Apa Yang ERP Bisa Lakukan Untuk Bisnis Anda?

Apa Yang ERP Bisa Lakukan Untuk Bisnis Anda?

Apa itu ERP dan Mengapa Anda Membutuhkannya?
ERP adalah singkatan dari enterprise resource planning (ERP). Ini adalah perangkat lunak manajemen proses bisnis yang mengelola dan mengintegrasikan aktivitas keuangan, rantai pasokan, operasi, pelaporan, manufaktur, dan sumber daya manusia perusahaan. Sebagian besar perusahaan memiliki beberapa bentuk sistem keuangan dan operasional, tetapi sebagian besar perangkat lunak yang ada di luar sana tidak dapat melampaui proses bisnis sehari-hari atau membantu pertumbuhan bisnis di masa depan.

Saat kebutuhan perusahaan berubah dan berkembang, sistem mereka harus mengikuti mereka. Kami akan menjelaskan apa itu ERP dan mengapa cerdas untuk memiliki perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Apa perencanaan sumber daya perusahaan? Kemarin dan hari ini.
Di masa lalu, bisnis memiliki semacam proses akuntansi, keuangan, atau SDM, tetapi sistem perangkat lunak yang mereka gunakan sering bekerja secara terpisah dan tidak berbicara atau bekerja satu sama lain. Apa yang membuat perangkat lunak ERP modern berbeda adalah ia membawa semua proses yang berbeda ini ke meja untuk berkolaborasi dan membuat satu sistem fluida.

Solusi saat ini juga memungkinkan setiap departemen untuk melihat apa yang dilakukan departemen lain. Hasilnya adalah akuntansi dan SDM dapat dengan mudah berkolaborasi dengan penjualan dan hubungan pelanggan.

Mengapa ERP sangat penting untuk bisnis Anda
Meskipun tidak ada perangkat lunak solusi menyeluruh untuk setiap proses bisnis, teknologi ERP menjadi semakin baik dalam menyatukan semua proses bisnis Anda untuk meningkatkan kolaborasi, membantu perusahaan Anda membuat keputusan berdasarkan data, dan meningkatkan produktivitas bisnis.

ERP dapat mencakup banyak fungsi perusahaan, tetapi beberapa proses bisnis utama meliputi:

Keuangan

Photo by bady abbas on Unsplash

ERP modern menawarkan dasbor yang memberi Anda gambaran umum tentang keuangan Anda, sehingga Anda dapat memanfaatkan informasi waktu nyata kapan saja dan di mana saja. Ini juga akan membantu Anda mengurangi memasukkan informasi secara manual dengan mengotomatiskan tugas-tugas harian dan menyertakan kemampuan pelacakan yang membantu dengan kepatuhan peraturan bisnis Anda.

Sumber daya manusia

Photo by Mimi Thian on Unsplash

Solusi modern menawarkan cara untuk mengelola data perusahaan dan merampingkan tugas manajemen karyawan seperti penggajian, perekrutan, dan tugas lainnya. Anda juga dapat melacak kinerja karyawan dan mengidentifikasi masalah SDM sebelum terjadi.

Manufaktur

Photo by Pixabay from Pexels

Fungsi ini meningkatkan komunikasi bisnis, mengotomatiskan proses harian, dan menawarkan kepada produsen kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan mengelola sumber daya dengan mengakses data waktu nyata. Solusi ini juga mengoptimalkan manajemen proyek dan biaya serta perencanaan produksi.

Rantai pasokan

Photo by Enrapture Captivating Media on Unsplash

Jika perusahaan Anda masih memasukkan informasi dengan manual dan mencoba melacak inventaris di gudang Anda, Anda dapat dengan mudah menghemat waktu dan uang dengan mengotomatiskan proses ini dengan ERP. Solusi modern juga menawarkan dasbor dan bisnis intelligent untuk membantu Anda menangani manajemen inventaris Anda.

Mengapa beberapa bisnis takut untuk merangkul implementasi ERP
Terlepas dari semua pilihan di luar sana, beberapa perusahaan masih ragu-ragu tentang ERP. Mungkin ada banyak alasan mengapa, tetapi di mana ada ketakutan, di situ ada solusinya.

KETAKUTAN: Bagaimana saya tahu bahwa saya memilih solusi ERP yang tepat untuk bisnis saya?

Anda tidak perlu menemukan solusi perangkat lunak yang sempurna untuk memperbaiki semuanya. ERP seharusnya dapat memanfaatkan proses bisnis terbaik yang Anda gunakan sekarang dan menyatukannya dalam satu sistem, sembari memungkinkan semua orang di organisasi Anda melihat informasi yang sama. Di sinilah pilihan Anda di mitra teknologi penting.

KETAKUTAN: Kami tidak mampu melakukan perbaikan ERP besar-besaran.

Solusi tidak harus berupa proposisi implementasi semua atau tidak sama sekali. Modul solusi perangkat lunak dapat dibeli secara terpisah tergantung pada kebutuhan bisnis Anda. Hal ini akan membantu tim Anda mempermudah penerapan ERP dan Anda tidak perlu berinvestasi dalam renovasi perangkat lunak besar-besaran tanpa mengetahui apakah fungsi yang Anda tambahkan akan membuahkan hasil atau tidak.

KETAKUTAN: Kami tidak ingin kehilangan sistem yang kami miliki sekarang.

Seperti yang kami sebutkan, solusi ERP apa pun yang Anda pilih harus sesuai dengan apa yang Anda gunakan sekarang, tetapi juga menyertakan fitur yang dapat membantu pertumbuhan Anda di masa mendatang. Misalnya, jika perangkat lunak yang Anda miliki sebagian besar menangani sisi keuangan, rantai pasokan, dan produksi bisnis Anda, Anda mungkin ingin mencari solusi yang menghadirkan komponen kecerdasan bisnis yang kuat.

Tiga tanda bahwa Anda membutuhkan ERP
Jika Anda membaca ini dan berjuang dengan sistem lama Anda, Anda mungkin sudah tahu bahwa penerapannya ada di masa depan, tetapi berikut adalah tanda-tanda bahwa Anda pasti membutuhkan ERP baru mulai hari ini:

Dasar-dasar tidak memungkinkan Anda berkembang
Mungkin Anda baik-baik saja dengan dasar-dasarnya, tetapi jika perangkat lunak Anda saat ini membatasi perluasan pasar dan kemampuan Anda untuk tumbuh dalam skala global, mungkin sudah waktunya untuk sistem yang melakukannya.

Anda berurusan dengan sistem yang berbeda

Saat teknologi berubah, Anda menyadari bahwa sistem Anda yang berbeda tidak bekerja sama dengan baik. Anda mungkin memperhatikan bahwa software akuntansi baru Anda tidak kompatibel dengan sistem HR lama Anda, dan Anda bosan dengan waktu dan sumber daya untuk mencoba menyatukan solusi.

Anda tidak dapat memenuhi harapan pelanggan
Jika staf dan pelanggan Anda mobile dan sistem Anda tidak mengakomodasi mereka, sekarang saatnya untuk berinvestasi pada salah satu yang memenuhi kebutuhan semua orang. Jika Anda merasa tidak mampu berinvestasi dalam memenuhi ekspektasi pelanggan, dan Anda tidak bersedia memberi staf Anda alat yang mereka butuhkan untuk berhasil, Anda akan kehilangan mereka karena persaingan bisnis yang murni dan sederhana.

TIP:
Jika Anda atau staf Anda meminta sistem baru dan ada penolakan terhadap perubahan ERP, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menjadwalkan demo sehingga semua orang dapat melihat apa yang ada di luar sana. Selain itu, saat semua orang merasa diikutsertakan dalam proses pengambilan keputusan, penerapannya akan jauh lebih mudah.

Aplikasi ERP
Kemajuan baru dalam teknologi ERP dapat membuat Anda terdepan dalam persaingan. Mereka tidak hanya membantu Anda meningkatkan kinerja karyawan, tetapi juga menawarkan peluang untuk keterlibatan pelanggan yang lebih baik.

Salah satu cara untuk memanfaatkan kemajuan ini adalah dengan menerapkan aplikasi bisnis cerdas yang memungkinkan Anda:

Memodernisasi fungsi ERP dasar
Gunakan data dan kecerdasan untuk membantu staf Anda menemukan peluang bisnis baru
Sesuaikan dan bangun aplikasi yang memenuhi kebutuhan bisnis Anda dengan sedikit atau tanpa pengembang kode
Cari tahu lebih lanjut tentang bagaimana menjadi yang terdepan dengan aplikasi ERP.

Temukan apa yang dapat dilakukan ERP modern untuk bisnis Anda
Sekarang setelah Anda memahami dengan baik apa itu ERP, temukan cara IDMETAFORA memberikan yang terbaik dari apa yang ditawarkan perencanaan sumber daya perusahaan untuk bisnis Anda — seperti mengoptimalkan keuangan dan operasi untuk membantu Anda dan tim Anda membuat data-driven keputusan yang meningkatkan kinerja bisnis Anda.

PELAJARI LEBIH LANJUT>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *