+62 896 6423 0232 | info@idmetafora.com
Software ERP Indonesia IDMETAFORA


11 Tips dan Trik Terbaru untuk Meningkatkan Produktivitas di Era Digital

6 August, 2023   |   Ketrina

11 Tips dan Trik Terbaru untuk Meningkatkan Produktivitas di Era Digital

 

Pendahuluan

 
Di tengah kemajuan teknologi dan revolusi digital, produktivitas menjadi salah satu aspek yang semakin penting dalam kehidupan kita. Dengan tuntutan yang semakin kompleks dan waktu yang semakin berharga, memiliki keterampilan dan strategi untuk meningkatkan produktivitas di era digital adalah suatu keharusan. Dalam artikel ini, kami akan membahas 20 tips dan trik terbaru yang dapat membantu Anda mengoptimalkan waktu dan usaha Anda untuk mencapai produktivitas yang lebih tinggi.
 

1. Manajemen Waktu yang Efektif dengan Metode Pomodoro dan Time Blocking
 

Dalam usaha untuk mencapai produktivitas yang sukses, manajemen waktu memegang peranan penting. Ini melibatkan kemampuan untuk mengalokasikan waktu dengan bijaksana, sehingga tugas-tugas dapat diselesaikan dengan efisien tanpa mengabaikan keseimbangan dan kesejahteraan pribadi. Ada beberapa teknik yang dapat membantu Anda dalam mengatur waktu dengan lebih efisien, salah satunya adalah metode Pomodoro atau Time Blocking.
 
Metode Pomodoro melibatkan pembagian waktu kerja Anda menjadi periode fokus yang disebut "Pomodoro" yang berlangsung selama 25 menit, diikuti oleh istirahat singkat selama 5 menit. Setelah empat sesi Pomodoro, Anda dapat memberi diri Anda istirahat lebih lama, misalnya 15-30 menit. Teknik ini membantu Anda tetap fokus dan produktif selama periode waktu yang singkat, sambil memberikan waktu untuk meregangkan pikiran dan merilekskan diri. Ini juga membantu mencegah kelelahan mental yang berlebihan.
 
Time Blocking, di sisi lain, melibatkan membagi jadwal Anda menjadi blok waktu yang didedikasikan untuk tugas-tugas tertentu. Dalam setiap blok waktu, Anda fokus sepenuhnya pada tugas yang ada di depan Anda tanpa gangguan. Teknik ini membantu mengurangi multitasking dan memungkinkan Anda memberikan perhatian penuh pada tugas yang sedang Anda kerjakan. Ini juga membantu Anda mengidentifikasi waktu yang paling produktif untuk jenis tugas tertentu, sehingga Anda dapat mengatur jadwal Anda dengan lebih cerdas.
 
Keduanya adalah contoh pendekatan yang dapat Anda sesuaikan dengan gaya kerja dan preferensi Anda sendiri. Tujuannya adalah untuk menghindari perasaan terburu-buru dan penundaan yang tidak produktif, serta memberikan struktur yang membantu Anda mengalokasikan waktu untuk tugas-tugas yang paling penting dan mendesak.
 
Dalam upaya untuk meningkatkan produktivitas, eksperimen dengan berbagai teknik manajemen waktu dan temukan yang paling cocok dengan gaya kerja Anda. Dengan mengelola waktu Anda dengan lebih efisien, Anda akan merasakan peningkatan dalam efektivitas kerja Anda dan merasa lebih puas dengan hasil yang Anda capai.
 

2. Prioritaskan Tugas

 
Dalam upaya untuk mengelola waktu dan produktivitas dengan lebih baik, salah satu langkah kunci yang perlu diambil adalah memberikan prioritas pada tugas-tugas yang perlu diselesaikan. Tujuannya adalah agar Anda dapat fokus pada hal-hal yang memiliki dampak signifikan dan penting dalam pencapaian tujuan. Salah satu alat yang dapat Anda gunakan dalam proses ini adalah metode Matriks Eisenhower.
                                  
Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengidentifikasi dan mencatat semua tugas yang terdapat dalam daftar Anda. Ini mencakup semua pekerjaan, proyek, atau aktivitas yang perlu Anda selesaikan. Setelah Anda memiliki daftar tugas, langkah selanjutnya adalah menilai setiap tugas berdasarkan dua faktor: urgensi dan pentingnya. Urgensi berkaitan dengan seberapa cepat tugas tersebut harus diselesaikan. Pertimbangkan apakah ada tenggat waktu yang harus diikuti. Tugas dengan tenggat waktu yang mendekat akan memiliki urgensi yang lebih tinggi. Pentingnya melibatkan penilaian terhadap dampak jangka panjang dari tugas tersebut terhadap pencapaian tujuan Anda. Pertimbangkan apakah tugas tersebut memiliki kontribusi yang signifikan dalam mencapai tujuan jangka panjang Anda.
 
Setelah Anda menilai tugas berdasarkan urgensi dan pentingnya, Anda dapat menempatkan tugas-tugas tersebut dalam Matriks Eisenhower. Matriks ini terbagi menjadi empat kuadran yang berbeda:
 
  • Kuadran Pertama: Tugas-tugas dalam kuadran ini merupakan prioritas utama. Tugas-tugas ini memerlukan penyelesaian segera karena mendesak dan memiliki dampak yang signifikan.
  • Kuadran Kedua: Tugas-tugas dalam kuadran ini memerlukan penyelesaian segera, tetapi dampak jangka panjangnya tidak terlalu besar. Anda harus berhati-hati agar tugas-tugas ini tidak menghabiskan terlalu banyak waktu Anda.
  • Kuadran Ketiga: Tugas-tugas dalam kuadran ini mungkin tidak memerlukan penyelesaian segera, tetapi memiliki dampak yang signifikan dalam pencapaian tujuan jangka panjang Anda. Fokuskan waktu Anda untuk secara konsisten mengerjakan tugas-tugas dalam kuadran ini.
  • Kuadran Keempat: Tugas-tugas dalam kuadran ini memiliki dampak yang sangat terbatas pada tujuan Anda. Cobalah untuk menghindari atau meminimalisasi waktu yang dihabiskan untuk tugas-tugas dalam kuadran ini.
 
Setelah Anda menempatkan tugas-tugas dalam Matriks Eisenhower, langkah selanjutnya adalah mengambil tindakan yang sesuai berdasarkan posisi tugas dalam matriks:
 
  • Tugas-tugas dalam Kuadran Pertama: Tugas-tugas ini harus dikerjakan segera.
  • Tugas-tugas dalam Kuadran Kedua: Pertimbangkan untuk mendelegerikan tugas atau menundanya jika memungkinkan.
  • Tugas-tugas dalam Kuadran Ketiga: Tetapkan waktu khusus untuk mengerjakan tugas-tugas ini.
  • Tugas-tugas dalam Kuadran Keempat: Cobalah untuk menghindari atau kerjakan tugas-tugas ini hanya saat Anda memiliki waktu luang.
 
Dengan memahami dan menerapkan metode Matriks Eisenhower, Anda dapat memprioritaskan tugas-tugas Anda dengan lebih efektif, fokus pada hal-hal yang benar-benar penting, dan mengelola waktu Anda dengan lebih bijaksana.
 

3. Gunakan Aplikasi Produktivitas

 
Saat ini, dunia teknologi menyediakan beragam aplikasi produktivitas yang dapat menjadi mitra Anda dalam mengelola waktu dan tugas. Salah satu contoh yang populer adalah Todoist, sebuah aplikasi yang membantu Anda mengatur jadwal dan mengelola tugas dengan mudah. Dengan fitur-fitur yang intuitif, Anda dapat membuat daftar tugas, menetapkan tenggat waktu, dan bahkan mengkategorikan tugas berdasarkan proyek atau prioritas. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan pemberitahuan, sehingga Anda tidak akan melewatkan tenggat waktu yang penting.
 
Selain Todoist, ada juga Trello, sebuah aplikasi yang dirancang untuk membantu Anda mengorganisir proyek dengan cara yang visual. Anda dapat membuat papan kerja (board) untuk setiap proyek atau tugas, dan kemudian menggunakan kartu (card) untuk mewakili tugas-tugas atau langkah-langkah yang perlu diambil. Dengan sistem ini, Anda dapat dengan mudah melihat kemajuan dan memastikan bahwa tidak ada tugas yang terlewatkan.
 
Notion adalah aplikasi lain yang memiliki berbagai fitur produktivitas. Selain membantu Anda mengatur jadwal dan tugas seperti aplikasi lainnya, Notion juga memungkinkan Anda membuat catatan, dokumen, dan basis data. Ini cocok bagi mereka yang menginginkan alat yang serba bisa dalam mengelola informasi dan pekerjaan.
 
Tidak dapat dipungkiri bahwa aplikasi-aplikasi ini telah membantu banyak orang dalam mengatur kehidupan dan pekerjaan mereka. Namun, penting untuk diingat bahwa aplikasi hanyalah alat bantu. Keefektifan penggunaannya tergantung pada bagaimana Anda mengintegrasikannya ke dalam rutinitas harian Anda dan bagaimana Anda mengelola tugas-tugas Anda secara keseluruhan. Sebaiknya Anda mencoba beberapa aplikasi dan menemukan yang paling cocok dengan gaya dan kebutuhan Anda, sehingga Anda dapat mengoptimalkan produktivitas dan menghadapi tantangan jadwal dengan lebih percaya diri.
 

4. Batasi Gangguan Digital

 
Saat bekerja, penting untuk meminimalkan gangguan digital yang dapat mengganggu konsentrasi dan mengurangi produktivitas Anda. Salah satu langkah efektif yang dapat diambil adalah dengan mematikan pemberitahuan yang tidak perlu pada perangkat Anda. Pemberitahuan dari media sosial, aplikasi pesan, atau aplikasi lainnya sering kali dapat mengganggu alur kerja Anda dan memecah konsentrasi yang sedang Anda bangun. Dengan mematikan pemberitahuan ini, Anda dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih tenang dan fokus, memungkinkan Anda untuk lebih mudah terlibat dalam tugas-tugas yang memerlukan perhatian penuh.
 
Selain itu, dengan mematikan pemberitahuan yang tidak perlu, Anda dapat menghindari dorongan untuk multitasking yang sering kali mengakibatkan penurunan efisiensi dan kualitas pekerjaan. Dengan fokus yang lebih tajam pada satu tugas sekaligus, Anda akan lebih mampu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan efektif.
 
Gangguan digital tidak hanya berdampak pada produktivitas, tetapi juga dapat menyebabkan stres dan kelelahan mental. Dengan mengurangi jumlah pemberitahuan yang Anda terima, Anda dapat merasa lebih tenang dan memiliki lebih banyak kendali atas waktu dan energi Anda. Ini akan membantu Anda mengelola tugas-tugas dengan lebih baik dan meningkatkan kualitas pekerjaan Anda secara keseluruhan.
 
Jadi, dalam upaya untuk mencapai produktivitas yang lebih tinggi dan menjaga konsentrasi Anda, pertimbangkan untuk mematikan pemberitahuan yang tidak perlu pada perangkat Anda saat sedang bekerja. Dengan menciptakan lingkungan yang bebas dari gangguan digital, Anda akan memiliki peluang yang lebih baik untuk fokus pada tugas-tugas yang benar-benar penting dan mencapai hasil yang lebih baik.
 

5. Buat Ruang Kerja yang Optimal

 
Menciptakan ruang kerja yang nyaman dan terorganisir memiliki peran yang penting dalam meningkatkan produktivitas Anda. Salah satu langkah awal yang dapat Anda ambil adalah memastikan bahwa meja kerja Anda tetap rapi dan terbebas dari gangguan yang dapat mengganggu konsentrasi Anda. Ruang kerja yang berantakan dapat menciptakan kekacauan visual dan mengganggu fokus Anda, sehingga membuat Anda sulit untuk sepenuhnya terlibat dalam tugas-tugas yang sedang Anda kerjakan.
 
Dengan menjaga meja Anda tetap terorganisir, Anda dapat mengurangi stres yang disebabkan oleh mencari barang-barang yang hilang atau berantakan di sekitar Anda. Ini juga akan membantu Anda dengan lebih mudah menemukan dan mengakses alat-alat atau dokumen yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Dengan kata lain, ruang kerja yang terorganisir membantu menciptakan lingkungan yang mendukung efisiensi dan konsentrasi.
 
Selain itu, penting juga untuk menjauhkan gangguan yang dapat menghambat fokus Anda. Ini mungkin termasuk suara bising, notifikasi ponsel yang terus berdering, atau interupsi dari orang lain di sekitar Anda. Dengan mengurangi gangguan-gangguan ini, Anda dapat menciptakan lingkungan yang kondusif untuk konsentrasi dan pemecahan tugas-tugas yang kompleks.
 
Saat Anda memiliki ruang kerja yang nyaman dan terorganisir, Anda akan merasa lebih tenang dan dapat bekerja dengan lebih efektif. Lingkungan kerja yang dirancang dengan baik dapat membantu memaksimalkan kinerja Anda dan meningkatkan kualitas pekerjaan yang Anda hasilkan. Jadi, ambil waktu untuk mengatur ruang kerja Anda agar sesuai dengan kebutuhan Anda dan menghilangkan gangguan yang dapat mengganggu produktivitas Anda.
 

6. Tetapkan Tujuan Harian

 
Rutinitas harian yang sukses seringkali dimulai dengan langkah sederhana namun sangat berarti: menetapkan tujuan-tujuan. Setiap hari, penting untuk menentukan apa yang ingin Anda capai. Ini bukan hanya tentang menciptakan daftar tugas, tetapi lebih pada memberikan arah yang jelas bagi waktu dan usaha Anda. Dengan menetapkan tujuan-tujuan ini, Anda memberikan fokus pada tugas-tugas yang memiliki dampak nyata pada pencapaian tujuan jangka panjang Anda.
 
Tujuan-tujuan harian ini membantu Anda untuk tetap terarah dan terorganisir. Mereka memberikan panduan tentang tugas mana yang harus diutamakan dan dikerjakan terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda menghindari keraguan atau kebingungan tentang apa yang harus dilakukan dan dapat lebih efektif dalam mengatur waktu Anda.
 
Selain itu, menetapkan tujuan-tujuan harian dapat memberikan rasa pencapaian yang memuaskan. Saat Anda berhasil mencapai tujuan-tujuan kecil ini, Anda akan merasa lebih termotivasi dan percaya diri. Hal ini dapat menciptakan efek positif yang berlanjut pada produktivitas Anda secara keseluruhan.
 
Namun, perlu diingat bahwa tujuan-tujuan harian harus realistis dan sesuai dengan waktu yang Anda miliki. Terlalu banyak tujuan yang ditetapkan dapat menyebabkan stres dan kekecewaan jika tidak tercapai. Sebaliknya, fokus pada beberapa tujuan yang paling penting dan layak untuk dicapai dalam satu hari.
 
Dengan demikian, praktik menetapkan tujuan-tujuan harian dapat membantu Anda mengarahkan energi dan usaha Anda dengan lebih bijaksana. Ini adalah langkah penting dalam merencanakan dan mencapai kesuksesan jangka panjang. Jadi, dalam menghadapi setiap hari, jangan ragu untuk merumuskan tujuan-tujuan yang jelas untuk memberikan panduan dan fokus pada perjalanan produktivitas Anda.
 

