Bagaimana IoT Mampu Mengubah Dunia?



Bagaimana IoT Mampu Mengubah Dunia?

Bagaimana IoT Mampu Mengubah Dunia?

Bagaimana IoT Mampu Mengubah Dunia?- Transformasi teknologi saat ini berubah dengan begitu cepat di berbagai daerah tak hanya dikota besar ataupun metropolitan. Salah satu inovasi yang muncul dari kemajuan teknologi itu adalah Internet of Things (IoT). IoT adalah era baru tentang ‘keterhubungan’ yang memungkinkan berbagai perangkat yang digunakan sehari hari dapat dijalankan secara otomatis dan saling terbubung untuk bekerja sama. IoT dapat bekerja di segala bidang dan lini penerapan mulai dari rumah pintar, mobil pintar, gadget pintar, lalu lintas pintar, layanan umum pintar dan bahkan perusahaan pintar. Tidak ada bidang pekerjaan atau bahkan kehidupan pribadi yang tidak tersentuh oleh kemajuan teknologi ini. Perubahan ini telah menghadirkan tingkat kenyamanan yang belum pernah di rasakan sebelumnya oleh konsumen. Hal ini semakin meningkatkan harapan produsen dan para inovator teknologi untuk selalu berusaha memenuhi kebutuhan yang terus meningkat. Pengamatan terhadap pasar IoT mengungkapkan bahwa permintaan untuk IoT dipastikan akan terus meningkat setiap tahunnya. Berikut ini beberapa contoh penerapan IoT yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup penggunanya.

Perangkat yang terhubung (connected devices)

Era Internet berhasil mencapai prestasi baru yang luar biasa. Sebelumnya, konsumen terbiasa dengan smartphone mereka yang dilengkapi dengan Internet. Namun saat ini para konsumen mulai menuntut konektivitas Internet pada setiap perangkat yang mereka gunakan. Mulai dari televisi, lemari es, penyiram tanaman, pemberi makan peliharaan, mobil, alat ukur penggunaan listrik dan air, speaker sistem keamanan rumah dan lain-lain. Perangkat yang terhubung dengan cepat melalui internet serta bisa dikendalikan secara terpusat melalui suatu aplikasi dapat menghilangkan batas-batas yang selama ini membatasi. Hal ini dapat mempercepat, mempermudah dan mengefisienkan berbagai kegiatan pengguna.

Rumah pintar (smart-homes)

Tidak hanya peralatan gadget yang smart dan connected, tetapi IoT juga dapat diaplikasikan untuk membantu pengguna dalam memantau dan megelola rumahnya. Smart-home dapat memonitor, dan mengontrol berbagai peralatan dalam rumah secara terpusat. Dengan menggunakan smartphone dan aplikasi, pengguna bisa mengakses fitur dalam rumah secara mudah dan terpusat. Misal, jika biasanya pengguna harus repot mencari saklar lampu dalam gelap, dengan menggunakan konsep smart-home lampu akan menyala dengan sendirinya ketika pemilik rumah sedang masuk ke dalam rumah atau suatu ruangan.

Mobil yang terhubung (connected-cars)

Sistem ini akan memberikan pengalaman di mana mobil, pengemudi, dan berbagai jenis infrastruktur akan “berbicara satu sama lain". Teknologi ini tidak hanya membantu pengemudi untuk menentukan rute tercepat dan rencana perjalanan yang rinci tetapi bisa juga untuk memantau konsumsi bahan bakar. Yang paling penting, teknologi IoT dapat membantu menurunkan jumlah kecelakaan melalui berbagai fitur-fitur canggih seperti deteksi sabuk pengaman, peringatan tabrakan, dan pemberitahuan kecelakaan. Selain itu, sudah ada sistem yang memantau fungsi-fungsi vital pengemudi seperti denyut nadi mereka, gejala kelelahan ketika menyetir dan mengirim peringatan tentang adanya kemungkinan masalah.

