Mengenal apa itu Seminar : Tujuan, Fungsi, Jenis, beserta 10 Contohnya


Mengenal apa itu Seminar : Tujuan, Fungsi, Jenis, beserta 10 Contohnya

Pengertian Seminar


Seminar adalah pertemuan untuk membahas suatu masalah ilmiah. Seminar biasanya terdiri dari satu atau lebih pembicaraan dengan makalah atau kertas kerja yang disiapkan. Dalam kegiatan seminar, topik pembahasan biasanya terfokus pada makalah atau kertas kerja yang disiapkan dan diedit sebelum seminar akan dimulai, dan topik pembahasan harus diminta oleh Panitia Penyelenggara. Inti diskusi yang telah ditentukan sebelumnya secara teoritis dibahas oleh pembicara seminar. Jika masalahnya terlalu luas, biasanya dibagi menjadi beberapa subtopik. Seminar memiliki seorang moderator yang bertugas menjalankan acara, yang mencatat intisari pembicaraan tentang topik-topik yang dibahas dalam seminar tersebut. Seminar dimulai dengan diskusi tentang gambaran besar masalah tersebut. Diskusi ini kemudian dibacakan oleh fasilitator hingga tujuan seminar yang diperoleh. Pembicaraan masalah di seminar biasanya memakan waktu lama karena sifatnya yang ilmiah. Oleh karena itu, pembicara harus bisa mengontrol waktu, jadi hindari menjelaskan hal-hal yang tidak penting. Setelah presenter memaparkan masalah, sesi biasanya dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, yang tentunya dipimpin oleh moderator seminar. Setelah menjawab semua pertanyaan, fasilitator menutup masalah yang dibahas dan menutup seminar dengan menyelesaikan masalah yang dibahas.

Sebagai aturan, tidak ada seminar yang diadakan untuk membuat keputusan tentang topik yang akan dibahas. Tetapi untuk membahas dan menyelesaikan masalah secara menyeluruh, seminar diadakan. Jika Anda memiliki beberapa hal seperti ini, ada baiknya mengadakan seminar:

- Adanya waktu yang sangat cukup guna melakukan untuk pembahasan masalah.
- Masalah yang telah di rumuskan sebelum seminar akan dilakukan.
- Permasalahan akan dipecahkan secara sistematis dan kompleks.
- Ketua atau pemimpin seminar telah memahami metode yang dipakai untuk memecahkan masalah yang akan dibahas.
- Anggota atau peserta seminar bisa diajak berfikir logis mengenai cara pemecahan masalah.
 

Pengertian Seminar Menurut Para Ahli


1. Webster’s Dictionary of Unabridged

Seminar adalah sekelompok mahasiswa yang dibimbing untuk melakukan suatu penelitian atau pembelajaran secara mendalam.

2. Oxford Advanced Dictionary

Seminar adalah suatu bentuk pembelajaran di sekolah atau universitas di mana isu-isu permasalahan dan didiskusikan dengan para profesor dan pakar di bidangnya.

3. Secara Terminology

Secara terminology, seminar adalah kegiatan yang dilakukan oleh seorang ahli atau peneliti untuk mengkomunikasikan atau mempresentasikan hasil ilmiah yang mereka teliti kepada peserta untuk membantu mereka mengambil keputusan.

4. Rusland Ahmadi

Seminar adalah salah satu kegiatan yang dapat dilakukan sebagai proses pemecahan suatu masalah atau mencari solusi, biasanya hasil dari penelitian atau literatur.
 

Fungsi Seminar


- Untuk menyampaikan segala sesuatu tentang pokok gagasan atau sesuatu hal yang baru kepada masyarakat umum atau para peserta seminar.
- Diharapkan pada para peserta yang mengikutinya dapat memperoleh ilmu dan pengetahuan baru yang nantinya dapat dikembangkan lagi untuk menyelesaikan masalah.
- Sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan sertifikat yang ditujukan untuk mendapatkan suatu pengakuan atau kualifikasi dalam suatu pekerjaan.
- Tempat untuk mencari ilmu.
- Tempat untuk menambah relasi, teman, network.
- Menambah fortofolio.
- Meningkatkan kepercayaan diri agar kita dapat lebih tenang.
- Salah satu cara bersosialisai dalam forum yang resmi.
 

Tujuan Seminar 


Tentunya seminar harus direncanakan dengan memperhatikan waktu, tempat, peserta, pengarah, dan sumber penelitian ilmiah agar dapat terselenggara dengan baik sesuai dengan tujuan seminar yang akan diadakan. Seperti diketahui, seminar digunakan untuk mengubah hasil penelitian ilmiah dan membuat keputusan bersama untuk meningkatkan sebuah hasil. Kegiatan seminar yang tidak direncanakan jauh dari  tujuan seminar. Peneliti seminar atau narasumber juga perlu benar-benar memahami dan menguasai isi dari hasil yang mereka terima. Peserta seminar minimal mengetahui judul seminar dan memiliki pemimpin seminar.
 

Syarat Seminar


- Anggota atau peserta seminar dapat berfikir logis dalam mengenai cara pemecahan masalah.
- Pemateri juga sudah tahu permasalahan yang akan di sampaikan.
- Menentukan waktu seminar.
- Masalah yang sudah di rumuskan.
- Permasalahan akan dapat dipecahkan secara sistematis dan ilmiah.
 

Ciri-Ciri Seminar


- Berbentuk Forum pada umumnya kegiatan seminar juga berbentuk forum interaksi yang melibatkan para sejumlah audiens sehingga terjadi komunikasi dua arah terhadap materi yang akan disampaikan.

- Mengacu Pada Makalah yaitu pembahasan materi seminar yang mengacu pada makalah atau kertas kerja yang telah disusun dan disiapkan oleh para pembicara.

- Membahas Isu Ilmiah yakni setiap kegiatan seminar selalu mengangkat isu ilmiah yang aktual sebagai bahan untuk didiskusikan.

- Adanya Respon dari para Audiens merupakan kegiatan seminar, penyanggah utama (biasanya seorang ahli) akan diberikan prioritas untuk merespon isi makalah yang disampaikan oleh pembicara.

- Selanjutnya, para audiens juga diberikan kesempatan untuk turut serta memberikan pertanyaan atau pendapat.
 

Susunan Seminar


Saat akan mengadakan seminar, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengembangkan sistem implementasi. Seseorang diinstruksikan untuk melakukan diskusi khusus tentang makalah atau kertas kerja yang sudah disiapkan. Yang satu berperan sebagai moderator, yang lain berperan sebagai narasumber dan pencatat yang kemudian  bertugas menyiapkan laporan. Biasanya, susunan acara untuk seminar yang sering dilakukan adalah sebagai berikut:

- Laporan terhadap ketua.
- Penyajian materi oleh ketua.
- Pembahasan oleh pembicara.
- Diskusi atau tanya jawab dengan para peserta.
- Kesimpulan.
- Penutup.

Yang Terlibat didalam Seminar

Seminar adalah suatu jenis diskusi yang bertujuan untuk memecahkan suatu masalah yang ada secara ilmiah. Seminar biasanya diselenggarakan oleh para akademis, baik yang ditawarkan oleh lembaga komersial atau organisasi profesional. Seringkali Peserta seminar reguler yang terlibat adalah:

- Penyaji materi.
- Moderator.
- Key speker: utuk pembahasan utama.
- Pimpinan.
- Anggota atau peserta.
- Tim perumus.
- Pembawa acara.
 

Penyelenggaraan Seminar


Untuk melaksanakan workshop, terlebih dahulu perlu disiapkan untuk sistem implementasinya. Orang lain akan ditunjuk sebagai pembahas khusus untuk naskah yang disiapkan. Satu digunakan sebagai moderator. Satu atau lebih ahli tentang materi yang sedang dibahas ditunjuk sebagai informan, dan satu atau dua orang bertindak sebagai juru tulis yang bertanggung jawab untuk menyiapkan laporan. Seminar tidak diadakan untuk mengatur agenda. Seminar pemecahan masalah. Inti dari seminar adalah diskusi, maka laporan seminar juga merupakan laporan hasil diskusi. Oleh karena itu, laporan seminar sebaiknya hanya memuat poin-poin utama saja.

Susunan acara pada seminar dapat dibuat seperti berikut ini.

- Laporan oleh ketua.
- Penyajian oleh ketua.
- Pembahasan oleh pemateri.
- Sesi Diskusi.
- Kesiimpulan.
- Penutup.
 

Tata Krama Penyaji dan Peserta


Adapun tata krama pada seminar ataupun diskusi panel diantaranya adalah:

1. Tata krama penyaji atau pemateri, yaitu:

- Menyiapkan makalah yang sesuai dengan topik dan landasan pemikiran yang sesuai
- Menyampaikan makalah secara berurutan, singkat, padat dan jelas
- Menerima masukan dan saran dari berbagai pihak dan
- Menjawab pertanyaan dengan sangat objektif.

2. Tata krama peserta, yaitu:

- Mempelajari makalah yang akan di sampaikan 
- Bersikap sopan dan ramah terhadap para peserta
- Menjaga kelancaran pada saat seminar
- Tidak berbicara pada waktu seminar sudah di mulai
- Apabila materi yang disampaikan belum selesai hendaknya tidak ada yang bertanya, bila ingin bertanya ada waktunya yaitu pada saat sesi pertanyaan sudah di mulai.
- Apabila peserta ingin bertanya sebaiknya peserta sebelum berbicara mengangkat tangan atau mengacungkan jari. Bila pemateri sudah mempersilahkan barulah bicara dan menyampaikan pertanyaan.
- Menyampaikan pertanyaan dengan suara singkat padat dan jelas.
 

Kelebihan dan Kelemahan Seminar


Kelebihan Seminar

1. Membangkitkan suatu pemikiran yang logis.
2. Mendorong pada analisa yang menyeluruh.
3. Prosedurnya dapat kita terapkan untuk berbagai macam jenis masalah.
4. Membangkitkan tingkat pada konsentrasi yang tinggi pada diri peserta.
5. Meningkatkan keterampilan dalam mengenal berbagai suatu permasalahan.
 

Kelemahan Seminar

1. Membutahkan waktu yang sangat banyak.
2 Memerlukan pimpinan yang sangat terampil.
3. Sulit dipakai bila kelompok yang akan di seminarkan terlalu besar.
4. Mengharuskan setiap kelompok untuk mempelajari berbagai materi terlebih dahulu.
5. Mungkin perlu dilanjutkan pada diskusi berikut nya.
 

10 Contoh seminar


Seminar dapat dilakukan pada berbagai macam jenis dan dibedakan berdasarkan maksud dan tujuan tertentu dalam beberapa contoh seminar adalah sebagai berikut:

1. Seminar nasional

Contoh seminar yang pertama adalah seminar nasional. Seminar nasional biasanya dilakukan oleh lembaga tertentu, dan dapat berkolaborasi dengan pihak kepentingan lainnya. Pada umumnya, peserta seminar, seperti halnya peneliti, adalah pihak dari masyarakat umum.

2. Seminar internasional

Seminar internasional juga merupakan contoh seminar. Hampir sama dengan seminar nasional, namun yang membedakan adalah pada skala seminarnya. Seminar ini bersifat internasional dan biasanya diselenggarakan oleh organisasi internasional. Peserta seminar adalah berbagai pihak yang berkepentingan dari berbagai negara.

3. Seminar proposal

Contoh seminar yang ketiga adalah seminar proposal. Sebagai mahasiswa tingkat akhir, Anda mungkin pernah menjadi salah satu penyelenggara seminar proposal ini. Tujuan dari seminar ini adalah agar mahasiswa dapat mempresentasikan rencana penelitian tugas akhir mereka kepada dosen pembimbing. Peserta seminar adalah  penguji, pengawas, wali dan mahasiswa dari program studi yang sama atau lainnya. Seminar ini biasanya merupakan syarat untuk kelulusan mahasaiswa.

4. Seminar skripsi

Contoh seminar yang keempat adalah seminar skripsi. Seminar ini merupakan seminar lanjutan dari seminar proposal. Bedanya, jika seminar proposal dilakukan terlebih dahulu, seminar skripsi ini akan menjadi seminar terakhir. Tujuan seminar skripsi ini adalah untuk mempresentasikan hasil tugas akhir mahasiswa kepada dosen pembimbing dan kepada penguji.

5. Seminar teknologi

Contoh seminar yang kelima adalah seminar teknologi. Tujuan dari seminar teknologi ini adalah untuk memberikan informasi tentang ilmu pengetahuan berbasis teknologi dan untuk memperluas wawasan dan pengetahuan di bidang teknologi.

6. Seminar matematika

Contoh selanjutnya adalah dalam seminar matematika. Seminar matematika adalah sebuah kegiatan pembelajaran yang dilakukan untuk memberikan informasi terkait ilmu tentang kuantitas, ruang, struktur, serta perubahan. Tujuan seminar adalah agar peserta seminar dapat belajar untuk menemukan pola, merumuskan dugaan baru, serta membangun kebenaran melalui metode yang telah disampaikan.

7. Seminar budaya

Sebagai contoh seminar yang ke-7, ada seminar budaya. Diskusi di seminar membantu memberikan informasi tentang aspek-aspek kajian budaya yang relevan secara ilmiah dan penting. Tujuan seminar adalah mengajak peserta untuk melestarikan budaya.

8. Seminar keperawatan

Mengenai kesehatan, contoh seminar selanjutnya adalah seminar keperawatan dalam bentuk kegiatan pembelajaran dan pelatihan. Seminar ini bertujuan untuk memberikan materi dan pengetahuan keperawatan untuk mempersiapkan dan memahami kode etik menjadi perawat. Seperti namanya, peserta seminar biasanya adalah calon perawat atau perawat.

9. Seminar kefarmasian

Contoh lain dari seminar kesehatan adalah seminar farmasi. Tujuan dari seminar ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang industri farmasi. Misalnya, Anda dapat mempelajari cara membuat, meracik, dan mencampur formulasi obat.

10. Seminar kewirausahaan

Seminar kewirausahaan adalah salah satu contoh seminar kewirausahaan. Seminar ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang bisnis dan peluang bisnis, serta memberikan wawasan kepada peserta seminar tentang bagaimana mengelola berbagai risiko yang mungkin timbul dalam berbisnis.



Rekomendasi untuk Anda

Mengenal apa itu Seminar : Tujuan, Fungsi, Jenis, beserta 10 Contohnya

Mengenal Apa Itu Seminar : Tujuan, Fungsi, Jenis

Pengertian Seminar Seminar adalah pertemuan untuk membahas suatu masalah ilmiah. Seminar biasanya terdiri dari satu atau lebih pembicaraan dengan makalah atau kertas kerja yang disiapkan. Dalam kegiatan seminar, topik pembahasan biasanya terfokus pada makalah atau kertas kerja yang disiapkan da

Mengenal Lebih Dekat Apa itu Marketplace Beserta Jenis dan Contoh Penerapannya

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Marketplace Beserta

Pada era seperti sekarang ini transaksi jual beli banyak dilakukan secara online melalui internet. Sehingga pembayaran dan pengiriman bisa dilacak melalui perangkat elektronik. Seperti market place merupakan salh satu platform e-commerce saat ini. Yang dimana banyak orang yang melakukan aktivitas j

Mari Kenali Pengertian dan Manfaat Dari Webinar

Mari Kenali Pengertian Dan Manfaat Dari Webinar

Mari Kenali Pengertian dan Manfaat Dari Webinar - Berkembangnya teknologi, yang mampu mempermudah sebuah  permasalah dapat diatasi. Terlebih di bidang penyebaran informasi atau pemasaran. Anda dapat menggunakan webinar sebagai salah 1 opsi baru untuk menyebarkan sebuah informasi terkini at

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Cache Dan Apa Kegunaannya

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Cache Dan Apa Kegun

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Cache Dan Apa Kegunaannya - Secara singkat arti dari Cache yaitu sebuah teknologi yang bisa menjadikan perubahan pada proses dari membuka halaman web atau situs sehingga bisa lebih cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama lagi untuk mengaksesnya. Dan selain itu, denga

Strategi Pemasaran: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Strategi Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Dan Cont

Pengertian Strategi Pemasaran Para ahli memiliki beberapa pendapat tentang pengertian strategi pemasaran, berikut di antaranya: 1. Menurut Paul dan Guiltinan Menurut Paul dan Guiltinan, strategi pemasaran adalah sebuah pola yang digunakan untuk mengembangkan bisnis atau perusahaan. Metode


Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi
Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi
Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas
Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi
Jasa Pembuatan Website Professional
Jasa Pembuatan Website Yogyakarta
Jasa Pembuatan Website Yogyakarta
Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi
Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi
Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten
Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar
Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia
Web Developer di Jakarta Indonesia
Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia
Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia
Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia
Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer ERP di Jakarta Yogyakarta
Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Singapore Indonesia
Web Developer ERP di Yogyakarta Indonesia
Web Developer ERP di Yogyakarta Indonesia


We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya
Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+6289664230232 +6289664230232