Apa Itu Carousel dan Gimana Cara Membuatnya?


Apa Itu Carousel dan Gimana Cara Membuatnya?

PENGENALAN CAROUSEL

Apakah kalian sudah pernah mendengar tentang Carousel? Untuk pengenalan Carousel sendiri adalah jenis konten dalam bentuk tampilan visual yang ada di dalam media sosial. Ciri paling tampak mata dari carousel adalah terdiri atas lebih dari satu gambar dalam satu konten.
Carousel biasanya interaktif, pengguna bisa menggeser deretan gambar secara berurutan atau berderet dan pada umumnya dimanfaatkan untuk proses pembuatan konten post pada media sosial. 
 
 

JENIS JENIS CAROUSEL

Carousel dibagi menjadi dua jenis yang berbeda lho temen temen jadi jangan salah mengartikan. Kami jelaskan secara detailnya kepada anda.
 

1. Carousel Post

Siapa yang pernah sebelumnya mendengar istilah ini? Ia merupakan gambar yang berjejer dan disusun dan ditampilkan pada halaman posting sosial media. Carousel post membawa tujuan untuk memberi info dan mengenalkan topik atau gagasan dalam konten tersebut secara lebih rinci dan terlihat kepada pengguna social media.
Ada dua macam carousel yang termasuk dalam kategori post lho temen temen, antara lain berikut mari kita simak.
 
     a) Instagram
Ada banyak Kelebihan kalian dapat lho temen temen dari format post ini, anda dapat mengatur pembuatan caption dan lokasi pada setiap gambar carousel. 
Anda juga dapat menambahkan filter-filter yang keren tentunya dan memasukkan maksimal 10 gambar ke dalam fitur tersebut. Kelebihan dari penerapan ini ialah mampu mendatangkan banyak audiens secara konsisten.
Hal tersebut bisa tercapai apabila konten tersebut menyajikan data dengan melibatkan fakta pendukung yang akurat tentunya dan desain tampilan visual yang menarik dan user friendly. 
 
     b) Linkedin
Jika ingin membangun branding, bisa saja menggunakan peran Linkedin untuk membantu anda dalam menyesuaikan hidup anda.
Untuk proses pembuatan konten pada Linkedin cukup mudah, anda hanya perlu membagikannya dalam sebuah feed. Pada tahun 2018 Linkedin telah menyediakan fitur pembagian dan pengunduhan dokumen untuk mempermudah penggunanya.
Ada berbagai pilihan file dalam bentuk ekstensi yang beragam. Ada .pdf, .docx, atau .pptx, tapi ia juga punya kekurangan yaitu dokumen tidak harus lebih dari 100mb dan 300 halaman tentunya.
Pembuatan carousel pada platform Linkedin sangat efektif dan sangat membantu untuk meningkatkan engagement pada brand kalian lho temen temen, hanya melalui postingan konten yang di-upload secara konsisten tiap Minggu nya.
 

2. Carousel Ads

Nah yang kedua ini adalah tentang iklan. Carousel ads, salah satu jenis unggahan konten gambar untuk mengiklankan, mempromosikan produk maupun yang anda tawarkan. Cara untuk mempromosikan, kalian bisa melakukan strategi pemasaran dalam bentuk iklan melalui media sosial yang optimal dengan rata – rata CTR mencapai persentase sebesar 72 persen.
Nah untuk selanjutnya temen-temen, kita akan memberikan beberapa contoh platform social media kepada temen-temen yang menerapkan konsep carousel untuk membantu optimasi konten.
 
     a) Facebook
Facebook salah satu platform social media besar yang mempunyai jumlah pengguna aktif terbesar di seluruh dunia. Ini adalah kesempatan lho, sangat berpotensi jika anda memanfaatkan Facebook sebagai tempat untuk melakukan promosi iklan yang terbilang lebih murah dibandingkan beriklan menggunakan metode konvensional.
Temen temen dapat memungkinkan untuk memasukkan 3 sampai 5 gambar dalam satu iklan . Ada satu hal yang cukup menarik saya disini adalah anda dapat memasukkan satu produk saja dengan banyak fitur yang tersedia pada produk yang di –highlight.
 
     b) Instagram
Instagram sendiri ia memiliki konsep yang sama dengan sistem post. Dimana, teman- teman dapat menggabungkan beberapa gambar dalam satu iklan lho... menarik bukan?. Fitur lain yang tak kalah saya tangkap disini, pada Instagram carousel ads, anda dapat memasukkan 10 card story dalam satu iklan saja.

     c) Twitter
Alasannya karena banyak pengguna Twitter yang menggunakan fitur ini adalah konten nya yang bersifat interaktif dan lebih menarik lho.
Itulah salah satu hal yang dapat berdampak pada engagement, traffic, dan meningkatkan brand awareness pada bisnis anda.
 
     d) Linkedin
Linkedin juga tidak kalah dalam bersaing lho. Linkedin memperkenalkan fitur bernama “Linkedin Lead Gen Form” yang termasuk ke dalam salah satu bentuk call to action. Nah karena fitur tersebut, maka pengguna dapat lebih mudah dalam mengisi formulir dan dapat dihubungkan dengan elemen yang lain, seperti sign ataupun lainya wow keren bukan?.
Keuntungan dari adanya carousel ads pada Linkedin adalah ia punya CTR yang tinggi keren bukan?. Didukung dengan konten yang lebih terverifikasi dan resmi tentunya.
 

PERBANDINGAN SINGLE POST DAN MULTIPLE POST

Sekarang kita berikan perbandingan kepada teman teman sekalian tentang unggahan dengan menggunakan fitur single post dengan multiple post menggunakan fitur carousel. kalau anda mengunggah sebuah foto atau video menggunakan single post, itu hanya akan bisa meng upload satu konten saja. Berbeda dengan ketika teman teman sekalian menggunakan fitur carousel. Anda dapat mencantumkan informasi lebih banyak dengan keunggulan dari fitur ini. Karena foto atau video yang anda upload bisa berjumlah lebih dari 2 foto. 
Fitur ini dapat memudahkan anda untuk dapat mengunggah hingga bahkan 10 foto atau video hanya dalam satu post saja wowww… Bayangin deh betapa menghemat waktunya fitur ini. Bahakan engagement instagram anda juga akan ikut naik hanya dengan postingan carousel.
 

CARA MEMBUAT CAROUSEL MENGGUNAKAN PINTEREST

Berikut merupakan beberapa tahap untuk membuat carousel dengan bantuan editor massal.
Pertama teman-teman masuk pada akun bisnis dari platform Pinterest.
Lalu, teman-teman dapat menekan tombol iklan di bagian atas layar dan pilih menu editor massal.
ketiga, teman-teman dapat mengunduh lembar contoh.
Masukkan pin kalian sebagai jenis dari materi pada iklan.
Tekan pilih gambar, tambahkan 2 hingga 5 gambar untuk membuat carousel temen temen.
Tulis deskripsi yang diperlukan, mulai dari nama file gambar, judul, URL pin organik, dan URL tujuan.
The last step is, tekan button proses untuk memproses pembuatan carousel.
 

KESIMPULAN

Carousel merupakan jenis konten yang tersedia pada sosmed yang ada di seluruh dunia untuk mengoptimalkan strategi marketing temen temen. Jangan lupa riset untuk menyesuaikan kebutuhan bisnis kalian yak…


- Daffa Zuhdiansyah
 

Rekomendasi untuk Anda

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva dalam Dunia Bisnis

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva Dalam Dunia Bisnis

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva dalam Dunia Bisnis Di dalam Dunia bisnis tentu saja tidak lepas dari menghitung keuangan. Dalam keuangan ini, aktiva adalah salah satu arti yang sering kali diomongkan dalam hal bisnis. Nah, untuk Aktiva ini dianggap sebagai sebuah komponen yang sangat penting untu

Apa sih manfaat Big Data Dalam Perkembangan Dunia Teknologi

Apa Sih Manfaat Big Data Dalam Perkembangan Duni

Apa sih manfaat Big Data Dalam Perkembangan Dunia Teknologi Di dalam Big data zaman sekarang ini banyak dikenal sebagian orang yaitu untuk pengembangan di dalam perangkat lunak dengan data yang lebih besar dan luas. Nah untuk menggunakan dalam basis data ini diperlukan untuk dapat mengelola maupun

Cara Menabung Saham yang  Menguntungkan, Cocok bagi Pemula

Cara Menabung Saham Yang Menguntungkan, Cocok B

Investai saham yaitu seseorang dapat menyimpan kekayaan (aset) ke perusahaan yang ingin dibeli sahamnya, investasi ini memiliki persepsi yang sama seperti menabung pada bank.Saham adalah salah satu bukti kepemilikan seseorang kepada suatu perusahaan yang menerbitkan sertifikat saham dengan seseorang

Kenali Apa Itu Hedonisme !

Kenali Apa Itu Hedonisme !

Manusia hidup menggunakan pandangan dan ideologinya masing-masing. Mereka memperlihatkan apa yang mereka yakin lewat sikap serta gaya hidup dijalani. Ideologi yang banyak berkembang di penduduk yaitu hedonisme. Bagi masyarakat, hedonisme memiliki kaitan dengan sifat boros, senang membuang-buang uan

Kenali Framework Laravel

Kenali Framework Laravel

Di Dalam pengembangan sebuah website diperlukan adanya framework yang mendukung. Seperti yang banyak dibicarakan oleh para pembuat website salah satu framework yang mendukung agar pengerjaan lebih optimal yaitu dengan menggunakan framework laravel. Penggunaan framework yang baik itu sesuai dengan ap




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia

We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+6289664230232 +6289664230232