Mengenal lebih dekat apa itu Server


Mengenal lebih dekat apa itu Server

Data merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan maupun organisasi yang mengelola sebuah informasi dalam skala yang besar, dengan menggunakan server perusahaan maupun organisasi dapat mengelola dan memonitoring data dengan penyimpanan yang lebih luas daripada komputer client. Pada artikel kali ini kita akan membahas penggunaan dari server dan jenis jenis serta fungsi dari server, sehingga anda bisa memahami cara kerja dan penerapan agar mempermudah dalam menyimpan dan menghubungkan data antar komputer.

Pengertian Server

Server merupakan komputer yang mempunyai layanan khusus yang biasanya berhubungan dengan penyimpanan data, data yang tersimpan di server ini berupa berbagai jenis dokumen dan informasi yang kompleks, layanan ini bertujuan untuk memberikan kebutuhan bagi client dengan menyediakan akses informasi ataupun data. Server ini juga memiliki peran penting dalam mengirim dan menerima data ataupun informasi secara cepat, bentuk fisik server ini berupa jaringan komputer yang memiliki ukuran besar dan juga menampung komponen processor dan RAM yang banyak.

Fungsi Server

Fungsi utama dari server ini adalah sebagai tempat penyimpanan data dan informasi berkapasitas besar, tidak hanya itu saja server pun juga memiliki fungsi yang lain, berikut ini kegunaan server yang lain.
  • Server Aplikasi -- Fungsi yang pertama ini sebagai server aplikasi, dikarenakan dapat menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diolah dan diakses oleh client, server ini berperan penting dalam membantu kebutuhan bisnis dalam mengelola dokumen atau produk aplikasi sebuah perusahaan maupun organisasi.
  • Server Proxy -- Fungsi yang kedua ini server dapat mengatur jalannya lalu lintas (traffic) pada suatu jaringan melalui konfigurasi proxy, secara sederhana server proxy ini memiliki peran menghubungkan komputer client  dengan jaringan internet.
  • Server Data -- Fungsi yang terakhir ini server juga dapat digunakan tempat menyimpan data baik yang sudah diolah maupun yang belum diolah, nantinya data data tersebut dapat diakses dan dikelola oleh client dengan bantuan aplikasi yang berada di dalam server.

Jenis Jenis Server

Setelah anda paham tentang fungsi server selanjutnya kita akan membahas jenis jenis dari server itu sendiri, jenis server dibagi berdasarkan jenis data yang dikelola menjadi 8 jenis yaitu.
  • Web Server -- Jenis yang pertama yang akan kita bahas bernama Web Server, web server ini merupakan jaringan komputer yang khusus untuk menerima layanan informasi dalam bentuk HTTPS dan HTTP, jadi web server ini akan mengirim data tampilan halaman website ke komputer client agar browser client menampilkan halaman website.
  • Halaman website itu biasanya dikirim dalam bentuk HTML dan CSS yang akan diproses oleh aplikasi browser client agar dapat tampil di layar komputer client. Saat ini web server berperan tidak hanya menampilkan WWW (World Wide Web) saja tetapi juga meninjau kebutuhan manajemen suatu pekerjaan.
  • Mail Server -- Jenis yang ini merupakan Mail Server, dimana mail server memiliki peran untuk melayani client dalam bertukar pesan melalui perangkat elektronik yang berbeda, mail server ini terbagi menjadi 2 jenis yang pertama  server surat keluar dan server surat masuk. Pada server masuk ini terbagi menjadi 2 yaitu IMAP (Internet Message Access Protocol) dan POP3 (Post Office Protocol 3rd Version), fungsi POP3 merupakan protokol pesan elektronik yang menyimpan pesan di penyimpanan local hard drive, sedangkan IMAP yaitu suatu protokol yang berfungsi untuk menyimpan pesan dalam sebuah mail server.
  • Game Server-- Pada jenis server yang ketiga ini, dimana suatu server lebih cenderung dipakai para penikmat game(Gamer) dan pengembang(Developer) game. Pada saat ini kebutuhan game server lebih berfokus pada permainan yang bersifat multiplayer online, dimana salah satu server ini terdapat banyak sekali user yang sedang mengakses secara bersamaan.
  • FTP Server -- Jenis yang keempat ini File Transfer Protocol Server atau disingkat FTP server merupakan protokol internet yang diberikan akses data server hanya kepada satu jaringan saja, setiap client dapat melakukan transfer file ataupun dokumen melalui server, fungsi utamanya ialah memberikan layanan kepada client untuk melakukan transfer data melalui server tersebut.
  • DHCP Server -- Jenis yang kelima ini bernama Dynamic Host Configuration Protocol atau disingkat DHCP Server merupakan jaringan yang menjalankan akses layanan penyewaan IP Address serta informasi TCP/IP kepada client, fungsi dari server ini adalah memberikan layanan IP secara otomatis kepada client, host, maupun komputer pada jaringan TCP/IP yang melakukan request.
  • Database Server -- Jenis database server ini memiliki server yang menyediakan akses kepada client untuk dapat mengelola data dan informasi yang disediakan dari server,database server ini memiliki 4 jenis yaitu flat file, relation, object, relational-object database. Fungsi utama dari Database Server ini ialah memberikan pengguna untuk mengakses layanan data yang terstruktur sehingga dapat melakukan pencarian informasi secara cepat  dan juga dapat dilakukan secara bersamaan.
  • File Server -- Jenis yang ketujuh ini bernama File Server, server ini merupakan jaringan komputer yang menyediakan  kebutuhan data yang tersimpan pada disk, disk ini menyimpan berbagai file yang berupa gambar, video, dokumen, musik, dan file yang lainnya, server ini memang dirancang untuk dapat diintegrasikan secara langsung dengan workstation,
  • Proxy Server -- Jenis yang terakhir ini memiliki peran penting sebagai perantara yang menghubungkan antara client dengan web server, jadi setiap client yang menggunakan internet akan melewati proxy terlebih dahulu sebelum dilanjutkan ke web server, mengamankan IP Address client ketika mengakses internet melalui perangkat komputer yaitu tugas dari server ini.

Cara Kerja Server

Secara sederhana server bekerja atas permintaan client, sehingga setiap jenis server memiliki cara kerja hampir sama yaitu mengikuti permintaan client, perbedaan antara jenis server yang lain yaitu terletak pada bagian implementasi layanan, tugas, dan fungsinya saja. Misalnya saja web server, ketika anda mengetik suatu alamat website pada aplikasi browser anda maka seketika perangkat komputer anda berperan sebagai client karena meminta informasi dari web server dari alamat website tersebut, kemudian web server akan memberikan informasi website tersebut kepada anda agar dapat ditampilkan pada layar perangkat komputer anda.

Manfaat dari Server

  • Server memiliki banyak sekali manfaat yang bisa anda manfaatkan, berikut beberapa manfaat yang telah kami ringkas.
  • Menjamin keamanan data -- Server dapat menjaga dan menyimpan seluruh data dengan aman dan termonitoring setiap saat, selain itu data yang tersimpan dapat diakses dengan cepat sesuai kebutuhan anda.
  • Menghemat biaya -- Dapat menghemat biaya pengeluaran untuk membeli kebutuhan perangkat penyimpanan data, server telah menyediakan kapasitas penyimpanan yang besar daripada komputer client pada umumnya.
  • Memudahkan dalam manajemen data -- Dapat memudahkan dalam memproses pengelolaan berbagai data penting yang membutuhkan penanganan yang cepat, server juga menjamin data dapat disimpan dalam jangka panjang.
  • Mengoptimalkan fungsi kolaborasi antar tim -- Manfaat yang terakhir ini server mampu memaksimalkan kerja antar setiap tim ataupun departemen, dimana tim untuk bekerja tidak hanya secara offline saja namun dituntut bekerja secara online sehingga server memiliki peran penting dalam meningkatkan produktivitas karyawan.

Kesimpulan

Server merupakan komputer yang mempunyai layanan khusus yang biasanya berhubungan dengan penyimpanan data, data yang tersimpan di server ini berupa berbagai jenis dokumen dan informasi yang kompleks. Fungsi utama dari server ini adalah sebagai tempat penyimpanan data dan informasi berkapasitas besar

 

Rekomendasi untuk Anda

SQL: Pengertian, Fungsi, dan Jenis Structured Query Language

SQL: Pengertian, Fungsi, Dan Jenis Structured Qu

Singkatnya, Structured Query Language ataupun SQL merupakan perintah pemrograman yang digunakan buat mengakses serta mengelola informasi pada sistem database. SQL adalah salah satu poin berarti yang terdapat pada riset metode jaringan pc. Oleh sebab itu, postingan ini akan membahas semua yang butuh

Cara Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) Yang Dapat Membantu Untuk Bisnis Atau Penjualan

Cara Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) Y

AI dalam Bisnis Dan Penjualan Sehabis kami menguak AI, gampang buat memandang kenapa AI pula dapat efisien dalam proses penjualan. AI membaca pola dalam informasi historis dengan sangat akurat. Secara spesial, pola, di mana sikap sesi dini tertentu bersama dengan profil bisa jadi menuju pada sikap

Apa Itu Marketing 4.0? Ini Pengertian & Contoh Penerapannya

Apa Itu Marketing 4.0? Ini Pengertian & Contoh P

Seiring dengan pertumbuhannya teknologi, dunia pemasaran pula turut tumbuh. Jika dulu kita cuma memahami konsep marketing 1. 0 saat ini telah terdapat skema Marketing 4. 0 yang dikira lebih relevan. Apa itu marketing 4. 0? Di masa digital saat ini, disrupsi tidak cuma terjalin di ranah industri.

Ini Dia, Cara Kerja Dropshipper Agar Sukses Yang Jarang Diketahui

Ini Dia, Cara Kerja Dropshipper Agar Sukses Yang

Apa itu Bisnis Dropshipping? Dropshipping merupakan suatu model bisnis jual beli di mana penjual tidak menaruh stok produk tersebut, melainkan menyalurkannya langsung dari pemasok mengarah pembeli. Pada bisnis dropship, pihak penjual tidak melaksanakan penyimpanan stok maupun pengiriman benda. Dro

Inilah, Beberapa Manfaat SEO Untuk Bisnis Start-Up Maupun Perusahaan Besar

Inilah, Beberapa Manfaat SEO Untuk Bisnis Start-

Apakah kamu ketahui khasiat SEO buat bisnis kamu? Di era serba internet saat ini ini, para pelakon bisnis berlomba- lomba mengoptimalkan teknologi digital buat memperkenalkan bisnisnya serta memasarkan bahan- bahan mereka. Salah satu metode yang sangat terkenal merupakan dengan memakai metode optim




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia Web Developer ERP di Kalimantan Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia Web Developer ERP di Singapore Indonesia

We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya

Contact Us

It's your time to collaborate with us!

+6289664230232 +6289664230232