Kenali Apa Itu Hedonisme !


Kenali Apa Itu Hedonisme !

Manusia hidup menggunakan pandangan dan ideologinya masing-masing. Mereka memperlihatkan apa yang mereka yakin lewat sikap serta gaya hidup dijalani.
Ideologi yang banyak berkembang di penduduk yaitu hedonisme. Bagi masyarakat, hedonisme memiliki kaitan dengan sifat boros, senang membuang-buang uang, serta hanya memiliki pikiran bahagia dunia saja.
Definisi hedonisme awal mulanya dari bahasa Yunani, ‘hedone’,pengertian hedonisme tersebut mempunyai arti kesenangan. Tetapi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi hedonisme yaitu pandangan menganggap bahwa itu kesenangan serta kenikmatan materi untuk tujuan yang paling diawalkan atau utama dalam hidup.

Pengertian Hedonisme

Hedonisme merupakan cara pandang kehidupan dengan kesenangan. Hedon berawal dari bahasa yunani: hedone yang memiliki arti senang, bahagia, terlepas dari beban serta tekanan hidup. Tetapi akhiran -isme memiliki arti pandangan, pemahaman, atau sifat yang terhubung ke kata yang diikutinya. Demikian hedonisme seperti kata idealis, nasionalis, serta lain sebagainya.
Hedonisme adalah pandangan kehidupan melalui cara bersenang senang. Hedonis memiliki arti manusia yang pengen kehidupannya senang dan bahagia terus. Mereka tidak ingin bersedih serta emosi yang lain yang mengganggu kebahagiaan. Dalam sejarah, hedonisme yaitu cara pandang pada kehidupan yang sejak ajaran socrates di abad ke 4 dan diterima penduduk. Di awal muncul, hedonisme dianggap baik atau positif oleh para filsuf. Akan tetapi disadari sebagai penyakit psikolog.


Ciri-Ciri Hedonisme

Masyarakat yang punya pemahaman hedonisme, mempunyai ciri-ciri khusus. Satu, orang yang memiliki pemahaman hedonis biasanya lebih egois. Kebutuhan pribadi saja yang ingin dipenuhi. Tak peduli kebutuhan orang lain. Kecerdasan sosialnya menurun.
Dengan tidak adanya empati ke lingkup sosial, orang hedonis hanya terfokus di keperluan pribadi. Prioritasnya berpusat di diri sendiri. Berusaha memenuhi keperluan diri, baik yang dibutuhkan atau hanya memenuhi keinginan dan tidak dibutuhkan.
Dua, orang hedonis biasanya nekat. Memakai credit card  dengan nekat dan tak memperdulikan tagihannya nanti.
Tiga, hedonisme bisa memiliki akibat buruk terhadap seseorang. Ia dapat memicu berbuat tidak baik bahkan sampai tindakan kejahatan. Agar terpenuhi keinginannya akan sesuatu, orang hedonis lebih mudah menghancurkan hidupnya sendiri secara perlahan.


Penyebab Munculnya Hedonisme

Gaya hidup tak muncul sendiri tentu saja ada penyebab kemunculannya. Memiliki faktor pendukung yang akhirnya memperkenalkan ideologi hedonisme di  masyarakat. Dibawah ini adalah faktor-faktor pendukung muncul nya ideologi hedon.

1. Faktor Internal
Faktor internal adalah penyebab munculnya hedon karena diri sendiri. Ini adalah faktor utama orang-orang yang menganut hedonisme. Setiap orang pasti mempunyai sifat kesenangan dan kebahagiaan. Tambah lagi sifat manusia yang tidak mudah puas dengan apa yang dicapai serta dipunyai. Maka dari itu ini sebabnya seseorang menganut ideologi hedo.

2. Faktor Eksternal
Faktor yang asalnya dari luar diri adalah faktor eksternal. Umumnya dipicu karena era globalisasi. Didukung dengan majunya teknologi  yang pesat dan akhirnya menyediakan internet serta  media sosial kepada masyarakat.
Hal itu akhirnya memperlihatkan kehidupan orang lain yang tanpa sadar kebiasaan-kebiasaan atau habit serta pemahaman yang ada di dunia maya. Berasal dari situlah terus muncul gaya hedonism.

Dampak dari Hedonism

Gaya hidup hedonism bisa memberi dampak kepada orang yang menganutnya dan juga lingkungannya. Tetapi dampak yang timbul biasanya ke arah negatif. Dibawah ini ada penjelasan singkatnya:

1. Individualis
Gaya hidup hedonism membuat orang individualis. Dapat dibilang orang seperti ini memiliki anggapan bahwa dirinya sendiri lebih penting orang lain didekatnya. Tentu saja ini memiliki dampak untuk orang didekatnya sebab orang seperti ini lebih egois serta tak peduli sesama.

2. Konsumtif
Setelah individualis dampak lain hedonism yaitu konsumtif. Tentu saja ini dapat merugikan diri sendiri sebab dapat mengalami kebangkrutan. Barang yang tidak diperlukan dibeli yang akan berakhir tidak terpakai dan ditelantarkan. Pembelian barang tidak dilihat dari kebutuhan yang diperlukan akan tetapi untuk kesenangannya saja.

3. Pemalas
Orang yang memakai gaya hidup hedonism orang yang pemalas. Orang yang berpikir bersenang-senang terus tentu akan jadi orang pemalas serta suka buang-buang waktu. Selain rugi untuk diri sendiri tentu akan merugikan orang-orang disekitarnya.

4. Tidak Bertanggung Jawab
Tak hanya jadi orang yang malas, orang yang pemikirannya hanya memikirkan kesenangan diri sendiri pasti kan lalai dalam hal bertanggung jawab. Orang yang memakai pemahaman ideologi hedon biasanya seenaknya sendiri tanpa memperdulikan yang lain.

