Mengenal Fungsi dan Manfaat Data Warehouse Untuk Perusahaan


Mengenal Fungsi dan Manfaat Data Warehouse Untuk Perusahaan

Mengenal Fungsi dan Manfaat Data Warehouse Untuk Perusahaan - Di dalam penyimpanan data ini yaitu suatu dari beberapa faktor yang penting di dalam zaman yang serba digital untuk sekarang ini. Untuk itu, penyimpanan di dalam zaman yang digital ini mempunyai banyak keunggulan misalnya dalam akses untuk jarak jauh, memudahkan dalam memindahkan data, dan memberikan kemudahan dalam melakukan pencadangan (backup) data perusahaan. Dan untuk memakai metode ini yang sering digunakan dalam perusahaan dengan jumlah data yang besar yaitu dengan menggunakan data warehousing ini. Mengenal lebih dekat lagi, mari simak penjelasan tentang warehouse ini sebagai berikut.

 

Apa Itu Data Warehouse?

Pengertian dari Data warehouse merupakan sebuah sistem data yang mempunyai berbagai manfaat dan fungsi untuk mengumpulkan banyaknya data dari berbagai sumber di dalam sebuah perusahaan untuk melaporkan dan menganalisis data. Di dalam laporan ini akan dibuat dari data yang kompleks dalam data warehouse yang akan digunakan untuk membuat dalam keputusan bisnis. Nah untuk arti yang lebih jelas lagi, ini adalah sebuah pandangan gabungan dari penyimpanan data fisik atau logis yang akan dikumpulkan dari berbagai banyaknya sistem.
Di dalam fokus utama nya dari data warehouse ini yaitu untuk menyediakan penyimpanan antara data dari sistem yang sudah ada, misalnya seperti dari stok produk yang disimpan didalam sistem order pemberlian (purchase orders) untuk konsumen tertentu, disimpan di dalam sistem yang lain. Untuk sistem ini juga dipakai untuk pemrosesan dalam analitik berbentuk online, yang ini akan menggunakan data kompleks untuk menganalisa dalam memproses transaksi.
 

Mengapa Data Warehouse Itu Penting?

Inilah beberapa fungsi dari data warehouse yaitu sebagai berikut :
- dalam pengurutan data masa lalu yang lengkap
- dalam hal ini digunakan untuk mengetahui dalam pola masa depan
- untuk ini bisa memakai akses cepat dan terstruktur ke dalam data
- bisa menemukan informasi yang akurat untuk semua pihak
- sudah terintegrasi didalam data
- untuk mengurangi dalam proses analisis yang berulang
 

Komponen dalam Data Warehouse
 

1. Gudang

Nah dalam komponen pertama ini yaitu gudang itu sendiri. Untuk bentuknya bisa berbeda-beda untuk penyimpanan barang-barang perusahaan. Jenis bentuk-bentuk gudang itu di antaranya: typical relational database, analytics database, data warehouse appliance, cloud-hosted database.
 

2. Tools untuk ETL

Untuk ETL ini yaitu singkatan dari extract, transform, dan load. Arti dari ETL ini yaitu suatu proses dalam pengambilan data. Dan selanjutnya, data ini akan memperbarui di dalam formatnya. Serta diakhir ini urutan dalam informasi ini akan masuk ke dalam data warehouse. Dalam melakukan proses ini, akan membutuhkan sebuah tool. Nah ini akan digunakan dalam mempengaruhi untuk waktu, metode, serta tipe modifikasi dari data.
 

3. Metadata

Arti dari metadata yaitu sebuah penjelasan singkat yang ada didalam data. Dan ini berfungsi untuk memberikan penjelasan agar data informasi bisa menjadi lebih akurat dan jelas.
Di dalam metadata juga memuat yang lain nya sebagai berikut :
- bisa memuat berbagai sumber data
- mengubah data dari sumber
- memodifikasi di dalam proses ETL
- dan lain-lain
 

4. Tools Untuk Akses

Dalam tools akses data warehouse ini mempunyai banyak solusi untuk perusahaan yang menggunakan warehouse ini. karena dengan tools ini perusahaan akan mempermudah dalam mencari atau menemukan berbagai akses dalam perusahaan tersebut untuk itu tools akses ini sangat penting.
Ini dia beberapa tools untuk akses adalah sebagai berikut :
- query dan reporting
- data mining
- tools untuk OLAP
- pengembangan aplikasi sendiri

 

5. Manajemen gudang data

Di dalam peran nya sebagai manajemen gudang data yaitu sebagai dapat mengelola gudang data yang penting dan isinya yang kompleks.
Ini dia beberapa hal penting dalam mengelola gudang data adalah sebagai berikut :
- keamanan
- pembaruan data
- pemilihan prioritas tugas
- menjaga kualitas gudang data
- bisa mengatur backup data jika ada hal yang aneh
- dan lain-lain

 

Fungsi Data Warehouse bagi Perusahaan

 

Cepat dan mudah mengakses data

Fungsi data warehouse bagi perusahaan adalah cepatnya dalam mengakses sebuah data. Kecepatan merupakan faktor yang penting untuk membuat kamu berada lebih atas dari pesaing. Pengguna bisnis akan dapat lebih cepat mengakses data dari berbagai sumber, yang artinya waktu berharga yang kamu punya tidak terbuang sia-sia karena dihabiskan untuk mengambil sebuah data dari berbagai sumber yang ada. Hal ini mengharuskanmu untuk membuat suatu keputusan yang lebih cepat dan akurat,  tanpa dapat dukungan dari departemen TI perusahaanmu.
 

Kualitas dan konsistensi data

Karena data warehouse mengumpulkan sebuah informasi dari sumber yang berbeda-beda dan mengubahnya menjadi sebuah format tunggal dan lebih banyak digunakan, departemen perusahaan dapat untuk menghasilkan hal yang sejalan dan konsisten satu sama dengan yang lain.
Ketika data terstandarisasi, perusahaanmu mendapatkan suatu kesempatan untuk mendapatkan kepercayaan dan keakuratannya, dan data yang akurat merupakan sebuah hal yang penting pada saat membuat sebuah keputusan bisnis yang kuat.
 

Menyediakan historical intelligence

Data warehouse menyimpan sebuah historical data atau data historis yang besar sehingga kamu dapat untuk menganalisis periode dan tren waktu yang berbeda-beda untuk membuat persiapan atau prediksi bisnis di masa yang mendatang.
Namun data yang dihasilkan melalui sistem ini tidak akan dapat disimpan di dalam database transaksional. Dengan kata lain, data hanya dapat dijadikan untuk sebuah laporan dari sistem transaksional.
Tapi, dengan menggunakan data warehouse, yang memiliki fungsi yaitu historical intelligence, kamu akan dapat untuk memanfaatkan data yang sebelumnya digunakan untuk menghasilkan sebuah aliansi bisnis.
 

Menghasilkan ROI tinggi

Return on investment (ROI) merupakan sebuah rasio dari laba bersih dan biaya investasi yang telah dihasilkan dari investasi dari beberapa sumber daya. ROI yang tinggi berarti memiliki keuntungan investasi yang menguntungkan.
Data warehouse berfungsi memberikan pengembalian investasi yang menguntungkan. Hal ini disebabkan karena perusahaan yang telah menerapkan sistem ini dan sistem BI pelengkap telah menghasilkan lebih banyak pendapatan. Di Sisi lainnya, kamu dapat lebih menghemat banyak uang dibandingkan perusahaan yang belum sama sekali berinvestasi dalam sistem.
 

Kesimpulan

Itu merupakan fungsi dari data warehouse bagi sebuah perusahaan yang perlu kamu ketahui. Data warehouse sangatlah penting untuk sebuah bisnis yang berjenis  apapun yang kamu jalankan. Khususnya jika kamu ingin mendapat sebuah keuntungan dari keputusan bisnis yang sehat. Lakukan sistem ini pada bisnismu sekarang juga, untuk mendapatkan sejumlah keuntungan dan fungsinya.

Rekomendasi untuk Anda

SQL: Pengertian, Fungsi, dan Jenis Structured Query Language

SQL: Pengertian, Fungsi, Dan Jenis Structured Qu

Singkatnya, Structured Query Language ataupun SQL merupakan perintah pemrograman yang digunakan buat mengakses serta mengelola informasi pada sistem database. SQL adalah salah satu poin berarti yang terdapat pada riset metode jaringan pc. Oleh sebab itu, postingan ini akan membahas semua yang butuh

Cara Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) Yang Dapat Membantu Untuk Bisnis Atau Penjualan

Cara Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) Y

AI dalam Bisnis Dan Penjualan Sehabis kami menguak AI, gampang buat memandang kenapa AI pula dapat efisien dalam proses penjualan. AI membaca pola dalam informasi historis dengan sangat akurat. Secara spesial, pola, di mana sikap sesi dini tertentu bersama dengan profil bisa jadi menuju pada sikap

Apa Itu Marketing 4.0? Ini Pengertian & Contoh Penerapannya

Apa Itu Marketing 4.0? Ini Pengertian & Contoh P

Seiring dengan pertumbuhannya teknologi, dunia pemasaran pula turut tumbuh. Jika dulu kita cuma memahami konsep marketing 1. 0 saat ini telah terdapat skema Marketing 4. 0 yang dikira lebih relevan. Apa itu marketing 4. 0? Di masa digital saat ini, disrupsi tidak cuma terjalin di ranah industri.

Ini Dia, Cara Kerja Dropshipper Agar Sukses Yang Jarang Diketahui

Ini Dia, Cara Kerja Dropshipper Agar Sukses Yang

Apa itu Bisnis Dropshipping? Dropshipping merupakan suatu model bisnis jual beli di mana penjual tidak menaruh stok produk tersebut, melainkan menyalurkannya langsung dari pemasok mengarah pembeli. Pada bisnis dropship, pihak penjual tidak melaksanakan penyimpanan stok maupun pengiriman benda. Dro

Inilah, Beberapa Manfaat SEO Untuk Bisnis Start-Up Maupun Perusahaan Besar

Inilah, Beberapa Manfaat SEO Untuk Bisnis Start-

Apakah kamu ketahui khasiat SEO buat bisnis kamu? Di era serba internet saat ini ini, para pelakon bisnis berlomba- lomba mengoptimalkan teknologi digital buat memperkenalkan bisnisnya serta memasarkan bahan- bahan mereka. Salah satu metode yang sangat terkenal merupakan dengan memakai metode optim




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia

We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+6289664230232 +6289664230232