Mengenal lebih dekat apa itu CRM


Mengenal lebih dekat apa itu CRM

Pada era digital ini banyak sekali jenis sistem informasi yang sedang berkembang sesuai dengan kebutuhan bisnis, salah satu dari jenis sistem informasi ini adalah CRM, ini sering digunakan untuk membantu bisnis di sebuah perusahaan maupun instansi lain. Pada artikel kali ini kita akan membahas pengertian CRM, tujuan serta fungsinya, hingga contoh aplikasinya, nah sistem informasi ini lebih berhubungan dengan manajemen  dengan pihak korporasi dan dengan customer.

Pengertian CRM

Customer Relationship Management atau disingkat dengan CRM merupakan sebuah sistem yang mengelola hubungan antara pihak corporate (perusahaan) dengan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimalkan komunikasi dan pemasaran melalui kontak dari user yang berbeda. Sistem jenis ini dapat memungkinkan untuk mempertahankan customer dan memberi nilai tambah kepada customer tersebut, CRM ini mengkombinasikan kebijakan, proses, dan serta strategi dalam satu kesatuan yang diimplementasikan dalam sebuah perusahaan.

Tujuan dari CRM

Tujuan utama dari CRM ini ialah untuk mengetahui sebanyak banyaknya tentang bagaimana kebutuhan dan perilaku pelanggan. Sistem informasi berbasis CRM ini juga memiliki tujuan, antara lain. Untuk meningkatkan keuntungan bagi suatu perusahaan atau organisasi melalui hubungan yang baik antara perusahaan dengan pihak pelanggan. Menyediakan informasi yang lengkap mengenai data customer untuk mengoptimalkan hubungan antara perusahaan dan customer melalui penjualan secara up selling dan cross selling. Menggunakan informasi yang telah diintegrasikan sehingga menghasilkan sistem pelayanan yang memuaskan customer. Konsistent dalam pembuatan prosedur penyaluran jawaban kepada customer.

Fungsi dari CRM

CRM memiliki fungsi yang wajib diterapkan, diantaranya sebagai berikut.
  • Menerapkan falsafah yang berorientasi pada customer.
  • Mengidentifikasi faktor yang penting bagi kebutuhan customer.
  • Membangun proses pelayanan terhadap customer secara maksimal.
  • Mengadopsi pengukuran berdasarkan sudut pandang dari customer.
  • Menyediakan dukungan penuh kepada customer.
  • Menangani berbagai keluhan yang berasal dari customer.
  • Melakukan pencatatan terhadap setiap aspek dalam penjualan.
  • Membuat informasi yang berkaitan dengan pusat layanan dan penjualan dari customer.

Komponen yang dimiliki CRM

Customer Relationship Management atau manajemen hubungan pelanggan memiliki 3 komponen yang penting didalamnya.
  • Management (Manajemen) -- Komponen yang pertama ini berfokus pada sistem pengelolaan dan peningkatan hubungan antara customer, nantinya akan memiliki dampak pada kemajuan perusahaan dalam peningkatan dan pengembangan dari segi keunggulan yang kompetitif.
  • Relationship (Hubungan) -- Komponen yang kedua ini adalah hubungan antara perusahaan atau instansi membutuhkan komunikasi yang dilakukan dua arah, tujuannya agar memberikan kepuasan kepada customer dalam jangka waktu yang panjang,
  • Customer (Pelanggan) -- Komponen yang terakhir ini merupakan orang yang sedang, akan, pernah menggunakan jasa dari sebuah perusahaan, baik itu proses melihat, transaksi, ataupun perbaikan.

Tahapan Tahapan dalam Customer Relationship Management

Customer Relationship Management memiliki 3 tahapan yang harus dilakukan oleh perusahaan, berikut  penjelasannya.
  • Memperoleh customer yang baru (Acquired) -- Tahapan yang pertama adalah untuk memperoleh customer baru anda harus memastikan untuk memberikan kenyamanan dari sisi pelayanan kepada si customer saat membeli dan menggunakan produk anda.
  • Menambah nilai dari customer (Enhanced) -- Tahapan yang kedua ini memiliki dua cara dalam meningkatkan hubungan dengan customer, yang pertama yaitu dengan cara up selling, dan yang kedua cross selling, up selling ini menawarkan produk yang sama akan tetapi memiliki kualitas yang jauh lebih bagus dari sebelumnya, sedangkan yang cross selling adalah strategi pemasaran yang menawarkan produk pelengkap terhadap barang yang telah dimiliki oleh pelanggan.
  • Mempertahankan customer (Retain) -- Tahapan yang terakhir ini untuk mempertahankan customer anda harus memberikan pelayanan dan dukungan aplikasi yang bermanfaat, dan serta meningkatkan kredibilitas dari perusahaan yang anda miliki. Anda juga harus memiliki waktu luang untuk mendengarkan pendapat dari customer, dengan begitu pihak perusahaan dapat melakukan evaluasi dan dapat memperbaiki sistem layanan dan fitur aplikasi yang dimiliki.

Manfaat Customer Relationship Management

Sistem informasi berbasis Customer Relationship Management juga memiliki beberapa manfaat dalam bidang bisnis, berikut penjelasannya.
  • Mendorong loyalitas customer -- Manfaat yang pertama ialah CRM memungkinkan suatu perusahaan untuk memanfaatkan informasi dari customer, baik itu dari call center, website, maupun melalui staf pemasaran produk, dan juga memberikan pelayanan yang baik kepada customer dapat memberikan hasil yang positif bagi perusahaan.
  • Meningkatkan efisiensi dari operasional kerja -- Manfaat yang kedua dengan adanya Customer Relationship Management mampu untuk memberikan kemudahan dalam proses penjualan produk dan layanan selain itu CRM juga dapat mengurangi resiko dari turunnya kualitas pelayanan dan beban cash flow.
  • Mengurangi biaya produksi -- Manfaat yang ketiga ini ialah produk yang memiliki skema yang lebih spesifik dan berfokus untuk menargetkan pelayanan terhadap customer, oleh sebab itu dengan biaya yang dikeluarkan akan tercatat dan dapat tampil dengan secara rinci.
  • Meningkatkan time to market -- Dengan penerapan sistem Customer Relationship Management mampu mendapatkan berbagai informasi seperti data trend pembelian yang dilakukan oleh customer, kemudian juga menentukan waktu yang tepat dalam memasarkan suatu produk.
  • Mendapatkan pendapatan secara optimal -- Manfaat yang terakhir ini ialah menerapkan sistem Customer Relationship Management yang tepat maka dapat meningkatkan loyalitas para customer anda, mengurangi biaya, time to market, dan juga meningkatkan efisiensi kerja, yang dimana semua hal tersebut sangat mempengaruhi keuntungan anda sebagai pebisnis.

5 Aplikasi Rekomendasi CRM yang terpopuler di Indonesia

Beberapa aplikasi CRM populer di indonesia, antara lain.
  1. Barantum CRM
  2. CRM Vtiger
  3. CRM Salesforce
  4. Zoho
  5. SugarCRM

Kesimpulan

Customer Relationship Management atau disingkat dengan CRM merupakan sebuah sistem yang mengelola hubungan antara pihak corporate (perusahaan) dengan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimalkan komunikasi dan pemasaran melalui kontak dari user yang berbeda. Fungsi utama dari CRM ini ialah untuk meningkatkan keuntungan bagi suatu perusahaan melalui hubungan yang baik antara perusahaan dengan pihak pelanggan dan serta menyediakan informasi yang lengkap mengenai data customer untuk mengoptimalkan hubungan antara perusahaan dengan customer melalui penjualan secara up selling dan cross selling.

Rekomendasi untuk Anda

SQL: Pengertian, Fungsi, dan Jenis Structured Query Language

SQL: Pengertian, Fungsi, Dan Jenis Structured Qu

Singkatnya, Structured Query Language ataupun SQL merupakan perintah pemrograman yang digunakan buat mengakses serta mengelola informasi pada sistem database. SQL adalah salah satu poin berarti yang terdapat pada riset metode jaringan pc. Oleh sebab itu, postingan ini akan membahas semua yang butuh

Cara Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) Yang Dapat Membantu Untuk Bisnis Atau Penjualan

Cara Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) Y

AI dalam Bisnis Dan Penjualan Sehabis kami menguak AI, gampang buat memandang kenapa AI pula dapat efisien dalam proses penjualan. AI membaca pola dalam informasi historis dengan sangat akurat. Secara spesial, pola, di mana sikap sesi dini tertentu bersama dengan profil bisa jadi menuju pada sikap

Apa Itu Marketing 4.0? Ini Pengertian & Contoh Penerapannya

Apa Itu Marketing 4.0? Ini Pengertian & Contoh P

Seiring dengan pertumbuhannya teknologi, dunia pemasaran pula turut tumbuh. Jika dulu kita cuma memahami konsep marketing 1. 0 saat ini telah terdapat skema Marketing 4. 0 yang dikira lebih relevan. Apa itu marketing 4. 0? Di masa digital saat ini, disrupsi tidak cuma terjalin di ranah industri.

Ini Dia, Cara Kerja Dropshipper Agar Sukses Yang Jarang Diketahui

Ini Dia, Cara Kerja Dropshipper Agar Sukses Yang

Apa itu Bisnis Dropshipping? Dropshipping merupakan suatu model bisnis jual beli di mana penjual tidak menaruh stok produk tersebut, melainkan menyalurkannya langsung dari pemasok mengarah pembeli. Pada bisnis dropship, pihak penjual tidak melaksanakan penyimpanan stok maupun pengiriman benda. Dro

Inilah, Beberapa Manfaat SEO Untuk Bisnis Start-Up Maupun Perusahaan Besar

Inilah, Beberapa Manfaat SEO Untuk Bisnis Start-

Apakah kamu ketahui khasiat SEO buat bisnis kamu? Di era serba internet saat ini ini, para pelakon bisnis berlomba- lomba mengoptimalkan teknologi digital buat memperkenalkan bisnisnya serta memasarkan bahan- bahan mereka. Salah satu metode yang sangat terkenal merupakan dengan memakai metode optim




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia

We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+6289664230232 +6289664230232