Mengenal lebih dekat tentang Jaringan Komputer


Mengenal lebih dekat tentang Jaringan Komputer

Diera digital sekarang penggunaan internet sudah ada di seluruh penjuru dunia. contohnya di indonesia sendiri penggunaan internet mengalami peningkatan yang sangat drastis.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang jaringan komputer dan jenis-jenisnya serta manfaat dan kekurangan yang dimiliki oleh jaringan komputer.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah menghubungkan komputer dengan komputer lain ataupun juga antar jaringan komputer lain.Dalam suatu jaringan komputer memiliki alamat media access control dalam setiap Endpoint Nya atau sering kita sebut dengan alamat IP. Endpoint ini biasanya terdiri dari komputer,server,dan perangkat keras. Jaringan komputer juga biasanya dibuat menggunakan teknologi kabel, wireless ataupun gabungan dari kabel dan wireless.

Dalam jaringan komputer ini bersifat private dan publik. Biasanya penggunaan private memerlukan user yang harus memasukkan kredensial yang memiliki kata sandi secara manual maupun administrator dan biasanya diperoleh langsung oleh pengguna. Penggunaan jaringan publik berbeda jauh dengan jaringan private dikarenakan akses penggunaan jaringan publik tidak dibatasi.


Sejarah Jaringan Komputer

Pada awalnya jaringan komputer diciptakan oleh munculnya ide atau gagasan dalam menggunakan 1 komputer secara bersamaan. Proyek ini dijalankan oleh sekumpulan periset dari Harvard University di Laboratorium Bell yang dipimpin oleh Howard Aiken. Tepatnya pada tahun 1950, saat diciptakannya super komputer, saat itulah sistem TSS atau sering disebut dengan Time Sharing System. Saat itu satu sejarah penting dimana jaringan komputer pertama kali digunakan.

Pada tahun 1982 Transmission Control Protocol (TCP) berhasil diciptakan. Kemudian, seiring berjalannya waktu, pada tahun 1984 Domain Name System(DNS) juga telah berhasil dibuat. Momen paling bersejarah dimana Tim Berners Lee menciptakan World Wide Web (WWW) pada tahun 1990. Mulai saat itulah jaringan komputer (computer network) mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Jenis – Jenis Jaringan Komputer

PAN (Personal Area Network)

Jaringan PAN (Personal Area Network) mencakup daerah yang kecil, contohnya rumah dan kantor, untuk jaringan PAN ini tidak memerlukan modal yang besar dan biasanya jaringan ini digunakan untuk keperluan internet,serta printer.

LAN (Local Area Network)

Jaringan LAN (Local Area Network) ini biasanya digunakan untuk perangkat jaringan dalam jangkauan yang relatif lebih kecil (dekat). Contoh penerapan jaringan LAN biasanya digunakan pada sistem jaringan pada sekolah, kantor, maupun rumah.

MAN (Metropolitan Area Network)

Jaringan MAN (Metropolitan Area Network) ini biasanya digunakan untuk perangkat jaringan dalam jangkauan yang relatif cukup luas yaitu dalam lingkup sebuah kota.

WAN (Wide Area Network)

Jaringan WAN (Wide Area Network) ini biasanya digunakan untuk perangkat jaringan dalam jangkauan yang luas. Jaringan WAN merupakan kumpulan dari LAN( Local Area Network) yang disebarkan secara geografis.

Internet

Internet adalah Suatu jaringan komputer yang terbesar yang pernah ada di dunia ini. Internet mempunyai ruang lingkup yang mencakup seluruh penjuru dunia. Semua orang bisa mengakses berbagai sumber informasi  dari berbagai perangkat digital, seperti Smartphone, laptop, PC, TV, dan lain-lain.

Jaringan Komputer Berdasarkan Jenis Transmisi

Broadcast

Jaringan Broadcast (Broadcast Network) adalah saluran komunikasi yang digunakan secara bersamaan untuk beberapa perangkat yang saling berhubungan pada jaringan yang sama. Field pada alamat ini berisi Keterangan mengenai kepada siapa tujuan paket tersebut akan dikirimkan. Jika paket tersebut sudah tertuju kepada dirinya maka akan segera dilakukan pemprosesan. Jika paket dikirim ke mesin yang lain, maka mesin akan mengabaikannya secara otomatis.

Point to Point

Jaringan point-to-point disusun dari beberapa koneksi suatu perangkat menuju ke perangkat yang lain. Untuk dapat mengirimkan sebuah paket data ke tujuan alamat, paket data perlu melewati beberapa mesin perantara.
Jaringan Point-to-point ini disusun atas beberapa koneksi dalam satu perangkat menuju pengakat yang lainnya. Agar dapat mengirimkan suatu paket data ke tujuan alamat, paket data tersebut perlu melewati beberapa mesin perantara.

Macam – Macam Topologi Jaringan Komputer

Bus

Topologi bus adalah topologi yang biasanya memakai kabel tunggal untuk masing–masing workstation dan server agar saling terhubung satu sama lain. Kelebihan dari topologi bus terdiri dari ketika kita melakukan pembesaran(enlargement) atau pengembangan sebuah jaringan dan workstation baru ini tidak akan mengganggu workstation yang lainnya. Kekurangan yang dimiliki dari topologi tersebut adalah ketika salah satu kabel mengalami kerusakan(Damage) maka semua jaringan akan mengalami gangguan.

Ring

Topologi ring(Ring topology) atau cincin merupakan topologi yang terbentuk ketika semua perangkat terhubung sehingga akan menyerupai lingkaran atau cincin. Kelebihan dari topologi ring adalah tidak akan terjadi tabrakan antar data. Sedangkan, kekurangan(deficiency) yang dimiliki topologi ini adalah jika salah satu kabel atau node mengalami masalah maka seluruh jaringan akan mengalami gangguan.

Star

Topologi star atau bintang adalah topologi yang semua workstation memiliki jalur yang terhubung secara langsung melalui server maupun hub. Kelebihan dari topologi star ini adalah jika salah satu workstation mengalami gangguan atau kerusakan, maka jaringan tidak mengalami hal yang sama. Dikarenakan, setiap workstation memiliki jalur atau kabel sendiri. Kelemahan dari topologi star adalah membutuhkan biaya yang besar, karena membutuhkan kabel yang banyak. 

Tree

Topologi tree adalah gabungan antara topologi star dengan bus. Topologi ini berbentuk seperti akar pohon, bisa dibilang hanya perangkat hub saja yang terhubung langsung menuju bus pohon. Dan setiap hub memiliki fungsi sebagai akar dari pohon.

Kelebihan dan kekurangan dari topologi ini sama dengan topologi bus dan star. Tetapi dengan menggunakan jaringan pohon ini mendukung adanya perluasan jaringan yang bagus.

Mesh

Topologi ini sering digunakan ketika dalam kondisi dimana tidak adanya hubungan komunikasi yang terputus secara absolut antar node dalam sebuah jaringan komputer. Perangkat akan tetap terhubung secara langsung jika masih dalam jaringan yang sama. Kelebihan dari topologi mesh adalah komunikasi antar komputer yang lebih cepat, serta keamanan yang lebih terjamin. Kekurangan dari topologi mesh adalah memerlukan biaya yang lebih besar dalam penyediaan kabel. 

Macam – Macam Perangkat yang digunakan didalam Jaringan Komputer

Server

Server memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpan informasi dan serta mengelola jaringan komputer. Server memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari client karena bertujuan untuk melayani komputer client.

NIC (Network Interface Card)

NIC memiliki nama lain LAN Card Expansion Board yang digunakan komputer agar dapat terhubung dengan jaringan. Ethernet terbagi menjadi empat jenis, yaitu ethernet, fast ethernet, GigE, 10 Gigabit Ethernet.
Kabel Jaringan
Kabel adalah sebuah media untuk menghubungkan sebuah perangkat dengan perangkat yang lain. Kabel jaringan  ini memiliki beberapa jenis, yaitu kabel coaxial, fiber optic, dan twisted pair.

Hub dan Switch

Switch merupakan perangkat dari jaringan komputer yang fungsinya untuk menyambungkan beberapa perangkat. Secara fisik bentuk dari switch sama halnya dengan hub, namun jika dilihat dari sisi logika switch sama dengan bridge.

Router

Router adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menyambungkan dari jaringan LAN ke jaringan WAN, serta mengelola lalu lintas dari data di dalamnya. Router dapat menentukan jalur(track) terbaik karena router memiliki tabel routing untuk melakukan pencatatan terhadap semua alamat di dalam jaringan.

Bridge

Bridge adalah perangkat yang digunakan untuk meneruskan lalu lintas antara segmen jaringan berdasarkan informasi pada sebuah data link. Bridge berfungsi (function) untuk membagi jaringan yang besar menjadi beberapa jaringan kecil.

