+62 896 6423 0232 | info@idmetafora.com
Software ERP Indonesia IDMETAFORA

Pentingnya Peran Employee Development untuk Peningkatan Perusahaan!

31 December, 2022   |   Prihanandaaa

Pentingnya Peran Employee Development untuk Peningkatan Perusahaan!

Berbicara tentang Sumber Daya Manusia dalam perusahaan memang salah satu elemen paling penting agar  bisnis atau perusahaan dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, pengembangan karyawan (Employee Development) perlu dalam perusahaan. Tanpa adanya pengelolaan yang tepat, sulit bagi perusahaan untuk mengoptimalkan kinerja karyawan. Setiap karyawan, mempunyai kepentingan untuk menjalani pengembangan talenta dalam rangka membantu perusahaan untuk mencapai tujuan dan sasaran perusahaan. Oleh karena itu, Employee Development program dimanfaatkan sebagai salah satu sarana dalam upaya pengembangan karyawan. 

 

Apa itu Employee Development Program? 


Employee development program merupakan sebuah kegiatan yang dirancang oleh perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan karyawan. Diperlukan inisiatif antara karyawan dan perusahaan untuk menambah keterampilan serta pengetahuan. Sangat penting juga bagi karyawan dan perusahaan untuk selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam industri untuk bertahan dalam dunia persaingan yang ketat. Meningkatkan pengetahuan akan berguna untuk pengembangan individu yang lebih baik. 

 

Mengapa Employee Development Penting? 


Arus perubahan bisnis semakin cepat. Perusahaan perlu memotivasi karyawan agra berpartisipasi dalam aktivitas pengembangan karyawan. Karyawan wajib mengikuti kegiatan dalam peningkatan keterampilan dengan bersungguh-sungguh. Employee development program biasanya dilakukan melalui pelatihan agar mempertajam keterampilan karyawan dan meningkatkan pengetahuan. 


Pada akhirnya, pengembangan karyawan dapat menguntungkan perusahaan. Sebab, peningkatan yang ada dalam perusahaan dapat berdampak langsung kepada operasional perusahaan. Karyawan tentunya juga ikut mengembangkan rasa keterikatan terhadap perubahan sebagai hasil dari aktivitas pengembangan karyawan.

 

Apa Manfaat Employee Development? 


Strategi employee development yang sudah dipikirkan dengan matang dapat menghasilkan banyak hal positif bagi semua pihak terkait, termasuk karyawan, HRD, dan perusahaan. Beberapa manfaatnya yaitu : 

 

Hemat

Mengingat besarnya biaya untuk melakukan rekrutmen, menganggarkan uang untuk perkembangan karyawan tidak ada salahnya. Berinvestasi dalam program pengembangan keterampilan karyawan internal penting untuk memastikan bahwa karyawan dapat bekerja sehingga membuat perusahaan bertahan ditengah persaingan yang sangat ketat. Namun, pengembangan karyawan juga dapat menjadi sarana menghemat dalam waktu jangka panjang. Ada banyak bukti bahwa karyawan dapat membalas budi dengan cara bertahan lama. Menurut LinkedIn, 94% karyawan berpendapat mereka dapat bertahan di perusahaan lebih lama jika perusahaan memfasilitasi dalam pertumbuhan karir karyawan. 

 

Meningkatkan Employee Engagement

Memiliki tenaga kerja yang berkomitmen penuh dan mempunyai employee engagement tinggi  sangat krusial untuk kesuksesan perusahaan. Employee engagement yang sangat tinggi dapat menjaga karyawan tetap termotivasi bekerja dalam perusahaan. Saat karyawan sudah termotivasi sepenuhnya, karyawan dapat menghadapi berbagai tantangan yang ada selama bekerja serta memberikan yang terbaik untuk perusahaan.

 

Menarik Kandidat Berbakat

Ada kalanya sebuah perusahaan membutuhkan tenaga kerja baru dengan tingkat keterampilan tertentu. Saat itulah HRD dapat membuka lowongan pekerjaan sesuai permintaan divisi yang membutuhkan. Pengembangan karyawan dan budaya perusahaan menjadi ciri yang khas oleh  kandidat di luar perusahaan serta menjadi daya tarik tersendiri. Kandidat dapat tertarik untuk melamar di perusahaan karena berpikir bahwa perusahaan tersebut merupakan tempat yang cocok bagi karyawan untuk bertumbuh.  Posisi perusahaan pada persaingan dengan perusahaan lain untuk mendapatkan kandidat berbakat pun akan semakin kuat. 

 

Meningkatkan Produktivitas dan Kepuasan Kerja

Dengan adanya penawaran pelatihan karyawan, perusahaan akan mudah memenuhi kebutuhan akan skill atau keterampilan baru sekaligus menambah produktivitas dan kepuasan karyawan. Karyawan yang merasa didukung fasilitasnya dan terinspirasi dalam bekerja secara alami mereka akan menjadi lebih produktif. Karyawan yang mempunyai kepuasan kerja cenderung bertahan lebih lama di perusahaan dibandingkan dengan karyawan yang tidak puas dengan kinerjanya di perusahaan.

 

Melatih Pemimpin Masa Depan

Mempunyai program pengembangan kepemimpinan dapat memastikan perusahaan selalu berorientasi kepada tujuan pada masa depan dengan mempersiapkan bakat-bakat terpendam. Employee development akan menumbuhkan bibit pemimpin baru di masa depan.  HRD dapat merekrut karyawan yang dilatih sebagai kandidat untuk mengisi posisi manajerial. Memilih manajer dari karyawan lama lebih efektif daripada memilih manajer dari kandidat yang ada di luar. Karyawan lama tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi dengan budaya perusahaan. 

 

Tips Membangun Employee Development


Employee development yang sudah matang dapat memberi karyawan dan perusahaan arahan yang jelas.  Dengan begitu maka pihak karyawan dan perusahaan akan sama-sama diuntungkan. Inilah tips membangun pengembangan karyawan dalam perusahaan yaitu  :

 

Pertimbangkan Tujuan Perencanaan

Sebelum Anda menetapkan tujuan untuk rencana pengembangan karyawan, cobalah untuk menyelaraskan kebutuhan pada pengembangan dengan kebutuhan dan tujuan perusahaan. Setelah Anda mengidentifikasi tujuan perusahaan dalam jangka pendek jangka panjang, barulah HRD dapat mengidentifikasi keterampilan, pengetahuan, dan kompetensi yang mendukung tujuan tersebut. Misalnya yaitu ketika perusahaan membutuhkan manajer baru untuk menggantikan manajer sebelumnya yang telah resign. Keterampilan apa yang dibutuhkan untuk perusahan tersebut? Apakah ada karyawan internal yang mempunyai keterampilan tersebut?

 

Komunikasi dengan Karyawan

Beberapa karyawan mungkin sudah mempunyai tujuan karir, tetapi tidak tahu cara memulainya. Jangan berasumsi bahwa semua karyawan mempunyai tingkat keahlian tertentu. Berkomunikasi dengan karyawan dapat membantu manajer dan HRD untuk memahami tujuan karir mereka. Ada baiknya HRD juga harus meminta karyawan  untuk memberikan menilai pekerjaan mereka sendiri dan mendiskusikan tantangan apapun yang mereka hadapi selama bekerja. 

 

Pahami Potensi dan Kesiapan

Sekarang Banyak manajer yang keliru dengan berpikir potensi selalu berjalan dengan kesiapan.  Saat ada urusan dengan karyawan, penting jika memahami perbedaan potensi dengan kesiapan. Contohnya yaitu, seorang karyawan memiliki potensi yang tinggi untuk mengisi posisi manajer, tetapi belum siap untuk menjadi seorang manajer.  Mendorong karyawan pada tanggung jawab yang belum siap mereka emban justru dapat menghancurkan bisnis. Ingatlah bahwa tidak setiap karyawan akan mengisi posisi tertentu walau mempunyai kinerja yang baik.  

 

Pahami Berbagai Tipe Pelatihan

Pengembangan karyawan dilaksanakan melalui berbagai metode pelatihan. Setiap keterampilan mempunyai tipe pelatihan yang berbeda dengan keterampilan lain. Hal ini diperlukan agar pelatihan dapat berjalan sesuai sasaran. Sebagai contoh yaitu, keterampilan Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau K3 tentu tidak cocok jika dilakukan secara online tanpa praktik langsung di lapangan. 

 

Buat Rencana Sebelum, Selama Program, dan Setelahnya

Setelah Anda mengidentifikasi beberapa peluang pembelajaran tertentu, buatlah rencana dengan tujuan yang spesifik serta tepat waktu. Sebelum pelatihan atau penugasan baru dimulai, pastikan karyawan memahami mengapa mereka diminta untuk belajar tentang keterampilan baru, apa yang perusahaan harapkan serta gunanya bagi perusahaan dan karir mereka. Setelah pelatihan, bantu karyawan agar dapat menerapkan keterampilan baru secara nyata. Implementasi employee development dapat semakin efektif bila dibarengi dengan penggunaan sebuah perangkat lunak untuk membantu HRD.  

