Manfaat Sistem Informasi Human Resource Management (SIHRM)



Manfaat Sistem Informasi Human Resource Management (SIHRM)

Manfaat Sistem Informasi Human Resource Management (SIHRM)

Manfaat Sistem Informasi Human Resource Management (SIHRM) - Sumber Daya Manusia (SDM) adalah aset paling berharga bagi setiap organisasi, instansi, dan perusahaan. Meskipun instansi/perusahaan memiliki modal yang besar dan teknologi yang sangat canggih, tetapi tanpa SDM andal yang mampu mengelolanya dengan baik, semua tadi tidak ada artinya. Oleh karena sangat pentingnya SDM untuk keberlangsungan instansi/perusahaan, keberadaan divisi Human Resource Management atau biasa disebut HR sangatlah penting. HR memiliki tanggung jawab yang tidak mudah dalam memanajemen SDM dan segala yang berurusan dengan administrasi kepegawaian, seperti menentukan gaji, mengurus kesejahteraan pegawai, mengadakan pelatihan, dan rekrutmen.
Begitu kompleksnya tugas HR ini tentunya akan sulit jika dilakukan dengan manual, belum lagi jika instansi/perusahaan memiliki jumlah SDM yang cukup banyak. Sekarang kita tidak perlu khawatir lagi dengan kondisi yang demikian karena perkembangan teknologi informasi sudah memberikan berbagai kemudahan, termasuk bagi dunia HR, yaitu dengan adanya sistem informasi Human  Resource Management. Berikut manfaat-manfaat yang kita peroleh jika menggunakan SIHRM.

Efisiensi
Kecanggihan teknologi sistem informasi HRM dapat menghemat waktu staf HRM dalam mengelola data dan urusan administrasi pegawai. Staf juga hanya perlu entri data sekali dan meng-update-nya dengan mudah tanpa perlu repot menyimpan dan membongkar arsip berkas fisik karena semua data akan terarsip otomatis secara digital.

Menampilkan data yang akurat
Sistem informasi HRM menampilkan data segala urusan kepegawaian secara akurat dan dapat terintegrasi otomatis dengan sistem informasi akuntansi instansi/perusahaan sehingga perihal, seperti gaji, bonus, tunjangan, capaian kinerja, presensi, dan cuti, dapat dihitung dan dilihat dengan mudah di mana saja dan kapan saja oleh pegawai dan staf HRM.

Memudahkan administrasi karyawan
Selain dapat melihat data presensi dan gaji secara online, pegawai juga dapat mengajukan izin/cuti dan menyampaikan berkas administrasi pegawai melalui sistem informasi HRM. Ketika harus berurusan dengan administrasi HRM, pegawai tinggal mengakses portal kepegawaian dalam sistem informasi HRM saja untuk memenuhi persyaratan administrasi yang ditetapkan.

Memudahkan seleksi pegawai
Sistem informasi HRM memiliki peran yang cukup signifikan dalam membantu penyeleksian pegawai. Perangkat dapat disistem untuk memilih pelamar dan pegawai lama yang memiliki kinerja tertentu sehingga dapat mempermudah staf HRM dalam memilih dan mempertimbangkan kandidat-kandidat yang tepat untuk menempati posisi-posisi yang dibutuhkan.

Membantu dalam pengambilan keputusan
Data yang selalu up-to-date membuat staf HRM dapat mengambil keputusan dengan lebih cepat dan tepat. Misalnya, data kinerja semua pegawai selama jangka waktu tertentu dapat membantu staf HRM dalam memutuskan pegawai yang memerlukan pelatihan, promosi, dan mutasi. 

Selain untuk mempermudah tugas HR, tujuan sistem informasi Human Resource Management pada dasarnya adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kinerja seluruh SDM di instansi/perusahaan. Dengan demikian, organisasi, instansi, atau perusahaan dapat mencapai cita-cita dan visinya dengan lebih optimal.

 

           

With Digital We Empowering You!

Industry 4.0 vs Society 5.0

Industry 4.0 vs Society 5.0

Industry 4.0 vs Society 5.0 - Di tengah ramai-ramainya gerakan Revolusi Industri 4.0 di Indonesia, Jepang saat ini sudah melaju di gerakan Society 5.0. Sebelum membahas persamaan dan perbedaan antara keduanya, kita tengok sejenak dulu mengenai konsep masing-masing gerakan tadi. Industry 4.0 berawal

Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi bagi Perusahaan Anda

Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi bagi Perusa

Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi bagi Perusahaan Anda - Saat ini, sistem informasi sudah menjadi hal yang umum bagi perusahaan dan banyak orang. Sudah banyak perusahaan yang menggunakan sistem informasi untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Sistem informasi juga bisa meminimalisasi biaya-

Peduli Keselamatan Smartphone Zombies, Korea Selatan Luncurkan Smombie Warning System

Peduli Keselamatan Smartphone Zombies, Korea Sel

Peduli Keselamatan Smartphone Zombies, Korea Selatan Luncurkan Smombie Warning System - Kabar baik datang dari dunia IoT. Belum lama ini Korea Selatan telah menguji desain dan sistem baru  crosswalk yang bertujuan untuk meminimalisasi angka kecelakaan. Pengujian tepatnya dilakukan di sebuah per




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Rumah Sakit Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Yogyakarta Indonesia Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia