Bagaimana Memilih Software ERP Terbaik untuk Bisnis Kecil Menengah Anda?

Bagaimana Memilih Software ERP Terbaik untuk Bisnis Kecil Menengah Anda?

Perangkat lunak perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) adalah solusi otomatis penting yang dapat digunakan bisnis untuk mengelola produksi, pemrosesan pesanan, dan inventaris. Perangkat lunak ERP juga memantau alokasi dan penggunaan sumber daya dari sistem manajemen basis data yang komprehensif dengan analitik bawaan. Aplikasi pendukung memungkinkan bisnis untuk melacak informasi antar divisi di perusahaan.

Beberapa fungsi yang paling umum meliputi perencanaan produk dan pembelian, perencanaan pembuatan dan pengiriman, manajemen inventaris, pengiriman, pembayaran, manajemen rantai pasokan, dan manajemen hubungan pelanggan (CRM). Dengan perangkat lunak ERP, data dan informasi dikembangkan dan disimpan secara otomatis di satu sistem.

Melalui sistem ini, usaha kecil dapat menghilangkan kebutuhan untuk menyimpan banyak salinan data seperti spreadsheet, database, dan formulir pemesanan. Ini memudahkan personel untuk mengakses dan memperbarui informasi terkait dengan hanya mengklik sebuah tombol. Otomatisasi juga mengurangi kebutuhan akan tugas manual yang membantu mempercepat proses penting seperti manajemen pesanan. Pengambilan data dan informasi yang mudah juga akan mempercepat perencanaan dan pengambilan keputusan.

Apa itu Software Enterprise Resource Planning (ERP)?
Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sistem informasi yang mengelola, melalui integrasi, semua aspek bisnis termasuk produksi, perencanaan, pembelian, manufaktur, penjualan, distribusi, akuntansi, dan layanan pelanggan.

Bisnis kecil menggunakan perangkat lunak ERP karena beberapa alasan. Alasan utama dari solusi ini adalah untuk meningkatkan komunikasi antar departemen dan mengoptimalkan proses bisnis dengan menyediakan visibilitas yang mudah dari semua operasi kepada pengguna. Alasan lain mengapa bisnis menggunakan perangkat lunak ERP adalah karena memungkinkan integrasi informasi keuangan bisnis.

Bisnis kecil juga menyukai perangkat lunak karena kemampuannya untuk mengintegrasikan informasi pesanan pelanggan. Hal ini memungkinkan departemen untuk, secara sekilas, mendapatkan gambaran umum tentang status pesanan yang tertunda dan mengambil langkah yang diperlukan untuk memastikan pengiriman tepat waktu kepada pelanggan. Standarisasi proses manufaktur bisnis dapat mengurangi penundaan waktu secara signifikan. Penerapan perangkat lunak ERP dapat membantu bisnis kecil mengelola proses ini dan merampingkan operasi. Bisnis juga menggunakan perangkat lunak ERP untuk mengurangi biaya inventaris dan overhead.

Selain itu, perangkat lunak ERP berguna untuk bisnis yang ingin menstandarkan data sumber daya manusianya. Integrasi data di seluruh perusahaan memastikan bahwa Anda memiliki visibilitas yang lebih besar di semua area bisnis Anda, dari operasi harian hingga tingkat keputusan strategis. Wawasan tentang produksi, inventaris, dan data keuangan memudahkan untuk mengidentifikasi peluang untuk penghematan biaya dan peningkatan efisiensi.

Mengidentifikasi Jenis Perangkat Lunak Enterprise Resource Planning (ERP) yang tepat untuk Bisnis Kecil Anda
Khusus Industri: Jenis ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan Industri tertentu seperti Ritel, Otomotif; namun kebanyakan bisnis besar menggunakan jenis ini untuk menanggapi kebutuhan yang lebih kompleks.
Berbasis Web: Jenis ini, juga disebut sebagai berbasis cloud, dihosting oleh vendor atau developer dan menawarkan akses jarak jauh agar sistem bisnis (ERP) dapat diakses dari mana saja atau perangkat apa pun. Perangkat lunak berbasis web mudah untuk disiapkan dan diinstal sehingga membuat solusi ini cocok untuk bisnis kecil.
Usaha Kecil: Jenis ini sangat menarik bagi usaha kecil untuk membantu pengelolaan pesanan dan pengelolaan sumber daya manusia. Jenis ini juga dapat mencakup komponen manufaktur dan memiliki fungsi ERP yang terbatas, menjadikannya solusi perencanaan sumber daya yang paling terjangkau.
Mengidentifikasi Jenis Perangkat Lunak Enterprise Resource Planning (ERP) yang tepat untuk Bisnis Kecil Anda
Mengidentifikasi Jenis Perangkat Lunak Enterprise Resource Planning (ERP) yang tepat untuk Bisnis Kecil Anda

