Apakah Anda Sudah Menjadi Seorang Digital Marketer yang Pro?



Apakah Anda Sudah Menjadi Seorang Digital Marketer yang Pro?

Apakah Anda Sudah Menjadi Seorang Digital Marketer yang Pro?

Apakah Anda Sudah Menjadi Seorang Digital Marketer yang Pro?-Pernahkah Anda bermimpi untuk menjadi digital marketer? Atau Anda tidak pernah bermimpi, tetapi apa daya takdir ternyata membawa Anda menjadi digital marketer? Mau Anda termasuk yang mana, pertanyaannya sama: Apakah Anda sudah menjadi seorang digital marketer yang pro? Tidak hanya cukup pembawaan dan kemampuan komunikasi, karakter dan soft-skill tertentu juga penting untuk Anda miliki sebagai seorang digital marketer. Untuk itu, coba perhatikan delapan poin berikut ini. Mana yang sudah Anda miliki dan mana yang perlu segera Anda pelajari?

Intuisi
Bagi seorang marketer (pemasar), intuisi penting dimiliki karena bagaimanapun juga marketer selalu dihadapkan dengan pelanggan dan keadaan pasar yang tidak menentu. Terkadang, data dan informasi juga tidak selalu ada, padahal marketer sering diharuskan untuk mengambil keputusan dengan cepat. Nah, di saat seperti itulah intuisi yang kuat dibutuhkan. Lalu bagaimana jika intuisi Anda belum kuat? Tenang saja, intuisi yang kuat bisa diperoleh melalui pengalaman dan akan menguat seiring berjalannya waktu.Kuncinya adalah pantang menyerah untuk terus mempelajari bisnis yang dijalani, dinamika pasar, dan karakter pelanggan. Jangan takut gagal. Tanpa ada kegagalan, intuisi tidak akan berkembang.

Selalu ingin tahu
Keharusan kedua yang wajib dimiliki oleh marketer adalah tidak pernah berhenti mencari tahu hal baru. Sebagai ilmu yang dinamis yang diliputi ketidakpastian, pemasaran tidak cukup dipelajari sekali lalu berhenti. Sistem, alat,metode, dan tren pemasaran selalu berubah sehingga Anda pun harus ikut menyesuaikan jika ingin selalu relevan dengan zaman.

Keterampilan komunikasi dan persuasi
Sebagai bagian yang vital dalam perusahaan, pemasaran memerlukan kerja sama tim dan antartim yang solid. Setiap marketer dengan begitu harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Selain itu, pemasaran adalah tentang membujuk orang untuk membeli produk sehingga kemampuan persuasi yang logis merupakan hal yang wajib Anda kuasai. Keterampilan sosial, seperti memahami cara komunikasi masing-masing individu, membangun interaksi, dan membuat konten yang dapat menarik target pasar, juga tidak kalah penting untuk dimiliki.

Keterampilan analitik
Untuk mendukung keakuratan ucapan dan tindakan, Anda harus pandai menganalisis data dan situasi. Selain itu, keterampilan analitik yang baik juga dapat memudahkan Anda dalam memecahkan beragam kasus di lapangan dan mengembangkan strategi. Manajemen pemasaran, kampanye media sosial, dan penguasaan tools analitik sebenarnya merupakan bidang utama yang memerlukan keterampilan analitik yang kuat. Dibandingkan dengan soft-skill lainnya, keterampilan analitik merupakan soft-skill yang tidak mudah dimiliki oleh banyak orang, tetapi bukan berarti tidak dapat dipelajari. 

Akrab dengan Teknologi
Bisnis sekarang tidak lepas dari teknologi sehingga mau tidak mau Anda harus akrab dan selalu nyaman berteman dengan teknologi. Tren online digital marketing pun menuntut Anda untuk menguasai saluran-saluran pemasaran, seperti situs web, media sosial, dan perangkat lunak automasi pemasaran. Bagi Anda yang belum terlalu menguasainya, Anda masih dapat belajar dan menyempurnakan keterampilan. Tinggal pilih: mau secara autodidak atau mengikuti kursus dan pelatihan.

Mudah beradaptasi
Keyakinan memang penting, tetapi ada kalanya keyakinan tidak lagi relevan ketika keadaan sudah berubah. Kita tidak bisa memprediksi kapan selera pelanggan mulai berubah, kapan kompetitor dengan strategi yang lebih baik datang meramaikan pasar, dan kapan teknologi terbaru muncul di tengah permainan. Dalam keadaan seperti itulah Anda dituntut untuk mudah beradaptasi dan fleksibel dengan perubahan.

Keterampilan multitasking
Sebagai  marketer, tidak jarang kita mengerjakan banyak tugas dalam waktu yang sama, entah itu proyek pemasaran ataupun pelayanan pelanggan. Untuk mengatur agar semuanya bisa berjalan dengan lancar, keterampilan multitasking penting untuk dimiliki. Selain itu, manajemen waktu dan pengaturan prioritas pekerjaan juga merupakan keterampilan yang perlu untuk terus Anda sempurnakan.

Kreativitas
Mengingat persaingan bisnis di dunia online yang sangat sengit, marketer perlu terus memupuk jiwa kreativitas. Dengan kreativitas yang hebatlah, kita bisa berbeda dengan kompetitor. Dengan berbeda, kita dapat menawarkan value yang lebih bagi pelanggan. Kreativitas dapat dilakukan pada banyak hal, seperti pembuatan logo, pemilihan gambar konten, dan penyampaian pesan. Kreativitas tidak selalu datang dengan sendirinya. Anda bisa menjadi orang kreatif apabila terbiasa mencari inspirasi dan menuangkan setiap ide yang terlintas di benak Anda.

Tak ada poin yang mudah, kecuali Anda mau berusaha untuk terus berupaya. Sebagian mungkin sudah menjadi bagian dari diri Anda, sebagian lagi belum Anda punya. Anda memang tidak harus sempurna dengan memiliki semuanya, tetapi paling tidak Anda telah berusaha untuk mengerti dan mempelajarinya. Bukan tidak mungkin juga jika suatu hari nanti Anda ternyata bisa menguasai kedelapan poin penting untuk menjadi seorang digital marketer yang pro tadi.

With Digital We Empowering You!

Kabar Pasar IoT Menurut “2018 IoT Intelligence Market Study Report”

Kabar Pasar IoT Menurut “2018 IoT Intelligence

Kabar Pasar IoT Menurut “2018 IoT Intelligence Market Study Report” - Dunia IoT (Internet of Things) yang sedang menjadi topik pembicaraan populer di era industri 4.0 kini semakin menarik perhatian saja setelah hasil penelitian terbaru dari Dresner Advisory Services akhirnya diterbitkan. Dresner

Teknologi Smart Homes

Teknologi Smart Homes

Teknologi Smart Home - Internet of Things atau IoT telah mengubah setiap objek menjadi capable computer yang bisa merasakan, menganalisis, berbagi data dan informasi. Lemari es, lampu, kunci pintu, semuanya akan memiliki kemampuan untuk terhubung ke Internet dan berinteraksi satu sama lain dengan ke

Manfaat Google Maps Street View untuk Bisnis

Manfaat Google Maps Street View untuk Bisnis

Manfaat Google Maps Street View untuk Bisnis - Jika anda sudah menggunakan Google Maps sebagai salah satu platform untuk berbisnis, maka anda sudah selangkah di depan daripada mereka yang belom memanfaatkan platform ini. Tapi anda juga harus tau apa saja fitur dan manfaat yang bisa di dapat dari Goo




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Rumah Sakit Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Yogyakarta Indonesia Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia