Tips Mudah Menjadi UI/UX Designer


Tips Mudah Menjadi UI/UX Designer

Pekerjaan UI/UX pasti sering anda dengar, apalagi ketika anda membuka berita lowongan pekerjaan. Profesi UI/UX ini sangat populer saat ini karena sering dengan perkembangan aplikasi maupun website. Bidang UI/UX desain merupakan 2 pekerjaan yang mempunyai perbedaan dalam lingkup yang sama.
Peran seorang UI/UX designer tidak diwajibkan untuk menempuh pendidikan bidang tertentu. Asal diharuskan dengan niat dan tekun pasti anda bisa untuk memulai karir sebagai UI/UX Designer.
Yuk sama-sama simak penjelasan di bawah ini terkait langkah-langkah menjadi UI/UX Designer.

Mengenal Apa Itu UI dan UX Design 

Langkah awal yang harus dipelajari yaitu UI kependekkan dari User Interface. dimana seorang UI/UX desain mencakup pekerjaan untuk kebutuhan website ataupun aplikasi mobile seperti tulisan, menu tata letak, tombol, warna hingga tipografi. 
Seorang UI designer juga dapat berperan dalam mencakup perencanaan flow untuk setiap penggunanya serta dapat menciptakan mockup atau prototype. Bagi perusahaan besar UI Designer sangat penting untuk menyusun konsep layout website ataupun aplikasi mobile. Contoh dari UI yaitu visual design pada aplikasi mobile maupun web.
Visual design sangat perlu diamati supaya apa? Supaya dapat membuat suatu aplikasi yang tampak lebih cantik (eye-catching) dan mudah digunakan.
Sedangkan UX kependekan dari User Experience. UX designer adalah seseorang yang berperan dalam kepuasaan pengguna (user) dan pengalaman (experience) yang jauh lebih baik. Contohnya ketika kita  menggunakan aplikasi Shopee Food, jika anda ingin pergi kesuatu tempat tujuan, maka lokasi penjemputan akan terisi otomatis yang berada persis di tempat anda ini terjadi karena adanya fitur User’s GPS.
Jadi seorang UX atau User Experience ini biasanya tidak terlihat bagi seseorang yang bukan designer, tetapi bagi seorang designer dapat melihat bahwa dengan mengisi lokasi secara otomatis dapat menghemat waktu secara cepat dari sisi pengguna agar lebih mempermudah.
Pekerjaan seorang UX designer adalah berperan untuk melingkupi riset bagi pengguna (user research), mendesain hal-hal yang penting dalam user interface, mendesain juga flow website atau aplikasi mobile, serta melakukan testing. 

Mengetahui Kunci Utama menjadi UI UX Design 

Apakah anda harus jago design seperti anda mempunyai skill Adobe photoshop, illustrator, dan sebagainya? Iya, seharusnya anda perlu bisa desain setidaknya harus memahami konsep dasarnya terlebih dahulu, tapi bagi anda yang belum memahami banget konsep design tidak perlu khawatir bahwa anda tidak bisa menjadi seorang UI/UX Designer.
Oleh karena ini anda diwajibkan untuk dapat mendalami kunci utama sebagai syarat menjadi seorang UI UX design yang dibagi menjadi 3 bagian diantaranya sebagai berikut: 

  • Problem

Masalah apa yang terjadi? Sebagai seorang UX designer sendiri justru kita bakal mencari suatu permasalahan bukan untuk dihindari. Masalah seperti apakah yang dimaksud? Sebagai contoh dalam permasalahan yang dibuat suatu flow sistem, alat untuk meminimalisir sistem manualisasi yang ada saat ini agar dapat menghasilkan suatu ide ataupun solusi.

  • Solution

Bagaimana cara memperbaikinya? Dibuatnya aplikasi ini digunakan untuk alat dan mempunyai tampilan yang menarik, dan mudah digunakan oleh pengguna (user friendly).

  • Result

Mendapatkan suatu outputan yang dapat memudahkan pekerjaan pengguna, bukannya malah mempersulit.
Penjelasan diatas merupakan 3 syarat utama dari seorang UI/UX Designer.

Mempelajari dan Banyak Berlatih UI/UX Designer

Anda juga dapat menekuni bidang UI/UX desain ini dengan harus banyak mengasah skill baik itu dari segi UI maupun UX. Sehingga dengan seringnya  mengasah skill maka akan memperkaya skill mu.
Mulailah sering-sering mencari informasi terkait profesi UI UX. anda dapat memulai belajar dari belajar UI yang biasanya lebih mudah terlihat dibandingkan UX. Misalnya membuat desain konsep aplikasi sederhana menggunakan adobe XD atau juga menggunakan Figma. 
Untuk belajar UX anda bisa saja belajar dengan membaca buku tentang UX. Berikut ini contoh buku yang direkomendasikan para UX designer :

  • The Design of Everyday Things (Don Norman).
  • UX for Lean Startups (Laura Klein).
  • Observing User Experience (Elizabeth Goodman, dkk).

Selain anda belajar secara mandiri adapun cara belajar yang bisa membantu anda menjadi seorang UI/UX Designer yaitu diantaranya mengikuti kelas online, pelatihan-pelatihan berupa workshop, dan lain sebagainya. Lebih bagusnya jika anda sering buat project untuk dijadikan portfolio.

Memilih Tools yang Sesuai

Hal ini juga perlu diikuti karena dengan memilih tools yang mudah dan tepat akan membantu meningkatkan efisiensi waktu kerja. Ketika anda baru saja terjun dan berkecimpung bidangr UI desain maka diharuskan menggunakan software penunjang seperti Adobe XD, Figma tools. Mengapa? anda juga bisa saja dapat memilih salah satu software yang disebutkan tadi karena sudah mempunyai standar yang memudahkan proses desain dan dilengkapi dengan proses prototyping.
Salah satunya banyak juga designer pakai Figma, baca juga : Figma, tools yang mempermudah hidup UI Designer
Sedangkan untuk UX flow anda bisa menggunakan platform online seperti Whimsical.Pada platform ini telah tersedia fitur yang dapat mempermudah anda dalam urusan perancangan sebelum diimplementasikan oleh UI designer berupa flowchart, mind maps, dan juga wireframes. anda bisa pelajari lebih lanjut di internet. 

Cari Banyak Sumber Referensi

Ini merupakan hal yang penting. Sebagai UI/UX designer anda mesti banyak-banyak mencari sumber referensi. anda juga dapat mengasah skill desain dengan cara banyak belajar juga dari sumber-sumber lain seperti buku, website, YouTube, dan lain sebagainya.

Bergabung Dengan Berbagai Komunitas Desain

Mulailah bergabunglah dengan komunitas baik itu berupa grup member forum Facebook, telegram ataupun yang lainnya. 

Mengikuti Update Mengenai Design Trending

Hal ini wajib diikuti bagi para calon UI/UX Designer karena perkembangan desain tidak pernah ada hentinya. Desain yang baik adalah desain yang akan menyesuaikan dengan kebutuhan sekarang dan dimasa yang akan datang. Jadi agar terhindar dari kata kuno atau jadul anda harus selalu mengikuti perkembangan desain (trand desain). Karena sebagai seorang pengguna mereka selalu membutuhkan sesuatu yang sedang trand dan populer.
Kesimpulannya, pada poin-poin diatas ini merupakan suatu langkah dalam membuatmu menjadi seorang UI/UX Designer. Maka dari itu perbanyak latihan dengan buat suatu project simpel dan sederhana. Mulailah mencari banyak referensi dalam belajar mendesain dan gunakan tools yang menurutmu efektif, dan bergabunglah dengan komunitas UI/UX desain atau cari mentor serta selalu mengikuti trend desain.

- Afif Hendrawan



Rekomendasi untuk Anda

Tips Mudah Menjadi UI/UX Designer

Tips Mudah Menjadi UI/UX Designer

Pekerjaan UI/UX pasti sering anda dengar, apalagi ketika anda membuka berita lowongan pekerjaan. Profesi UI/UX ini sangat populer saat ini karena sering dengan perkembangan aplikasi maupun website. Bidang UI/UX desain merupakan 2 pekerjaan yang mempunyai perbedaan dalam lingkup yang sama. Peran s

Apa itu Chrome OS?? Inilah Sejarah, Pengertian, Fungsi, Spesifikasi dan Fitur Chrome OS

Apa Itu Chrome OS?? Inilah Sejarah, Pengertian,

Chrome OS adalah sistem operasi open source yang dikembangkan oleh Google Inc. untuk bekerja secara eksklusif dengan aplikasi web. Google Chrome OS diumumkan pada tanggal 7 Juli 2009, dan versi stabil akan dirilis pada paruh kedua tahun 2010. Sistem operasi ini didasarkan pada Linux dan hanya berjal

Belajar Bahasa Pemograman C++,Pengertian,Sejarah,Konsep Dasar dan Contoh Program

Belajar Bahasa Pemograman C++,Pengertian,Sejarah

Bahasa pemrograman C++ merupakan bahasa pemrograman komputer yang dapat digunakan untuk membuat berbagai aplikasi (general purpose programming language) dan merupakan evolusi dari bahasa pemrograman C. Itu Bahasa C++ terkadang disebut sebagai "C with class". Ini karena perbedaan utama anta

Mengenal Lebih Jauh Tentang Purchasing System

Mengenal Lebih Jauh Tentang Purchasing System

Pada zaman digital saat ini, sebagian besar individu sudah memulai untuk menggunakan internet dan teknologi digital untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti berbelanja, bekerja, dan lain sebagainya. Teknologi saat ini menawarkan kemudahan dan mendapat akses dimana saja menjadikan nilai tammbah y

Mengenal Fungsi Dan Peran Penting Sales Force Untuk Perkembangan Bisnis Perusahaan

Mengenal Fungsi Dan Peran Penting Sales Force Un

Pengertian Sales Force Sales Force merupakan suatu divisi, tim atau pegawai dalam perusahaan yang memiliki tugas serta tanggung jawab dalam proses penjualan produk ataupun layanan( service). Kegiatan rutin yang dilakukan merupakan mendatangi ataupun menelpon pelanggan maupun calon konsumen. Jadi,


Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi
Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi
Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas
Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa Pembuatan Website Yogyakarta
Jasa Pembuatan Website Yogyakarta
Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi
Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi
Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten
Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar
Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia
Web Developer di Jakarta Indonesia
Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia
Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia
Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia
Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Yogyakarta Indonesia
Web Developer ERP di Yogyakarta Indonesia


We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+6289664230232 +6289664230232