Mengenal Branding Untuk Kemajuan Bisnis


Mengenal Branding Untuk Kemajuan Bisnis

     Branding merupakan hal penting yang harus dibangun pada sebuah bisnis di era globalisasi. Hilangnya batasan membuat persaingan  juga semakin meningkat. Sebagai seorang yang membuka usaha Anda juga harus mempunyai dan membangun brand untuk usaha bisnis Anda. Brand yang kuat dan menarik akan lebih mudah dikenal oleh konsumennya, sehingga persaingan dengan perusahaan lain tidak akan mempengaruhi brand atau merek Anda jika sudah mempunyai brand yang kuat dan menarik.

 

Pengertian Branding

     Istilah brand pertama kali dipakai oleh penduduk Inggris sekitar abad ke-19 sebagai bentuk pemberian tanda. Brand mulai dikenal dan digunakan oleh para penduduk Jerman dan memiliki arti yang sama dengan inggris yaitu memberikan tanda menggunakan cap besi panas, brennen. Pengertian menurut Landa, brand bukan hanya sekedar merek sebuah produk, jasa, serta perusahaan.
     Brand bisa juga diartikan sebagai identitas yang membedakan antara produk, jasa, maupun tempat perusahaan. Pengertian brand menurut American Marketing Association, brand yaitu sebuah nama, istilah, simbol, atau karakteristik dari sebuah produk atau jasa yang memberikan perbedaan dari perusahaan lain.
Branding bisa diartikan sebagai usaha yang biasanya digunakan untuk menciptakan sebuah brand. Yang artinya, proses pembentukan misi, visi, serta logo. Branding merupakan kegiatan komunikasi, memperkuat, mempertahankan brand atau merek dalam rangka mempertontonkannya kepada orang lain untuk menarik lebih banyak konsumen.
     Branding semakin berkembang sampai saat ini bisa juga diartikan sebagai kumpulan kegiatan yang melibatkan komunikasi oleh perusahaan untuk rangka untuk membangun dan mengembangkan brand. Bagi perusahaan brand tidak hanya sekedar merek atau produk tapi dikenal juga sebagai image dari perusahaan secara menyeluruh atau bagaimana masyarakat dapat menilai bahwa perusahaan Anda merupakan perusahaan yang terbaik.

 

Unsur-Unsur Branding

1. Nama Merk
     Nama merek adalah hal pertama yang harus dimiliki jika akan melakukan branding. Tanpa adanya nama brand, maka produk yang dihasilkan tidak akan mempunyai  identitas sendiri yang akan memudahkan dikenal oleh masyarakat.

2. Visi dan Misi
     Visi dan Misi adalah tiang dari merek Anda. Visi dan Misi memiliki arti yang berbeda, Misi merupakan solusi yang ingin diberikan untuk memecahkan masalah yang ada pada perusahaan, sedangkan Visi merupakan tujuan jangka panjang yang ingin dicapai perusahaan dengan merek.

3. Logo
     Untuk pembuatan logo, perlu memperhatikan faktor keunikan dan image yang sesuai dengan brand yang dibuat. Logo yang unik akan meninggalkan kesan tersendiri bagi konsumen.

4. Tampilan visual
     Tampilan visual ini bisa digunakan pada desain produk, desain kemasan, dan lain sebagainya. Tampilan visual yang menggunakan warna-warna yang cerah atau elegan akan menambah citra orang atau masyarakat terhadap sebuah produk dan dapat dengan mudah dikenali atau diingat oleh para konsumen.

5. Penggunaan Co-Founder
     Co-founder ini bisa diartikan sebagai juru bicara brand dari perusahaan, maskot, tokoh perusahaan, atau orang terkenal dari publik yang telah terikat kontrak kerja sama untuk meningkatkan pemasaran produk.

6. Suara
     Dengan menggunakan sebuah lagu atau suara akan melengkapi unsur visualisasi dan membuatnya lebih indah, lebih menarik, lebih mudah diingat dan juga mudah dikenali oleh para konsumen.

7. Slogan
     Slogan yang unik akan selalu meninggalkan kesan mendalam. Untuk proses pembuatan brand, gunakanlah kata- kata yang memiliki unsur ceria dan positif, agar mudah diingat dan beda dari brand yang lain.

 

Jenis-Jenis Branding

1. Product Branding
     Produk branding merupakan jenis yang paling sering dijumpai. Hal ini terjadi karena produk yang dihasilkan lebih menarik dibanding dengan kompetitor. Merupakan usaha yang dilakukan perusahaan pada sebuah produk yang mampu mempengaruhi konsumen untuk lebih memilih produknya dibandingkan produk kompetitor.

2. Personal Branding
     Personal branding sering dijumpai pada kalangan publik figur seperti artis, politis, musisi dan lainnya sehingga masyarakat memiliki pandangan khusus kepada mereka.

3. Corporate Branding
     Corporate branding sangat penting untuk pengembangan reputasi citra perusahaan di pasar. Dimulai dari produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada konsumen atau masyarakat.

4. Destination Branding
     Destination Branding sebagai bentuk pengenalan produk atau jasa ketika suatu wilayah disebutkan. Ini bisa menjadi ciri khas dari suatu tempat tertentu. Branding ini biasanya digunakan untuk promosi wilayah untuk kebutuhan pariwisata ataupun bisnis.

5. Cultural Branding
     Cultural branding ini digunakan untuk merek yang sesuai dengan keadaan sekitar, seperti budaya, kebiasaan, lokasi atau masyarakat atau konsumen dari daerah tertentu.

6. Co - Branding
     Co-Branding adalah jenis branding yang dilakukan dengan bekerja sama oleh dua brand atau lebih. Hal ini dilakukan untuk menarik minat dari kedua bisnis yang terlibat didalamnya. Sehingga mempunyai jangkauan konsumen menjadi lebih luas. Seperti produk yang dihasilkan merupakan produk kolaborasi antar merk didalamnya.

 

Fungsi dan Tujuan Branding

1. Sebagai Pembeda
     Setiap produk pasti mempunyai brand yang kuat, brand yang kuat akan memudahkan konsumen dalam mengenali produk tersebut. Selain itu, Hail ini juga bisa dijadikan penanda atau ciri khas dari produk.

2. Sebagai Promosi dan Daya Tarik
     Produk harus mempunyai brand yang kuat dan menarik sehingga promosi dapat lebih mudah dilakukan. Konsumen akan cenderung memilih brand yang kuat karena akan lebih mudah dikenali. Hal ini merupakan aspek penting dalam perusahaan.

3. Membangun Citra
     Menumbuhkan keyakinan, jaminan kualitas dan prestise, hal ini dapat membuat brand agar lebih mudah diingat oleh para konsumen maupun masyarakat. Dengan membangun citra yang bagus dengan kualitas produk yang baik, maka produk tidak perlu diragukan lagi.

4. Alat Pengendali Pasar
     Hal ini akan memudahkan bagi perusahaan untuk mengendalikan pasar penjualan produk. Pengendalian inni dapat dilakukan jika masyarakat sudah mengingat brand yang kuat, maka akan lebih mudah.

5. Untuk Mempengaruhi Psikologi Konsumen
     Jika produk yang dihasilkan sudah memiliki brand yang kuat, maka konsumen akan menilai dan lebih percaya bahwa produk tersebut sudah profesional. Hal ini yang membedakan produk yang mempunyai brand dan yang tidak mempunyai brand, untuk produk yang tidak mempunyai brand akan dipandang sebelah mata oleh masyarakat.

 

Pentingnya Branding untuk Kemajuan Bisnis

     Branding merupakan cara yang digunakan untuk memperkenalkan perusahaan. Branding diartikan sebagai suatu cara untuk menarik minat dari konsumen. Untuk membangun suatu brand yang kuat agar bisa dikenal masyarakat luas, maka butuh waktu yang cukup panjang. Hal ini sangat jelas bahwa branding itu merupakan tanda pengenal dari perusahaan yang penting untuk keberlangsungan bisnis.
Dengan menggunakan branding yang baik dan menarik, perusahaan dapat memberikan kesan yang baik kepada para konsumennya, sehingga para konsumen dapat terus percaya untuk menggunakan produk atau jasa dari perusahaan tersebut. Selain itu, logo juga sebagai penanda agar lebih dikenal oleh banyak orang, baik itu dari logonya yang unik ataupun dari tampilan visual pemasaran yang menarik.
Proses branding tidak hanya membutuhkan waktu yang panjang tapi juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Branding perusahaan juga butuh melakukan riset agar perusahaan tidak salah sasaran dengan target pemasaran yang ingin dicapai.

 

Kesimpulan

     Branding adalah segala usaha yang dilakukan oleh perusahaan untuk membangun brandnya. Untuk menjalankannya, diperlukan riset serta strategi branding yang mumpuni. Brand yang kuat akan mudah dikenali oleh masyarakat dan lebih mudah diingat, hal ini tentunya harus memenuhi syarat dari unsur branding serta melakukan pemasaran dengan baik dan menarik. Tujuan dari branding untuk membentuk persepsi masyarakat luas, demi membangun rasa kepercayaan masyarakat terhadap brand dan membangun rasa cinta masyarakat kepada brand yang dibuat oleh suatu perusahaan. Hal ini merupakan manfaat besar bagi perusahaan.


 
- Afifah Retno Sari / Fajar Slamet Apriyono

Rekomendasi untuk Anda

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva dalam Dunia Bisnis

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva Dalam Dunia Bisnis

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva dalam Dunia Bisnis Di dalam Dunia bisnis tentu saja tidak lepas dari menghitung keuangan. Dalam keuangan ini, aktiva adalah salah satu arti yang sering kali diomongkan dalam hal bisnis. Nah, untuk Aktiva ini dianggap sebagai sebuah komponen yang sangat penting untu

Apa sih manfaat Big Data Dalam Perkembangan Dunia Teknologi

Apa Sih Manfaat Big Data Dalam Perkembangan Duni

Apa sih manfaat Big Data Dalam Perkembangan Dunia Teknologi Di dalam Big data zaman sekarang ini banyak dikenal sebagian orang yaitu untuk pengembangan di dalam perangkat lunak dengan data yang lebih besar dan luas. Nah untuk menggunakan dalam basis data ini diperlukan untuk dapat mengelola maupun

Cara Menabung Saham yang  Menguntungkan, Cocok bagi Pemula

Cara Menabung Saham Yang Menguntungkan, Cocok B

Investai saham yaitu seseorang dapat menyimpan kekayaan (aset) ke perusahaan yang ingin dibeli sahamnya, investasi ini memiliki persepsi yang sama seperti menabung pada bank.Saham adalah salah satu bukti kepemilikan seseorang kepada suatu perusahaan yang menerbitkan sertifikat saham dengan seseorang

Kenali Apa Itu Hedonisme !

Kenali Apa Itu Hedonisme !

Manusia hidup menggunakan pandangan dan ideologinya masing-masing. Mereka memperlihatkan apa yang mereka yakin lewat sikap serta gaya hidup dijalani. Ideologi yang banyak berkembang di penduduk yaitu hedonisme. Bagi masyarakat, hedonisme memiliki kaitan dengan sifat boros, senang membuang-buang uan

Kenali Framework Laravel

Kenali Framework Laravel

Di Dalam pengembangan sebuah website diperlukan adanya framework yang mendukung. Seperti yang banyak dibicarakan oleh para pembuat website salah satu framework yang mendukung agar pengerjaan lebih optimal yaitu dengan menggunakan framework laravel. Penggunaan framework yang baik itu sesuai dengan ap




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia

We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+6289664230232 +6289664230232