Mengenal lebih dekat apa itu SQL?


Mengenal lebih dekat apa itu SQL?

Program pada saat ini sudah memakai berbagai bahasa pemrograman, beberapa bahasa pemrograman ini memiliki ciri khas yang tersendiri, misal bahasa pemrograman seperti Java yang terkadang digunakan saat membuat aplikasi mobile maupun desktop. Salah satu bahasa pemograman yang digunakan untuk membuat dan mengelola database ialah SQL.

Pada era digital seperti saat ini banyak developer aplikasi yang menggunakan SQL untuk membantu dalam merancang database pada aplikasi. Nah pada artikel sekarang kita akan membahas apa itu SQL hingga macam – macam perintah dasar SQL yang sering digunakan.

Pengertian SQL

SQL singkatan dari Structured Query Language atau dalam bahasa indonesia bahasa kueri yang terstruktur, SQL ini didesain untuk membantu dalam mengelola informasi pada suatu database, secara sederhana SQL bisa juga diartikan sebagai bahasa yang digunakan untuk mengakses sebuah database dalam basis relasional.
Standarisasi SQL sudah ada sejak 1986 diinisialisasikan oleh ANSI (American National Standard Institute). SQL ini masih menjadi standar hingga saat ini, banyak sekali server menggunakan SQL baik database maupun software.

Sejarah SQL

SQL awalnya dikembangkan oleh Donald D. Chamberlin dan Raymond F. Boyce setelah belajar tentang model relasional pada awal tahun 1970. Versi ini awalnya disebut SEQUEL (Structured English Query Language), dirancang untuk mengelola data yang tersimpan didalam sistem basis data IBM yang dikembangkan oleh sebuah grup di IBM San Jose Research Laboratory pada tahun yang sama.
Upaya pertama Chamberlin dan Boyce pada bahasa database relasional adalah SQUARE (Specifying Queries A Relational Environment), tetapi sulit untuk digunakan. Setelah pindah ke San Jose Research Laboratory pada tahun 1973, mereka mulai mengerjakan SEQUEL kemudian diubah lagi menjadi SQL dikarenakan SEQUEL merupakan merek perusahaan Hawker Siddeley Dynamics Engineering Ltd yang berada di Inggris.
Setelah menguji SQL di situs percobaan untuk menentukan kegunaan dan kepraktisansistem tersebut, IBM mulai mengembangkan produk kormersial berdasarkan prototipe sistem R (System R Prototype) termasuk System/38, SQL/DS, dan DB2, yang tersedia secara kormesil pada tahun 1979, 1981, dan 1983.
Pada akhir 1970-an, Relational Software Inc (Sekarang Oracle Corporation) melihat potensi dari konsep yang dijelaskan Codd, Chamberlin, dan Boyce, dan mengembangkan RDBMS yang berbasis SQL mereka sendiri, pada bulan Juni tahun 1979, Relational Software memperkenalkan implementasi SQL pertama yang tersedia secara kormesial. Pada tahun 1986 kelompok standar ANSI dan ISO secara resmi mendefinisikan SQL sebagai bahasa database.

Fungsi yang dimiliki SQL

SQL memiliki beberapa fungsi. Berikut kami jelaskan fungsi yang dimiliki SQL.
-   Dapat memanipulasi dan mengakses database
-   Dengan menggunakan SQL kita dapat mengakses database dengan menuliskan perintah yang telah ditetapkan SQL. Misalnya anda bisa melakukan mengupdate, menghapus, menambah, informasi di suatu database dengan relatif cepat.
-   Mampu mengeksekusi query
Fungsi selanjutnya ini mampu menjalankan berbagai perintah query yang ada. Penggunaan dari perintah query ini memiliki tujuan memberikan perintah langsung kepada sistem untuk mengelola sebuah database. Contoh beberapa perintah sederhana yang sering dipakai antara lain : Create, Update, Drop, Delete, Alter.
-   Dapat mengatur hak akses user
Fungsi terakhir ini dapat mengatur dan mengelola kebutuhan hak akses dalam suatu database, tujuannya dari pembatasan hak akses user ini adalah untuk membatasi akses pengguna dengan kebutuhan sistem yang telah diterapkan.
-   Perintah Dasar SQL
-   Data Definition (DDL)
-   Data Definition ini merupakan perintah SQL yang paling dasar di dalam bahasa SQL.

Tujuan dari pemakaian Data Definition ini adalah untuk membuat struktur database dengan tepat. Data Definition ini memiliki 5 bagian antara lain : 
-   Create – Perintah ini digunakan untuk membuat database baru ataupun tabel.
-   Alter – Perintah ini digunakan untuk mengubah struktur tabel yang sudah ada, biasanya digunakan untuk mengubah, menghapus  kolom tabel ataupun merubah nama kolom tabel itu sendiri.
-   Rename – Perintah ini digunakan untuk mengubah nama tabel yang sudah ada.
-   Drop – Perintah ini digunakan untuk menghapus database, tabel, kolom tabel.
-   Show – Perintah ini digunakan untuk menampilkan data tabel yang ada.

