Mengenal Android Lebih Dekat



Mengenal Android Lebih Dekat

Mengenal Android Lebih Dekat

Mengenal Android Lebih Dekat - Android mungkin bukan lagi hal yang asing di telinga kita. Hampir setiap orang mungkin menggunakannya dan sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Tapi apakah Anda tahu apa sebenernya Android itu?

Seperti yang kita sadari dunia sudah terikat dengan pertumbuhan dari teknologi telepon seluler (ponsel). Seiring dengan jumlah pengguna yang terus meningkat dari hari ke hari, fasilitas yang digunakan juga tentunya akan meningkat. Dimulai dengan ponsel sederhana yang hanya digunakan untuk melakukan panggilan telepon, saat ini ponsel telah mengubah cara hidup kita. Ponsel tidak hanya digunakan untuk membuat panggilan saja tetapi memiliki kegunaan yang tak terhitung. Saat ini ponsel dapat digunakan sebagai kamera, pemutar musik, tablet PC, menonton TV, browsing dan masih banyak lagi. Dengan teknologi yang akan terus di perbarui maka sistem operasi dan perangkat lunak yang baru juga di perlukan.

Sistem operasi (Operating System) telah banyak berkembang sejak 15 tahun terakhir. Sistem operasi seluler telah jauh berkembang, mulai dari ponsel hitam putih sampai ponsel pintar terbaru atau komputer mini. Perkembangan ponsel pintar merupakan salah satu perkembangan yang cepat. Di mulai pada tahun 1996 dengan Palm OS kemudian di tahun 2000 menjadi Pocket PC Phone, lalu menjadi Blackberry OS dan Android.

Salah satu sistem operasi seluler yang paling banyak digunakan saat ini adalah Android. Android adalah kumpulan perangkat lunak yang tidak hanya terdiri dari sistem operasi tetapi juga aplikasi perangkat penghubung (middleware). Android Inc didirikan di Palo Alto, California, AS oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White pada tahun 2003. Kemudian pada tahun 2005 Android Inc. diakuisisi oleh Google.

Android adalah sistem operasi yang mendukung sejumlah besar aplikasi di smartphone. Aplikasi ini membuat hidup kita menjadi hidup lebih mudah, nyaman dan semakin canggih. Android hadir dengan Android market yang merupakan toko perangkat lunak online yang dikembangkan oleh Google. Android adalah sistem operasi open source yang artinya gratis dan siapa pun dapat menggunakannya. Hal itu menjadi salah satu alasan mengapa android sangat populer. Ini memungkinkan pengguna Android untuk memilih, mengunduh dan menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh pengembang pihak ketiga. Ada banyak permainan, aplikasi dan widget yang tersedia di Android market yang bisa di gunakan oleh pengguna.

Aplikasi Android itu sendiri ditulis dalam bahasa pemrograman Java. Android tersedia sebagai sumber terbuka bagi pengembang untuk mengembangkan aplikasi yang dapat digunakan lebih lanjut untuk berjualan di pasar android. Ada lebih dari 1 milyar aplikasi yang dikembangkan untuk android dengan unduhan lebih dari 50 miliar. Android mengandalkan Linux untuk layanan sistem inti seperti keamanan, manajemen memori, manajemen proses, mengatur jaringan, dan model driver. Untuk pengembangan perangkat lunak, versi pertama Android adalah SDK (Software Development Kit). 

Sistem operasi Android mulai di rilis pada tahun pada November 2007 dengan Android Beta. Semua versi Android ditampilkan dalam dalam urutan alphabet dan dinamai dengan nama hidangan penutup/makanan manis (dessert). Alasannya sangat sederhana yaitu karena sang penemu Android, Andy Rubin sangat menyukai makanan manis. Dimulai dengan Alpha, Beta, Cupcake, Donut, Éclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, Lollypop, Marshmallow, Nougat, dan versi yang paling baru yaitu Oreo.

Pengembangan Android akan terus di lakukan demi menunjang kebutuhan serta kemudahan bagi kita sebagai manusia. Maka dari itu kita harus memahami apa yang kita butuhkan dari teknologi yang hadir di sekililing kita. Pemahaman tentang Android tentu akan sangat membantu kita dalam memaksimalkan penggunaan terhadap teknologi yang ada.

With Digital We Empowering You!

Industry 4.0 vs Society 5.0

Industry 4.0 vs Society 5.0

Industry 4.0 vs Society 5.0 - Di tengah ramai-ramainya gerakan Revolusi Industri 4.0 di Indonesia, Jepang saat ini sudah melaju di gerakan Society 5.0. Sebelum membahas persamaan dan perbedaan antara keduanya, kita tengok sejenak dulu mengenai konsep masing-masing gerakan tadi. Industry 4.0 berawal

Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi bagi Perusahaan Anda

Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi bagi Perusa

Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi bagi Perusahaan Anda - Saat ini, sistem informasi sudah menjadi hal yang umum bagi perusahaan dan banyak orang. Sudah banyak perusahaan yang menggunakan sistem informasi untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Sistem informasi juga bisa meminimalisasi biaya-

Peduli Keselamatan Smartphone Zombies, Korea Selatan Luncurkan Smombie Warning System

Peduli Keselamatan Smartphone Zombies, Korea Sel

Peduli Keselamatan Smartphone Zombies, Korea Selatan Luncurkan Smombie Warning System - Kabar baik datang dari dunia IoT. Belum lama ini Korea Selatan telah menguji desain dan sistem baru  crosswalk yang bertujuan untuk meminimalisasi angka kecelakaan. Pengujian tepatnya dilakukan di sebuah per




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Rumah Sakit Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Yogyakarta Indonesia Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia