Mengenal Infografis dan Cara Membuatnya


Mengenal Infografis dan Cara Membuatnya

     Masih banyak orang yang salah dalam penulisan infografis, banyak yang menyebutnya infografik bukan infografis. Nah, sebenarnya penulisan yang tepat yaitu Infografis.
Infografis penting digunakan dalam sebuah bisnis. Dengan infografis, akan membuat produk anda lebih dikenal serta menarik perhatian di mata masyarakat dalam semua kalangan baik muda sampai tua. Infografis digunakan sebagai konten karena dapat menarik audiens lebih banyak. Infografis merupakan konten yang berbentuk visual, ini lebih efektif untuk meningkatkan brand dan trafik. Tentunya hal ini akan menarik daya tarik pembaca. Membuat infografis bukanlah hal yang sulit, semua orang bisa membuat infografis.
 

Apa itu Infografis ?

      Infografis berasal dari kata infographic yang merupakan singkatan dari Information & Graphics merupakan bentuk visualisasi data yang menyampaikan informasi kompleks kepada pembaca agar lebih mudah serta lebih cepat dipahami secara menyeluruh. Dalam pembuatan infografis perlu dilakukan serta diperhatikan adalah bagaimana penggunaan konsep visual dipadukan dengan ilustrasi menarik akan tetapi tetap memperhatikan validitasnya data yang disajikan. Dengan membuat infografis dapat membuat audiens lebih tertarik untuk membacanya. infografik identik dengan penambahan data berupa angka yang dibungkus dengan padu-padan warna desain. Hal ini akan membuat konten Anda tampak lebih akurat serta atraktif di mata pembaca. Infografis merupakan media yang paling mudah guna merangkum seluruh informasi penting menjadi singkat.

 

Manfaat Infografis

1.Langsung Mengetahui Inti Pembahasan
     Menggunakan infografis, maka setiap audiens yang melihatnya dapat langsung paham inti dari data yang disampaikan dengan singkat dan padat. Hal ini karena infografis yang dibuat sudah disusun sesuai dengan ketentuannya.

2.Meningkatkan Efektifitas Pemasaran
     Isi dari infografis memberikan pembahasan yang dapat memberikan pemahaman lebih akan suatu produk, jasa, brand serta informasi lain yang mendukung peningkatan positif atau negatif pada tujuan yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan atau perorangan. Pada umumnya teknik ini dijalankan untuk menambah  daya jual suatu produk.

3.Mudah Untuk Dibagikan
     Membagikan infografis secara lebih mudah yaitu dengan menambahkan pada blog atau artikel. Secara otomatis, pengunjung blog atau artikel juga bisa membagikannya lewat jejaring sosial yang kerap dipakai, seperti Facebook, Twitter, serta Instagram.

4. Menambah Minat Baca
     Tampilan yang menarik atau unik dapat menambah minat pembaca atau pengunjung blog. Cara menumbuhkan hal tersebut yaitu dengan cara memperbaiki tampilan visual agar terlihat lebih user friendly serta tidak membuat bosan para pembaca saat membaca.

5.Mempercantik Informasi
     Dengan memakai berbagai elemen seperti Chart, SmartArt, Shapes, Background, Font, Clip Art, Flat Color, Icon serta yang lainnya akan membuat informasi susah menjadi lebih enak dilihat atau lebih menarik. Hal inilah yang membuat penggunaan infografis menjadi penting serta bermanfaat.

 

Jenis - Jenis Infografis

1. Jenis Statis
     Jenis startis ini memakai bentuk visual statis, tidak menggunakan audio maupun animasi. Jenis ini sering dipakai karena memiliki penampakan yang simple serta dapat dipakai untuk  segala kebutuhan. Misalnya infografis di media cetak atau website. Contoh infografis jenis statis ini sering dipakai di sebuah konferensi untuk memperlihatkan hasil penelitian ataupun presentasi untuk pemberian informasi dengan jelas serta efektif kepada para audiens.

2. Jenis Animasi
     Jenis yang satu ini biasanya dipakai dalam media berupa audio visual misal youtube atau televisi. Jenis animasi bisa memakai dua jenis bentuk, yaitu 2 dimensi atau 3 dimensi yang tampak lebih kompleks. Ini lebih menarik dikarenakan memadukan beberapa unsur gambar yang bisa bergerak memakai latar belakang yang memakai suara sehingga dapat menguatkan seluruh pesan yang ingin disampaikan. Animasi lebih menarik dikarenakan menggunakan elemen gerak dan audio yang lebih menguatkan informasi diterima oleh audiens. Contoh infografis jenis animasi bisa Anda temukan di platform Youtube, ataupun televisi.

3. Jenis Interaktif
     Jenis interaktif biasanya ditemukan pada website yang dimana pengguna bisa berinteraksi melalui interface yang sudah didesain. Untuk membuat infografis interaktif membutuhkan atau harus mempunyai skill desainer, ilustrator, UI atau UX designer, serta programmer. Contoh infografis yang mempunyai jenis interaktif yaitu menyampaikan informasi yang ditampakkan dengan cara ditambahkan beberapa elemen contohnya tombol, serta elemen lain yang menarik.

 

Cara Membuat Infografis

1. Menentukan Topik
     Untuk penentuan topik sebagai tujuan awal membuat konten. Jangan lupa melakukan riset mengenai audiens yang ingin dituju. Di dalam topik Anda harus memperhitungkan, apakah infografis yang Anda buat mempunyai derajat relevansi yang tinggi pada masa sekarang atau tidak.

2. Menentukan Audiens
     Dalam penentuan dapat menggunakan beberapa elemen pendukung secara spesifik. Contohnya berdasarkan jenis kelamin, usia, profesi, latar belakang pendidikan dan lain-lain. Pastikan Anda membuat konten infografis tidak salah sasaran.

3. Mengumpulkan Data
     Anda dapat mencari dan mengumpulkan data melalui internet, buku, jurnal, artikel, maupun sumber lainnya yang sudah melakukan reset langsung ke lapangan. Pastikan juga bahwa informasi yang Anda dapatkan benar dan real. Jangan sampai informasi yang didapat membosankan.

4. Mengubah Data Ke Dalam Infografis
     Mengubah data dalam bentuk visual sehingga membentuk sebuah struktur infografis yang terstruktur. Dengan menggunakan metode ICCORE.
 
  • Inform : Menyampaikan pesan dengan to the point.
  • Compare : Jika ada informasi yang berbeda dapat membandingkan dengan bentuk diagram batang, garis atau kolom.
  • Change : Apabila konten yang dibuat berisi perubahan data, kronologi dan produk, serta brand dari masa ke masa
  • Organize : Dipakai untuk menunjukan ranking, pola dan siklus yang berurutan, bisa menggunakan mind mapping, flowchart atau tabel.
  • Relationship : Menunjukkan hubungan kompleks dalam konten infografis. Bisa menggunakan scatter plot atau multi-series plot.
  • Explore : Membuat agar pembaca menjelajahi dan menemukan wawasan yang lebih mendalam terhadap infografik tersebut.

5. Membuat Layout
     Membuat layout untuk menyeimbangkan tata letak elemen seperti teks, gambar dan diagram. Pastikan dibuat dengan menyesuaikan kondisi perilakU auidens dalam membaca infografis Anda. Gunakan struktur yang mudah dipahami agar audiens tidak merasa kebingungan saat membacanya.

6. Menambahkan Style
     Dengan cara menambahkan bentuk style seperti font, ukuran, warna dan sebagainya, untuk memberikan kesan yang menarik dan memperkuat desain dari infografis Anda. Supaya dapat mempermudah audiens untuk membacanya.

7. Menggunakan Template
     Dengan menggunakan template tentunya sangat membantu Anda untuk mendesain infografis. Sudah banyak template tersedia di berbagai platform gratis seperti Canva, Venngage, Figma, Visme.co, Piktochart dan sebagainya.



- Afifah Retno Sari / Fajar Slamet Apriyono

Rekomendasi untuk Anda

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva dalam Dunia Bisnis

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva Dalam Dunia Bisnis

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva dalam Dunia Bisnis Di dalam Dunia bisnis tentu saja tidak lepas dari menghitung keuangan. Dalam keuangan ini, aktiva adalah salah satu arti yang sering kali diomongkan dalam hal bisnis. Nah, untuk Aktiva ini dianggap sebagai sebuah komponen yang sangat penting untu

Apa sih manfaat Big Data Dalam Perkembangan Dunia Teknologi

Apa Sih Manfaat Big Data Dalam Perkembangan Duni

Apa sih manfaat Big Data Dalam Perkembangan Dunia Teknologi Di dalam Big data zaman sekarang ini banyak dikenal sebagian orang yaitu untuk pengembangan di dalam perangkat lunak dengan data yang lebih besar dan luas. Nah untuk menggunakan dalam basis data ini diperlukan untuk dapat mengelola maupun

Cara Menabung Saham yang  Menguntungkan, Cocok bagi Pemula

Cara Menabung Saham Yang Menguntungkan, Cocok B

Investai saham yaitu seseorang dapat menyimpan kekayaan (aset) ke perusahaan yang ingin dibeli sahamnya, investasi ini memiliki persepsi yang sama seperti menabung pada bank.Saham adalah salah satu bukti kepemilikan seseorang kepada suatu perusahaan yang menerbitkan sertifikat saham dengan seseorang

Kenali Apa Itu Hedonisme !

Kenali Apa Itu Hedonisme !

Manusia hidup menggunakan pandangan dan ideologinya masing-masing. Mereka memperlihatkan apa yang mereka yakin lewat sikap serta gaya hidup dijalani. Ideologi yang banyak berkembang di penduduk yaitu hedonisme. Bagi masyarakat, hedonisme memiliki kaitan dengan sifat boros, senang membuang-buang uan

Kenali Framework Laravel

Kenali Framework Laravel

Di Dalam pengembangan sebuah website diperlukan adanya framework yang mendukung. Seperti yang banyak dibicarakan oleh para pembuat website salah satu framework yang mendukung agar pengerjaan lebih optimal yaitu dengan menggunakan framework laravel. Penggunaan framework yang baik itu sesuai dengan ap




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia

We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+6289664230232 +6289664230232