Mengenal lebih dekat apa itu Cryptocurrency?


Mengenal lebih dekat apa itu Cryptocurrency?

Pada era digital sekarang ini ketenaran Cryptocurrency tengah naik daun dan jadi perbincangan banyak orang. Bitcoin adalah contoh cryptocurrency atau mata uang digital. Diera digital saat ini menerapkan mata uang digital untuk berbagai transaksi digital menjadi sesuatu yang umum.

Banyak orang yang menaruh minat investasi pada cryptocurrency. adapun hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli mata uang digital. Yuk, kenalan dengan cryptocurrency.

Pengertian Cryptocurrency

Cryptocurrency adalah contoh mata uang digital yang digunakan dalam bertransaksi virtual dalam internet. kode-kode rahasia yang cukup sulit berfungsi untuk melindungi dan menjaga keamanan mata uang digital ini.

Mata uang ini memiliki sifat desentralisasi yang diartikan tidak ada satupun pihak/orang yang menjadi perantara pada suatu transaksi. Jadi, dalam melakukan pembayaran(payment) secara peer–to–peer, yang hanya dilakukan antara pengirim dan penerima saja secara langsung. Serta, semua dalam transaksi akan tercatat melalui sistem yang telah tersedia dengan keamanan yang terbaik. 

Cryptocurrency ini mempunyai sifat desentralisasi, maka dari itu cryptocurrency diharuskan mempunyai spesifikasi komputer yang mumpuni. Biasanya crypto ini menggunakan platform blockchain untuk mempermudah orang dalam melakukan transaksi.

Perkembangan Cryptocurrency di Indonesia

Pada awalnya, pemerintah indonesia melarang keberadaan cryptocurrency apalagi jika digunakan sebagai alat transaksi pembayaran. Namun, seiring berjalannya waktu, pemerintah indonesia mulai memperbolehkan cryptocurrency ini.

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan pada tahun 2019 menerbitkan(publish) surat pernyataan terdaftar kepada perusahaan perdagangan cryptocurrency seperti Bitcoin, AltCoin, Ethereum, dan Dogecoin.

Metode perdagangan(trading) aset kripto ini kemudian dilanjutkan dengan dilegalkan  Peraturan Bappebti Nomor 5 pada Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

Di dalam aturan tersebut, terdapat proses perizinan oleh para exchanger yang memperjualbelikan aset kripto seperti Bitcoin, Binance, Ethereum, Dogecoin dan token lainnya. pada 29 Mei 2020 terdapat 13 nama perusahaan atau entitas yang telah terdaftar(registered) di Bappebti sebagai calon pedagang aset kripto.

Fungsi Cryptocurrency

Berikut ini fungsi yang terkait dengan aktivitas manusia saat ini.
1.   Membeli Barang atau Jasa
Diera sekarang banyak sekali perusahaan dan organisasi yang sudah menerapkan alat pembayaran ini dengan menggunakan mata uang virtual, baik dari penerbangan, perhotelan, restoran, hingga aplikasi. Setidaknya, terdapat banyak sekali perusahaan yang sudah menerapkan alat transaksi ini, yaitu Overstock dan Newegg dan masih banyak yang lainnya. Namun, sebagian perusahaan hanya dapat menerima bitcoin saja.
2.   Investasi
Prinsip crypto sama halnya dengan prinsip ekonomi yaitu harga crypto akan naik ketika terdapat banyak sekali permintaan. Dan semakin banyak orang yang melakukan investasi, maka harga juga akan ikut naik. Akan tetapi, investasi ini termasuk ke dalam resiko yang tinggi (High Risk).
3.   Mining
Menambang adalah sesuatu yang sangat berkaitan dengan cryptocurrency. Seseorang harus bisa memecahkan permasalahan dari kriptografi yang sulit agar dapat mengkonfirmasi transaksi dan mencatat dalam sebuah blockchain. Semakin besar daya pengguna maka semakin banyak juga peluang untuk dapat memecahkannya.

Bagaimana Cara Kerja Cryptocurrency

Berikut ini cara kerja cryptocurrency dengan bagaimana seseorang menggunakan alat pembayaran online cryptocurrency.
1. Untuk kegiatan transaksi
Misalkan seseorang banyak menggunakan crypto untuk mining, maka tentu saja bisa melakukan mata uang virtual tersebut untuk berbagai jenis suatu transaksi. Mulai dari kegiatan yang sering dilakukan oleh bursa pasar dan dapat menukar mata uang konvensional dengan menggunakan bitcoin.
2. Untuk menentukan nilai mata uang
Cryptocurrency hadir dari kriptografi yang terenkripsi dengan unik. Perlu diketahui, nilai dari setiap jenis cryptocurrency sama halnya seperti keuangan, dimana saat permintaan cukup besar dengan penambang yang sedikit, maka nilai cryptocurrency akan meningkat.

Jika nilai mata uang cryptocurrency mempunyai sifat fluktuatif dan dapat mengalami peningkatan dan penurunan berdasarkan oleh ketersediaan dan kepercayaan (trust) dari pengguna. Peringkat teratas dari cryptocurrency saat ini yaitu bitcoin dan disusul oleh Ethereum.

Kelebihan dan Kekurangan Cryptocurrency

Apakah investasi cryptocurrency cukup bagus? Sebelum kamu dapat menilainya, berikut ini kelebihan dan kekurangan berinvestasi cryptocurrency.