Data Manipulation Language (DML)
Data Manipulation Language merupakan perintah SQL yang bertujuan untuk memanipulasikan data dalam database, perintah dari Data Manipulation Language ini di bagi menjadi 3 yaitu : 
Insert -  Perintah ini digunakan untuk memasukan data atau record baru ke dalam tabel.
Select – Perintah ini digunakan untuk mengambil data dari suatu tabel, anda juga bisa mengambil data dari tabel yang berbeda dengan menggunakan relasi.
Update – Perintah ini digunakan untuk merubah data didalam tabel.
Delete – Perintah ini digunakan untuk menghapus data yang pernah dibuat yang berada di dalam tabel.
Data Control Language (DCL)
Perintah yang terakhir ini memiliki fungsi mengatur hak akses yang dimiliki pengguna. Data Control Language terdiri dari 2 jenis antara lain : 
Grant – Perintah ini digunakan oleh admin di suatu database untuk memberikan akses kepada user lainnya.
Revoke – Perintah ini digunakan oleh admin di suatu database untuk mencabut hak akses user lainnya.

Pekerjaan yang membutuhkan SQL

Di dunia digital ini hampir semua aplikasi dan server website menggunakan SQL, jadi banyak perusahaan membutuhkan programmer SQL.
 Database Administrator (DBA)
Database Administrator ini merupakan pekerjaan yang memiliki kehubungan erat dengan bahasa SQL, Seorang Database Administrator harus bisa membuat struktur database sesuai kebutuhan bisnis dan dapat mengelola akses database tersebut dengan baik.
-   Data Scientist
Data Scientist ini memiliki hubungan yang sangat erat dengan SQL, pekerjaan ini bertanggung jawab dalam pembuatan database, mengelola data, serta menyajikan data.
-   Big Data Architect
Big Data Architect ini merupakan pekerjaan yang sangat dibutuhkan di perusahaan yang besar untuk mengelola kebutuhan data yang sangat besar.

Kesimpulan

SQL singkatan dari Structured Query Language atau dalam bahasa indonesia bahasa kueri yang terstruktur, SQL ini didesain untuk membantu dalam mengelola informasi pada suatu database, SQL juga memiliki perintah dasar yaitu DDL, DML, dan DCL. Pada era digital ini programmer yang bisa dalam bidang backend diharuskan mahir menguasai bahasa SQL ini, namun beberapa pekerjaan khusus yang menggunakan bahasa ini yaitu Database Administrator, Data Scientist, Big Data Architect.

- Afif Hendrawan & Akbar Hendra Jaya

Rekomendasi untuk Anda

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva dalam Dunia Bisnis

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva Dalam Dunia Bisnis

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva dalam Dunia Bisnis Di dalam Dunia bisnis tentu saja tidak lepas dari menghitung keuangan. Dalam keuangan ini, aktiva adalah salah satu arti yang sering kali diomongkan dalam hal bisnis. Nah, untuk Aktiva ini dianggap sebagai sebuah komponen yang sangat penting untu

Apa sih manfaat Big Data Dalam Perkembangan Dunia Teknologi

Apa Sih Manfaat Big Data Dalam Perkembangan Duni

Apa sih manfaat Big Data Dalam Perkembangan Dunia Teknologi Di dalam Big data zaman sekarang ini banyak dikenal sebagian orang yaitu untuk pengembangan di dalam perangkat lunak dengan data yang lebih besar dan luas. Nah untuk menggunakan dalam basis data ini diperlukan untuk dapat mengelola maupun

Cara Menabung Saham yang  Menguntungkan, Cocok bagi Pemula

Cara Menabung Saham Yang Menguntungkan, Cocok B

Investai saham yaitu seseorang dapat menyimpan kekayaan (aset) ke perusahaan yang ingin dibeli sahamnya, investasi ini memiliki persepsi yang sama seperti menabung pada bank.Saham adalah salah satu bukti kepemilikan seseorang kepada suatu perusahaan yang menerbitkan sertifikat saham dengan seseorang

Kenali Apa Itu Hedonisme !

Kenali Apa Itu Hedonisme !

Manusia hidup menggunakan pandangan dan ideologinya masing-masing. Mereka memperlihatkan apa yang mereka yakin lewat sikap serta gaya hidup dijalani. Ideologi yang banyak berkembang di penduduk yaitu hedonisme. Bagi masyarakat, hedonisme memiliki kaitan dengan sifat boros, senang membuang-buang uan

Kenali Framework Laravel

Kenali Framework Laravel

Di Dalam pengembangan sebuah website diperlukan adanya framework yang mendukung. Seperti yang banyak dibicarakan oleh para pembuat website salah satu framework yang mendukung agar pengerjaan lebih optimal yaitu dengan menggunakan framework laravel. Penggunaan framework yang baik itu sesuai dengan ap




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia

We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+6289664230232 +6289664230232