Modem

Modem merupakan perangkat untuk menghubungkan dari perangkat komputer, dengan Internet Service Provider (ISP).

Repeater

Repeater adalah sebuah perangkat yang mempunyai fungsi untuk memperkuat dan meregenerasi jaringan dan sinyal yang masuk. Repeater berusaha untuk mempertahankan kekuatan sinyal atau integritas jaringan. Kekurangannya yaitu tidak dapat melakukan filter traffic dalam jaringan komputer.

Wireless Card

Wireless card merupakan perangkat yang harus dimiliki ketika akan menggunakan jaringan nirkabel atau biasa yang kita sebut wifi. Rata – rata komputer jenis terbaru sudah mendukung penggunaan wireless card.

Manfaat dari Jaringan Komputer

-   Untuk berbagi dokumen
-   Untuk menjaga dan manajemen keamanan data
-   Memudahkan dalam berkomunikasi
-   Menyampaikan informasi secara cepat
-   Membantu aktivitas manusia

Kekurangan dari Jaringan Komputer

-   Biaya network
-   Biaya manajemen dan maintenance
-   Aktivitas sharing yang tidak diinginkan
-   Ancaman keamanan jaringan

Kesimpulan

Jaringan komputer adalah menghubungkan komputer dengan komputer lain ataupun juga antar jaringan komputer lain, untuk membagikan data dan informasi. Jaringan komputer terdapat beberapa jenis yaitu PAN, LAN, MAN, WAN, CAN, Internet dan VPN. Topologi memiliki beberapa macam antara lain, Bus, Ring, Star, Tree dan Mesh. Manfaat utama dari jaringan komputer yaitu memudahkan membantu dalam proses penyampaian informasi dan komunikasi dengan lancar dan optimal. Selain anda bisa mendapatkan keuntungan dari penggunaan jaringan komputer, tetapi anda juga dapat mendapatkan dampak negatif dari penggunaannya, Salah satunya adalah praktik pencurian data, hingga biaya perawatan yang terbilang mahal.


- Afif Hendrawan & Akbar Hendra Jaya

Rekomendasi untuk Anda

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva dalam Dunia Bisnis

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva Dalam Dunia Bisnis

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva dalam Dunia Bisnis Di dalam Dunia bisnis tentu saja tidak lepas dari menghitung keuangan. Dalam keuangan ini, aktiva adalah salah satu arti yang sering kali diomongkan dalam hal bisnis. Nah, untuk Aktiva ini dianggap sebagai sebuah komponen yang sangat penting untu

Apa sih manfaat Big Data Dalam Perkembangan Dunia Teknologi

Apa Sih Manfaat Big Data Dalam Perkembangan Duni

Apa sih manfaat Big Data Dalam Perkembangan Dunia Teknologi Di dalam Big data zaman sekarang ini banyak dikenal sebagian orang yaitu untuk pengembangan di dalam perangkat lunak dengan data yang lebih besar dan luas. Nah untuk menggunakan dalam basis data ini diperlukan untuk dapat mengelola maupun

Cara Menabung Saham yang  Menguntungkan, Cocok bagi Pemula

Cara Menabung Saham Yang Menguntungkan, Cocok B

Investai saham yaitu seseorang dapat menyimpan kekayaan (aset) ke perusahaan yang ingin dibeli sahamnya, investasi ini memiliki persepsi yang sama seperti menabung pada bank.Saham adalah salah satu bukti kepemilikan seseorang kepada suatu perusahaan yang menerbitkan sertifikat saham dengan seseorang

Kenali Apa Itu Hedonisme !

Kenali Apa Itu Hedonisme !

Manusia hidup menggunakan pandangan dan ideologinya masing-masing. Mereka memperlihatkan apa yang mereka yakin lewat sikap serta gaya hidup dijalani. Ideologi yang banyak berkembang di penduduk yaitu hedonisme. Bagi masyarakat, hedonisme memiliki kaitan dengan sifat boros, senang membuang-buang uan

Kenali Framework Laravel

Kenali Framework Laravel

Di Dalam pengembangan sebuah website diperlukan adanya framework yang mendukung. Seperti yang banyak dibicarakan oleh para pembuat website salah satu framework yang mendukung agar pengerjaan lebih optimal yaitu dengan menggunakan framework laravel. Penggunaan framework yang baik itu sesuai dengan ap




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia

We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+6289664230232 +6289664230232