Apa Perbedaan antara Business Intelligence dan ERP?

Apa Perbedaan antara Business Intelligence dan ERP?

Apa Perbedaan antara Business Intelligence dan ERP?

Apa perbedaan BI dengan ERP?
Sistem ERP pada dasarnya mengintegrasikan semua fungsi yang berbeda dalam bisnis Anda dan mengatasi apa yang disebut ‘mentalitas silo’ dengan membuat arsitektur data tunggal yang terpusat. Perangkat lunak ERP mengumpulkan, menyimpan, dan mengelola data yang berkaitan dengan aktivitas bisnis. Keluaran utama dari perangkat lunak ERP adalah efisiensi bisnis dan penghematan biaya.

Perbedaan antara BI dan ERP sering membingungkan karena keduanya beroperasi bersama dan definisi intinya menunjukkan tingkat tumpang tindih, namun keduanya berbeda secara signifikan:
ERP mengumpulkan data perusahaan sementara Business Intelligence menganalisis data perusahaan dan menggunakan dasbor dan user interface lain untuk menyajikan data tersebut dengan cara yang membuatnya mudah dipahami dan membantu mengidentifikasi peluang yang dapat ditindaklanjuti.

Sistem ERP yang tepat akan membuat bisnis Anda lebih terorganisir dan secara signifikan merampingkan fungsi administratif Anda. Menerapkan alat Business Intelligence yang benar ke data ini untuk analisis data, tren, dan prakiraan membuat kombinasi ini sangat berharga.

Apa IQ Bisnis Anda?
Sejak dimulainya pada akhir 1990-an, Business Intelligence (BI) telah menjadi semacam kata kunci. Tapi apa sebenarnya itu, dan di mana itu cocok dengan sistem ERP Anda?

Definisi Business Intelligence pertama yang diterima secara luas diciptakan oleh Howard Dresner, yang menggambarkannya sebagai “konsep dan metode untuk meningkatkan pengambilan keputusan bisnis dengan menggunakan sistem pendukung berbasis fakta”. Secara sederhana, Business Intelligence mengacu pada analisis informasi bisnis dan informasi yang diberikannya – penilaian dan pemahaman data perusahaan untuk tujuan menghasilkan informasi tentang operasi dan strategi, dengan mengidentifikasi tren, kekuatan dan kelemahan utama.

Saat ini, Business Intelligence dipahami sebagai pengumpulan, penyimpanan, dan analisis data bisnis. Ini juga disebut sebagai ‘manajemen pengetahuan’. Teknologi Business Intelligence direkayasa untuk menambang kumpulan data dengan tujuan untuk mengungkap peluang yang mungkin tidak terlihat.

Bagaimana BI dapat membantu Perusahaan Anda
Intelijen bisnis pada dasarnya mengubah data mentah menjadi pengetahuan yang dapat ditindaklanjuti. Ini memungkinkan bisnis untuk memahami pasar dan pelanggannya pada tingkat yang lebih dalam dan dapat memberikan metrik yang berarti seperti ROI untuk pengeluaran pemasaran.

Ini memfasilitasi penawaran produk atau layanan yang dipersonalisasi, yang mengarah ke loyalitas merek yang lebih besar dan pelanggan yang lebih terlibat. Wawasan yang dipelajari melalui penerapan Business Intelligence mengembangkan proses bisnis yang lebih baik seperti manajemen rantai pasokan yang lebih baik dan strategi pemasaran yang lebih efisien. Intelijen bisnis pada akhirnya mendorong peningkatan efektivitas bisnis.

Teknologi Pelengkap
Jelas bahwa ERP dan sistem BI Anda tidak sama. Sebaliknya, mereka bekerja sama untuk mengubah data Anda menjadi informasi dan pengetahuan tentang bisnis Anda, mengubah perusahaan Anda menjadi mesin pertumbuhan berbasis data.

Dengan perangkat lunak ERP yang mengatur data bisnis Anda, teknologi Business Intelligence dapat menambang data ini dan menyajikannya dalam format yang mudah dicerna dan dapat ditindaklanjuti. ERP dan BI memiliki hubungan simbiosis – BI memerlukan ERP agar dapat berfungsi, sedangkan nilai perangkat lunak ERP akan meningkat secara signifikan jika dipasangkan dengan BI.

Jika Anda sudah memanfaatkan efisiensi dan efektivitas ERP, sekarang saatnya bagi perusahaan Anda untuk mempertimbangkan penambahan berikutnya dan menambahkan Business Intelligence untuk menganalisis data dan menyajikannya dengan cara yang memungkinkan pengambilan keputusan yang tepat lebih mudah dan lebih efektif. .

Sistem ERP dapat membuat bisnis Anda berjalan lebih baik hari ini; namun dengan fungsionalitas tambahan dari Business Intelligence, mereka dapat mempersiapkan bisnis Anda untuk masa depan dengan memberikan wawasan yang Anda butuhkan.

Buktikan masa depan bisnis Anda dengan percaya diri, pesaing Anda mungkin sudah membuktikan masa depan mereka!

Mengutip Albert Einstein, “Business Intelligence tanpa ERP itu buta”, namun bersama-sama, mereka dapat memungkinkan Anda untuk melihat lebih jauh dan lebih banyak lagi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *