Yuk, Mengenal Analisis SWOT Untuk Strategi Bisnis Yang Lebih Baik


Yuk, Mengenal Analisis SWOT Untuk Strategi Bisnis Yang Lebih Baik

Yuk, Mengenal Analisis SWOT Untuk Strategi Bisnis Yang Lebih Baik

Nah ini, adalah Analisis SWOT yang sangat dibutuhkan bagi sebuah perusahaan maupun bisnis untuk bisa mencapai target yang diinginkan atau yang masih dalam proses perancangan untuk masa depan perusahaan. Untuk model analisis ini sudah dibilang cukup lama dan banyak diterapkan berbagai perusahaan ataupun bisnis kecil, serta analisis ini pertama kali diperkenalkan awal tahun 1960. Berikut penjelasan lengkap tentang analisis SWOT, mari kita simak dan pelajari.
 

Apa Itu Analisis SWOT ?

Pengertian dari Analisis SWOT adalah sebuah metode analisis yang bisa dibilang sederhana, akan tetapi analisis ini memiliki peran yang sangat besar dalam bisa mengembangkan sebuah strategi bisnis yang bisa sangat menguntungkan.
Arti dari SWOT ini adalah singkatan dari: strength, weakness, opportunity, dan threat. Untuk memahami Analisis SWOT ini bertujuan biar bisa mengetahui dari semua aspek utama biar untuk membangun bisnis yang bisa mencakup dari, kekurangan, keunggulan, kesempatan dan ancaman.
Dan dengan metode analisis SWOT ini, dari sebuah perusahaan dapat merancang banyak cara strategi yang tepat untuk membuat perusahaan atau bisnis ini lebih maju dan unggul dibandingkan para pesaing atau kompetitor yang lain.
 

Manfaat Analisis SWOT untuk Bisnis

Manfaat atau kegunaan dari analisis SWOT ini adalah untuk bisa mengidentifikasi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threat) dalam sebuah perusahaan bisnis ataupun usaha apapun.
Berikut ini adalah kegunaan analisis metode SWOT secara lebih akurat:
- Mengoptimalkan dari semua keunggulan (strength) sebuah bisnis untuk bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi atau bisa maksimal.
- Mengatasi dari kelemahan (weakness) yang dapat mengurangi untuk keuntungan perusahaan bisnis.
- Mengidentifikasi peluang (opportunities) yang dapat bisa meningkatkan keuntungan perusahaan bisnis.
- Mencegah dan mengantisipasi terjadinya hambatan atau kerugian bisnis yang disebabkan oleh ancaman (threats).
 

Ini dia, Unsur-unsur Dari SWOT

Nah, untuk mencoba model analisis SWOT, wajib untuk memahami setiap atau semua unsur yang ada. ini dia 4 unsur dari SWOT.

S – Strength/Kekuatan

Sebuah bisnis harus bisa memahami dan mengenali dari kekuatan besar dalam bisnis yang sedang dilakukan atau dijalankan. Dari berbagai macam proses pemahaman dan pengenalan ini akan bisa menghasilkan sejumlah materi saja yang diharapkan bisa mempengaruhi sangat positif bagi untuk menjadikan kesuksesan bagi perusahaan. Dan ini adalah beberapa contoh pertanyaan untuk bisa memahami kekuatan bisnis yaitu:
- Apa sih keunikan bisnis/perusahaan Anda? 
- Faktor apa sih yang telah bisa berhasil untuk meningkatkan angka penjualan selama ini? 
- Apa sih kelebihan perusahaan atau bisnis Anda?
- Apa yang bisa membuat sebuah perusahaan atau bisnis Anda akan menjadi lebih baik dari yang lain?
- Apa respons positif konsumen Anda selama ini?

