Kenali ERD & Cara Membuatnya


Kenali ERD & Cara Membuatnya

   Ketika ingin mendokumentasikan sebuah database Anda harus meningkatkan pemahaman pada sistem database tersebut. Dengan menggunakan ERD,  maka akan membantu Anda dalam menyusun database agar terlihat lebih rapi dan terstruktur. Jangan lupa untuk menentukan beberapa komponen penyusun dalam menyiapkan informasi dalam perangkat komputer dengan benar agar tidak terjadi duplikat kata kunci.
   Diagram ERD merupakan satu langkah awal dalam penyusunan database. Diagram ini juga dikenal sebagai hubungan dalam model entitas. ERD merupakan diagram model penyusun database agar dapat dengan mudah untuk menggambarkan relasi dengan database yang akan dibuat.


Apa Itu Entity Relationship Diagram (ERD) ?

   ERD merupakan model penyusunan atau rancangan sebelum membuat sebuah database, agar lebih mudah dalam menggambarkan data yang memiliki relasi dalam bentuk sebuah diagram. Diagram ERD juga membuat penyusunan database Anda agar terlihat lebih rapi dan terstruktur. Dengan membuat ERD maka sistem yang akan dibuat dapat terlihat lebih terstruktur dan rapi. ERD juga berfungsi sebagai kerangka atau konsep dasar dalam pembuatan database, yang memvisualisasikan proses suatu data agar dapat saling terhubung.


Komponen Pembuatan ERD

1. Entitas
   Entitas merupakan objek yang diidentifikasi unik dan berbeda. Biasa dilambangkan dengan bentuk persegi panjang. Ada juga entitas lemah yang dilambangkan dengan ukuran persegipanjang yang lebih kecil didalam persegi panjang yang ukuranya besar.. Biasanya entitas lemah ada karena memiliki hubungan dengan entitas lain atau tidak unik.

2. Atribut
   Atribut merupakan karakteristik identitas untuk sebuah entitas, setiap entitas memiliki atributnya masing - masing. Biasa dilabangakn dengan bentuk elips. Terdapat beberapa bagian dalam atribut, seperti atribut kunci atau key. Key merupakan pembeda dari setiap entitas.  Berikut jenis - jenis atribut dan kegunaannya;

   Atribut Kunci (Key)
   Atribut kunci biasa digunakan untuk data yang bersifat unik. Biasanya atribut kunci digunakan pada entitas yang berupa angka. Contohnya NPWP, NIM, NIK, Kode, SIM, dan lain sebagainya.

   Atribut Simple
   Atribut simple merupakan atribut yang bernilai tunggal yang tidak dapat dipecah lagi atau biasa disebut atomic. Contohnya kantor, alamat rumah,  nama penerbit, tahun terbit jurnal atau buku, dan lain sebagainya.

   Atribut Multinilai (Multivalue)
   Atribut multinilai merupakan atribut yang memiliki nilai untuk setiap kelompok entitas. Contohnya nama pengarang dalam sebuah buku, novel, ataupun buku pelajaran, dan lain sebagainya.

   Atribut Gabungan (Composite)
   Atribut gabungan merupakan atribut yang disusun dari beberapa atribut kecil dengan arti tertentu. Contohnya data nama lengkap, yang terbagi menjadi beberapa bagian seperti nama depan, nama tengah, dan nama belakang, dan lain sebagainya.

   Atribut Derivatif
   Atribut derivatif merupakan atribut yang dihasilkan dari atribut lain dan tidak wajib juga ditulis dalam ERD. Contohnya selisih uang, selisih waktu,usia, kelas, ruangan, dan lain sebagainya.

3. Relasi
   Relasi merupakan hubungan antara entitas yang berasal dari kumpulan entitas yang berbeda - beda. Bentuk relasi dilambangkan dengan bentuk belah ketupat. Ada tiga jenis relasi yang dipakai di ERD, antara lain sebagai berikut:
  
One to One

    Yang memiliki arti, setiap entitas hanya boleh mempunyai relasi dengan satu entitas lainnya . Contohnya yaitu nama mahasiswa yang diganti dengan NIM.
 
   One to Many
    Yaitu hubungan entitas dengan beberapa entitas lainnya,  begitu pula sebaliknya. Contoh implementasinya yaitu data yang berkaitan antara guru dengan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

   Many to Many    
    Hubungan antara beberapa entitas yang mempunyai lebih dari satu relasi. Contohnya yaitu siswa SMK dengan data yang berkaitan ekstrakurikuler yang disediakan.

4. Garis
   Garis memiliki fungsi guna penghubungan antar atribut sebagai bentuk hubungan entitas yang model dari diagram ER sendiri.


Cara Membuat ERD

1. Identifikasi Entitas
Pertama-tama yang mesti anda lakukan yaitu identifikasi semua jenis entitas yang ingin Anda pakai. Anda bisa mengawali dengan menggambar persegi panjang yang berisi deskripsi singkat yang memiliki kaitan dengan nama entitas itu.  

2. Deskripsikan Relasi Entitas
Selanjutnya, Anda bisa memulai identifikasi beberapa entitas yang mempunyai relasi yang mirip disambungkan memakai garis. Lakukan langkah itu sesuai kebutuhan database proyek ingin anda kembangkan. Anda juga bisa menambah simbol bentuk diamond guna pendeskripsian sambungan atau hubungan itu.

3. Menambahkan Atribut
Berikutnya, Anda bisa memberikan tambahan beberapa atribut yang telah anda pahami atau ketahui di materi sebelumnya. Pastikan Anda juga membuat atribut key di setiap entitas yang digambarkan dalam bentuk oval.

4. Melengkapi Diagram
Yang terakhir  yaitu dengan melengkapi ERD dengan sistem kebutuhan yang Anda akan buat. Teliti lagi untuk setiap komponen apabila ada simbol yang keliru, atau komponen atribut yang tertukar. Anda bisa memakai warna terang guna penandaan setiap atribut yang Anda anggap penting.

Tools untuk  Membuat ERD

1. Draw.io
Tool Draw.io cukup casual serta mudah dipakai. Bentuk penyimpanannya memiliki basis cloud yang bisa dipakai guna pembuatan flowchart.

2. Dbdiagram.io
Dbdiagram.io adalah tool atau alat yang bisa dipakai guna membuat diagram ER beserta pendesainan database yang mudah dan cepat. Tool atau alat ini memakai bahasa yang mudah dimengerti  dan memiliki sifat open source.

3. Lucidchart
Lucidchart dipakai oleh para desainer profesional untuk mempermudah pekerjaannya dalam merancang model ERD. Lucidchart memberikan penawaran tampilan interface yang bagus, akan tetapi berbayar. Anda tak perlu khawatir, sebab Lucidchart menyediakan free version untuk anda yang masih pemula dalam pembuatan diagram.

4. QuickDBD
Quick DBD Memiliki basis teks serta cepat untuk menggambar diagram yang dibutuhkan. QuickDBD menyediakan file export dalam banyak format, contohnya PDF, SQL, maupun Word.

5. SQLDBM
Alat atau tool terakhir SQLDBM yang dipakai guna menjalankan database yang memiliki basis MySQL. Keunggulan dari SQLDBM yaitu bisa bekerja di banyak browser juga  tidak membutuhkan database engine tambahan.


Kesimpulan

ERD merupakan bentuk model guna penyusunan rangka database agar memudahkan dalam pemberian gambar terkait relasi yang memiliki bentuk desain. Guna pembuatan diagram ER yang baik dan bagus, Anda bisa mencoba menentukan entitas beserta atribut apa saja yang diperlukan yang memiliki kaitan dengan proyek yang Anda punya. Pakailah tools online guna pengembangan ERD yang lebih cepat dan tersistem.



- Afifah Retno Sari & Fajar Slamet Apriyono

Rekomendasi untuk Anda

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva dalam Dunia Bisnis

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva Dalam Dunia Bisnis

Yuk, Kenali Pengertian Aktiva dalam Dunia Bisnis Di dalam Dunia bisnis tentu saja tidak lepas dari menghitung keuangan. Dalam keuangan ini, aktiva adalah salah satu arti yang sering kali diomongkan dalam hal bisnis. Nah, untuk Aktiva ini dianggap sebagai sebuah komponen yang sangat penting untu

Apa sih manfaat Big Data Dalam Perkembangan Dunia Teknologi

Apa Sih Manfaat Big Data Dalam Perkembangan Duni

Apa sih manfaat Big Data Dalam Perkembangan Dunia Teknologi Di dalam Big data zaman sekarang ini banyak dikenal sebagian orang yaitu untuk pengembangan di dalam perangkat lunak dengan data yang lebih besar dan luas. Nah untuk menggunakan dalam basis data ini diperlukan untuk dapat mengelola maupun

Cara Menabung Saham yang  Menguntungkan, Cocok bagi Pemula

Cara Menabung Saham Yang Menguntungkan, Cocok B

Investai saham yaitu seseorang dapat menyimpan kekayaan (aset) ke perusahaan yang ingin dibeli sahamnya, investasi ini memiliki persepsi yang sama seperti menabung pada bank.Saham adalah salah satu bukti kepemilikan seseorang kepada suatu perusahaan yang menerbitkan sertifikat saham dengan seseorang

Kenali Apa Itu Hedonisme !

Kenali Apa Itu Hedonisme !

Manusia hidup menggunakan pandangan dan ideologinya masing-masing. Mereka memperlihatkan apa yang mereka yakin lewat sikap serta gaya hidup dijalani. Ideologi yang banyak berkembang di penduduk yaitu hedonisme. Bagi masyarakat, hedonisme memiliki kaitan dengan sifat boros, senang membuang-buang uan

Kenali Framework Laravel

Kenali Framework Laravel

Di Dalam pengembangan sebuah website diperlukan adanya framework yang mendukung. Seperti yang banyak dibicarakan oleh para pembuat website salah satu framework yang mendukung agar pengerjaan lebih optimal yaitu dengan menggunakan framework laravel. Penggunaan framework yang baik itu sesuai dengan ap




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia

We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+6289664230232 +6289664230232