+62 896 6423 0232 | info@idmetafora.com
Software ERP Indonesia IDMETAFORA

Pentingnya Strategi Recruitment and Selection Untuk Perusahaan

29 December, 2022   |   emaaminahhhh

Pentingnya Strategi Recruitment and Selection Untuk Perusahaan

Penjelasan Strategi Recruitment and Selection 


Karena meningkatnya jumlah orang yang mencari pekerjaan secara global, proses perekrutan telah menyaksikan banyak persaingan dalam dua tahun terakhir. Harus diakui bahwa dengan bantuan teknologi, menemukan kandidat ideal untuk posisi terbuka menjadi jauh lebih mudah. Namun, ada banyak aspek bisnis yang harus dipertimbangkan dalam proses seleksi. Jika Anda mencari cara untuk mendapatkan tenaga kerja yang optimal, artikel ini cocok untuk Anda.   Kami telah menyatukan beberapa strategi untuk mengikuti perubahan dalam proses rekrutmen dan seleksi tenaga kerja modern.

Terlepas dari kemajuan teknologi dalam industri rekrutmen, tantangan untuk menemukan orang yang tepat tetap ada. Pengusaha berjuang untuk menemukan kandidat ideal untuk berbagai posisi kosong adalah pemandangan umum. Karena lonjakan mendadak jumlah orang yang masuk dan keluar dari dunia kerja sehubungan dengan pandemi, proses rekrutmen menjadi lebih menantang.
 

Proses Recruitment and Selection 


Selalu penting untuk meninjau kembali apa itu proses rekrutmen dan seleksi. Ada beberapa perubahan dalam lingkungan kerja dan proses perekrutan, namun ultimatumnya adalah memiliki tenaga kerja yang sehat dan produktif.

Proses rekrutmen berkaitan dengan mengidentifikasi dan mengembangkan kandidat yang ideal untuk posisi yang berbeda dalam suatu organisasi. Mencocokkan keterampilan dan pengetahuan individu dengan kebutuhan perusahaan dan tugas pekerjaan diperlukan. Prosesnya juga mencakup menemukan kandidat yang sesuai dengan nilai dan misi organisasi. Itu bisa formal atau informal. Ini dapat dilakukan melalui berbagai metode, seperti memposting posisi di papan kerja, menggunakan perusahaan pencari, dan bertemu dengan teman dan keluarga. Dalam proses seleksi, langkah awal adalah mengumpulkan informasi tentang kandidat potensial. Ini adalah salah satu aspek rekrutmen yang paling penting.

Sementara itu, proses seleksi bersifat formal karena membutuhkan konsistensi secara menyeluruh untuk menghindari potensi masalah di kemudian hari. Selama proses seleksi, kandidat diberi kesempatan untuk memberikan wawasan tentang diri mereka di luar apa yang sebelumnya disajikan pada formulir aplikasi mereka.

Melalui wawancara, baik kandidat maupun pewawancara dapat lebih mengenal satu sama lain. Ini juga memungkinkan mereka untuk mengevaluasi apakah kandidat cocok untuk posisi tersebut. Proses seleksi dapat berdampak besar pada anggaran perusahaan. Bisa sangat mahal bagi perusahaan untuk membuat pilihan yang tepat, tetapi harus kembali ke papan gambar jika membuat pilihan yang salah. Selain gaji, biaya yang terkait dengan pemilihan yang salah dapat mencakup pelatihan dan pengembangan, lisensi, dan biaya terkait lainnya.

Membangun kumpulan kandidat yang sukses. Untuk membangun kumpulan kandidat yang berhasil, tinjau dan tarik terus dari berbagai sumber. Manajer juga dapat menyesuaikan deskripsi pekerjaan sesuai kebutuhan. Seleksi dan rekrutmen karyawan dapat menjadi faktor pemersatu antara pemberi kerja dan karyawan. Ini dapat dilakukan melalui berbagai metode, seperti perekrutan internal dan rujukan karyawan.

Sebelum melanjutkan proses seleksi, pengusaha harus selalu mengingatkan diri mereka sendiri tentang misi dan tujuan perusahaan. Ini akan memungkinkan mereka untuk fokus pada kandidat yang ideal dan kompatibel. Proses yang dirancang dengan baik dan terorganisir dapat membantu mempertahankan karyawan. Sebelum manajer memulai perekrutan, penting juga untuk memahami kewajiban sosial dan hukum perusahaan.
 

Beberapa Strategi Recruitment and Selection Efektif


Proses rekrutmen dan seleksi yang kompeten melibatkan identifikasi, evaluasi, dan wawancara kandidat yang tepat untuk berbagai posisi yang dibutuhkan organisasi. Ini dapat membantu bisnis menemukan kandidat ideal yang sesuai dengan persyaratan terkait pekerjaan dan sejalan dengan nilai inti mereka. Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan proses yang benar.

1. Sediakan apa yang dicari kandidat

Dengan munculnya kerja jarak jauh, orang dapat memutuskan lingkungan kerja mereka dan memiliki lebih banyak pilihan. Ini berarti bahwa sangat penting bagi manajer untuk meningkatkan permainan ketika harus mempekerjakan orang yang tepat untuk perusahaan.

Salah satu faktor terpenting yang harus dipertimbangkan pengusaha dalam perekrutan dan perekrutan adalah memiliki pengalaman pribadi dengan calon karyawan. Ini mengharuskan manajer SDM untuk terhubung secara emosional dengan para kandidat dan memberi mereka paket yang disesuaikan. Selain menjalin kontak, departemen SDM akan melakukan tugas seperti menegosiasikan paket tunjangan dan meninjau Paid Time Off (PTO).

2. Strategi yang tepat untuk berinteraksi dengan kandidat

Di pasar kerja saat ini, pemberi kerja harus membuat kandidat mereka merasa dihargai dan bersemangat tentang perusahaan. Mereka harus memperlakukan mereka dengan hormat dan memastikan bahwa wawancara dilakukan tepat waktu. Selain tepat waktu, faktor lain, seperti memastikan bahwa narasumber merasa nyaman dan sifat pertanyaan yang diajukan, harus dipertimbangkan. Sebelum wawancara, kandidat biasanya melakukan interaksi telepon atau video dengan calon pemberi kerja. Inilah kesan pertama yang akan mereka dapatkan dan kesempatan pertama mereka untuk bertanya. Ingat bahwa ini bukan pertanyaan wawancara tradisional tetapi pertanyaan yang memungkinkan kandidat untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang organisasi.

3. Bingkai deskripsi pekerjaan yang tepat

Deskripsi pekerjaan harus sudah ada dan harus singkat dan jelas. Mereka harus jelas dan membuat posisinya menarik, sehingga calon karyawan tidak terkejut saat dipekerjakan. Juga, pertahankan persyaratan pekerjaan yang spesifik untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Uraian pekerjaan yang ringkas harus disertakan untuk memberi kandidat potensial ide bagus tentang tujuan keseluruhan posisi.

4. Manfaatkan referensi karyawan

Salah satu cara paling efektif untuk memperluas tenaga kerja perusahaan adalah melalui rujukan dari karyawan yang ada. Ini memungkinkan mereka untuk terhubung dengan individu yang berpikiran sama dan mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang pekerjaan mereka. Namun, beberapa penelitian memperingatkan bahwa mempekerjakan anggota keluarga berpotensi menimbulkan masalah di masa depan.

5. Pastikan dukungan profesional

Mempekerjakan orang yang tepat untuk suatu posisi bukanlah sesuatu yang dapat dilakukan oleh manajer atau pemilik secara mandiri. Seorang profesional HR yang berpengalaman harus membantu mengidentifikasi kandidat yang ideal dan menemukan yang paling cocok. Ini dapat dilakukan melalui jaringan mereka dan penilaian karyawan potensial. Mereka juga dapat terhubung dengan individu yang mungkin tertarik untuk bekerja di perusahaan tetapi belum mempertimbangkan untuk berpindah posisi. Perusahaan harus memilih seorang profesional dan menyelesaikan pekerjaan.

Salah satu faktor terpenting yang harus dipertimbangkan bisnis saat merekrut adalah ketersediaan orang yang tepat. Proses SDM yang lancar dan pendekatan yang dipersonalisasi dapat sangat membantu perusahaan menarik kumpulan bakat yang diinginkan. Dengan strategi yang tepat, proses rekrutmen dapat menjadi mudah, dan perusahaan dapat berfungsi secara efisien. Kami harap poin-poin yang diuraikan dalam artikel ini membantu Anda meningkatkan proses rekrutmen talenta Anda.

Sementara itu, Anda dapat menemukan bagaimana OnBlick memberikan pengalaman orientasi tanpa kerumitan untuk karyawan baru Anda dan membantu bisnis Anda tetap patuh dengan mudah. Jangan lupa untuk memeriksa fitur Formulir I-9 dan E-Verifikasi elektronik kami. 

Liputan Software ERP IDMETAFORA Indonesia!

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, bagikan ke pengikut anda melalui tombol dibawah ini:



Lowongan Magang Perusahaan Startup Teknologi Jogja Software ERP Indonesia

Artikel rekomendasi untuk Anda

Baca Artikel Lainnya

Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi
Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi
Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas
Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa Pembuatan Website Yogyakarta
Jasa Pembuatan Website Yogyakarta
Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi
Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi
Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten
Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar
Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia
Web Developer di Jakarta Indonesia
Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia
Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia
Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia
Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Yogyakarta Indonesia
Web Developer ERP di Yogyakarta Indonesia


We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+62 896 6423 0232 +62 896 6423 0232