Apa sih manfaat Big Data Dalam Perkembangan Dunia Teknologi


Apa sih manfaat Big Data Dalam Perkembangan Dunia Teknologi

Apa sih manfaat Big Data Dalam Perkembangan Dunia Teknologi

Di dalam Big data zaman sekarang ini banyak dikenal sebagian orang yaitu untuk pengembangan di dalam perangkat lunak dengan data yang lebih besar dan luas. Nah untuk menggunakan dalam basis data ini diperlukan untuk dapat mengelola maupun menyimpan informasi yang dalam bentuk data secara akurat dan terjaga. Dan untuk big data ini banyak perusahaan maupun bisnis yang membutuhkan data yang besar untuk bisa menyimpan data di perusahaan atau bisnis tersebut. Ini merupakan langkah terbaik untuk bisa mencegah masalah tersebut adalah dengan menggunakan big data ini. Mari simak dari penjelasan lebih lengkap tentang Big data berikut.
 

Apa Itu Big Data?

Pengertian dari Big data yaitu sebuah sekumpulan proses dari volume data dalam jumlah yang lebih besar dan luas secara akurat maupun tidak akurat dan bisa dimanfaatkan dalam membantu dari suatu kegiatan di perusahaan atau bisnis. Nah untuk Big data ini sendiri adalah pengembangan dari sistem database pada biasanya atau umum. Dalam membedakan big data ini yaitu dari proses kecepatan, volume, maupun jenis data yang bisa tersedia lebih banyak dan bervariasi dari DBMS (Database Management System) pada biasanya atau umumnya.
Ada beberapa big data ini dibagi menjadi 3 bagian atau biasa disebut dengan 3V sebagai berikut :
Volume : Dalam mengumpulkan data dari beberapa produsen, misalnya dalam transaksi bisnis, internet of things (IoT), perangkat keras, media sosial dan lainnya. Dalam masa 1990 an, untuk penyimpanan akan bisa menjadikan masalah akan tetapi penyimpanan ini yang lebih murah dari perangkat lain.
Velocity : Dalam pertumbuhan dari Big data ini, sebuah data dapat bergerak ke dalam bisnis dengan kecepatan yang belum pernah ada dan harus sebisa mungkin dapat tepat waktu. Contohnya dari RFID, sensor, dan smart meter dapat mendapatkan kebutuhan untuk bisa mencegah isi data ini dalam waktu yang hampir bersama.
Varietas : Nah untuk dalam data ini ada di semua jenis big data dari akurasi, data numerik di dalam database biasa hingga di dalam dokumen teks, email, dan transaksi dalam bentuk keuangan yang tidak akurat.
 

Fungsi Big Data

Di dalam Big data ini memiliki beberapa fungsi untuk proses pengembangan dan lebih sempurna dari sebuah aplikasi atau produk apapun. Ini dia beberapa fungsi dari big data sebagai berikut :

1. Dapat menentukan penyebab dari suatu masalah dan kegagalan secara real time
Nah untuk fungsi yang pertama yaitu mencari dan menganalisa penyebab dari sebuah masalah yang ada di dalam sistem aplikasi tersebut. Dan untuk penggunaan dalam sekarang ini, dapat meminimalkan terjadinya kegagalan di dalam proses penyimpanan data dalam aplikasi tersebut.

2. Pengambilan sebuah keputusan yang cerdas dan tepat
Di dalam Big data anda dapat menggabungkan sistem dan perangkat lain seperti Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI). Dalam tugasnya yaitu dapat menyimpan data serta informasi yang dibutuhkan di dalam pengembangan dari sebuah aplikasi atau produk.

3. Mendeteksi sebuah hal atau perilaku yang tidak jelas dalam struktur bisnis
Dari fungsi ini yaitu mampu untuk bisa mencari data secara lebih cepat dan akurat, di dalam proses dari kegiatan yang tidak jelas dan berhenti karena ada kesalahan teknis atau non teknis. Dan untuk Big data ini dapat merancang berbagai pilihan untuk bisa mengurangi dan mengatasi hal tersebut dengan lebih akurat dan cepat dalam membantu segala kegiatan bisnis perusahaan besar maupun kecil.

4. Mengurangi biaya, waktu, dan dapat meningkatkan daya performa produk atau aplikasi
Dalam hal menyimpan data menggunakan big data anda mampu mengurangi biaya yang akan dikeluarkan oleh sebuah perusahaan atau bisnis. Dan untuk itu waktu dalam membuat dan menjalankan sebuah produksi menjadi lebih akurat dan cepat dengan mentransfer data diatas lebih baik dari sistem database lain.
 

Manfaat Big Data

Ada banyak kemudahan dan manfaat yang dimiliki big data, dari segi fungsionalitas dan fitur yang dimiliki. big data terbagi menjadi 2 jenis manfaat yaitu pertama untuk kebutuhan dalam proses teknologi informasi (TI) dan yang kedua untuk berbisnis.
 

1. Bidang Teknologi Informasi


Penggunaan Perangkat Mobile
Di Era Digital seperti saat ini, penggunaan perangkat seperti smartphone, tablet, IPOD, dll. Pasti sering kita jumpai perangkat seperti smartphone,dll yang telah mendukung dan support dengan berbagai sistem aplikasi. Kemudian dari  faktor user friendly yang sangat membantu dan kemudahan saat dibawa kemana saja, ini merupakan sebuah kelebihan utama dari perangkat mobile.

Media Sosial
Hampir setiap orang pengguna smartphone pasti menggunakan yang namanya media sosial, bisanya media sosial digunakan untuk mengakses berbagai informasi ataupun hanya sekedar membagikan aktivitas keseharian pribadinya. Tentunya, akan banyak orang yang mengupload foto, video ataupun  teks ke dalam aplikasi media sosial tersebut. Dan informasi yang dikumpulkan akan menjadi sebuah data yang akan tersimpan di sistem basis data dengan kapasitas yang besar. Untuk menampung data yang besar setiap harinya, dapat menggunakan big data yang memiliki performa yang baik dalam penanganan data dalam skala besar.

Perangkat Cerdas
Sistem kecerdasan telah banyak dikembangkan di negara maju seperti China, Jepang, Amerika, dll. Perangkat cerdas bisa membantu kegiatan manusia sehari-hari dengan lebih efektif dan efisien.
Teknologi IoT adalah Contoh teknologi perangkat cerdas yang banyak diterapkan pada perangkat elektronik seperti kulkas, mesin cuci, AC, dll. Dengan menggunakan sistem yang telah tersambung dengan jaringan internet, maka segala bentuk aktivitas akan dapat dikoordinir dalam satu sistem aplikasi saja, dengan bantuan big data sebagai penyedia layanan informasi dan penyimpanan data.
 

2. Bidang Bisnis


Meningkatkan sistem operasional bisnis
Untuk meningkatkan jumlah produktivitas dan efektivitas dalam bisnis anda, tentunya memerlukan sumber daya yang memadai. Salah satunya kebutuhan data yang selalu meningkat. Dan Big data mampu untuk menyelesaikan permasalahan data dengan kebutuhan yang besar untuk membantu proses operasional pada bisnis anda.

Customer Relationship Management (CRM)
Anda juga perlu menjaga dan meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan dan sales. Karena itu kita dapat memonitoring aktivitas penjualan, menghitung rata-rata konversi, dan lain sebagainya hanya dengan memanagement menggunakan fitur tambahan.

Mengoptimalkan pengalaman penggunaan aplikasi
Pengguna perangkat mobile saat ini semakin meningkat, sehingga perlu adanya mengoptimasi software dan hardware. Selain itu, penyimpanan data sangat berpengaruh karena dapat mempengaruhi optimalisasi sebuah aplikasi. Dengan menggunakan big data dalam proses transfer manajemen data akan dapat mempercepat proses transfer dan lebih akurat.
 

Kesimpulan

Big data merupakan sebuah kumpulan proses yang terdiri dari volume data dengan kapasitas besar, yang mampu menampung data yang terstruktur dan tidak terstruktur. Big data mampu menyimpan data yang besar dan  proses pembacaan data yang lebih cepat dan efisien.

- Rakhmat hidayat

Rekomendasi untuk Anda

SQL: Pengertian, Fungsi, dan Jenis Structured Query Language

SQL: Pengertian, Fungsi, Dan Jenis Structured Qu

Singkatnya, Structured Query Language ataupun SQL merupakan perintah pemrograman yang digunakan buat mengakses serta mengelola informasi pada sistem database. SQL adalah salah satu poin berarti yang terdapat pada riset metode jaringan pc. Oleh sebab itu, postingan ini akan membahas semua yang butuh

Cara Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) Yang Dapat Membantu Untuk Bisnis Atau Penjualan

Cara Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) Y

AI dalam Bisnis Dan Penjualan Sehabis kami menguak AI, gampang buat memandang kenapa AI pula dapat efisien dalam proses penjualan. AI membaca pola dalam informasi historis dengan sangat akurat. Secara spesial, pola, di mana sikap sesi dini tertentu bersama dengan profil bisa jadi menuju pada sikap

Apa Itu Marketing 4.0? Ini Pengertian & Contoh Penerapannya

Apa Itu Marketing 4.0? Ini Pengertian & Contoh P

Seiring dengan pertumbuhannya teknologi, dunia pemasaran pula turut tumbuh. Jika dulu kita cuma memahami konsep marketing 1. 0 saat ini telah terdapat skema Marketing 4. 0 yang dikira lebih relevan. Apa itu marketing 4. 0? Di masa digital saat ini, disrupsi tidak cuma terjalin di ranah industri.

Ini Dia, Cara Kerja Dropshipper Agar Sukses Yang Jarang Diketahui

Ini Dia, Cara Kerja Dropshipper Agar Sukses Yang

Apa itu Bisnis Dropshipping? Dropshipping merupakan suatu model bisnis jual beli di mana penjual tidak menaruh stok produk tersebut, melainkan menyalurkannya langsung dari pemasok mengarah pembeli. Pada bisnis dropship, pihak penjual tidak melaksanakan penyimpanan stok maupun pengiriman benda. Dro

Inilah, Beberapa Manfaat SEO Untuk Bisnis Start-Up Maupun Perusahaan Besar

Inilah, Beberapa Manfaat SEO Untuk Bisnis Start-

Apakah kamu ketahui khasiat SEO buat bisnis kamu? Di era serba internet saat ini ini, para pelakon bisnis berlomba- lomba mengoptimalkan teknologi digital buat memperkenalkan bisnisnya serta memasarkan bahan- bahan mereka. Salah satu metode yang sangat terkenal merupakan dengan memakai metode optim




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia

We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+6289664230232 +6289664230232