahaan Besar

Inilah, Beberapa Manfaat SEO Untuk Bisnis Start-

Apakah kamu ketahui khasiat SEO buat bisnis kamu? Di era serba internet saat ini ini, para pelakon bisnis berlomba- lomba mengoptimalkan teknologi digital buat memperkenalkan bisnisnya serta memasarkan bahan- bahan mereka. Salah satu metode yang sangat terkenal merupakan dengan memakai metode optim




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia

We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+6289664230232 +6289664230232