7. Pelajari Keterampilan Baru

 
Dalam usaha untuk terus meningkatkan efisiensi dan kualitas kerja, mengembangkan keterampilan baru merupakan langkah penting yang dapat Anda ambil. Keterampilan baru tidak hanya meningkatkan pengetahuan Anda, tetapi juga membuka peluang baru untuk menyelesaikan tugas dengan lebih baik. Untuk mendukung proses ini, platform online seperti Coursera atau Udemy dapat menjadi sumber daya yang berharga. Melalui platform ini, Anda dapat belajar berbagai topik dan keterampilan baru, mulai dari keahlian teknis hingga keterampilan lunak.
 
Mengapa belajar online? Keterjangkauan dan aksesibilitas menjadi keunggulan utama dalam pembelajaran online. Anda dapat memilih kursus yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan mengikuti mereka dari kenyamanan rumah atau tempat kerja Anda. Fleksibilitas ini memungkinkan Anda untuk menggabungkan pembelajaran dengan komitmen lainnya tanpa perlu mengganggu rutinitas harian Anda.
 
Selain itu, pembelajaran online juga memungkinkan Anda untuk belajar dari para ahli dan profesional yang memiliki pengalaman dalam bidang yang Anda minati. Anda dapat mendapatkan wawasan yang mendalam dan praktis yang dapat diterapkan langsung dalam pekerjaan Anda sehari-hari. Ini membantu Anda untuk menjadi lebih kompeten dan terampil dalam menyelesaikan tugas-tugas yang dihadapi.
 
Saat memilih kursus online, pastikan untuk memilih yang relevan dengan bidang pekerjaan Anda atau bidang yang ingin Anda tekuni. Selain itu, jadwalkan waktu khusus untuk belajar dan berkomitmen untuk menyelesaikan kursus dengan tekun. Proses pembelajaran ini tidak hanya tentang menerima sertifikat, tetapi tentang mengasimilasi pengetahuan baru dan mengaplikasikannya dalam konteks pekerjaan Anda.
 
Jadi, mengambil langkah untuk mengembangkan keterampilan baru melalui platform online adalah investasi yang berharga untuk produktivitas dan kesuksesan jangka panjang Anda. Dengan berkomitmen untuk pembelajaran yang berkelanjutan, Anda akan membangun fondasi yang kuat untuk menghadapi tantangan pekerjaan dengan lebih percaya diri dan kompeten.
 

8. Gunakan Shortcuts dan Hotkeys

 
Mengoptimalkan efisiensi kerja adalah tujuan setiap individu, dan salah satu cara yang efektif untuk mencapai itu adalah dengan memanfaatkan shortcut keyboard atau hotkeys pada aplikasi yang sering Anda gunakan. Shortcut keyboard adalah kombinasi tombol yang dapat Anda tekan untuk melakukan tindakan tertentu dalam aplikasi tanpa perlu mengklik menu atau ikon. Penggunaan hotkeys ini dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam hal menghemat waktu dan mempercepat proses kerja Anda.
 
Mengapa menggunakan shortcut keyboard? Pertama-tama, shortcut keyboard memungkinkan Anda untuk melakukan tindakan dengan lebih cepat daripada menggerakkan kursor dan mengklik mouse. Ini sangat bermanfaat dalam tugas-tugas yang perlu dilakukan secara berulang, seperti mengcopy dan paste, mengubah format teks, atau menyimpan dokumen. Dengan sekali tekan tombol atau kombinasi tombol, Anda dapat mengeksekusi tindakan tersebut dengan cepat.
 
Selain itu, penggunaan hotkeys juga dapat mengurangi gangguan visual. Anda tidak perlu mencari ikon atau menu yang tepat untuk melakukan tindakan tertentu. Ini membantu Anda tetap fokus pada tugas yang sedang Anda kerjakan tanpa harus berpindah pandang dari keyboard ke layar.
 
Penting untuk mengetahui hotkeys yang relevan dengan aplikasi yang Anda gunakan secara rutin. Setiap aplikasi mungkin memiliki hotkeys yang berbeda-beda. Untuk memanfaatkannya secara optimal, luangkan waktu untuk mempelajari daftar hotkeys yang tersedia dalam aplikasi tersebut. Anda juga dapat mencari panduan atau referensi online yang menjelaskan shortcut keyboard untuk aplikasi yang Anda gunakan.
 
Dalam jangka waktu yang lebih panjang, penggunaan hotkeys dapat meningkatkan produktivitas dan membuat Anda lebih mahir dalam menggunakan aplikasi. Anda akan merasa lebih efisien dan percaya diri dalam mengeksekusi tugas-tugas sehari-hari. Oleh karena itu, mengadopsi kebiasaan menggunakan shortcut keyboard merupakan langkah cerdas dalam upaya untuk meningkatkan efisiensi kerja Anda.
 

9. Automatisasi Tugas Rutin

 
Dalam era digital yang semakin maju, mengotomatisasi tugas-tugas rutin menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan produktivitas. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan alat otomatisasi seperti Zapier. Zapier adalah platform yang memungkinkan Anda menghubungkan berbagai aplikasi yang Anda gunakan dan mengatur alur kerja otomatis yang disebut "Zaps". Pendekatan ini dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam hal menghemat waktu dan mengurangi tugas-tugas yang berulang.
 
Bagaimana cara Zapier berfungsi? Misalkan Anda memiliki alur kerja yang melibatkan beberapa aplikasi. Misalnya, setiap kali Anda menerima email dengan lampiran, Anda ingin lampiran tersebut secara otomatis disimpan ke penyimpanan cloud yang Anda gunakan. Dengan Zapier, Anda dapat menghubungkan akun email dan akun penyimpanan cloud Anda, dan mengatur "Zap" untuk menjalankan tindakan ini secara otomatis. Setiap kali email dengan lampiran diterima, Zapier akan mengaktifkan alur kerja yang Anda tentukan.
 
Manfaat utama dari menggunakan alat otomatisasi seperti Zapier adalah penghematan waktu. Anda tidak perlu lagi melakukan tindakan yang sama secara manual berulang kali. Ini juga membantu mengurangi risiko kesalahan manusia yang mungkin terjadi saat Anda mengelola tugas-tugas rutin.
 
Selain itu, penggunaan alat otomatisasi juga memungkinkan Anda untuk fokus pada tugas-tugas yang lebih kreatif dan strategis. Anda tidak perlu terjebak dalam tugas-tugas administratif yang repetitif. Sebagai gantinya, Anda dapat mengalihkan perhatian Anda pada pekerjaan yang memerlukan analisis mendalam, pemecahan masalah, atau interaksi manusia.
 
Namun, perlu diingat bahwa tidak semua tugas dapat atau sebaiknya diotomatisasi. Tugas yang melibatkan keputusan kompleks, konteks yang berubah-ubah, atau interaksi manusia mungkin lebih baik dikelola secara manual. Oleh karena itu, bijaksanalah dalam memilih tugas-tugas yang akan Anda otomatisasi.
 
Dalam rangka untuk mengambil keuntungan penuh dari alat otomatisasi seperti Zapier, penting untuk memahami bagaimana alat tersebut berfungsi dan bagaimana mengatur alur kerja yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan menggunakan alat ini dengan cerdas, Anda dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas kerja Anda, serta mengalokasikan waktu Anda untuk hal-hal yang lebih berarti.
 