 

Contoh Program People Development


Untuk membantu dan memulai perusahaan Anda, berikut ini contoh strategi program people development yang dapat dilakukan yaitu :


Analisis kesenjangan keterampilan

Analisis ini membantu perusahaan Anda untuk mengetahui kemampuan yang perlu dikembangkan untuk karyawan agar dapat bersaing di masa depan dan dalam menghadapi perubahan bisnis. Untuk membuat analisis, HR perlu memahami bagiamana keterampilan yang ada pada karyawan dan membandingkannya dengan pengetahuan dan kemampuan yang diperlukan perusahaan. Langkah ini digunakan agar dalam mengembangkan pelatihan yang tepat untuk membekali karyawan.


Job shadowing

Pada program people development tidak seharusnya dibatasi pada bidang karyawan. Berikan anggota tim Anda kesempatan untuk mempelajari peran yang berbeda dalam perusahaan dengan cara pembuatan shadowing program yang dapat memberdayakan karyawan agar mengamati peran rekan kerjanya. Program ini berguna untuk mendorong kolaborasi antar departemen, menambah team work dan membina hubungan karyawan, serta berkontribusi pada tujuan bisnis secara menyeluruh.


Peer coaching

Rekan kerja seringkali menjadi tempat saling memberi nasihat atau informasi dalam hal pekerjaan. Mereka juga akan nyaman untuk meminta bantuan satu sama lain. Jadi, strategi people development untuk mendorong peer coaching di perusahaan dengan menerapkan karyawan bersama-sama. Tujuannya yaitu, mereka dapat saling berbagi pengetahuan dan membangun learning culturedi tempat kerja.


Mentoring

Program mentoring adalah cara yang baik untuk menghubungkan karyawan guna mempercepat pengembangan mereka, jika menutup kesenjangan keterampilan, dan membangun budaya dapat membuat karyawan termotivasi untuk terus berkembang. Manfaat program ini merupakan karyawan yang menerima bimbingan dari seseorang yang lebih ahli dan senior. Organisasi juga dapat diuntungkan dari program ini seperti tingkat retensi meningkat, produktivitas meningkat, menutup kesenjangan keterampilan, serta budaya menjadi lebih inklusif.


Corporate training

Ketika karyawan mempelajari dan memanfaatkan suatu keterampilan atau isu terkini, maka Anda dapat mengadakan corporate training. Misalnya yaitu pelatihan tentang bagaimana menjadi tempat kerja yang lebih inklusif atau pelatihan tentang penggunaan software yang digunakan perusahaan.


Reskilling atau upskilling

Teknologi membuat semua menjadi lebih cepat dan menjadikan tantangan agar dapat  perkembangan baru. Hal itu dapat Anda manfaatkan saat memberikan program reskilling atau upskilling kepada karyawan.

Program ini dapat membantu karyawan saat mempelajari keterampilan baru dan mengembangkan kemampuan untuk memberikan mereka kepercayaan diri mengambil peran baru di perusahaan Anda.

 

Kursus daring

Kursus daring memberikan pilihan dan kesempatan untuk karyawan jarak jauh atau yang ingin bekerja sesuai dengan kecepatan mereka sendiri.  Ada beberapa cara memberikan kursus daring bagi karyawan, yaitu seperti membuat kursus in-house atau layanan berlangganan untuk karyawan.


Berbagi pengetahuan antar rekan kerja

Perusahaan perlu  mengadakan sesuatu atau acara Berbagi Pengetahuan dan Keterampilan, sehingga semua karyawan terinspirasi untuk mengembangkan soft skill maupun hard skill mereka. Misalnya yaitu perusahaan bisa membantu memfasilitasi berbagi pengetahuan diantara karyawannya dengan merencanakan sesi pelatihan khusus di mana karyawan bisa membagikan apa yang mereka ketahui tentang topik tertentu.

 

Penutup


Program people development sangat penting bagi perusahaan mengingat kesuksesan perusahaan bergantung juga pada kinerja karyawannya. Menjadikan people development sebagai bagian yang utama dari perusahaan Anda akan menguntungkan bisnis dalam berbagai cara. Dengan demikian, berinvestasi pada karyawan maka dapat membantu menumbuhkan tenaga kerja yang terlibat lebih produktif, menguntungkan perusahaan, dan juga sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap pengembangan sumber daya karyawannya.

Liputan Software ERP IDMETAFORA Indonesia!

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, bagikan ke pengikut anda melalui tombol dibawah ini:



Lowongan Magang Perusahaan Startup Teknologi Jogja Software ERP Indonesia

Artikel rekomendasi untuk Anda

Baca Artikel Lainnya

Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi
Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi
Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas
Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa Pembuatan Website Yogyakarta
Jasa Pembuatan Website Yogyakarta
Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi
Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi
Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten
Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar
Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia
Web Developer di Jakarta Indonesia
Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia
Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia
Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia
Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Yogyakarta Indonesia
Web Developer ERP di Yogyakarta Indonesia


We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+62 896 6423 0232 +62 896 6423 0232