Mengenal Profesi Data Engineer, Data Analyst & Data Scientist


Mengenal Profesi Data Engineer, Data Analyst & Data Scientist

   Perkembangan pada zaman sekarang semakin pesat membuat banyak perubahan pada dunia kerja. Efek perkembangan zaman untuk dunia kerja yaitu mulai banyak munculnya profesi baru. Beberapa profesi baru antara lain data engineer, data analyst, dan data scientist,  profesi ini sangat berhubungan dengan data. Data yaitu segala bentuk informasi yang dapat berupa angka, teks, gambar, serta lain sebagainya. Data menjadi kebutuhan penting dalam perusahaan serta dunia bisnis untuk sebuah informasi yang berguna dan bermanfaat.
Data merupakan aset yang sangat penting dan perlu dikelola dengan baik dan benar, agar tidak terjadi kesalahan yang sangat fatal saat menginput data. Jika terjadi kesalahan, maka dapat mempengaruhi informasi secara keseluruhan. Dimana, dalam kebutuhan bisnis di industri digital dikelola oleh tim khusus antara lain data engineer, data analyst, dan data scientist.
Penasaran dengan apa yang dimaksud dengan data scientist, data analyst, dan data engineer? Yuk simak lebih dalam penjelasannya!

 

Apa itu Data Engineer?

   Data Engineer merupakan orang yang mengatur serta mengelola proses komposisi data di dalam perusahaan. Dimana komposisi tersebut dapat berupa database, pipeline, atau warehouse. Bertujuan untuk membangun dan memaksimalkan sistem perusahaan yang digunakan bagi data analyst dan data scientist untuk menuntaskan pekerjaannya.


Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Data Engineer

1. Mengumpulkan dan Mengelola Data
    Mengumpulkan dan mengembangkan kebutuhan data dari berbagai sumber. Untuk mendapatkan sebuah data harus sangat hati-hati agar tidak terjadi kesalahan teknis yang dapat mempengaruhi informasi secara keseluruhan. Point penting dalam tanggung jawab ini memiliki ketelitian.

2. Membersihkan Data
    Seorang Data Engineer harus membersihkan data setelah digabungkan, kemudian mampu mencari efek samping yang tidak diharapkan. Hal ini bisa terjadi karena struktur tabel yang digabungkan masih kotor dan tidak valid karena masih terdapat nilai null.  

3. Mengembangkan Arsitektur Warehouse
    Tugas ini untuk merancang struktur arsitektur dari data warehouse yang sudah berhasil dianalisis. Yang mana data sudah dibersihkan akan masuk kedalam data warehouse. Setelah masuk ke dalam data warehouse lakukan perancangan alur penyimpanan data pada software dengan struktur yang menggunakan DFD, ERD, dan arsitektur lainnya.


Skill yang Harus Dimiliki Seorang Data Engineer

1. Menguasai Bahasa Pemrograman
    Menguasai bahasa pemrograman khususnya database yaitu SQL dan Phyton. Fungsi SQL sendiri yaitu untuk mengakses, mengambil data, serta menjalankan query (perintah) di dalam basis data. Dan juga harus memiliki basic knowledge yang terkait dengan bahasa pemrograman Phyton, karena bahasa Phyton memiliki fleksibilitas dalam manajemen dan menguraikan baris kode agar lebih mudah terbaca.

2. Pengalaman Bidang Cloud Platform
    Mempunyai pemahaman dengan teknologi cloud computing, sehingga lebih mudah dalam menyimpan data mulai dari skala kecil hingga skala besar.

3. Pemahaman dalam Merancang System Scripting
   Skill ini harus menguasai dalam menerjemahkan kode atau instruksi dalam situs aplikasi atau web. Dengan menggunakan metode scripting akan lebih memudahkan seseorang dalam pembuatan data agar lebih mudah dibaca serta diproses.


Apa itu Data Analyst?

    Data Analyst yaitu seorang yang mempunyai tanggung jawab untuk menjabarkan data, sehingga bisa diolah dan dijadikan laporan untuk proses pengembangan manajemen dan pengolahan data perusahaan. Seorang yang menjadi data analyst juga diberikan tugas untuk menganalisis data demi meningkatkan keuntungan suatu perusahaan.


Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Data Analyst

1. Kemampuan Menganalisis
    Mampu mengalisis berbagai macam data dan mengolah kembali data tersebut untuk pengambilan keputusan bisnis bagi perusahaan. Apabila proses analisis telah selesai, selanjutnya masuk ke dalam pembuatan laporan hasil data statistik yang disampaikan oleh seorang data analyst.

2. Membaca Arah Bisnis
    Mampu membaca arah bisnis perusahaan, karena setiap pengambilan keputusan perusahaan, akan memberikan dampak dan perubahan bagi arah bisnis perusahaan. Perlu adanya tindakan tepat dengan memperhatikan data yang ada sebelum mengambil sebuah keputusan.

3. Menafsirkan Data
    Mampu menafsirkan data dengan baik, benar dan terperinci. Perlu pemikiran yang kritis dan inovatif dalam mengembangkan solusi yang dibuat agar dapat membantu proses bisnis perusahaan.


Skill yang Harus Dimiliki Seorang Data Analyst

1. Memahami Konsep Bahasa Statistik
    Seorang data analyst mampu untuk memahami serta mengimplementasikan penerapan statistika dan matematika untuk membantu proses analisis data secara akurat dan tersistem. Yang biasanya berhubungan dalam bentuk sajian data angka.

2.  Memvisualisasikan Data
     Mampu memvisualisasikan data ke dalam bentuk grafik serta visual. Sehingga nantinya data yang berhasil diperoleh disajikan dengan baik dan lebih komunikatif.

3. Menggunakan Machine Learning
    Mampu dalam menerapkan kedalam konsep pengembangan software dengan metode machine learning.


Apa itu Data Scientist?

     Data Scientist merupakan orang yang mengumpulkan serta menganalisis data sehingga bisa digunakan untuk mengambil keputusan dan memberikan solusi permasalahan dalam suatu perusahaan. Seorang data scientist ditugaskan dalam menganalisis berbagai macam data dengan jumlah besar yang sudah terakumulasi dengan tepat di sebuah perusahaan.


Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Data Scientist

1. Melakukan Penelitian
    Melakukan penelitian terkait data perusahaan dalam jumlah besar yang akan digunakan sebagai metode penentuan dalam keputusan perusahaan.

2. Menyiapkan Infrastruktur Data
    Melakukan riset, perancangan, dan menganalisis berbagai sumber data yang sudah ada untuk mencapai target bisnis dan pengembangan produk perusahaan.

3. Mampu Berkomunikasi dengan Baik
    Kemampuan berkomunikasi dengan baik serta dapat menampilkan data dengan jelas untuk memudahkan proses bisnis menjadi lebih tersusun.

 
Skill yang Harus Dimiliki Seorang Data Scientist

1. Pemetaan Data
    Konsep pemetaan data menjadi hal utama dalam menjalankan profesi ini, sehingga seorang data scientist mampu menjawab serta menganalisis kebutuhan informasi yang bersifat acak.

2. Statistika
    Ilmu statistika menjadi dasar dalam memulai karir seorang data scientist, ilmu ini banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam metode pembuatan machine learning.  

3. Problem Solver
    Seorang data scientist harus memiliki dan mampu memecahkan masalah dengan baik serta bertanggung jawab. Hal ini dibutuhkan agar mendapat gambaran umum dengan cepat sehingga dapat diproses sesuai dengan hasil analisis data.


Kesimpulan

    Untuk menjadi seorang ilmuwan data profesional, Anda harus belajar beberapa bahasa pemrograman yang banyak digunakan untuk kebutuhan analisis struktur database, serta mempunyai pemikiran yang kritis serta dapat memberikan solusi yang tepat untuk melancarkan proses bisnis perusahaan. Selain itu juga Anda harus memiliki ide yang solutif serta inovatif agar dapat memberikan rancangan yang tepat dalam mengatasi permasalahan secara efektif dan efisien.


- Afifah Retno Sari / Fajar Slamet Harjono

Rekomendasi untuk Anda

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva dalam Dunia Bisnis

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva Dalam Dunia Bisnis

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva dalam Dunia Bisnis Di dalam Dunia bisnis tentu saja tidak lepas dari menghitung keuangan. Dalam keuangan ini, aktiva adalah salah satu arti yang sering kali diomongkan dalam hal bisnis. Nah, untuk Aktiva ini dianggap sebagai sebuah komponen yang sangat penting untu

Apa sih manfaat Big Data Dalam Perkembangan Dunia Teknologi

Apa Sih Manfaat Big Data Dalam Perkembangan Duni

Apa sih manfaat Big Data Dalam Perkembangan Dunia Teknologi Di dalam Big data zaman sekarang ini banyak dikenal sebagian orang yaitu untuk pengembangan di dalam perangkat lunak dengan data yang lebih besar dan luas. Nah untuk menggunakan dalam basis data ini diperlukan untuk dapat mengelola maupun

Cara Menabung Saham yang  Menguntungkan, Cocok bagi Pemula

Cara Menabung Saham Yang Menguntungkan, Cocok B

Investai saham yaitu seseorang dapat menyimpan kekayaan (aset) ke perusahaan yang ingin dibeli sahamnya, investasi ini memiliki persepsi yang sama seperti menabung pada bank.Saham adalah salah satu bukti kepemilikan seseorang kepada suatu perusahaan yang menerbitkan sertifikat saham dengan seseorang

Kenali Apa Itu Hedonisme !

Kenali Apa Itu Hedonisme !

Manusia hidup menggunakan pandangan dan ideologinya masing-masing. Mereka memperlihatkan apa yang mereka yakin lewat sikap serta gaya hidup dijalani. Ideologi yang banyak berkembang di penduduk yaitu hedonisme. Bagi masyarakat, hedonisme memiliki kaitan dengan sifat boros, senang membuang-buang uan

Kenali Framework Laravel

Kenali Framework Laravel

Di Dalam pengembangan sebuah website diperlukan adanya framework yang mendukung. Seperti yang banyak dibicarakan oleh para pembuat website salah satu framework yang mendukung agar pengerjaan lebih optimal yaitu dengan menggunakan framework laravel. Penggunaan framework yang baik itu sesuai dengan ap




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia

We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+6289664230232 +6289664230232