Sebelum Belanja Online, Kenali dulu Pengertian Dari E-Commerce?


Sebelum Belanja Online, Kenali dulu Pengertian Dari E-Commerce?

Sebelum belanja online, kenali dulu pengertian dari e-commerce?

berbelanja menggunakan internet akan sangat berdampak positif di Era digital saat ini, dan akan telah mengubah banyak hal yang berbeda, mulai dari bidang komunikasi, ekonomi dan sampai aktivitas jual dan beli. berjualan pada saat ini tidak lagi belanja di pasar atau mall saja.
Orang akan banyak menggunakan e-commerce karena bisa berbelanja online dengan mudah, orang tidak lagi pergi ke pasar atau mall. Sekarang orang bisa menggunakan situs e-commerce, belanja segala transaksi dilakukan untuk belanja apapun dan barang akan sampai di rumah. Berikut penjelasan tentang e-commerce
 

Apa Itu E-commerce?

Electronic commerce atau e-commerce adalah suatu aktivitas jual beli yang dilakukan melalui media elektronik. Dan kini e-commerce lebih sering terjadi melalui internet dan smartphone. Oleh karena itu pengertian e-commerce tersebut, ada salah paham tentang ecommerce dan marketplace. pengertian ecommerce ini digunakan untuk menjelaskan semua transaksi yang memakai media elektronik.
Sedangkan, Marketplace adalah salah satu dari jenis atau model di e-commerce, di mana ini berfungsi sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Penjual yang berjualan di marketplace hanya perlu melayani pembelian dari pembeli itu. Semua segala aktivitas lain seperti pengelolaan website sudah ada oleh marketplace tersebut.  Situs-situs nya seperti Shopee dan Tokopedia adalah contoh dari marketplace.
 

Sejarah E-Commerce

Berdasarkan penjelasan dari Prasetyo Budi Widagdo, e-commerce ini sudah dimulai sejak tahun 1970, saat itu bersamaan dengan adanya electronic fund transfer, yaitu suatu layanan pengiriman uang lewat saluran elektronik.
Saat itu, perusahaan yang menggunakan masih relative sedikit. Sehingga, e-commerce masih belum digunakan secara umum. Nah, seiring berjalan waktu, hadir electronic data interchange. E-commerce terus berkembang luas dan dikenal banyak orang. Berbagai perusahaan mulai menggunakan model jenis perdagangan elektronik ini.
Dan pada tahun 1990, internet sudah mulai digunakan untuk umum, perdagangan berbagai jenis barang semakin besar, sehingga muncul arti yang dikenal dengan electronic commerce. Di Indonesia, e-commerce pun mulai berkembang pesat. Dan saat ini, e-commerce sudah mulai berkembang pesat dan jenisnya yang banyak, sehingga mempunyai banyak peluang bisnis dan beragam barang atau jasa yang bisa ditawarkan oleh penjual.
 

Apa Saja Jenis Ecommerce?

e-commerce terbagi menjadi 6 jenis, yaitu:

•    Business to business (B2B)

Jenis e-commerce ini dimana sebuah perusahaan akan menjual produknya atau jasa kepada perusahaan lainnya. Dalam model e-commerce ini, pembeli akan pesan barang dalam jumlah banyak dan besar. Ini beberapa contoh dari e-commerce jenis ini yaitu perusahaan penyedia peralatan, perusahaan hosting, dll.

•    Business to consumer (B2C)

Jenis B2C adalah sebuah perusahaan ingin menjual produknya atau jasa kepada konsumen langsung. Biasanya pembeli dalam e-commerce B2C hanya mengecer atau jual dalam jumlah besar. Jika orang pernah membeli dari suatu toko online atau marketpalce, aktivitas ini termasuk dalam jenis e-commerce ini. Contoh dari B2C adalah toko official store dari banyaknya marketplace yang ada, Misal Tokopedia dan Shoppe.

•    Consumer to consumer (C2C)

E-commerce C2V adalah tempat dimana penjual dari UMKM akan bisa memanfaatkan e-commerce sebagai sarana mudah dalam hal menjual barang atau jasa kepada konsumen langsung.
Jenis ini juga disebut sebagai e-commerce. Contoh dari e-commerce jenis C2C ini adalah perusahaan startup di Indonesia yang terkenal yaitu Shoppe, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, dll.

•    Consumer to business (C2B)

E-commerce jenis C2B adalah suatu sarana bagi seorang konsumen atau pembeli untuk membuat penawaran suatu barang kepada perusahaan yang dituju. Nah ini, menjadi perkembangan teknologi akan memungkinkan hal tersebut terjadi. Contoh dari jenis ini adalah suatu situs akan dilelang proyek online. Dan penawar proyek ini adalah calon konsumen atau pembelinya, sedangkan yang menawarkan proyek dari berbagai banyak perusahaan.

•    Business to public administration (B2A)

Nah, E-commerce jenis B2A adalah sektor publik yang dimiliki oleh suatu negara. Untuk jenis bisnis ini yaitu perusahaan akan memberikan suatu layanan atau menjual suatu barang kepada pihak pemerintahan.
Contoh dari jenis ini adalah dilakukan kerjasama dengan pihak swasta sebagai pihak ketiga, seperti membuat aplikasi untuk pemerintah oleh perusahaan penyedia jasa pembuatan aplikasi, website atau hal lainnya.

•    Consumer to public administration (C2A)

Jenis e-commerce yang satu ini lumayan sama seperti jenis C2B. Namun, untuk transaksinya akan dilakukan oleh individu dan lembaga pemerintahan. E-commerce dengan model ini jarang ditemui di Indonesia. Jenis transaksi yang terjadi biasanya dalam berbentuk jasa.
 

Metode Pembayaran E-Commerce

Untuk pembayaran, ada beberapa metode yang digunakan dalam menggunakan E-Commerce, yaitu :

•    Pembayaran Elektronik

Pembayaran dengan metode ini banyak caranya seperti memakai kartu kredit/debit, internet bangking atau dengan menggunakan uang digital yang sudah ada seperti, Ovo, Link aja, Go-Pay, Dana, Dan lainnya.

•    Pembayaran COD (Cash On Delivery)

Untuk pembayaran dengan metode ini dilakukan secara dengan langsung. Untuk Penjual dan Pembeli akan bertemu sesuai dengan ditentukan dimana tempatnya. Dan setelah itu menerima barang, pembeli akan membayar secara tunai kepada Penjual. Pembayaran dengan ini juga dapat meminimalkan akan penipuan secara online.

•    Pembayaran lewat Transfer

Pihak pembeli akan mentransfer uang yang akan dibayarkan ke nomor rekening dari penjual. setelah membayar tersebut, barang akan dikirim oleh penjual melalui jasa pengiriman. Contohnya seperti JNE, JNT atau SICEPAT.
 

Perkembangan E-commerce di Indonesia

Banyak industri dari e-commerce sudah banyak berkembang pesat di Indonesia. Pada tahun 2018, e-commerce di Indonesia bahkan mempunyai perkembangan meningkat sampai 78%. Dari angka ini, 17% diantara itu adalah transaksi dalam pembelian tiket pesawat dan juga pemesanan hotel.
Selain itu, ada pembelian baju, pakaian dan alas kaki mempunyai perkembangan sekitar 11% sedangkan 10% ini berasal dari kosmetik dan juga produk kesehatan.
Berdasarkan semua data tadi, orang yang mempunyai situs di e-commerce tentu saja akan sangat menguntungkan, baik itu untuk para bisnis lama atau yang akan baru mulai untuk berbisnis. Dan banyak kelebihan lagi, di e-commerce menawarkan banyak sekali manfaat di dalamnya.
 

Kesimpulan

Kesimpulan dari E-commerce ini adalah segala transaksi jual dan beli yang dilakukan melalui internet. Berdasarkan pelakunya, ada 6 jenis bisnis di e-commerce, termasuk business to business dan business to consumer. Di Indonesia, e-commerce ini banyak digandrungi oleh semua orang dan akan terus berkembang sangat cepat.
Selain itu, e-commerce menawarkan banyak sekali keuntungan dibandingkan toko konvensional yang ada di pasar atau mall. Misalnya, tidak ada batasan oleh tempat dan waktu untuk belanja di sebuah website, toko online yang ada di marketplace. Sekarang juga sudah banyak berbagai platform untuk membuat bisnis di e-commerce, contohnya marketplace dan media sosial.

- Rakhmat Hidayat / Rohmat Nova Romadhon

Rekomendasi untuk Anda

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva dalam Dunia Bisnis

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva Dalam Dunia Bisnis

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva dalam Dunia Bisnis Di dalam Dunia bisnis tentu saja tidak lepas dari menghitung keuangan. Dalam keuangan ini, aktiva adalah salah satu arti yang sering kali diomongkan dalam hal bisnis. Nah, untuk Aktiva ini dianggap sebagai sebuah komponen yang sangat penting untu

Apa sih manfaat Big Data Dalam Perkembangan Dunia Teknologi

Apa Sih Manfaat Big Data Dalam Perkembangan Duni

Apa sih manfaat Big Data Dalam Perkembangan Dunia Teknologi Di dalam Big data zaman sekarang ini banyak dikenal sebagian orang yaitu untuk pengembangan di dalam perangkat lunak dengan data yang lebih besar dan luas. Nah untuk menggunakan dalam basis data ini diperlukan untuk dapat mengelola maupun

Cara Menabung Saham yang  Menguntungkan, Cocok bagi Pemula

Cara Menabung Saham Yang Menguntungkan, Cocok B

Investai saham yaitu seseorang dapat menyimpan kekayaan (aset) ke perusahaan yang ingin dibeli sahamnya, investasi ini memiliki persepsi yang sama seperti menabung pada bank.Saham adalah salah satu bukti kepemilikan seseorang kepada suatu perusahaan yang menerbitkan sertifikat saham dengan seseorang

Kenali Apa Itu Hedonisme !

Kenali Apa Itu Hedonisme !

Manusia hidup menggunakan pandangan dan ideologinya masing-masing. Mereka memperlihatkan apa yang mereka yakin lewat sikap serta gaya hidup dijalani. Ideologi yang banyak berkembang di penduduk yaitu hedonisme. Bagi masyarakat, hedonisme memiliki kaitan dengan sifat boros, senang membuang-buang uan

Kenali Framework Laravel

Kenali Framework Laravel

Di Dalam pengembangan sebuah website diperlukan adanya framework yang mendukung. Seperti yang banyak dibicarakan oleh para pembuat website salah satu framework yang mendukung agar pengerjaan lebih optimal yaitu dengan menggunakan framework laravel. Penggunaan framework yang baik itu sesuai dengan ap




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia

We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+6289664230232 +6289664230232