Cara Menabung Saham yang Menguntungkan, Cocok bagi Pemula


Cara Menabung Saham yang  Menguntungkan, Cocok bagi Pemula

Investai saham yaitu seseorang dapat menyimpan kekayaan (aset) ke perusahaan yang ingin dibeli sahamnya, investasi ini memiliki persepsi yang sama seperti menabung pada bank.Saham adalah salah satu bukti kepemilikan seseorang kepada suatu perusahaan yang menerbitkan sertifikat saham dengan seseorang itu membeli saham di perusahaan tersebut artinya seseorang tersebut sudah bisa disebut sebagai Pemegang saham. Saham yang diinvestasikan di suatu perusahaan akan digunakan untuk mengembangkan bisnis di suatu perusahaan tersebut. Ketika bisnis tersebut memperoleh laba seseorang akan mendapatkan keuntungan yang sesuai dengan persentase modal yang ditanam diawal.
Investasi saham memiliki persepsi yang sama dengan menabung di bank yaitu seseorang dimana dapat menyimpan kekayaan (asset) ke suatu perusahaan yang ingin dibeli sahamnya. Saham merupakan salah satu bukti kepemilikan seseorang kepada suatu perusahaan yang menerbitkan sertifikat saham dengan seseorang itu membeli suatu saham di perusahaan tersebut, artinya seseorang tersebut sudah bisa disebut dengan pemegang saham (investor). Saham yang di investasikan di suatu perusahaan akan dipakai untuk mengembangkan bisnis di suatu perusahaan tersebut. Ketika bisnis itu mendapatkan keuntungan maka seorang investor akan mendapatkan sebagian keuntung yang sesuai dengan persentase modal yang diinvestasikan diawal.
Suatu perusahaan yang menawarkan sahamnya ke publik (IPO) adalah jenis perusahaan PT (Perseroan Terbatas) dengan label Tbk (Terbuka).

Keuntungan Menabung Saham

Dalam investasi saham, ada 2 keuntungan bisa didapatkan oleh inestaor yaitu diantaranya dividen dan capital gain. Berikut ini penjelasan lengkapnya:
1. Capital Gain
Capital Gain adalah suatu harga jual yang lebih tinggi dibandingkan harga belinya. Ini dipengaruhi oleh suatu aktivitas investor atau sentimen-sentimen perdagangan yang dilakukan di bursa efek indonesia. Artinya, saham yang seseorang beli dapat dijual degan harga berkali-kali lipat dari harga beli diwaktu awal.
Keuntungan ini dapat membawa seseorang untuk mendapatkan keuntungan dari ratusan ribu hingga miliyaran rupiah. Tergantung dari keberhasilan perusahaan tersebut dan lembar saham yang seseorang beli.

2. Dividen

Dividen adalah suatu laba yang diberikan kepada investor yang nantinya akan diberikan oleh perusahaan kepada para pemegang saham. Jadi Berapapun saham yang dimiliki perusahaan, pasti akan memperoleh bagian keuntungan yang akan didapatkan, tentunya pembagian tersebut bersifat wajar dengan besaran saham yang ditanam di awal.
Dividen sendiri terbagi lagi menjadi 2 jenis yaitu diantaranya dividen tunai dan dividen saham.
Dividen tunai adalah dimana pemegang saham adalah uang tunai yang akan dihitung berdasarkan jumlah satu lembar saham yang dimiliki investor.
Dividen Saham adalah dimana perusahaan akan memberikan keuntungan dalam lembaran bentuk saham. Jadi jumlah saham yang dimiliki oleh para pemegang saham akan betambah secara otomatis sesuai dengan jumlah lot yang dimiliki investor.

Risiko dalam menabung saham

Ada keuntungan pasti ada juga kerugian itulah yang akan terjadi ketika seseorang memutuskan untuk terjun di investasi saham. Kerugiannya yaitu suspend dan capital loss. 
1. Capital loss
Capital loss merupakan antonim dari capital gain, yang artinya harga jual lebih rendah dibandingkan dengan harga belinya.
Kalau misalnya harga murah dan saham yang seseorang miliki sangat banyak akan besar juga kerugian dari investor tersebut, ya coba kita bayangkan saja betapa pusingnya menderita kerugian yang sangat drastis. Kalau tidak mau rugi, ya bisa saja investor membiarkan saham tersebut sampai dengan kondisi pasarnya kembali pulih atau paling tidak mendekati harga saat seseorang itu beli dulu.
2. Suspend
Sementara suspend artinya saham yang kamu miliki ditutup sementara perdagangannya oleh bursa efek indonesia. Akibatnya, para investor atau pemegang saham tidak bisa menjual dan membeli saham mereka hingga masa-masa suspend telah selesai dicabut. 
Pada umumnya suspend seperti ini berlangsung tidak lama, sekitar satu hari tetapi bisa juga berhari-hari lamanya. Penyebabnya yaitu dikarenakan harga saham turun kebawah dalam waktu yang sangat cepat, perusahaan pailit(tidak mampu membayar hutang), atau juga perusahaan tidak bisa memberikan laporan keuangan ke bursa efek indonesia.

Memulai Nabung Saham di Bursa Efek Indonesia

Harus punya modal yang sangat besar, bisa kasih risiko kerugian yang tinggi, proses yang sangat sulit dan harga saham yang sangat terlalu mahal adalah beberapa contoh dari banyaknya rumor negatif seputar menabung saham dikalangan masyarakat.
Namun dari berbagai pendapat masyarakat tersebut sebenarnya menabung saham jauh dari kata sulit dan mahal. Selain itu,  seseorang bisa disebut dengan pemegang saham asalkan sudah membuka rekening saham (RDN) dan memiliki teknologi yang mendukung seperti smartphone atau laptop dan internet.

Berikut ini tips menabung saham bagi para investor pemula:

1. Memilih Perusahaan Sekuritas
Untuk membuka rekening (RDN) untuk menabung saham, calon investor harus melalui perusahaan-perusahaan sekuritas atau broker. Perusahaan sekuritas merupakan perusahaan anggota bursa efek yang mempunyai izin untuk jual beli saham dan menjadi perantara antara investor dengan bursa efek indonesia. Adapun perusahaan sekuritas untuk jadi partner menabung saham diantaranya seperti BNI Sekuritas, Mandiri Sekuritas dan perusahaan sekuritas lainnya seperti Mirae Asset Sekuritas, Indo Premier Sekuritas dan masih banyak lagi sekuritas yang lainnya.

2. Membuka Rekening Saham

Untuk membuka rekening saham, kamu tidak perlu mendatangi langsung kantor BEI karena pembukaan rekening saham bisa dilakukan secara online. Calon investor hanya perlu menyiapkan beberapan dokumen penting seperti:
KTP atau paspor
Kartu NPWP
Fotokopi buku tabungan
Fotokopi kartu keluarga
Materai 
3. Memilih Saham yang akan Ditabung
Saham yang akan dimiliki bisa dipilih secara bebas. Calon investor bisa bertanya langsung ke perusahaan sekuritas mengenai perusahaan apa yang paling menguntungkan untuk dibeli sahamnya.
4. Mulai Membeli Saham
Setelah memilih saham yang ingin dibeli. Kemudian klik beli, dan masukkan jumlah pembeliannya,pada busa efek terdapat minimum pembelian saham yaitu minimal 1 lot atau setara dengan 100 lembar dalam suatu perusahaan.
Investor harus mengetahui waktu pembelian saham harus sesuai dengan aturan waktu yang ada. Pada hari Senin sampai Jumat, bursa saham dibuka mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan  12.00 WIB, dan 13.30 WIB sampai 16.15 WIB.
5. Tingkatkan Strategi Investasi
Untuk bisa mendapatkan  keuntung yang lebih banyak. Investor perlu mempelajari teknik strategis investasi lainnya seperti belajar cara membaca laporan keuangan suatu perusahaan, caranya memilih saham yang memiliki fundamental bagus dan lain sebagainya. Berbekal ilmu yang cukup, investor pastinya akan lebih percaya diri dan yakin untuk memilih perusahaan yang tepat untuk membeli sahamnya. 
6. Kenali Risiko Investasi
Investor saham adalah salah satu jenis instrumen investasi jangka panjang. Untuk itu investor tidak boleh asal-asalan dalam memilih suatu perusahaan mana tempat kamu membeli saham. Semakin baik investor dapat memahami risiko yang ada maka semakin besar pula kesempatan kamu untuk meminimalisir risiko tersebut.

- Afif Hendrawan

Rekomendasi untuk Anda

SQL: Pengertian, Fungsi, dan Jenis Structured Query Language

SQL: Pengertian, Fungsi, Dan Jenis Structured Qu

Singkatnya, Structured Query Language ataupun SQL merupakan perintah pemrograman yang digunakan buat mengakses serta mengelola informasi pada sistem database. SQL adalah salah satu poin berarti yang terdapat pada riset metode jaringan pc. Oleh sebab itu, postingan ini akan membahas semua yang butuh

Cara Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) Yang Dapat Membantu Untuk Bisnis Atau Penjualan

Cara Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) Y

AI dalam Bisnis Dan Penjualan Sehabis kami menguak AI, gampang buat memandang kenapa AI pula dapat efisien dalam proses penjualan. AI membaca pola dalam informasi historis dengan sangat akurat. Secara spesial, pola, di mana sikap sesi dini tertentu bersama dengan profil bisa jadi menuju pada sikap

Apa Itu Marketing 4.0? Ini Pengertian & Contoh Penerapannya

Apa Itu Marketing 4.0? Ini Pengertian & Contoh P

Seiring dengan pertumbuhannya teknologi, dunia pemasaran pula turut tumbuh. Jika dulu kita cuma memahami konsep marketing 1. 0 saat ini telah terdapat skema Marketing 4. 0 yang dikira lebih relevan. Apa itu marketing 4. 0? Di masa digital saat ini, disrupsi tidak cuma terjalin di ranah industri.

Ini Dia, Cara Kerja Dropshipper Agar Sukses Yang Jarang Diketahui

Ini Dia, Cara Kerja Dropshipper Agar Sukses Yang

Apa itu Bisnis Dropshipping? Dropshipping merupakan suatu model bisnis jual beli di mana penjual tidak menaruh stok produk tersebut, melainkan menyalurkannya langsung dari pemasok mengarah pembeli. Pada bisnis dropship, pihak penjual tidak melaksanakan penyimpanan stok maupun pengiriman benda. Dro

Inilah, Beberapa Manfaat SEO Untuk Bisnis Start-Up Maupun Perusahaan Besar

Inilah, Beberapa Manfaat SEO Untuk Bisnis Start-

Apakah kamu ketahui khasiat SEO buat bisnis kamu? Di era serba internet saat ini ini, para pelakon bisnis berlomba- lomba mengoptimalkan teknologi digital buat memperkenalkan bisnisnya serta memasarkan bahan- bahan mereka. Salah satu metode yang sangat terkenal merupakan dengan memakai metode optim




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia

We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+6289664230232 +6289664230232