W – Weakness/Kelemahan

Dari banyak model bisnis, bisnis Weakness memiliki banyak kelemahan. Dan Meski nampak sempurna, tetapi masih ada celah yang berpotensi akan menimbulkan kerugian atau kesalahan yang banyak dan ada. Untuk metode analisis identifikasi ini dari kelemahan sebuah perusahaan atau bisnis ini dapat dicari suatu hasil dengan bisa mengajukan sejumlah pertanyaan sebagai berikut:
- Apa saja faktor penyebab kerugian penjualan? 
- Apa saja yang dilihat konsumen sebagai kelemahan?
- Apa yang wajib ditingkatkan dalam bisnis/perusahaan Anda?
- Menurut Anda, apa saja yang harus dihindari ketika menjalankan sebuah perusahaan atau bisnis ini?
- Pencapaian atau Tindakan apa saja yang telah sudah dilakukan oleh pesaing lain sehingga nampak akan lebih baik dari perusahaan ataupun bisnis Anda?

O – Opportunities/Peluang

Dari pemilik sebuah bisnis, segala berbagai macam sebuah peluang mestinya akan dapat dipantau dan diambil demi keinginan berkembangnya di masa depan. Dari beberapa peluang ini dapat dianalisis melalui sejumlah pertanyaan:
- Peluang dari jenis apa yang sekarang ini untuk Anda lihat sebagai pemilik sebuah bisnis? 
- Apa yang tengah berkembang sebagai tren bisnis serta sesuai dengan perusahaan Anda?

T- Threats/Ancaman

Semua jenis bidang bisnis akan menghadapi berbagai ragam ancaman yang apabila dibiarkan begitu saja, akan menjatuhkankan perusahaan. Oleh karena itu, berbagai jenis ancaman  wajib untuk dianalisis terlebih dahulu, melalui sejumlah pertanyaan di antara lain:
- Apa saja dari kendala dan masalah yang sedang dihadapi oleh sebuah perusahaan ataupun bisnis?
- Apa saja solusi yang telah dilakukan untuk menyelesaikan kendala dan masalah itu?
- Apakah ada faktor kebijakan dari pemerintah  yang bisa mempengaruhi timbulnya sebuah ancaman itu?
- Apakah ada sebuah kondisi atau konteks eksternal yang dapat mempengaruhi, sehingga menyebabkan ancaman tersebut?
 

Faktor yang Mempengaruhi Analisis SWOT

Terdapat 2 faktor utama yang dapat mempengaruhi keempat komponen dasar pada proses analisis SWOT.
Faktor eksternal dan internal dapat mempengaruhi jalanya proses menganalisis Strength, Weakness, Opportunities, Threats

Faktor Internal (Strength dan Weakness)

Faktor internal adalah faktor yang timbul dari dalam, dan faktor internal sendiri  memiliki 2 poin yaitu kekuatan dan kelemahan. Keduanya sama-sama memiliki dampak lebih baik di dalam sebuah penelitian ketika kekuatan lebih besar dibandingkan kelemahan.
Dengan begitu kekuatan internal yang maksimal dapat menjamin memberikan sebuah hasil penelitian yang jauh lebih baik. Bisa juga terjadi dari faktor internal itu sendiri, di antara lain, sumber daya yang dimiliki, keuangan atau finansial, kelebihan dan kelemahan internal organisasi, dan pengalaman yang dialami organisasi sebelumnya (baik yang berhasil maupun yang gagal).

Faktor Eksternal (Opportunities dan Threats)

Ini merupakan faktor yang muncul dari luar entitas, di mana faktor ini tidak bisa secara langsung terlibat pada saat yang sedang diteliti dan terdiri dari 2 poin yaitu ancaman dan peluang.
Munculnya sebuah peluang atau ancaman, dapat memberikan data yang bisa menghasilkan strategi untuk bisa menghadapinya.
Berikut ini beberapa contoh yang termasuk kedalam faktor eksternal, yaitu : tren, budaya, sosial politik, ideologi, perekonomian, sumber-sumber permodalan, peraturan pemerintah, perkembangan teknologi, peristiwa-peristiwa yang terjadi, serta lingkungan.
 