5. Boros
Demi terpenuhi kesenangan pribadinya orang yang memakai gaya hidup hedonisme lebih cenderung boros sebab membeli barang-barang yang tidak perlu. Orang hedonisme biasanya mudah membuang-buang uang tanpa memperdulikan manfaatnya. Sifat boros yang tak terkontrol lama-lama dapat membuat orang menjalankan tindakan korupsi guna pemenuhan gaya hidup hedon tersebut.

Langkah Menghindari Hedonisme

Setelah paham praktik hedonisme yang semakin luas dan menjamur, maka dari itu bahayanya sangat perlu dihindari. Guna menghindari sikap hedonisme di kehidupan setiap hati, mari laksanakan langkah-langkah berikut:

1. Tetapkan Skala Prioritas
Setiap manusia rezekinya sudah diatur oleh tuhan yang maha esa . Cukup untuk kehidupannya jadi jangan terlalu bingung. Ada yang diberikan harta lebih, ada juga yang harus berjuang keras melawan kebutuhan hidup yang tak ada habisnya. caranya lebih mengutamakan hal yang penting terlebih dahulu, makaa hedonisme bisa terabaikan atau terhindarkan.

2. Jaga Pergaulan
Data pribadi atau profil seseorang bisa dilihat dari profil teman-temannya. Siapa kita, juga bergantung dari teman-teman kita. Sebab aslinya, manusia hanya dapat berteman serta merasa cocok sampai dekat sekali apabila satu frekuensi sehingga. Yang berarti, lingkungan yang baik serta terjaga dapat membuat seseorang jauh dari hedonisme. Sebab orang yang baik dan terjaga sadar bahwasannya hedonisme bukan kebahagian yang sesungguhnya melainkan hanya suka terlebih dahulu lalu bangkrut dengan  perlahan.

3. Pola Hidup Sederhana
Untuk menghindari hedonisme yaitu hidup sederhana. Pola hidup yang sederhana bisa menjauhkan seseorang berperilaku ingin mewah-mewah serta kesenangan materi dalam hidupnya.

4. Pupuk Rasa Syukur
Rasa syukur atas nikmat yang diberikan juga dapat menghindari hedonisme, dan akan memiliki pikiran bahwa hedonisme tidak menarik hedonisme. Apabila rasa syukur besar maka akan semakin kecil untuk memiliki keinginan hedonisme.

5. Fokus
Fokus saja dengan apa yang mesti dihadapi serta tujuan-tujuan yang ingin dicapai. Sesudah ada harapan dan tujuan tersebut maka keinginannya akan membuat kita teralihkan dari gaya hidup hedonisme.



Kesimpulan

Hedonisme adalah gaya hidup yang berfokus pada kesenangan materi saja. Biasanya orang yang nya egois dan nekat yang lebih mudah dilihat. Penyebabnya dapat berasal dari diri sendiri dan dari luar diri. Hedonisme memberikan dampak negatif terhadap penganutnya. Meskipun begitu ada caranya agar terhindar dari gaya hidup  hedonisme


- Afifah Retno Sari & Fajar Slamet Apriyono

Rekomendasi untuk Anda

SQL: Pengertian, Fungsi, dan Jenis Structured Query Language

SQL: Pengertian, Fungsi, Dan Jenis Structured Qu

Singkatnya, Structured Query Language ataupun SQL merupakan perintah pemrograman yang digunakan buat mengakses serta mengelola informasi pada sistem database. SQL adalah salah satu poin berarti yang terdapat pada riset metode jaringan pc. Oleh sebab itu, postingan ini akan membahas semua yang butuh

Cara Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) Yang Dapat Membantu Untuk Bisnis Atau Penjualan

Cara Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) Y

AI dalam Bisnis Dan Penjualan Sehabis kami menguak AI, gampang buat memandang kenapa AI pula dapat efisien dalam proses penjualan. AI membaca pola dalam informasi historis dengan sangat akurat. Secara spesial, pola, di mana sikap sesi dini tertentu bersama dengan profil bisa jadi menuju pada sikap

Apa Itu Marketing 4.0? Ini Pengertian & Contoh Penerapannya

Apa Itu Marketing 4.0? Ini Pengertian & Contoh P

Seiring dengan pertumbuhannya teknologi, dunia pemasaran pula turut tumbuh. Jika dulu kita cuma memahami konsep marketing 1. 0 saat ini telah terdapat skema Marketing 4. 0 yang dikira lebih relevan. Apa itu marketing 4. 0? Di masa digital saat ini, disrupsi tidak cuma terjalin di ranah industri.

Ini Dia, Cara Kerja Dropshipper Agar Sukses Yang Jarang Diketahui

Ini Dia, Cara Kerja Dropshipper Agar Sukses Yang

Apa itu Bisnis Dropshipping? Dropshipping merupakan suatu model bisnis jual beli di mana penjual tidak menaruh stok produk tersebut, melainkan menyalurkannya langsung dari pemasok mengarah pembeli. Pada bisnis dropship, pihak penjual tidak melaksanakan penyimpanan stok maupun pengiriman benda. Dro

Inilah, Beberapa Manfaat SEO Untuk Bisnis Start-Up Maupun Perusahaan Besar

Inilah, Beberapa Manfaat SEO Untuk Bisnis Start-

Apakah kamu ketahui khasiat SEO buat bisnis kamu? Di era serba internet saat ini ini, para pelakon bisnis berlomba- lomba mengoptimalkan teknologi digital buat memperkenalkan bisnisnya serta memasarkan bahan- bahan mereka. Salah satu metode yang sangat terkenal merupakan dengan memakai metode optim




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia

We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+6289664230232 +6289664230232