10. Lakukan Istirahat yang Terjadwal

 
Dalam upaya untuk menjaga produktivitas yang optimal, memberi diri Anda istirahat secara teratur adalah langkah yang sangat penting. Istirahat tidak hanya memberi Anda kesempatan untuk meregangkan otot dan merilekskan pikiran, tetapi juga membantu mencegah kelelahan mata dan penurunan fokus. Salah satu teknik yang dapat Anda gunakan adalah metode "20-20-20". Teknik ini melibatkan mengalihkan pandangan Anda dari layar atau tugas yang sedang Anda kerjakan setiap 20 menit, dan fokuskan pandangan Anda pada objek yang berjarak sekitar 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik.
 
Mengapa metode "20-20-20" efektif? Saat Anda terpaku pada layar atau tugas untuk waktu yang lama, mata Anda cenderung berfokus pada jarak yang sama secara konstan. Ini dapat menyebabkan kelelahan mata dan mata kering, yang pada akhirnya dapat mengganggu konsentrasi dan kenyamanan Anda. Dengan meluangkan waktu untuk fokus pada sesuatu yang berjarak 20 kaki, mata Anda memiliki kesempatan untuk beradaptasi dengan jarak yang berbeda dan merilekskan otot-otot yang bekerja keras.
 
Teknik "20-20-20" juga dapat membantu dalam pencegahan masalah kesehatan jangka panjang, seperti sindrom mata kering atau ketegangan mata. Selain itu, ini juga merupakan peluang untuk meregangkan tubuh dan mengambil beberapa napas dalam sekejap, yang dapat membantu meredakan ketegangan fisik dan mental yang mungkin Anda rasakan saat bekerja.
 
Selama istirahat tersebut, Anda tidak hanya memberikan mata Anda waktu untuk beristirahat, tetapi juga memberi diri Anda kesempatan untuk "mereset" pikiran Anda. Ini membantu Anda kembali ke tugas dengan konsentrasi yang lebih segar dan energi yang diperbarui.
 
Jadi, dalam upaya untuk menjaga produktivitas dan kesejahteraan Anda, jangan lupakan pentingnya istirahat secara teratur. Dengan menerapkan teknik "20-20-20", Anda dapat merawat mata Anda, mengurangi kelelahan, dan menjaga fokus Anda tetap tajam selama jangka waktu yang lebih lama.
 

11. Hindari Multitasking

 
Meskipun sering dianggap sebagai keterampilan yang diinginkan, fakta sebenarnya adalah bahwa multitasking dapat merugikan produktivitas Anda. Saat Anda mencoba melakukan beberapa tugas sekaligus, perhatian Anda terbagi dan kualitas pekerjaan Anda dapat terpengaruh. Fokus terpecah, menyebabkan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan setiap tugas dan risiko terjadinya kesalahan yang dapat dihindari.
 
Lebih baik untuk fokus pada satu tugas sekaligus. Dengan memberikan perhatian penuh pada satu pekerjaan, Anda memiliki peluang untuk memahami tugas tersebut lebih dalam, memikirkan pendekatan terbaik, dan menghasilkan hasil yang lebih baik secara keseluruhan. Fokus juga memungkinkan Anda untuk memasuki "aliran" atau "zone" di mana Anda sepenuhnya terlibat dalam pekerjaan dan merasa lebih terhubung dengan apa yang Anda lakukan.
 
Selain itu, ketika Anda fokus pada satu tugas, Anda juga memberikan otak Anda waktu untuk beralih antara tahap pemrosesan yang berbeda. Ini membantu meningkatkan efisiensi dan mengurangi stres yang terkait dengan mengalihkan perhatian secara terus-menerus.
 
Jadi, penting untuk menyadari bahwa multitasking sebenarnya dapat mengurangi produktivitas Anda. Alih-alih, pilih untuk fokus pada satu tugas pada suatu waktu, sehingga Anda dapat memberikan upaya terbaik Anda dan menghasilkan hasil yang lebih baik dalam jangka waktu yang lebih singkat.
 
 

Liputan Software ERP IDMETAFORA Indonesia!

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, bagikan ke pengikut anda melalui tombol dibawah ini:



Software ERP Indonesia IDMETAFORA

Artikel rekomendasi untuk Anda