Strategi Kombinasi Analisis SWOT

Dalam proses analisis, Anda dapat memfokuskan diri pada satu kombinasi dari dua poin yang ada di SWOT. Untuk bisa melakukan langkah dari strategis pada bisnis, ada beberapa Kombinasi yang fokus di antaranya:
1. Berfokus pada Kekuatan-peluang (S-O) dengan menggunakan kekuatan dari internal untuk mendapatkan alternatif ofensif serta bisa menggunakan peluang eksternal.
2. Berfokus pada Kelemahan-ancaman (W-T) dengan menggunakan kelemahan internal untuk memperoleh alternatif defensif serta untuk memberikan pengurangan ancaman eksternal.
3. Berfokus pada Kekuatan-ancaman (S-T) dengan bisa menggunakan kekuatan dari dalam bisnis atau internal untuk bisa memberikan pengurangan dari ancaman luar atau eksternal.
4. memfokuskan pada Kelemahan-peluang (W-O) dengan cara menahan kelemahan internal agar bisa mendapat mengambil laba dari kesempatan eksternal.
Seperti alat analisis pada umumnya, untuk menganalisa SWOT(strength weakness opportunity threat) hanya bisa membantu menganalisis atau memeriksa masalah yang sedang dihadapi oleh sebuah perusahaan atau sebuah organisasi. Metode analisis tidak selalu memberi jawabannya yang diberi selalu memberikan solusi pada  permasalahan yang sedang ada atau dihadapi.
 

Kesimpulan

Jika analisis SWOT Anda selesai, Anda telah siap untuk mengubahnya menjadi sebuah strategi nyata. Untuk model analisis SWOT ini untuk bisa menghasilkan daftar dari tindakan yang dapat dilakukan apapun. Mulailah menempatkan target pada tanggal tertentu. Menganalisis bagaimana peluang eksternal yang dapat membantu mengatasi kelemahan internal. Usahakan juga untuk meminimalkan kelemahan itu sehingga dapat menghindari ancaman yang telah diidentifikasi.

- Rakhmat Hidayat / Rohmat Nova Romadhon  

 

Rekomendasi untuk Anda

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva dalam Dunia Bisnis

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva Dalam Dunia Bisnis

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva dalam Dunia Bisnis Di dalam Dunia bisnis tentu saja tidak lepas dari menghitung keuangan. Dalam keuangan ini, aktiva adalah salah satu arti yang sering kali diomongkan dalam hal bisnis. Nah, untuk Aktiva ini dianggap sebagai sebuah komponen yang sangat penting untu

Apa sih manfaat Big Data Dalam Perkembangan Dunia Teknologi

Apa Sih Manfaat Big Data Dalam Perkembangan Duni

Apa sih manfaat Big Data Dalam Perkembangan Dunia Teknologi Di dalam Big data zaman sekarang ini banyak dikenal sebagian orang yaitu untuk pengembangan di dalam perangkat lunak dengan data yang lebih besar dan luas. Nah untuk menggunakan dalam basis data ini diperlukan untuk dapat mengelola maupun

Cara Menabung Saham yang  Menguntungkan, Cocok bagi Pemula

Cara Menabung Saham Yang Menguntungkan, Cocok B

Investai saham yaitu seseorang dapat menyimpan kekayaan (aset) ke perusahaan yang ingin dibeli sahamnya, investasi ini memiliki persepsi yang sama seperti menabung pada bank.Saham adalah salah satu bukti kepemilikan seseorang kepada suatu perusahaan yang menerbitkan sertifikat saham dengan seseorang

Kenali Apa Itu Hedonisme !

Kenali Apa Itu Hedonisme !

Manusia hidup menggunakan pandangan dan ideologinya masing-masing. Mereka memperlihatkan apa yang mereka yakin lewat sikap serta gaya hidup dijalani. Ideologi yang banyak berkembang di penduduk yaitu hedonisme. Bagi masyarakat, hedonisme memiliki kaitan dengan sifat boros, senang membuang-buang uan

Kenali Framework Laravel

Kenali Framework Laravel

Di Dalam pengembangan sebuah website diperlukan adanya framework yang mendukung. Seperti yang banyak dibicarakan oleh para pembuat website salah satu framework yang mendukung agar pengerjaan lebih optimal yaitu dengan menggunakan framework laravel. Penggunaan framework yang baik itu sesuai dengan ap




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia

We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+6289664230232 +6289664230232