Bergantung pada kebutuhan perusahaan, persyaratan bisnis, dan tujuan masa depan, ada beberapa jenis Software Enterprise Resource Planning (ERP) yang tersedia berdasarkan model lisensi:

Bisnis Kecil Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP) Sumber Terbuka: Ini adalah Perangkat Lunak Sumber Terbuka di mana kode sumber tersedia.
Free Proprietary Enterprise Resource Planning (ERP) Small Business: Ini adalah versi terbatas dari Perangkat Lunak Enterprise Resource Planning (ERP) yang berfungsi penuh.
Proprietary Enterprise Resource Planning (ERP) Small Business: Versi berbayar penuh dari Perangkat Lunak Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP) yang tersedia baik dalam arsitektur server klien cloud atau mandiri.
Anda mungkin ingin membaca: Software ERP Teratas, Gratis, Software ERP Open Source, Software ERP Teratas untuk UKM, Software ERP Cloud Teratas, Software ERP untuk Bisnis Besar.

Apa Fitur Penting Software ERP untuk Bisnis Kecil?

Akuntansi: Membantu bisnis kecil menyederhanakan pelaporan keuangan mereka dan mengelola alokasi sumber daya secara efektif.
Business Intelligence: Memungkinkan bisnis menganalisis dan melaporkan data terkait untuk membantu pengambilan keputusan.
CRM: Membantu bisnis meningkatkan kepuasan dan pendapatan pelanggan dengan mengelola interaksi dengan prospek, pelanggan, dan klien, melacak operasi departemen.
Sumber Daya Manusia: Memungkinkan bisnis untuk mengelola aktivitas SDM tradisional dan inisiatif strategis baru dengan kecepatan dan akurasi yang lebih tinggi.
Manajemen Inventaris: Membantu bisnis kecil melacak informasi tentang pasokan produk, dengan tujuan semata-mata untuk menjaga stok yang memadai untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu.
Manufaktur: Memungkinkan bisnis untuk meramalkan dan menganggarkan sumber daya secara efektif untuk proses produksi dan dapat mencakup modul yang berfokus pada bill of material (BOM) serta manajemen siklus hidup produk.
Manajemen Rantai Pasokan: Melacak barang saat bergerak melalui rantai pasokan dan mencakup aplikasi seperti perencanaan rantai pasokan, manajemen pemasok, dan manajemen gudang.
Integrasi: Terintegrasi dengan baik dengan aplikasi bisnis yang ada seperti CRM, manajemen inventaris, dan perangkat lunak akuntansi untuk membuat satu platform yang kuat.
Analisis dan Pelaporan: Memberikan bisnis laporan yang komprehensif dan akurat di semua departemen yang memfasilitasi analisis data dan pengambilan keputusan yang tepat.
Anda mungkin ingin membaca: Software ERP Teratas, Gratis, Software ERP Open Source, Software ERP Teratas untuk UKM, Software ERP Cloud Teratas, Software ERP untuk Bisnis Besar.

Apa Manfaat Software ERP untuk Bisnis Kecil?
Apa Manfaat Software ERP Small Business

Efisiensi operasional: Memungkinkan bisnis untuk secara efektif merencanakan, mengelola pengeluaran, membuat pelanggan senang, membuat penjualan lebih efisien, dan mengontrol pemesanan inventaris.
Transparansi: Memungkinkan bisnis kecil untuk berbagi dan mengakses informasi di seluruh departemen, yang menghilangkan kebutuhan untuk memasukkan kembali data dan meningkatkan produktivitas.
Waktu siklus: Melacak waktu siklus suatu produk, yang dapat membantu bisnis kecil mengidentifikasi penundaan dan menemukan strategi untuk perbaikan.
Rekomendasi praktik terbaik: Merespons kebutuhan bisnis dalam industri tertentu, dengan menawarkan saran dan praktik terbaik.
Analisis dan Pelaporan: Memberikan laporan yang akurat dan tepat waktu dari database pusat yang meningkatkan perencanaan dan pengelolaan sumber daya dan pelanggan
Peningkatan daya tanggap terhadap pelanggan: Membantu bisnis kecil untuk dengan cepat menanggapi permintaan, pesanan, masukan pelanggan, dll. Melalui integrasi solusi CRM
Manajemen Penjualan: Membantu bisnis menganalisis dan mengelola penjualan dan memungkinkan bisnis melacak kemajuan target penjualan.
Kontrol kualitas (QC) dan jaminan kualitas (QA): Membantu bisnis melakukan pengujian QC dan QA untuk memastikan keamanan dan keandalan produk.
Manajemen Pesanan: Memungkinkan usaha kecil untuk mengidentifikasi alasan pengembalian pesanan penjualan dan mengidentifikasi strategi untuk mengatasi masalah.
Tren: Membantu bisnis kecil menilai pola perilaku pelanggan dan memprediksi tren masa depan.
Cara Memilih Perangkat Lunak ERP Terbaik, Praktik Terbaik dalam Perencanaan Sumber Daya Perusahaan.

Apa saja tren terbaru dalam Software ERP untuk Bisnis Kecil?
Software as a service (SaaS): Ada peningkatan minat pada software ERP berbasis web karena jenis ini hemat biaya dan lebih mudah diimplementasikan daripada opsi on-premise. SaaS beroperasi melalui browser Web yang menghilangkan kebutuhan karyawan TI penuh waktu untuk memantau dan memelihara server dan peralatan.
Opsi aplikasi seluler: Penyedia perangkat lunak ERP sedang mengembangkan antarmuka seluler yang memungkinkan pengguna mendapatkan tampilan real-time dari operasi bisnis dengan akses jarak jauh dari ponsel pintar dan perangkat seluler lainnya.
Integrasi media sosial: Banyak penyedia perangkat lunak ERP menambahkan aplikasi media sosial dalam paket mereka. Aplikasi internal sedang dibuat untuk meningkatkan interaksi karyawan bersama dengan integrasi antara solusi ERP dan platform media sosial eksternal.
Apakah Software ERP Gratis untuk UKM Bermanfaat?
Software Enterprise Resource Planning (ERP) memiliki banyak fitur dan dapat melakukan banyak hal untuk membantu bisnis Anda sukses dengan membuatnya efisien, tetapi biayanya bisa mahal. Ada banyak Software Enterprise Resource Planning (ERP) gratis yang tersedia. Ada dua kategori Perangkat Lunak Perangkat Lunak Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP) Gratis: Perangkat Lunak Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP) Sumber Terbuka Gratis dan Perangkat Lunak Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP) versi Terbatas.

Perangkat Lunak Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP) Sumber Terbuka Gratis adalah pilihan yang baik, ketika Anda memiliki tim pengembangan yang tersedia di perusahaan Anda dan ketika Anda ingin mencoba produk atau membangun fitur dan fungsionalitas baru di atasnya. Anda perlu meluangkan waktu untuk menyiapkan dan menjalankannya.

Versi terbatas dari Perangkat Lunak Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP) Kepemilikan adalah cara yang baik untuk melihat apakah itu akan berguna bagi bisnis Anda sebelum membuat investasi besar tetapi perangkat lunak ini hadir dengan keterbatasan. Versi terbatas gratis dari perusahaan produk berpemilik akan mempermudah peningkatan dalam jangka panjang dan juga membantu Anda menentukan apakah solusi perusahaan itu yang Anda inginkan.

Ada juga kekurangan dari versi Free Limited dari Perangkat Lunak Proprietary Enterprise Resource Planning (ERP). Versi terbatas ini tidak memiliki banyak fitur yang tersedia dalam versi berbayar yang berfungsi penuh, dan ada batasan seperti jumlah fitur dan fungsionalitas, modul, batas penyimpanan, jumlah laporan, opsi integrasi data terbatas, dan juga jumlah pengguna yang dapat Anda miliki. Versi gratisnya juga memiliki opsi dukungan terbatas.

Apakah ada satu ukuran yang cocok untuk semua Perangkat Lunak ERP untuk Bisnis Kecil Menengah: Sayangnya tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua Perangkat Lunak ERP untuk Bisnis Kecil Menengah karena masing-masing produk memiliki kekuatan inti sendiri dalam fungsi, fokus industri, kemampuan integrasi, dan fitur inti.

Sebaiknya tentukan bagaimana perangkat lunak tersebut sesuai dengan bisnis Anda dalam hal fitur, fungsionalitas, dan proses bisnis dengan uji coba gratis.

Cara Memilih Perangkat Lunak ERP Terbaik, Praktik Terbaik dalam Perencanaan Sumber Daya Perusahaan.

Bagaimana cara memilih Software ERP yang tepat untuk Small Medium Business?
Semakin banyak bisnis kecil yang menerapkan perangkat lunak ERP untuk meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Opsi lokal dan klien / server mahal dan biasanya dibeli oleh organisasi yang lebih besar. Namun, pengenalan opsi yang dihosting di cloud membuat solusi perangkat lunak ERP lebih menarik untuk bisnis kecil. Dalam memilih software ERP, usaha kecil juga harus mempertimbangkan Biaya, Integrasi, Skalabilitas, Kustomisasi, Kemampuan Seluler, dan Kegunaan.

Software ERP, Gratis, Software ERP Open Source, Software ERP Teratas untuk UKM, Software ERP Cloud Teratas, Software ERP untuk Bisnis Besar.

Perusahaan Apakah IDMETAFORA Itu?

IDMETAFORA (PT Metafora Indonesia Teknologi) adalah perusahaan IT solution yang bergerak di bidang jasa pembuatan Sistem ERP, sistem informasi berbasis web, dan sistem informasi berbasis Internet of Things.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *