Tips Memilih Platform Media Sosial yang Pas dengan Bisnis Anda



Tips Memilih Platform Media Sosial yang Pas dengan Bisnis Anda

Tips Memilih Platform Media Sosial yang Pas dengan Bisnis Anda

Tips Memilih Platform Media Sosial yang Pas dengan Bisnis Anda - Banyaknya platform media sosial terkadang membuat kita bingung mau menggunakan yang mana. Mau aktif di satu platform saja, kesannya kok ketinggalan dengan teman-teman yang menggunakan platform-platform media sosial yang lain. Mau aktif di banyak platform, rasanya kok menyita banyak waktu saja. Bagi Anda yang seorang pebisnis, tentu hal itu juga merupakan dilematis tersendiri. Lalu bagaimana solusinya? Sekarang, coba Anda amati dulu karakter 9 media sosial beserta tips penggunaannya berikut ini.

Facebook
Di antara media-media sosial lainnya, Facebook merupakan media sosial  yang paling dapat menjangkau segala lapisan. Hampir setiap orang yang aktif di internet pasti memiliki akun media sosial, setidaknya di Facebook. Meskipun media-media sosial lain telah banyak bermunculan, Facebook saat ini masih memiliki basis pengguna yang sangat kuat. Itu adalah peluang besar bagi Anda untuk menjadikan Facebook sebagai channel pemasaran digital. Oleh karena tipe kebanyakan pengguna Facebook adalah orang yang santai dan ramah, hindarilah untuk terlalu sering memosting konten promosi yang kaku. Ada kalanya, Anda juga perlu membagikan konten informasi, tips, dan hiburan ringan yang dapat mengundang interaksi. Untuk mengarahkan lebih banyak pengguna ke situs web Anda dan lebih mengenal produk yang Anda pasarkan, Anda juga bisa memanfaatkan layanan iklan Facebook berbayar (Facebook Ads).

Pinterest
Jika target pasar Anda adalah kaum wanita, Pinterest adalah platform media sosial yang sangat ideal untuk memasarkan produk Anda. Sebagai media sosial yang mengusung kekuatan gambar, Pinterest sangat cocok dijadikan saluran pemasaran digital, terutama untuk produk-produk fashion, kosmetik, aksesori, dan kerajinan tangan. Oleh karena kaum wanita biasanya menyukai produk berdasarkan visualnya, Anda hanya perlu menyajikan konten-konten gambar dengan angle yang unik dan semenarik mungkin. Semakin bagus kualitas gambar, semakin bagus pula konversi yang bisa Anda dapatkan. 

Twitter
Nah, kalau Anda termasuk orang yang selalu cepat dan aktif dalam mengikuti dan memberikan informasi terkini, Twitter adalah media sosial yang tepat untuk memasarkan produk Anda. Untuk mendapatkan banyak pengikut tetap, hindarilah untuk men-tweet promosi yang kaku dan berulang-ulang. Anda dapat mempertahankan pengikut Anda dan mendapatkan pengikut baru apabila Anda sering memberikan informasi menarik, komunikatif, dan cepat respons. Selain mempromosikan produk dan membangun merek, ada kalanya Anda perlu memberikan informasi penawaran spesial, diskon menarik, dan giveaway. Jangan lupa juga untuk senantiasa membalas atau paling tidak me-retweet kicauan dari (calon) pelanggan yang membicarakan hal baik mengenai produk Anda.

Google+
Berbeda dengan Facebook yang digunakan oleh banyak orang, Google+ lebih digunakan oleh orang-orang tertentu. Meskipun tidak sebanyak pengguna Facebook, pengguna Google+ biasanya membentuk grup-grup komunitas yang aktif. Hal itu tentu saja berguna bagi Anda yang menargetkan pasar khusus bagi produk Anda. Cobalah untuk membagikan foto, video, dan tautan pada komunitas yang Anda targetkan. Anda juga bisa membuat lingkaran kecil lagi dari grup-grup yang ada, misalnya lingkaran penggemar yang sangat aktif mengikuti dan menanggapi postingan Anda. Lalu, Anda dapat lebih menarik perhatian mereka lagi dengan memberikan penawaran eksklusif dan diskon khusus.

LinkedIn
LinkedIn merupakan platform media sosial yang biasanya digunakan oleh orang-orang profesional atau lebih tepatnya untuk kepentingan yang bersifat profesional. Umumnya, pengguna LinkedIn adalah orang-orang berpendidikan tinggi dan/atau telah bekerja. Jika produk dari bisnis Anda ditujukan untuk orang-orang profesional, LinkedIn adalah channel media sosial yang tepat bagi pemasaran digital produk Anda.

Youtube
Sebagai platform media sosial yang setiap hari hampir selalu diakses oleh semua pengguna internet, Youtube adalah channel pemasaran digital yang menjanjikan. Untuk di awal, Anda bisa mencoba dulu membuat konten video mengenai produk Anda, tetapi fokuskan ke konten yang bermanfaat sehingga memiliki peluang untuk lebih banyak ditonton, seperti video cara membuat sesuatu atau instruksi melakukan suatu hal. Anda bisa menyisipkan iklan produk Anda, tetapi usahakan jangan terlalu berlebihan. Baru setelah penonton dan pelanggan akun Youtube Anda cukup banyak, Anda bisa perlahan membuat konten video mengenai produk Anda secara terang-terangan. 

Media Sosial Berbasis Lokasi
Platform media sosial berbasis lokasi ini cukup beragam. Beberapa di antaranya sebut saja Google Now, Foursquare, dan Yelp. Media sosial berbasis lokasi tidak sepopuler platform-platform media sosial lainnya, tetapi Anda bisa menggunakan platform media sosial jenis ini untuk mengklaim bisnis Anda untuk mempromosikan dan memberikan penawaran menarik, seperti diskon spesial dan hadiah check-in. Selain sebagai channel pemasaran, di sini Anda juga bisa mendapatkan skor dan ulasan dari pelanggan Anda sehingga dapat membantu dalam memengaruhi calon pelanggan untuk mengunjungi bisnis Anda. 

Instagram
ini dia platform media sosial yang saat ini paling banyak digunakan orang setelah Facebook. Pertumbuhan angka pengguna Instagram yang terus meningkat adalah peluang besar bagi Anda yang terutama target pasarnya adalah anak muda. Kuncinya Anda harus kreatif dan pandai bermain di gambar, mengingat Instagram adalah all about visual. Jangan lupakan juga bahwa caption dan hashtag penting untuk Anda mainkan. Sebenarnya, hampir semua bisnis dapat memanfaatkan platform media sosial satu ini, asal produk tersebut cocok untuk divisualisasikan atau Anda memiliki formula bagus untuk menggambarkan bisnis Anda yang pas dengan gaya Instagram. 

Reddit
Platform media sosial satu ini juga bisa dijadikan pilhan sebagai channel pemasaran digital Anda. Akan tetapi, Anda perlu mencatat bahwa konten-konten yang unik dan menarik saja yang akan disambut dengan baik di Reddit, mengingat kebanyakan pengguna Reddit adalah kaum muda yang bertipe unik dan geeky. Jadi, sebelum membuat konten, pastikan Anda mengulik dulu karakter para pengguna Reddit dan bentuk-bentuk konten di Reddit yang banyak di-upvote agar konten Anda tidak diabaikan begitu saja.

Beda platform media sosial, beda pula pendekatannya. Pertama-tama, Anda yang jelas harus benar-benar mengetahui dulu siapakah target pasar Anda. Lalu pilihlah platform media sosial yang banyak digunakan dan sesuai dengan karakter target pasar Anda. Jika sudah, mulailah untuk membangun brand dan mempromosikan produk Anda di media sosial dengan konten-konten yang semenarik mungkin. 

 

With Digital We Empowering You!

Benarkah Google Chrome Akan Mengusung Fitur Dark Mode di Versi Terbarunya?

Benarkah Google Chrome Akan Mengusung Fitur Dark

Benarkah Google Chrome Akan Mengusung Fitur Dark Mode di Versi Terbarunya? - Bagi Anda yang suka berselancar di internet melalui peramban web Google Chrome, ada berita terbaru yang menyenangkan. Google Chrome sepertinya akan segera merilis fitur mode gelap (dark mode) pada sistem operasi Windows 10

Mengenal 3 Konsep Dasar Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Mengenal 3 Konsep Dasar Kecerdasan Buatan (Artif

Mengenal 3 Konsep Dasar Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) - Kemajuan yang di hasilkan dari Artificial Intelligence atau lebih di kenal dengan kecerdasan buatan sangat mengejutkan. Upaya untuk memajukan konsep AI selama 20 tahun terakhir telah menghasilkan beberapa inovasi yang benar-benar

4 Update Terbaik dari Android Pie

4 Update Terbaik dari Android Pie

4 Update Terbaik dari Android Pie - Pada bulan Agustus 2018, Android telah merilis sistem operasi versi terbaru yang diberi nama Android Pie atau biasa di sebut Android P. Google menyesuaikan konvensi penamaan OS android yang bertema makanan penutup, yaitu Android Pie. Sistem operasi ini berfokus pa




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Rumah Sakit Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Yogyakarta Indonesia Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia