Mengenal apa itu JavaScript Berikut adalah Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerjanya


Mengenal apa itu JavaScript Berikut adalah Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Apa itu Javascript


JavaScript adalah bahasa pemrograman populer yang digunakan untuk membangun situs web dengan konten situs web dinamis. Faktanya, lebih dari 67,7% developer menggunakan JavaScript. Konten dinamis berarti konten dapat bergerak atau berubah di depan layar tanpa memuat ulang halaman. Misalnya, fitur slideshow foto, gambar animasi, dan penyelesaian survei. JavaScript sendiri sebenarnya bekerja biasanya dengan kombinasi HTML dan CSS. Gunakan HTML untuk membuat struktur situs web dan CSS untuk mendesain gaya halaman pada situs web. JavaScript kemudian berperan dalam menambahkan elemen interaktif untuk meningkatkan engagement pada pengguna. Misalnya, ketika Anda like dan komentar di Twitter. Anda dapat melihat jumlah like dan komentar yang terus bertambah secara real time tanpa Anda harus reload. Bagaimanapun, JavaScript pada awalnya adalah bahasa pemrograman yang hanya bekerja dari sisi klien atau front end. Ini berarti bahwa pemrosesan kode Anda hanya terjadi di browser. Pada saat itu, Google mempopulerkan bahasa pemrograman dengan menggunakan AJAX untuk fitur suggestion pada kolom pencarian. AJAX, juga dikenal sebagai Asynchronous JavaScript dan XML adalah teknik untuk memperbarui data di halaman web tanpa memuat ulang. Sejak itu, banyak developer mulai menggunakan bahasa pemrograman JavaScript untuk membuat situs web yang lebih menarik dan bersemangat. JavaScript, selain pengembangannya, dapat digunakan di sisi server maupun di sisi klien. Eksekusi bahasa pemrograman ini di sisi server dapat dilakukan dengan menggunakan platform framework JavaScript seperti Node.js, React.js. Dengan framework ini, banyak developer backend mulai bekerja dengan bahasa pemrograman JavaScript. Dari sinilah lahir produk-produk canggih seperti aplikasi mobile, aplikasi situs web, dan game online.
 

3+ Fungsi JavaScript yang Perlu Anda Ketahui! 


Fungsi JavaScript jugabbisa dibilang cukup banyak, mulai dari membuat tampilan website jadi lebih menarik, menciptakan aplikasi mobile, mengembangkan game, hingga menjalankan web server.

Berikut adalah penjelasan detail dari masing-masing fungsi JavaScript yang kami sebutkan adalah sebagai berikut:

1. Membuat Website Lebih Menarik 

Dalam proses development pada website JavaScript dapat membuat website menjadi interaktif dengan konten yang lebih menarik dan dinamis. Misalnya, konten yang bergerak dan diperbarui secara real time tanpa harus reload pada setiap halaman web secara berulang kali.

Sebagai contoh, pada Google Maps. 

Ketika fitur petunjuk rute Anda sudah diaktifkan, Google Maps dapat terus mengupdate posisi Anda secara realtime tanpa harus melakukan reload. Hal ini tentu tak bisa dilakukan tanpa menggunakan JavaScript. Nah, dengan menggunakan bahasa pemrograman ini, pengunjung tentu akan merasa nyaman setelah berjam-jam menjelajahi website.

2. Menciptakan Aplikasi Mobile 

Fungsi JavaScript selanjutnya adalah Create Mobile Application. Sampai saat ini, aplikasi mobile hanya bisa dikembangkan di Java, bahasa pemrograman untuk Android. Sekarang Anda dapat menggunakan bahasa pemrograman ini dengan mobile API untuk membangun aplikasi mobile. Memiliki framework JavaScript khusus untuk aplikasi mobile seperti React Native juga membuat pembuatan aplikasi mobile menjadi lebih mudah. Dengan framework ini, Anda dapat membuat aplikasi mobile untuk dua sistem operasi, Android dan iOS, secara bersamaan.

3. Mengembangkan Game Berbasis Web Browser 

JavaScript tidak hanya dapat membuat situs web, tetapi juga berfungsi untuk mengembangkan game online berbasis browser. Anda dapat menggabungkan bahasa pemrograman JavaScript dengan HTML5 untuk membuat game browser yang menarik. Game populer yang menggunakan JavaScript termasuk Lord of Ultima dan Flappy Bird. Perkembangan game berbasis JavaScript ini juga didukung dengan adanya framework JavaScript khusus game seperti Playground.js, Panda.js dan Quintus. 

4. Menjalankan Web Server 

Yang terakhir perkembangan pada bahasa pemrograman JavaScript memungkinkannya untuk bekerja tidak hanya di sisi browser, tetapi juga di sisi server menggunakan Node.js. Node.js ini memungkinkan Anda menjalankan kode JavaScript di sisi server untuk menjalankan situs web, aplikasi web, dan game berbasis browser. Node.js juga dapat memproses beberapa proses secara bersamaan tanpa menunggu proses selesai terlebih dahulu. Dengan begitu proses akan bisa dilakukan lebih cepat.
 

Cara Kerja JavaScript yang Wajib Anda Pahami


Cara kerja pada JavaScript bisa dilihat dari dua sisi, yaitu dari sisi client dan dari sisi server. Dari sisi client, JavaScript dapat berperan dalam mengubah pada  tampilan website. Sedangkan dari sisi server, JavaScript dapat digunakan untuk kebutuhan pada database.

Berikut adalah penjelasan lebih detail tentang mengenai cara kerja JavaScript di sisi client dan juga pada sisi server:
 

Cara Kerja JavaScript di Sisi Client


Kode JavaScript dapat dibuat dalam satu halaman HTML. Jadi ketika halaman dimuat, kode berjalan secara otomatis. Selain itu, kode bahasa pemrograman ini dapat ditulis dalam file terpisah dengan ekstensi.js. File tersebut kemudian dimasukkan dalam kode HTML, kemudian dikodekan menggunakan tag <script> dan teks atribut JavaScript. contoh di bawah ini.

<script type = “text/javascript”>

Kemudian, agar scriptnya dapat bekerja, masukkan kode JavaScript berikut: 

</script>

Di sisi Client, proses cara kerja JavaScript tidak terlalu agak rumit. Ketika pengunjung membuka halaman web Anda, script akan diunduh dan dijalankan di browser Anda. Oleh karena itu proses tidak berjalan di web server. Sekarang bekerja dari sisi client atau sisi browser, sehingga halaman situs web Anda mungkin terlihat berbeda pada perangkat pengunjung jika browser pengunjung tidak mendukung JavaScript. Selain itu, fungsi interaktif mungkin tidak berfungsi dengan baik.
 

Cara Kerja JavaScript dari Sisi Server 


Di sisi server, JavaScript terutama digunakan untuk permintaan database. Ini berfungsi seperti bahasa pemrograman sisi server lainnya seperti C# atau Java. Tetapi perbedaannya adalah bahwa JavaScript tidak bekerja non-blokir. Artinya? Selama program sedang berjalan, program tidak berhenti hanya pada satu proses. Sistem mulai mempersiapkan perintah berikutnya. Jika proses berikut ditemukan tidak memiliki output, proses tersebut diperbolehkan untuk berjalan secara bersamaan dengan proses yang masih berjalan. Dengan demikian, proses pengolahan data dapat dilakukan dengan lebih efektif. Contoh cara kerjanya adalah streaming video atau embed YouTube di situs web. Informasi lebih lanjut tersedia di situs web selama video berjalan.
 

Kelebihan Javascript yang Disenangi Banyak Developer


Selain fungsinya banyak dan beragam, berikut ini beberapa kelebihannya yang membuatnya populer di kalangan developer:

1. Mudah Dipahami dan Dipelajari 

Bahasa pemrograman memiliki kesulitannya masing-masing. JavaScript mudah dipelajari. Syntax atau penulisan pada kode sangat ringkas dan mudah dipahami. Dibandingkan syntax untuk menampilkan Hello World dengan bahasa pemrograman lain sebagai berikut:

Contoh Bahasa pada Pemrograman Javascript 

console.log('Hello World!')

Contoh Bahasa Pemrograman C++

#include <iostream>
using namespace std;
// main() is where program execution begins.
// main() is where program execution begins.
int main() {
   cout << "Hello World"; // prints Hello World
  return 0;
}

Syntax pada JavaScript jauh lebih sederhana dan lebih mudah untuk dipahami, dibandigkan dengan C++.

2. Fleksibel Digunakan 

Sampai saat ini kebanyakan bahasa pemrograman website menggunakan PHP. Ini karena semua logika web ditulis pada sisi server. Namun, JavaScript dapat membuat situs web lebih dinamis dan interaktif di sisi client. Bahkan selama perkembangannya, bahasa pemrograman ini tidak hanya digunakan di sisi client dan browser. Tetapi juga di sisi server dengan Node.js. Anda juga bisa mengembangkan beragam software seperti server, aplikasi mobile dan desktop, game, konsol, dan masih banyak lagi. 

3. Beban Server Lebih Ringan 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, script diunduh ke perangkat client saat pengunjung mengakses situs web Anda. Script tersebut kemudian diproses oleh browser client. Browser kemudian akan mulai menampilkan halaman web. Proses kerja di sisi server juga dinilai sangat efisien. Karena mekanismenya non-blocking. Dengan kata lain, proses tidak hanya menghentikan satu proses. Bahkan, Anda dapat melakukan ini pada saat yang sama jika Anda tidak menginginkan output dari proses sebelumnya. 
Singkatnya, menggunakan JavaScript sangat mengurangi beban kerja pada server.

4. Bisa Digunakan untuk Semua Kebutuhan 

Tidak hanya frontend, tetapi juga server (backend) dapat dikelola oleh Node.js. 
Bahasa pemrograman ini memungkinkan Anda mengembangkan situs web dengan lebih efisien. Karena Anda tidak harus repot-repot dengan bahasa pemrograman lain.

5. Memiliki Komunitas yang Aktif

Javascript mudah dipelajari, fleksibel, dan didukung oleh komunitas developer yang aktif. Komunitas ini adalah tempat Anda bisa mendapatkan bantuan dari komunitas ketika Anda menemukan bug atau masalah lain saat mengembangkan aplikasi Anda. Ini akan mempermudah untuk mencari solusi.
 

Panduan Belajar JavaScript bagi Pemula


Berikut adalah panduan untuk belajar JavaScript bagi pemula yang bisa Anda ikuti sebagai berikut:

1. Kenali Aplikasi yang Dibutuhkan 

Pada bagian ini, kami akan memberikan panduan singkat mengenai Javascript untuk pemula yang dapat Anda pelajari. Namun, sebelumnya Anda membutuhkan beberapa aplikasi berikut untuk mendukung Anda belajar Javascript:

- Web browser (Google Chrome, Firefox, atau lainnya). 
- Teks editor (Atom, Notepad, atau lainnya).
- Web server, untuk menjalankan kode pemrograman. 

2. Pahami Aturan Penulisan Kode

Jika sudah mempersiapkan aplikasi di atas, selanjutnya Anda pahami aturan penulisan kode js. Aturan penulisan ini sangat penting Anda ketahui untuk bisa menjalankan program dengan bahasa pemrograman ini. Nah, berikut ini ada beberapa aturan pada penulisan kodenya diantaranya sebagai berikut:

- Penulisan dengan Embed – Penulisan Embed ini memanfaatkan tag <script> untuk menyisipkan pada sebuah kode JavaScript ke html, tepatnya dalam tag <body> atau <head>. 

- Eksternal Line – Jika sebelumnya penulisan sudah disisipkan ke dalam HTML, di penulisan jenis ini dibuat di file terpisah yang tersimpan dalam folder pada web server. 

- Case Sensitivity – Penulisan kode juga harus memperhatikan huruf kapital dan huruf kecil. Sebab, keduanya bisa jadi merupakan variabel yang berbeda dan akan mempengaruhi pada saat menjalankan program. 

- Penulisan Karakter – Penulisan kode akan mengabaikan pada karakter-karakter yang menggunakan spasi, enter dan tab. Namun, setiap baris terkadang membutuhkan tanda (;) untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

3. Tipe data JavaScript 

Berikut adalah beberapa contoh tipe data yang ada pada Javascript: 

- String atau teks 
- Integer atau Number berupa bilangan bulat 
- Float berupa bilangan pecahan 
- Boolean berupa (true/false) 
- Object berupa semua tipe data 

JavaScript ini sebenarnya bersifat dynamic typing. Artinya, Anda tak harus menuliskan tipe data pada saat mengisi variable seperti pada bahasa pemrograman lainnya.



Rekomendasi untuk Anda

Mengenal apa itu JavaScript Berikut adalah Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Mengenal Apa Itu JavaScript Berikut Adalah Fungs

Apa itu Javascript JavaScript adalah bahasa pemrograman populer yang digunakan untuk membangun situs web dengan konten situs web dinamis. Faktanya, lebih dari 67,7% developer menggunakan JavaScript. Konten dinamis berarti konten dapat bergerak atau berubah di depan layar tanpa memuat ulang hala

11 Skill Yang Harus Dimiliki Seorang Front End Developer

11 Skill Yang Harus Dimiliki Seorang Front End D

Programmer. Istilah tersebut kini dikenal juga oleh orang-orang yang bekerja di dunia IT. Ada begitu banyak pekerjaan di dunia pemrograman. Programmer atau pengembang sendiri dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis: Pengembang situs web atau pengembang perangkat seluler. Di masing-masing area ini,

Kamera Salah Satu Alat Untuk Mengabadikan Setiap Moment !

Kamera Salah Satu Alat Untuk Mengabadikan Setiap

Kamera merupakan seperangkat peralatan dengan berbagai kelengkapan dan memiliki fungsi untuk mengabadikan setiap momen dalam bentuk sebuah gambar, dari masa ke masa kamera semakin berkembang dan hingga sekarang dikombinasikan dengan berbagai smartphone. Mari bahas lebih dalam lagi tentang awal mula

Mengenal GPU (Graphics Processing Unit) Lebih Dekat Lagi

Mengenal GPU (Graphics Processing Unit) Lebih De

Bagi Kalian yang sering melakukan 3D rendering atau bermauin game pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya GPU. Komponen ini sangat sering sekali disebutkan, dan merupakan salah satu bagian penting dari sebuah rangkaian komputer. Sebenarnya seberapa penting GPU ini? Terus, apa fungsinya dala

Apa itu Devops? Berikut ini adalah penjelasannya!

Apa Itu Devops? Berikut Ini Adalah Penjelasannya

Jika Anda ingin membangun software atau suatu website yang lebih baik dan lebih cepat, DevOps adalah jawabannya. Inilah cara metodologi pengembangan software atau suatu website ini membawa semua orang ke meja untuk menulis kode secara aman dengan cepat. DevOps menggabungkan develop dan operationa


Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi
Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi
Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas
Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa Pembuatan Website Yogyakarta
Jasa Pembuatan Website Yogyakarta
Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi
Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi
Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten
Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar
Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia
Web Developer di Jakarta Indonesia
Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia
Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia
Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia
Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Yogyakarta Indonesia
Web Developer ERP di Yogyakarta Indonesia


We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+6289664230232 +6289664230232