Kelebihan
1. Potensi harga crypto di masa mendatang akan mengalami kenaikan yang tinggi.
2. Blockchain membuat proses pembayaran mata uang digital berlangsung secara mudah dan cepat.
3. Menghindari pemalsuan uang(counterfeit money) karena crypto ini bersistem blockchain(Teknologi baru yang dikembangkan untuk sistem penyimpanan data digital)  dan tidak memungkinkan mata uang yang sama melakukan dua transaksi yang berbeda.
4. Keamanan data yang sangat tinggi dan tidak bakal terbobol, Seseorang dapat melakukan transaksi keuangan tanpa perlu menampilkan identitas aslinya.

Kekurangan
1. Volatilitas tinggi diartikan dengan kondisi ketika nilai crypto mengalami uptrand dan downtrand nilai secara tinggi dan dalam waktu yang sangat cepat.
2. Sulitnya memprediksi nilai mata uang di masa yang akan datang, sehingga potensi keuntungan dan kerugian lebih besar. Terkadang nilai tukar mata uang digital ini terlampau tinggi.
3. Wallet key atau kunci dompet digital yang terkadang membuat orang lupa. investasi dengan cryptocurrency diharuskan seseorang mempunyai dompet digital. Lupa password dompet digital bisa jadi musibah dalam menyimpan uang digital tersebut.

Jenis  Cryptocurrency

1.   Bitcoin
Bitcoin ini pertama kali muncul pada tahun 2009 oleh sesorang yang bernama Satoshi Nakamoto. Kebanyakan orang tidak ada yang tahu apakah Satoshi Nakamoto itu nama seseorang, organisasi, atau nama perusahaan dan dari mana mereka itu berasal.
2.   Litecoin
Litecoin ini diluncurkan pada tahun 2011 sebagai mata uang digital peer-to-peer (P2P) yang membuat blok baru (yaitu membentuk blockchain) dengan kecepatan lebih tinggi.
3.   Dogecoin
Dogecoin adalah keturunan dari Litecoin yang diluncurkan pada tahun 2013.Sesuai dengan namanya, dogecoin adalah cryptocurrency yang identik dengan anjing Shiba Inu sebagai maskotnya.

Dogecoin ini selalu identik sebagai cryptocurrency yang paling mempunyai sosial yang tinggi, sebab komunitasnya kerap melakukan donasi, amal, dan hal positif lainnya.Dogecoin mempunyai nilai yang jauh lebih murah daripada bitcoin. biasanya seseorang sering menggunakan jenis crypto ini digunakan untuk transaksi modal minim, donasi, dan memberi tip. 

Kesimpulan

Cryptocurrency adalah suatu aset digital yang merupakan mata uang digital sebagai transaksi jual beli atau jasa yang berbasis jaringan internet. Terdapat banyak jenis dari mata uang digital crypto, yaitu diantaranya meliputi bitcoin, litecoin, dogecoin, feathercoin, dan bitcoin cash. Fungsi dari cryptocurrency adalah sebagai kegiatan transaksi jual beli secara digital, melakukan penambangan/minning, dan sebagai alat sarana untuk investasi.

- Afif Hendrawan & Akbar Hendra Jaya

Rekomendasi untuk Anda

SQL: Pengertian, Fungsi, dan Jenis Structured Query Language

SQL: Pengertian, Fungsi, Dan Jenis Structured Qu

Singkatnya, Structured Query Language ataupun SQL merupakan perintah pemrograman yang digunakan buat mengakses serta mengelola informasi pada sistem database. SQL adalah salah satu poin berarti yang terdapat pada riset metode jaringan pc. Oleh sebab itu, postingan ini akan membahas semua yang butuh

Cara Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) Yang Dapat Membantu Untuk Bisnis Atau Penjualan

Cara Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) Y

AI dalam Bisnis Dan Penjualan Sehabis kami menguak AI, gampang buat memandang kenapa AI pula dapat efisien dalam proses penjualan. AI membaca pola dalam informasi historis dengan sangat akurat. Secara spesial, pola, di mana sikap sesi dini tertentu bersama dengan profil bisa jadi menuju pada sikap

Apa Itu Marketing 4.0? Ini Pengertian & Contoh Penerapannya

Apa Itu Marketing 4.0? Ini Pengertian & Contoh P

Seiring dengan pertumbuhannya teknologi, dunia pemasaran pula turut tumbuh. Jika dulu kita cuma memahami konsep marketing 1. 0 saat ini telah terdapat skema Marketing 4. 0 yang dikira lebih relevan. Apa itu marketing 4. 0? Di masa digital saat ini, disrupsi tidak cuma terjalin di ranah industri.

Ini Dia, Cara Kerja Dropshipper Agar Sukses Yang Jarang Diketahui

Ini Dia, Cara Kerja Dropshipper Agar Sukses Yang

Apa itu Bisnis Dropshipping? Dropshipping merupakan suatu model bisnis jual beli di mana penjual tidak menaruh stok produk tersebut, melainkan menyalurkannya langsung dari pemasok mengarah pembeli. Pada bisnis dropship, pihak penjual tidak melaksanakan penyimpanan stok maupun pengiriman benda. Dro

Inilah, Beberapa Manfaat SEO Untuk Bisnis Start-Up Maupun Perusahaan Besar

Inilah, Beberapa Manfaat SEO Untuk Bisnis Start-

Apakah kamu ketahui khasiat SEO buat bisnis kamu? Di era serba internet saat ini ini, para pelakon bisnis berlomba- lomba mengoptimalkan teknologi digital buat memperkenalkan bisnisnya serta memasarkan bahan- bahan mereka. Salah satu metode yang sangat terkenal merupakan dengan memakai metode optim




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia

We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+6289664230232 +6289664230232