Kota pintar (smart city)

Smart city dimulai dengan infrastruktur publik untuk menyediakan air bersih, listrik, pencahayaan publik yang efisien, layanan publik dan transportasi umum. Smart-city dapat membantu proses pengelolaan berbagai layanan kota tersebut dengan cara membuat berbagai layanan tersebut dapat dikelola secara otomatis dan dapat dipantau secara terpusat. Hal ini dapat mengefektifkan penggunaan sumber daya dengan memberikan layanan penting dengan cara yang cerdas. Hal ini membuat pengelola kota dapat berinvestasi dalam layanan lain untuk meningkatkan kualitas hidup. Revolusi smart-city akan membantu upaya untuk meningkatkan efisiensi energi, material, dan sumber daya manusia. 

Pertanian cerdas (smart agricultural)

Populasi global diperkirakan akan menyentuh 9,6 miliar pada 2050. Jadi, untuk memenuhi kebutuhan dunia akan konsumsi, industri pertanian harus menyusun strategi peningkatan efektifitas proses produksi sehingga dapat memberikan hasil yang diharapkan. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah dengan menerapkan IoT pada industry peratanian. Mengingat banyaknya tantangan dunia pertanian seperti kondisi cuaca ekstrim, meningkatnya perubahan iklim, seranganhama hingga meningkatnya kebutuhan operasional produksi. Pertanian cerdas berbasis teknologi IoT akan memungkinkan petani untuk mengefektifkan proses produksi, mengurangi limbah, pemantauan panen secara real-time dan membantu melakukan perawatan untuk meningkatkan produktivitas yang lebih baik.

Industri 4.0

Sekarang, dan pada masa depan dimana Industri 4.0 berlangsung, komputer yang terhubung dan berkomunikasi satu sama lain akan mampu membuat keputusan tanpa keterlibatan manusia. Kombinasi cyber-physical systems, Internet of Things, dan Internet of Systems memungkinkan Industri 4.0 dan smart factory menjadi kenyataan. Sebagai hasil dari dukungan smart machine yang terus berkembang mereka akan mendapatkan akses ke lebih banyak data dan membuat pabrik-pabrik menjadi lebih efisien, produktif dan tidak boros. 

IoT dirancang untuk membantu, menyentuh dan mengubah setiap aspek kehidupan manusia. IoT memudahkan manusia untuk mengatasi masalah, menjadi lebih mudah, cepat dan produktif. Yang paling penting, setiap orang harus sadar akan potensi luar biasa dari teknologi ini, serta mampu memperoleh yang terbaik dari penerapannya.

With Digital We Empowering You!

Benarkah Google Chrome Akan Mengusung Fitur Dark Mode di Versi Terbarunya?

Benarkah Google Chrome Akan Mengusung Fitur Dark

Benarkah Google Chrome Akan Mengusung Fitur Dark Mode di Versi Terbarunya? - Bagi Anda yang suka berselancar di internet melalui peramban web Google Chrome, ada berita terbaru yang menyenangkan. Google Chrome sepertinya akan segera merilis fitur mode gelap (dark mode) pada sistem operasi Windows 10

Mengenal 3 Konsep Dasar Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Mengenal 3 Konsep Dasar Kecerdasan Buatan (Artif

Mengenal 3 Konsep Dasar Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) - Kemajuan yang di hasilkan dari Artificial Intelligence atau lebih di kenal dengan kecerdasan buatan sangat mengejutkan. Upaya untuk memajukan konsep AI selama 20 tahun terakhir telah menghasilkan beberapa inovasi yang benar-benar

4 Update Terbaik dari Android Pie

4 Update Terbaik dari Android Pie

4 Update Terbaik dari Android Pie - Pada bulan Agustus 2018, Android telah merilis sistem operasi versi terbaru yang diberi nama Android Pie atau biasa di sebut Android P. Google menyesuaikan konvensi penamaan OS android yang bertema makanan penutup, yaitu Android Pie. Sistem operasi ini berfokus pa




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Rumah Sakit Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Yogyakarta Indonesia Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia