Mengenal lebih dekat apa itu Operating System


Mengenal lebih dekat apa itu Operating System

Komputer maupun smartphone mengalami peningkatan yang sangat drastis pada akhir-akhir ini. Faktor yang mempengaruhi peningkatan perangkat elektronik dikarenakan komunikasi dan informasi dapat disampaikan secara efektif. Untuk bisa mengelola faktor tersebut, sebuah perangkat elektronik ini memerlukan Operating System. Operating System atau yang sering kita sebut sistem operasi sudah menjadi kesatuan yang tidak dapat dilepaskan dikarenakan memiliki peran yang sangat penting dalam manajemen setiap aktivitas pada perangkat elektronik, hal ini memiliki hubungan dengan pemakaian software dan hardware. Oleh sebab itu artikel kali ini kita akan mengenal apa itu Operating System hingga manfaat yang diberikan Operating System tersebut serta cara kerjanya.

Pengertian Operating System

Secara umum Operating System adalah sistem perangkat lunak yang mampu mengelola resource dari software dan hardware agar bisa berjalan dengan baik serta memudahkan interaksi kepada pengguna perangkat keras tersebut. Jika dianalogikan, komputer itu seperti halnya sebuah motor dan Operating System itu seperti bahan bakar, jika motor tidak terisi bahan bakar maka motor tersebut tidak berjalan seperti halnya komputer. Sama seperti Operating System jika tidak mempunyai perangkat keras maka Operating System tersebut tidak bisa jalan begitu juga sebaliknya.

Sejarah Singkat Operating System

-  Generasi Pertama (1945-1955)
Awalnya terciptanya perangkat komputer elektronik yang mampu menggantikan peran komputer mekanik. Manusia dalam hal menghitung dan mengingat informasi terbatas sehingga sering melakukan kesalahan. Oleh sebab itu generasi pertama ini membentuk sebuah perangkat komputer yang dapat diberikan perintah dan serta mengerjakan secara langsung setelah perintah telah diberikan secara cepat dan tepat.
-  Generasi Kedua (1955-1965)
Munculnya gagasan baru yang memiliki nama  Batch Processing System, yang berarti perintah dilaksanakan real time dalam satu rangkaian berurutan. Pada masa itu belum ada yang menggunakan Operating System yang khusus, tetapi masih menggunakan fungsi Operating System yang bernama IBSYS dan FMS.
-  Generasi Ketiga (1965-1980)
Pada zaman ini perkembangan Operating System telah cukup maju, dimana Operating System bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan banyak penggunanya sekaligus dapat melakukan komunikasi secara online, sehingga mendukung proses multi user dan multi programming.
-  Generasi Keempat (1980-Sekarang)
Pada generasi ini hingga sekarang, fungsionalitas yang diberikan Operating System sudah jauh lebih kompleks dari generasi sebelumnya dimana mempunyai fitur utama yaitu GUI yang sudah menjadi keunggulan utama untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dengan proses interaksi yang lebih mudah.

Fungsi Operating System

Ada empat fungsi pokok yang dimiliki Operating System untuk menjalankan setiap proses data yang diberikan.
-  Memory Management
Memory Management memiliki fungsi melacak semua status di setiap lokasi memori baik yang sudah dialokasikan maupun yang kosong. ketika memori dialokasikan, itu akan menentukan lokasi memori mana yang akan ditetapkan dan Memory Management akan melacak ketika memori telah dikosongkan.Memory Management ini terbagi menjadi 2 yaitu Primary Memory dan Main Memory. Primary Memory ini adalah kebutuhan penyimpanan yang utama seperti RAM, sedangkan Main Memory merupakan penyimpanan yang hanya dapat diakses melalui CPU.
-  Device Management
Operating System juga memiliki fungsi untuk mengelola komunikasi antar perangkat melalui driver program, driver ini berperan untuk menangani hal Input / Output Controller.
-  File Management
Operating System juga dapat dilakukan untuk mengkonfigurasi suatu dokumen, dimulai dari tahap awal sampai tahap akhir yang mengatur kebutuhan detail setiap informasi. Kemudian juga bisa mengelola lokasi, fungsionalitas sistem, dan fitur yang lainnya. Pada fase konfigurasi tersebut biasa diartikan dengan file system yang biasanya masuk ke dalam direktori pencarian untuk memudahkan penggunaannya dalam mencari sesuatu.
-  Processor Management
Fungsi yang terakhir ini adalah mendukung proses multiprogramming untuk menentukan processor yang mana yang akan digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Komponen yang dimiliki Operating System

Operating System juga memiliki komponen untuk bisa menjalankan perintah yang diberikan, berikut kami sampaikan poin-poin yang penting dalam komponen operating system.
-  File
   File ini memiliki berbagai jenis, secara sederhana file bisa dibentuk dan serta dijalankan oleh operating system.
-  Kernel
   Kernel adalah suatu software yang membentuk sistem dan mempunyai tugas dalam melayani berbagai macam software lain secara mudah dan aman. Kernel ini juga memiliki beberapa desain, antara lain Kernel Monolitik, MicroKernel, Kernel Hibrida, ExoKernel
-  User Interface (UI)
   Operating System memiliki karakteristik antar muka yang dapat menjadikan interaksi pengguna dengan komputer.

Jenis – Jenis Operating System

-  Batch Operating System
Merupakan System Operating yang bisa menggabungkan semua pekerjaan sehingga menjadi lebih cepat dapat terselesaikan dan tidak terlalu berat dalam pengaplikasikannya.
-  Distributed Operating System
Jenis System Operating ini lebih menggunakan sebagian processor di berbagai hardware dalam memudahkan komputasi yang hasilnya nanti akan diberikan kepada pengguna secara cepat dan akurat.
-  Mobile Operating System
Operating System ini didesain khusus untuk perangkat mobile seperti Smartphone dan Tablet.
-  Multi Tasking / Time Sharing Operating System
Operating System ini dapat mengerjakan beberapa perintah yang diberikan oleh user dan dikerjakan secara bersamaan dalam perangkat CPU yang sama.
-  Network Operating System
Operating System ini berperan sebagai mengelola data dan keamanan user serta fungsi dari networking itu sendiri.
-  Real Time Operating System
Operating System jenis ini akan melakukan interval disetiap pemrosesan dan respon input lebih kecil.

Cara Kerja Operating System

Tahap pertama operating system akan dimuat dalam perangkat komputer  atau sering kita sebut boot, dimana proses boot ini dilakukan setelah perangkat komputer menyala. Setelah itu Operating System akan mengelola dan serta mengatur setiap software pada perangkat yang anda gunakan. Software tersebut akan membuat permintaan kepada Application Programming Interface, tugas Operating System akan mengeksekusi berbagai perintah yang diberikan oleh user, tujuan utama dari Operating System ini adalah mempermudah user dalam menggunakan software dengan efektif dan efisien.

Kesimpulan

Secara umum Operating System adalah sistem perangkat lunak yang mampu mengelola resource dari software dan hardware agar bisa berjalan dengan baik serta memudahkan interaksi kepada pengguna perangkat keras tersebut. Operating System memiliki beberapa jenis, antara lain Batch OS, Distributed OS, Mobile OS, Network OS, Real Time OS, Operating System juga memiliki beberapa fungsi antara lain Memory Management, Device Management, File Management.

- Afif Hendrawan & Akbar Hendra Jaya

Rekomendasi untuk Anda

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva dalam Dunia Bisnis

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva Dalam Dunia Bisnis

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva dalam Dunia Bisnis Di dalam Dunia bisnis tentu saja tidak lepas dari menghitung keuangan. Dalam keuangan ini, aktiva adalah salah satu arti yang sering kali diomongkan dalam hal bisnis. Nah, untuk Aktiva ini dianggap sebagai sebuah komponen yang sangat penting untu

Apa sih manfaat Big Data Dalam Perkembangan Dunia Teknologi

Apa Sih Manfaat Big Data Dalam Perkembangan Duni

Apa sih manfaat Big Data Dalam Perkembangan Dunia Teknologi Di dalam Big data zaman sekarang ini banyak dikenal sebagian orang yaitu untuk pengembangan di dalam perangkat lunak dengan data yang lebih besar dan luas. Nah untuk menggunakan dalam basis data ini diperlukan untuk dapat mengelola maupun

Cara Menabung Saham yang  Menguntungkan, Cocok bagi Pemula

Cara Menabung Saham Yang Menguntungkan, Cocok B

Investai saham yaitu seseorang dapat menyimpan kekayaan (aset) ke perusahaan yang ingin dibeli sahamnya, investasi ini memiliki persepsi yang sama seperti menabung pada bank.Saham adalah salah satu bukti kepemilikan seseorang kepada suatu perusahaan yang menerbitkan sertifikat saham dengan seseorang

Kenali Apa Itu Hedonisme !

Kenali Apa Itu Hedonisme !

Manusia hidup menggunakan pandangan dan ideologinya masing-masing. Mereka memperlihatkan apa yang mereka yakin lewat sikap serta gaya hidup dijalani. Ideologi yang banyak berkembang di penduduk yaitu hedonisme. Bagi masyarakat, hedonisme memiliki kaitan dengan sifat boros, senang membuang-buang uan

Kenali Framework Laravel

Kenali Framework Laravel

Di Dalam pengembangan sebuah website diperlukan adanya framework yang mendukung. Seperti yang banyak dibicarakan oleh para pembuat website salah satu framework yang mendukung agar pengerjaan lebih optimal yaitu dengan menggunakan framework laravel. Penggunaan framework yang baik itu sesuai dengan ap




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia

We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+6289664230232 +6289664230232